Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,280 Comments

  1. Bismillaah…
    Nama : yanti nopita
    Nim : 856579997

    Dalam video tersebut apa yang dilakukan oleh guru sudah sangat baik… Dalam hal ini tentunya diharapkan agar anak dappat berimajinasi sesuai dengan kreativitas dan apa yg dlihat oleh mereka… Dalam hal ini banyak berbgai hal yg daat dokembangkan ketika anak sulit berimajinasi.. Misalnya dgn mengajak anak mengenal ciri-ciri yg akan digambar misalnya hewan dgn tepuk hewan dan juga guru menjelaskan apa saja ttg jewan. Melihatkan video hewan tersebut atau benda yg anak ingin gambar. Sehingga memantik anak untuk bisa berusaha menggambar apa yg dikehendaki. Membebaskan anak memilih apa yg akan dgambar, selaim itu sebagai guru kita harus memotivasi dengan memberikan pujian dan semangat sehingga anak merasa percaya diri dengan apa yg dia kerjakan..

  2. Nama :Yunita Saadatul Ulla
    Nim : 858425157
    Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
    Selamat siang
    ijin menjawab
    Anak-anak sulit berimajinasi karena pada saat menggambar dipaksa untuk menggambar seperti yang diinginkan orangtua.hal ini bisa membuat anak merasa tertekan dan tidak suka menggambar.apa yang dilakukan oleh guru di video sudah benar dengan mengamati keadaan sekitar di harapkan anak mampu mengasah dan mengembangkan imajinasi nya.kegiatan menggambar memiliki banyak manfaat bagi anak di antaranya merangsang perkembangan kognitif dan emosional serta melatih kosentrasi dan daya ingatnya.motivasi anak untuk menggambar apa yang mereka sukai untuk menumbuhkan semangatnya dalam menghasilkan karya.

  3. Nama : Nani
    Nim : 857217163
    UPBJJ : serang
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ijin menanggapi
    Dalam video pembelajaran yang berjudul anak sulit berimajinanisi saat menggambar tersebut guru masih mempasilitasi anak dengan memberikan contoh membuat gambar pemandangan pada papan tulis ,, dan pada Hasil Akir dari kegiatan belajar tersebut sebagian besar anak membuat gambar sepserti yang di contohkan guru dan sebagian lagi membuat gambar yang sedikit berbeda tetapi masih mirip dengan yang di contohkan guru tersebut * Saran Untuk lebih memperkuat imajinasi anak menggambar bisa dilakukan pada saat pelajaran karya wisata , atau berada di luar ruang, anak diminta membuat gambar sesuai yang di lihat dan dipikirkanya Demikian tanggapan dari saya
    Trimakasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  4. Dari video tersebut setelah guru mengajak anak3 untuk berkeliling di lingkungan sekolah/guru mengajak anak untuk melihat benda2 yg ada di sekolah anak dapat mengembangkan imajinasinya dengan baik. Beda sebelum guru mengajak anak untuk keluar. Dari video tersebut upaya yg telah dilakukan oleh guru sangat bagus dan menginspirasi

  5. Nama : Indrati Mintorini
    NIM : 857988819

    Video di atas tentang guru mengajak anak-anak untuk menggambar bebas, ini menunjukkan bahwa guru tersebut memahami pentingnya memberikan ruang bagi kreativitas, Ini membuat anak-anak merasa lebih nyaman dan tidak takut gagal. Menggambar bebas memberi ruang kepada anak-anak untuk mengekspresikan ide tanpa batasan. Mereka dapat bereksperimen dengan bentuk, warna, dan cerita yang ada dalam pikiran mereka, yang membantu meningkatkan kreativitas. Guru mengajak anak keluar kelas dan, ketika anak-anak menggambar di luar, mereka belajar untuk mengamati detail di sekitar mereka, seperti warna daun, bentuk awan.

