silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Nama Asmita
    Nim 859425031
    Melalui menggambar anak dapat menuangkan imajinasi apa yang mereka pikirkan. Sehingga masalah anak yang mengalami masalah sulit berimajinasi saat menggambar merupakan sesuatu hal yg harus diperhatikan oleh guru. Karena hal tersebut tidak baik untuk perkembangan kognitif pada anak tersebut sehingga sebagai seorang guru kita harus bisa memberikan anak tersebut tindakan yg membuat imajinasi mereka lebih berjalan seperti memberikan pembelajaran di luar kelas, menggunakan alat pembelajaran yg kreatif lagi, sering memberikan pujian kepada anak dan penting untuk berkolaborasi dengan keluarga anak

  2. Assalamualaikum wr.wb
    Nama Asmita
    Nim 859425031
    Menggambar merupaka suatu hal yang anak lakukan untuk menuangkan ide imajinasi mereka. Kesulitan berimajinasi pada anak merupakan hal yg tidak boleh di sepelekan oleh guru. Karena berdampak pada perkembangan kognitif anak. Untuk itu guru dapat mengatasi dengan mengajak anak untuk belajar di luar ruangan, sering memberikan pujian kepada anak dan berkolaborasi dengan keluarga anak

  3. Nama: Veronika Benu
    NIM : 859268427
    Mohon ijin mengomentari Video pembelajaran di atas.
    Dalam video tersebut menjelaskan tentang upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
    menurut saya, stimulasi yang tepat dari seorang guru yang ingin meningkatkan imajinasi anak saat menggambar ialah menunjukan hal-hal yang nyata kepada anak. Jika kita ingin anak bisa kreatif, maka sebelum kegiatan menggambar dimulai, kita perlu membawa anak-anak untuk melihat-lihat di lingkungan sekitar. kita perlu memberikan kesempatan kepada anak supaya anak bisa melihat dan merasakan sendiri atau mengalami langsung pemandangan atau objek nyata, lalu kemudian kita bisa meminta anak untuk menggambar kembali tentang pemandangan atau objek yg di temui anak di luar kelas. Terima kasih

  4. Nama : Ade Tanjung Sari
    NIM : 821110547
    Dari tayangan proses pembelajaran tentang “Anak sulit berimajinasi saat menggambar” bahwa menggambarkan bahwa pada usia anak PAUD cenderung meniru contoh yang diberikan oleh guru, sehingga walaupun guru memberi arahan bahwa siswa bisa menggambar bebas tetapi pada saat guru memberikan satu contoh di papan tulis, maka apa yang dilihat siswa itulah yang terekam di otak siswa, sehingga menghasilkan semua siswa menggambar sesuai contoh dari guru.
    Strategi yang digunakan guru dalam video sudah tepat dengan mengajak siswanya ke lokasi yang bisa diamati secara langsung oleh siswa, sehingga bisa menambah wawasan ide berupa gambar benda-benda yang diamati dan menuangkannya pada buku gambarnya, dan siswa berhasil membuat gambar yang bervariasi sesuai dari benda-benda yang sudah diamati secara langsung dan beraneka ragam bendanya,

  5. Nama: Siti Zumaroh
    NIM : 877313711
    1. Menurut pendapat saya, apa yang bu guru lakukan sudah benar, dari video diatas diperlihatkan bahwa pada awal guru meminta anak menggambar bebas/sesuai dengan minat anak, sedangkan bu guru tetap dikelas dan memberi contoh gambar pemandangan di papan tulis, hasilnya mayoritas anak menggambar pemandangan meskipun bu guru sudah menginstruksikan untuk menggambar bebas. Setelah bu guru mengajak anak keluar kelas dan menunjukkan banyak hal yang bisa dilihat anak didik maka ketika anak menggambar dengan intruksi yang sama, anak bisa menggambar apa yang ingin dia gambar, artinya anak sudah bisa menggambar bebas sesuai keinginan masing-masing. Dari sini bisa di simpulkan bahwa dengan cara melihat sangat mempengaruhi daya imajinasi anak. Semakin kita memperlihatkan hal-hal yang nyata (bisa dilihat, diraba dll oleh panca indra) maka ini akan memudahkan anak untuk berimajinasi, karena anak lebih mudah memahami hal yang nyata. Pembelajaran TK sebaiknya dilakukan secara bertahap dimulai dari yang kongkrit ke abstrak.
    2. Menurut saran saya, meskipun kita didalam kelas kita juga bisa mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar dengan cara mengajukan pertanyaan kepada anak (tanyakan gambar apa yang ingin digambar oleh anak), selain itu bisa membacakan cerita bergambar pada anak disertai bermain peran. Kita juga bisa memanfaatkan gambar, barang dll yang ada dikelas.

