silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama: Putri Hamdiyah Siti Rukmana
NIM: 8588749708
Prodi: S1 PG-PAUD AKPMM
Fakultas: FKIP
UPBJJ: Surabaya
Judul video : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
Sutradara: Donny Harsabudhi
Naskah: Neti Hernawati
Penelaah Materi: Siti Aisyah
Penelaah Media: Trini Prastati
Lokasi: Lingkungan Sekolah
Kelompok Anak : TK
Menurut saya cara guru mengajar anak didiknya sudah bagus,karena pada dasarnya anak seusia itu masih sering meniru apa yang kita kerjakan,dengan cara memberikan gambaran untuk melihat hal di luar agar imajinasi anak berkembang kita harus sering memberikan kreativitas yg lain tidak harus menggambar saja,karena mengolah kretivitas seorang anak dalam berimajinasi membutuhkan hal yang awalnya harus di contoh. seiring engan waktu berjalan anak-anak akan mudah untuk menggambar dengan imajinasi mereka.
Nama : Fitri Astuti
NIM : 857816956
Progdi:S1PG PAUD
UPBJJ : Surakarta
Judul vidio: Anak sulit berimajinasi saat mengambar
Setelah saya mengamati vidio diatas,saya berpendapat bahwa dari awal guru sudah mengasih contoh gambar dipapan tulis,sehinga yang ada dipikiran anak gambar seperti contoh gurunya.saat anak disuruh menganbar bebas maka anak akan meniru gambar gurunya,setelah anak selesai mengambar guru langsung bisa mengevaluasi hasil karya anak,dari sini guru dapat mengetahui perkembangan anak.
Dari permasalahan tersebut dapat kita gali ide anak dengan cara:
*Membebaskan anak untuk mengembangkan ide / gagasan untuk mengambar
*Memfasilitasi anak untuk mencurahkan ide dengan mengajak bermain dihalaman / lingkungan sekitar sekolahan
*Meminta anak bercerita tentang apa yg telah dilihatnya
* Meminta anak menganmbar sesuai dengan ide dan imajinasi anak setelah melihat benda-benda dihalaman/ lingkungan sekolah
Dari vidio tersebut saya simpulkan sebagai berikut:
Guru mengajak mengambar anak didiknya dengan memberikan contoh terlebih dahulu,lalu guru mengevaluasi hasil karya anak setelah mengetahui hasil gambaran anak yg hanya menirukan gambar gurunya,guru berinisiatif untuk mengajak anak untuk bermain diluar sambil mengamati benda-benda yg ada dilingkungan sekolah,lalu guru menyuruh anak untuk bercerita danmengambar sesuai ide dan kreatifitas anak setelah melakukan pengamatan benda- benda yg ada disekitar lingkungan sekolah.
Dengan demikian guru dapat mengetahui tingkat perkembangan anak didiknya
Terima kasih
NAMA : APRI HANDAYANI
NIM : 858843472
Dari hasil pengamatan saya setelah melihat video pembelajaran “Anak kesulitan berimajinasi saat menggambar”
1. Ketika diawal permulaan guru langsung memberikan contoh gambar yang di tempel di papan sehingga hal tersebut sedikit menghambat jika kita lihat dari perintah meminta menggambar bebas tetapi justru guru memberikan contoh sehingga anak yang melihat hal tersebut cenderung untuk langsung meniru gambar tersebut tanpa berpikir dan berimajinasi apapun.
2. Guru langsung memberikan asesmen terhadap hasil gmbar yang telah dilakukan oleh anak dimana terdapat hampir sebagian hasil gambar anak cenderung meniru yang telah dicontohkan,sehingga hal tersebut membuat guru mengganti kegiatan menggambar yang semula hanya dikelas berganti di halaman kelas dan guru saling tanya jawab tentang apa saja yang dilihat anak kemudian menceritakannya.melalui berbagai cerita anak tersebut guru kembali memerintahkan anak untuk menggambar apa saja yang telah dia lihat,sehingga anak lebih mampu berkreasi dan berimajinasi terhadap berbagai bentuk objek yang akan digambar.
3. Setelah guru mengajak anak-anak untuk keluar halaman maka ketika diminta menggambar bebas anak-anak mampu menuangkan ide dan imajinasinya dan menggambar sesuai dengan minatnya misal menggambar pohon kelapa,mobil dll.
Dari uraian diatas maka dapat kita simpulkan bahwa dengan mengajak anak untuk melihat lingkungan selain dikelas sangat membantu untuk anak lebih banyak objek gambar yang dapat diihatnya dan mampu menuangkan hal tersebut kedalam ide,kreasi,imajinasinya dan sesuai minta terhadap menggambar bebas yang sesuai dengan minatnya.
