silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Assalamu alaikum Wr. Wb
Menanggapi video dengan judul Sulit Berimajinasi Saat Menggambar hal tersebut adalah suatu Realita yang ada di lembaga PAUD dan sering saya alami selama saya menjadi guru/pendidik. Seringkali anak-anak saat diminta guru untuk menggambar oleh guru mengalami kebingungan / kesulitan dalam berimajinasi, sehingga hasil menggambar dari anak-anak banyak yang sama apalagi ketika berada didalam ruang kelas, berbeda ketika anak-anak guru ajak menggambar di luar ruangan.
Video tersebut memperlihatkan tentang strategi yang perlu digunakan guru dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar .
Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai metode pendekatan dengan anak didik saat pembelajaran agar pembelajaran mencapai tujuan.
Masukan/Saran : Menurut saya dalam video tersebut perlu tambahan penjelasan singkat tentang dampak perkembangan kognitif yang di alami anak saat melakukan kegiatan tersebut untuk menambah pemahaman bagi penonton.
Sekian tanggapan dari saya
Salam sehat,
Nama : Mariana Lele Padang
Nim. : 859428678
Judul vidio : Anak sulit berimajinasi saat menggambar.
Izin menanggapi isi vidio tersebut, di mana dalam vidio ini menginspirasi bagi saya, di mana anak yang sulit berimajinasi guru mendekati dan mengajak anak-anak untuk melakukan eksplorasi di luar sekolah di mana anak di ajak untuk mengamati apa ya g mereka lihat dengan arahan dari ibu guru. dan pembelajaran yang langsung di amati seperti yang ibu guru lakukan anak akan lebih bisa memahami apa yang di maksud. Terima kasih untuk vidio ini yang memberikan pengalaman baru bagi saya.
Salam sehat.
Salam sehat
Nama : Mariana Lele Padang
Nim. : 859428678
Izin menanggapi vidio tersebut tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar . Dimana pada vidio ini sangat menginspirasi bagi saya, dimana seorang guru melakukan pembelajaran dengan menggambar bebas, dan dengan penjelasan dari ibu guru, banyak anak kurang memahami dengan ucapan ibu guru, namun dengan adanya umpan balik dari ibu guru kepada anak.
ibu guru dengan sabar untuk mengajak bereksplorasi di luar untuk mengamati lingkungan sekolah dan mengajak anak atau memberikan dorongan yang untuk melihat sekitar sekolah, dan setelah itu guru melakukan tanya jawab apa yang sudah di lihatnya di luar kelas,
Dan anak di ajak untuk menggambar apa yang sudah di lihat. Vidio ini memberikan pengetahuan yang baru
Terima kasih
NAMA: SITI NURFADILAH
NIM: 859437559
Video ini menampilkan upaya seorang guru dalam mengatasi tantangan umum yang sering dihadapi dalam dunia pendidikan, yaitu kesulitan anak-anak dalam mengembangkan imajinasi saat menggambar. Permasalahan ini sangat penting untuk ditangani karena daya imajinasi merupakan landasan utama dalam menumbuhkan kreativitas anak, yang berperan besar dalam berbagai aspek kehidupan, tidak hanya terbatas pada seni visual saja.
Strategi yang diterapkan oleh guru dalam video ini sangat inspiratif dan layak mendapat apresiasi. Beberapa pendekatan utama yang digunakan antara lain:
1. Memberikan keleluasaan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan ketertarikan mereka. Kebebasan ini memungkinkan anak merasa memiliki kendali atas hasil karyanya, yang kemudian mendorong mereka untuk bereksplorasi dan mencoba menuangkan gagasan-gagasan orisinal yang muncul dari pikirannya. Minat pribadi menjadi motor penggerak dalam proses kreatif mereka.
2. Mengajak siswa ke luar ruangan. Langkah ini menunjukkan bahwa guru memahami pentingnya lingkungan yang kaya rangsangan sebagai pemicu tumbuhnya imajinasi. Suasana di luar kelas dapat membuka wawasan baru yang sebelumnya tidak ditemukan dalam ruang belajar tradisional.
3. Meminta anak menceritakan serta menggambar hal-hal yang mereka temui di luar. Pendekatan ini memadukan aktivitas bercerita dengan menggambar, yang terbukti menjadi cara efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir dan imajinatif anak secara bersamaan.
Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh praktik pembelajaran yang positif dalam mengembangkan daya khayal anak melalui kegiatan menggambar. Pendekatan yang berfokus pada anak, pemberian ruang kebebasan, pemanfaatan berbagai latar belajar, serta penggabungan beberapa keterampilan seperti mengamati, menyusun cerita, dan menggambar menjadi elemen penting keberhasilan metode ini.
Sebagai renungan, video ini mengingatkan saya sebagai seorang pendidik akan pentingnya menciptakan ruang belajar yang kondusif bagi eksplorasi, ekspresi diri, dan pengalaman langsung bagi anak. Pendekatan yang ditampilkan bisa dijadikan inspirasi dan diterapkan dalam berbagai kegiatan pembelajaran lainnya, tidak terbatas pada menggambar saja. Perlu diingat bahwa membangun imajinasi merupakan proses yang berkelanjutan, membutuhkan kesabaran, perhatian, serta pemahaman yang mendalam terhadap perkembangan anak.
Assalamu’alaikum.
Nama : NURHAMSINAR
NIM : 856111243
Izin menanggapi video diatas, dari hasil pengamatan saya mengenai video diatas memberikan pemandangan dan strategi yang harus di lakukan guru agar anak bisa berimajinasi ketika di suruh menggambar, namun alangkah baiknya sebelum memulai pelajaran guru mempersilahkan anak2 untuk menggambar sesuai kemampuan dan keinginan mereka agar mereka tidak kesulitan ketika disuruh menggambar apa yang di buat gurunya tetapi mereka bisa berimajinasi dengan membuat gambar sesuai keinginan nya.
Saran saya guru juga harus memberikan solusi ketika anak didiknya mengalami hal di atas yaitu dengan memberikan inspirasi melalui cerita atau gambar, memberikan kebebasan untuk ber ekspresi, menciptakan ruang belajar yang kreatif yang bisa mengasah anak untuk mengeluarkan ide nya, dan mengajak anak untuk berdiskusi tentang hoby masing-masing.
Sekian terimakasih.
Nama: SURYATI
NIM:856759545
Saya telah menganalisis video yang berjudul “anak sulit untuk berimajinasi saat menggambar”. Berdasarkan tayangan video kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru. Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya. Sehingga anak-anak pun mampu menggambar apa yang mereka lihat dan juga apa yang mereka ingat.
Nama : Raudatul Jannah
Upbjj : Banjarmasin
Dari video diatas sangat menginspirasi karena upaya seorang guru yang menugaskan anak murid untuk menggambar bebas salah satunya dengan mengajak anak-anak keluar untuk melihat alam sekitar membuat anak bisa berimajinasisaat menggambar.
Nama :siti puji rahayu
Nim :857987824
Proses pembelajaran: seorang guru yang memberikan tugas kepada anak-anak untuk menggambar bebas seperti pemandangan, pesawat, sapi, dll.. Kemudian membagikan buku gambar dan pensil warnanya, lalu memeriksa apa yang di gambar oleh anak, kemudian meminta anak untuk menceritakan apa yang telah di gambarnya kepada teman-temannya, melakukan tanya jawab mengenai hasil karya yang dibuat mereka.
* pada video tersebut menjelaskan mengenai cara untuk menggali ide dan imajinasi anak yaitu dengan cara:
1.dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak
2. Memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang di lihat dihalaman sekolah
3. Meminta anak untuk bercerita apa saja yang telah dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya
4.melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat mereka
Nama Maria Dua Bela
Nim:859320495
Izin menanggapi video tentang anak sulit berimajinasi melalui video ini sy belajar bawa menghadapi anak usia dini penuh dengan tantangannnya.dengan cara seperti ini dapat menambah wawasan saya .
Minimmnya imajinasi bukan berarti anak tidak kreatif,.faktor lingkungannya sangat berpengar,peran orang tua dan guru penting,perlu di perhatikan bila ada masalah perkembangan.
Trima kasih
Dari video diatas dapat di simpulkan bahwa dalam menggali imajinasi anak dalam menggambar dapat dilakukan dengan membiarkan anak untuk menggambar apa saja yg dia bisa atau mengajak anak melihat objek dan kemudian menirunya