  6. Nama : Surianah
    Nim : 858458836
    UPBJJ : SAMARINDA
    Setelah menonton video pembelajaran anak Sulit Berimajinasi saat menggambar, saya menyadari bahwa saat guru menjelaskan kegiatan, guru memberikan contoh objek gambar dengan harapan anak-anak dapat mengembangkan imajinasi mereka. Namun, anak-anak justru cenderung meniru objek yang digambar oleh guru. Untuk mengatasi hal ini, guru kemudian mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat lingkungan sekitar dan mengenal berbagai benda. Dengan cara ini, anak-anak bisa menemukan objek gambar yang sesuai dengan minat mereka. Setelah kegiatan di luar kelas, terlihat bahwa mereka lebih mampu menggambar sesuai dengan ketertarikan masing-masing. Sebagai langkah refleksi, guru mendorong anak-anak untuk menceritakan hasil gambar mereka.
    Menurut saya, sebelum melakukan kegiatan menggambar , sebaiknya guru memberikan gambaran contoh objek yang bisa merangsang imajinasi anak. Guru juga bisa menggunakan berbagai media, seperti gambar, video, atau menunjukkan objek nyata, untuk membantu anak-anak dalam menemukan inspirasi.

  7. Nama : Surianah
    Nim : 858458836
    UPBJJ : SAMARINDA
    Setelah menonton video pembelajaran anak Sulit Berimajinasi saat menggambar, saya menyadari bahwa saat guru menjelaskan kegiatan, guru memberikan contoh objek gambar dengan harapan anak-anak dapat mengembangkan imajinasi mereka. Namun, anak-anak justru cenderung meniru objek yang digambar oleh guru. Untuk mengatasi hal ini, guru kemudian mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat lingkungan sekitar dan mengenal berbagai benda. Dengan cara ini, anak-anak bisa menemukan objek gambar yang sesuai dengan minat mereka. Setelah kegiatan di luar kelas, terlihat bahwa mereka lebih mampu menggambar sesuai dengan ketertarikan masing-masing. Sebagai langkah refleksi, guru mendorong anak-anak untuk menceritakan hasil gambar mereka. Menurut saya, sebelum melakukan kegiatan menggambar , sebaiknya guru memberikan gambaran contoh objek yang bisa merangsang imajinasi anak. Guru juga bisa menggunakan berbagai media, seperti gambar, video, atau menunjukkan objek nyata, untuk membantu anak-anak dalam menemukan inspirasi.

  8. Nama : Surianah
    Nim : 858458836
    UPBJJ : SAMARINDA

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Izin Menjawab

    Setelah menonton video pembelajaran anak Sulit Berimajinasi saat menggambar, saya menyadari bahwa saat guru menjelaskan kegiatan, guru memberikan contoh objek gambar dengan harapan anak-anak dapat mengembangkan imajinasi mereka. Namun, anak-anak justru cenderung meniru objek yang digambar oleh guru. Untuk mengatasi hal ini, guru kemudian mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat lingkungan sekitar dan mengenal berbagai benda. Dengan cara ini, anak-anak bisa menemukan objek gambar yang sesuai dengan minat mereka. Setelah kegiatan di luar kelas, terlihat bahwa mereka lebih mampu menggambar sesuai dengan ketertarikan masing-masing. Sebagai langkah refleksi, guru mendorong anak-anak untuk menceritakan hasil gambar mereka. Menurut saya, sebelum melakukan kegiatan menggambar , sebaiknya guru memberikan gambaran contoh objek yang bisa merangsang imajinasi anak. Guru juga bisa menggunakan berbagai media, seperti gambar, video, atau menunjukkan objek nyata, untuk membantu anak-anak dalam menemukan inspirasi.

  9. NAMA IVATUL LAILI
    NIM 858915533
    Menurut Pendapat saya tentang video anak sulit berimajinasi saat menggambar , strategi yang diterapkan oleh guru tersebut sudah benar terutama dalam mengajak anak untuk menggambar bebas , mengajak anak untuk keluar kelas untuk melihat sekeliling anak , sehingga dengan cara ini akan membangkitkan kemampuan anak dalam menggambar sesuai dengan imajinasinya. Menurut saya perlu melakukan pendekatan kepada anak agar anak itu mau menggambar sesuai dengan imajinasinya sendiri , soalnya memang membutuhkan beberapa waktu untuk bisa membuat anak itu bisa menggambar sesuai dengan imajinasinya. Kemampuan guru dalam membuat situasi atau suasana yang menyenangkan buat anak sehingga anak bisa menggambar sesuai dengan imajinasinya sendiri

Leave a Reply