Nama: Hermin
Nim: 858740916
Bismillahirrahmanirrahim..saya akan mencoba menanggapi video diatas. Anak sulit berimajinasi saat menggambar ada beberapa penyebabnya diantara nya anak biasanya tidak percaya diri karena minimnya dukungan orang tua, atau terlalu banyak menerima kritik . Kita sebagai guru harus bisa membuat anak tersebut percaya diri atas karya yang telah dibuatnya. Menurut pendapat saya guru sudah bagus dalam mengelola kelas. Namun di awal pembelajaran ada yang harus diperbaiki sedikit, Yaitu strategi nya.
Strategi yang diterapkan guru tersebut antara lain:
1. Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat anak.
2. Mengajak anak keluar untuk mengembangkan imajinasi mereka.
3. Meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di luar kelas
Nama: Faiqotul Azma
NIM: 858171323
PGPAUD
Tanggapan saya tentang vidio di atas adalah anak sulit berimajinasi saat menggambar anak cenderung meniru yang mereka lihat baik dari contoh yang diberikan guru atau bahkan meniru punya temannya sendiri.
salah satu cara menggali imajinasi anak adalah dengan cara membawa ke luar kelas dan menanyakan apa saja yang mereka lihat/ketahui kemudian ajaklah anak menggmbar bebas sesuai dengan apa yang mereka lihat.
Nama: Faiqotul Azma
NIM: 858171323
PGPAUD
Tanggapan saya tentang vidio di atas adalah anak sulit berimajinasi saat menggambar, anak cenderung meniru yang mereka lihat baik dari contoh yang diberikan guru atau bahkan meniru punya temannya sendiri.
salah satu cara menggali imajinasi anak adalah dengan cara membawa ke luar kelas dan menanyakan apa saja yang mereka lihat/ketahui kemudian ajaklah anak menggmbar bebas sesuai dengan apa yang mereka lihat.
Nama: Hermin
Nim: 878740916
Berdasarkan Video diatas anak sulit berimajinasi saat menggambar. Ada beberapa faktor penyebabnya yaitu rasa tidak percaya diri, minimnya dukungan orang tua, atau banyak kritikan yang diterima.
Menurut pendapat saya guru sudah bagus dalam mengelola pembelajaran dikelas, hanya perlu sedikit tambahan.
Strategi yang diterapkan guru tersebut antara seharusnya antara lain:
1. Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar.
2. Mengajak anak keluar untuk mengembangkan imajinasi Mereka
3. Meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan dilluar kelas
NAMA ; ARIYANTI NIM 858936354 saya berasal dari pokjar lumajang menurut saya metode yang yang diterapkan guru yang ada di vidio dalam menggali anak yang sulit berimajinasi menggambar sudah tepat . menunjukkan guru dapat menstimulus anak dalam kegiatan berimajinasi dengan memberikan contoh gambar di depan dengan menyuruh anak memilih menggambar bebas meskipun pada dasarnya anak cenderung meniru . selain itu yang dilakukan pendidik ketika keluar kelasa sudah benar dengan pendekatan pada anak dengan memberitahu dan mengenalkan lingkungan sekitar . dengan cara ini anak dapat menuangkan ide dalam berimajinasi dalam menggambar apa yang anak ketahui dilingkungan sekitar . dengan ini anak dapat meenuangkan inspirasi menggambar bebas beda dengan teman yang lain
DWI KUMAIROTUL HIDAYAH, NIM : 858169359
Setelah melihat tayangan video pembelajaran diatas dapat saya simpulkan bahwa salah satu upaya untuk mengatasi anak dalam kesulitan menggambar adalah dengan mengajak anak-anak mengamati langsung tentang tempat atau lingkungan sekitar sekolah. Karena dengan begitu anak akan memiliki pengalaman dengan melihat. Imajinasi mereka akan lebih berkembang. Karena salah satu hal yang bisa meningkatkan pembelajaran adalah tempat yang menyenangkan. Anak anak lebih senang dan tidak bosan jika diajak keluar kelas.
Anak-anak juga harus diberikan kebebasan dalam berimajinasi menggambar, karena setiap anak memiliki imajinasi berbeda. Ada yang lebih suka menggambar mobil, pohon, gedung, pemandangan atau yang lainnya.
Nama Ayuni
Nim 859139714
Semester 9
UPBJJ UT MATARAM
Cara guru dalam video diatas sangat bagus yaitu menstimulus anak untuk berimajinasi dengan cara mengajak anak anak melihat halaman sekolah kemudian anak anak menyalurkan apa yang telah dilihat dengan cara menggambar. Setiap anak memiliki karakteristik dengan kemampuan yang berbeda beda dalam kemampuan menggambar.
Kelemahan dari video tersebut adalah guru tidak membimbing atau membantu anak yang belum menggambar.