silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Septy Indriyani Safitri
    NIM : 878197424

    Dari video di atas dapat kita simpulkan bahwa anak mampu menuangkan imajinasinya jika kita memberikan mereka kebebasan memberikan mereka referensi seperti dengan menunjukkan gambar mengajak mereka keluar kelas atau mengajak mereka melihat video serta memberikan apresiasi atau pertanyaan dari karya yang telah dibuat oleh anak.

  2. Nama : Septy Indriyani Safitri
    NIM : 878197424

    dari video di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa anak dapat menuangkan imajinasinya jika kita memberikan mereka kebebasan memberikan mereka referensi seperti dengan menunjukkan gambar mengajak mereka keluar kelas atau dengan melihat video serta memberikan apresiasi atau pertanyaan terhadap karya yang dibuat mereka

  3. Assalamualaikum wr. wb
    Nama : Durotul Maunah
    NIM : 860009686
    Pada tayangan video tersebut kegiatan pembuka belum terlihat dengan jelas. Namun isi video tersebut sangat baik dimana guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk berimajinasi , mengajak siswa keluar kelas untuk melihat keadaan disekitar kemudian menuangkan apa yang dilihat dalam bentuk gambar. Selain itu guru juga bisa memberikan motivasi kepada siswa agar semangat saat menggambar.
    Terimakasih..

  4. Nama : NELA AGUSTINA
    NIM : 858187894
    UPBJJ : PALANGKARAYA
    Ijin menaggapi vidio diatas,
    Guru menerapkan beberapa strategi kreatif untuk menumbuhkan daya imajinasi anak, antara lain:
    1. Memberikan kebebasan berekspresi: Guru membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan minat dan ketertarikannya, tanpa tekanan atau batasan tema yang kaku.
    2. Kegiatan observasi di luar kelas: Guru mengajak anak keluar kelas untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar, seperti taman sekolah atau halaman, guna memberikan pengalaman langsung dan merangsang daya imajinasi.
    3. Kegiatan bercerita dan menggambar: Setelah observasi, anak diminta untuk bercerita tentang apa yang mereka lihat dan rasakan, kemudian menggambarkannya dalam bentuk visual. Kegiatan ini membantu anak menghubungkan pengalaman nyata dengan ekspresi kreatif dalam gambar.
    Melalui pendekatan ini, guru tidak hanya membantu anak dalam mengembangkan imajinasi, tetapi juga membangun rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi mereka.

  5. Nama : Ghina Amelia AJ
    Nim : 859677926
    UPBJJ: Bandung

    Saya telah menganalisis video yang berjudul “anak sulit untuk berimajinasi saat menggambar” pada video tersebut saya pun belajara bahwa strategi mengajar sangat beragam dan salah satunya saat guru tersebut memberikan tugas untuk menggambar dan mebebaskan anak berimajinasi sesuai keinginnan mereka, anak anak terlihat senang dan samgat antusias, namun anak anak pun terlihat kebingungan apa yang harus mereka gambar, karena guru tersebut tidak langsung memberikan contoh, tetapo terlihat dalam video gu kemudian membuat strategi dengan mengajak keluar untuk mendapatkan gambaran seperti bertanya secara terbuka, bercerita dan mengamati lingkungan dan alhasil strategi tersebut terbukti efektif dalam membangkitkan imajinasi dan kreativitas anak. Sehingga anak-anak pun mampu menggambar apa yang mereka lihat.
    Refleksi ini menuntun saya untuk menjadi pendiidk yang peka, kreatif, mampu mengembangkan imajinasi anak melalui strategi pembelajaran yang benar.