  6. Nama: I Gusti Ayu Arie Komala Dewi
    NIM: 859047311

    Ketika anak kesulitan berimajinasi saya sebagai guru akan memancing ide anak tersebut dengan karakter kesukaan anak atau pemandangan setiap hari yang anak lihat ketika perjalanan kesekolah terkadang saya juga memberi contoh gambar kepada anak-anak yaitu tentang gambar keluarga pemandangan gunung gambar matahari ,bulan dan bintang.

  7. Nama : ketut kembariasih
    Nim : 859037786
    Ijin menjawab tentang cara mengatasi anak kesulitan berimajinasi didalam video di atas. Ide-ide yang di paparkan dalam video di atas sangat baik dan kreatif serta penuh inovatif. Karena memang betul anak- anak rentan hanya menirukan apa yang guru berikan. Upaya guru di video ini sangat bagus dan mengapresiasi.Saya pun menerapkan ide-ide di atas dilembaga saya, dengan cara menyuruh anak – anak menggambar bebas, tetapi sebelum itu saya terlebih dahulu memberikan pembelajaran materi-materi berupa gambar, bentuk dan lainnya untuk memberikan gambaran didalam imajinasi anak-anak beberapa hari sebelum menyuruh anak-anak menggambar bebas.dan juga mengajak anak-anak belajar outdoor di lingkungan sekolah atau di pantai. Sehingga anak-anak sudah memiliki banyak bayangan imajinasi di dalam pikiran mereka masing-masing. Terimakasih

  8. Nama : sri wulan
    NIM : 857719741
    Dari video tersebut menjadi pembelajaran buat saya pribadi dan referensi dalam belajar bersama anak.Dalam video tersebut ibu guru meminta anak anak untuk menggambar sesuai imajinasinya namun anak anak malah meniru gambarnya ibu guru karena anak itu belum mengembangkan imajinasi sepenuhnya ia masih mencontoh apa hang ibuguru contohkan.kemudian ibu guru sampai mengajak anak anak untuk keluar krlas dan meminta anak anak untuk mengamati apa yang mereka lihat kemudian ibuguru meminta anak anak tersebut menggambar apa yang mereka lihat kemudian anak anak tersebut menggambar apa yang mereka lihat dan menceritakan apa yang mereka gambar.
    Terimakasih

  9. Nama: Dewi Harningsih
    NIM: 858001045
    pada anak anak memang masih sulit untuk menggali imajiasinya didalam membuat suatu gambar, mereka cenderung menirukan teman ataupun contoh yang diberikan oleh guru, untuk menyikapi hal tersebut dan untuk memantik ide dan kreatifitas anak sebelum memberikan tugas kepada anak untuk menggambar alangkah baiknya guru menberikan pijakan awal dahulu ataupun memberikan pendahuluan tentang apa yang akan dipeljari, bisa di lakukan dengan menampilkan vidio, cerita, tanya jawab maupun memberikan pertanyaan pemantik kepada anak. dengan seperti ini akan muncul ide dari anak anak tersebut.

  10. Nama : Idayatul Fitri
    Nim : 855898256

    Menurut saya mengenai masalah anak sulit berimajinasi saat menggambar. Hal tersebut sangat sering dialami oleh setiap anak. Karena seperti yang kita ketahui sebagai seorang guru bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda, termasuk juga tentang gaya imajinasi nya. Ada anak yang sulit untuk berimajinasi karena dia tidak tau apa yang ingin di ceritakannya dan dituangkan nya dalam bentuk gambar tersebut. Sehingga anak tersebut lebih cenderung melihat gambar yang sudah ada seperti yang dicontohkan oleh ibu guru ataupun gambar punya temannya. Nah strategi yang diberikan oleh guru di dalam video tersebut adalah strategi yang cocok untuk anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Karena strategi dengan melihat lingkungan sekitar, akan memudahkan anak untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya selama mereka berada di lingkungan tersebut. Dan anak juga akan mengingat nya. Sehingga jika anak mengamati dan melihat sesuatu pasti dia akan mudah ingat dan akan bercerita juga sehingga anak dapat mengungkapkan apa yang dilihatnya kemudian di tuangkanlah melalui bentuk gambar.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://russiacb.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://argenerasiunggul.id/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/