silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : sri swarni
Nim : 856522033
Video Pembelajaran : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Video ini menampilkan upaya seorang guru Taman Kanak-Kanak dalam membantu anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar. Strategi yang diterapkan antara lain memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat, mengajak anak keluar kelas untuk mendapatkan inspirasi, serta meminta anak untuk bercerita tentang gambar yang dibuat.
Nama : Lulu Aulia
NIM : 857276554
Dalam video ini guru memberikan anak-anak kegiatan menggambar bebas dengan mengajak anak-anak pergi melihat luar ruangan. Anak-anak diminta menggambar apa yang mereka lihat , anak-anak juga bisa menggambar sesuai imajinasi mereka. Ini sangan bermanfaat untuk guru karena dalam vidio ini kita dapat mengajak anak mengembangkan imajinasi mereka, dan anak-anak dapat melihat ataupun mengeksplor di luar ruangan.
Nama : Dhanisaq Ari Cahyani
Nim : 858980365
Nah contoh praktik yang sangat baik dan efektif dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Kombinasi antara pendekatan bermain, penggunaan alat peraga konkret, variasi tugas, dan penguatan positif menciptakan fondasi yang kuat bagi pemahaman matematika anak di masa depan. Guru ini patut menjadi inspirasi bagi pendidik PAUD lainnya.
NAMA : AINUN LATHIFAH NUR EPRILIANA SAFITRI
NIM : 878186492
Pada video diatas terdapat kasus sulitnya anak untuk menentukan imajinasi dalam menggambar yang biasanya hanya sesuai dengan gambar guru, menurut video di atas hal itu dapat dipecahkan dengan memberi ruang gerak imajinasi kepada anak. Anak diberi kebebasan mengeksplore apa yang dia temukan disekitar lingkungan mereka untuk digambar. Selain itu, anak juga diberikan pengetahuan yang cukup tentang keberadaan dan bentuk- bentuk barang yang ada disekitar mereka sehingga dapat dengan mudah mengembangkan imajinasi menggambarnya.
Nama : Dhanisaq Ari Cahyani
Nim : 858980365
Nah contoh praktik baik yang patut ditiru. Dengan memberikan kebebasan, memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, dan mendorong bercerita, guru telah menciptakan kondisi yang optimal untuk menumbuhkan imajinasi anak-anak dalam kegiatan menggambar. Pendekatan ini tidak hanya mengatasi kesulitan berimajinasi, tetapi juga mendukung perkembangan kognitif, emosional, dan bahasa anak secara holistik.
NAMA : MARIA ULFAH
NIM : 857644227
Kesulitan berimajinasi saat menggambar
Dalam vidio di atas anak” Antusias ketika guru memberikan tugas menggambar bebas. Seharusnya guru dapat memberi tema terlebih dahulu agar anak tidak sulit menggambar. Dan guru seharusnya juga memfasilitasi anak dan mengajak peserta didik ke alam bebas atau lingkungan agar anak dapat berimajinasi dg sesukanya
Sekian dan Terimakasih 🥰
Assalamualaikum
Nama :Mujiati Erlina
Nim : 858332512
Dari video diatas sering terjadi ketika di lapangan , anak akan kesulitan berimajinasi dan hanya menggambar yang pernah mereka gambar. Guru mengajak anak-anak keluar kelas agar mereka dapat berimajinasi menggambar sesuatu sudah bagus mereka sangat senang karena belajar sambil bermain merupakan hakikat pendidikan anak usia dini dan dapat mengembangkan semua aspek tidak hanya kognitif saja, namun alangkah baiknya guru memulai percakapan terlebih dahulu sebelum mereka menggambar misalnya dengan pertanyaan “anak-anak bisa menggambar apa saja yang ada di sekitar sekolah ini ya? Apa ada pohon, bunga atau burung yang berterbangan?” dengan kalimat-kalimat yang di ucapkan guru maka mereka akan lebih mengembangkan imajinasi mereka untuk menggambar. Mungkin ada yang menggambar kupu-kupu, ada yang menggambar burung dan sebagainya. Setelah selesai menggambar mereka barulah guru bisa menanyakan apa yang mereka gambar?. Sebisa mungkin guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memancing kreatifitas dan imajinasi anak.
sekian pendapat saya, terimakasih wassalamualaikum.
Nama:Fadilah Rima Nazwita
NIM:860033767
UPBJJ:Bandung
Dalam vidio anak sangat sulit untuk berimajinasi dan guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar,dengan cara:
1.Membebaskan anak menggambar sesuai imajinasinya.
2.Guru memfasilitasi anak ide/imajinasi dengan cara keluar ke halaman sekolah untuk melihat apa saja yang mereka lihat.
Setelah itu meminta anak untuk bercerita tentang apa yang mereka lihat dan apa yang mereka gambar dan guru melakukan tanya jawab terkait hasil karya mereka.
Nama : PUSPAYUNI ASTUTI
NIM : 856654938
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari Video diatas adalah bahwa membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi dan minat mereka dapat membantu menggali kreativitas dan imajinasi anak. Dengan demikian, anak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan imajinatif. Guru dapat memfasilitasi hal ini dengan mengajak anak ke lingkungan sekitar dan memberikan kebebasan untuk menggambar apa saja.
Anak yang sulit berimajinasi saat menggambar mungkin terpaku pada pola gambar atau teknik mewarnai, sehingga kurang mampu berkarya sesuai imajinasinya. Hal ini bisa disebabkan oleh takut melakukan kesalahan dan mendapat penilaian bahwa gambarnya jelek.
Terimakasih
NAMA :Puspa Yuni Astuti
NIM : 856654938
Dalam divio pembejalaran di atas Anak yang sulit berimajinasi saat menggambar mungkin terpaku pada pola gambar atau teknik mewarnai, sehingga kurang mampu berkarya sesuai imajinasinya. Hal ini bisa disebabkan oleh takut melakukan kesalahan dan mendapat penilaian bahwa gambarnya jelek.
dengan guru mengajak murid untuk keluar ruangan anak-anak dapat berimajinasi dengan melihat apa yang dilihat anak-anak tersebut.