  6. Nama: Eni Suryati
    NIM: 857879473

    Assalamualaikum Wr Wb

    Berdasarkan video yang sudah saya amati, saya setuju dengan metode menggambar berdasarkan imajinatif anak_anak bisa diajak dulu untuk keluar ruangan/keluar kelas guna mengeksplor apa saja yang sudah dilihatnya kemudian menuangkannya ke dalam gambar. Terbukti pada hasil gambar yang pertama anak_anak hanya disuruh menggambar bebas dan ibu guru memberi contoh gambar pemandangan, pada hasilnya anak_anak kebanyakan juga hanya mencontoh gambar pemandangan yang dicontohkan oleh bu guru. Akan tetapi pada praktik menggambar yang kedua anak_anak diajak keluar kelas dulu kemudian disuruh melihat sekeliling apa saja yang ada disekitar, lalu apa yang dilihatnya bisa dituangkan ke dalam gambar. Terbukti hasil gambar anak_anak bisa beraneka ragam sesuai dengan imajinasi mereka masing_masing.

    Demikian pendapat yang bisa saya sampaikan, terima kasih.
    Wassalamualaikum Wr Wb

  7. NAMA : ANAH
    NIM : 857275925
    UPBJJ : SERANG
    Video ini sangat menarik karena menggambarkan bagaimana guru PAUD dapat membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar. Dalam video dijelaskan bahwa guru memberikan kebebasan berekspresi, mengajak anak ke luar kelas, serta meminta mereka menggambarkan hal-hal yang mereka lihat dan alami secara langsung. Ini adalah pendekatan yang sangat kontekstual dan efektif dalam pengembangan kognitif dan daya imajinasi anak.

  8. Nama : Ghina Amelia AJ
    Nim : 859677926
    UPBJJ: Bandung

    Saya telah menganalisis video yang berjudul “anak sulit untuk berimajinasi saat menggambar” pada video tersebut saya pun belajar bahwa strategi mengajar sangat beragam dan salah satunya saat guru tersebut memberikan tugas untuk menggambar dan membebaskan anak berimajinasi sesuai keinginan mereka, anak anak terlihat senang dan samgat antusias, namun awalnya anak anak terlihat kebingungan apa yang harus mereka gambar, karena guru tersebut tidak langsung memberikan contoh, tetapi terlihat dalam video guru kemudian membuat strategi dengan mengajak keluar untuk mendapatkan gambaran seperti bertanya secara terbuka, bercerita dan mengamati lingkungan dan alhasil strategi tersebut terbukti efektif dalam membangkitkan imajinasi dan kreativitas anak. Sehingga anak-anak pun mampu menggambar apa yang mereka lihat.
    Refleksi ini menuntun saya untuk menjadi pendidik yang peka, kreatif, mampu mengembangkan imajinasi anak melalui strategi pembelajaran yang benar.

  9. Nama : Triara Aprilia
    Nim : 857621355
    Vidio tersebut menerapkan strategi untuk anak meningkatkan kemampuan imajinasi anak TK melalui :
    1. Kebebasan ekspresi : Anak diberi kebebasan menggambar sesuai minat.
    2. Eksplorasi Lingkungan : Anak diajak keluar kelas untuk menemukan imajinasi.
    3. Pengembangan cerita : Anak diminta bercerita dan menggambarkan penemuan.
    Tujuan : meningkatkan kemampuan imajinasi dan kreatifitas anak.

  10. Nama : Ghina Amelia AJ
    Nim : 859677926
    UPBJJ: Bandung

    Saya telah menganalisis video yang berjudul “anak sulit untuk berimajinasi saat menggambar” pada video tersebut saya melihat bahwa strategi mengajar sangat beragam dan salah satunya saat guru tersebut memberikan tugas untuk menggambar dan membebaskan anak berimajinasi sesuai keinginan mereka, anak anak terlihat senang dan samgat antusias, namun anak anak terlihat kebingungan apa yang harus mereka gambar, karena guru tersebut tidak langsung memberikan contoh, tetapi terlihat dalam video guru kemudian membuat strategi dengan mengajak keluar untuk mendapatkan gambaran seperti bertanya secara terbuka, bercerita dan mengamati lingkungan dan alhasil strategi tersebut terbukti efektif dalam membangkitkan imajinasi dan kreativitas anak. Sehingga anak-anak pun mampu menggambar apa yang mereka lihat.
    Refleksi ini menuntun saya untuk menjadi pendidik yang peka, kreatif, mampu mengembangkan imajinasi anak melalui strategi pembelajaran yang benar.

Leave a Reply