silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Hallo semuanya, Perkenalkan
Nama Saya: Zamzami Munawwaroh
NIM: 859519982
UPBJJ: Jakarta
Mata Kuliah: PKM PAUD4304.8
Video ini membahas tantangan yang dihadapi guru PAUD / TK dalam membimbing anak-anak yang mengalami kesulitan berimajinasi saat menggambar, serta strategi-strategi edukatif untuk mengatasinya.
~Strategi Guru yang Diterapkan:
1)Memberikan kebebasan berekspresi:
Guru tidak membatasi anak dengan tema tertentu, tetapi membiarkan mereka menggambar sesuai dengan minat dan pengalaman mereka sendiri. Ini membantu membangkitkan kreativitas yang lebih otentik.
2)Eksplorasi luar kelas:
Guru mengajak anak-anak keluar dari kelas untuk mengamati lingkungan sekitar. Dengan kegiatan ini, anak-anak bisa mendapatkan pengalaman nyata yang bisa menjadi sumber inspirasi dalam menggambar.
3)Membangun narasi melalui bercerita:
Anak diajak untuk menceritakan apa yang mereka lihat atau alami, dan kemudian menggambarkannya. Proses ini membantu membangun hubungan antara pengalaman nyata, imajinasi, dan ekspresi visual.
~Pendekatan yang Digunakan: Pendekatan yang digunakan oleh guru bersifat konstruktivis, di mana pembelajaran didasarkan pada pengalaman langsung anak dan membangun pemahaman dari dunia sekitarnya.
~Refleksi:
>Setiap anak berbeda, jadi guru perlu sabar dan kreatif untuk membantu mereka.
>Imajinasi anak bisa muncul dari pengalaman langsung, bukan hanya dari khayalan.
>Strategi ini bagus untuk melatih kreativitas, kepercayaan diri, dan kemampuan bercerita anak sejak dini.
vidio di atas ini menggambarkan sebuah praktik pendidikan yang sangat inspiratif dan relevan dalam dunia PAUD, khususnya dalam mendukung perkembangan imajinasi anak usia dini. Guru dalam cerita ini menunjukkan pemahaman yang baik terhadap pentingnya kebebasan berekspresi dan pengalaman langsung dalam merangsang kreativitas anak.
Pendekatan yang digunakan sangat tepat, karena anak usia dini cenderung berpikir konkret dan membutuhkan stimulus dari lingkungan sekitar untuk membangun imajinasi. Dengan mengajak anak keluar kelas, guru menciptakan suasana belajar yang lebih hidup dan kontekstual, sekaligus mendorong keterlibatan anak secara aktif melalui observasi langsung. Kegiatan menceritakan kembali apa yang mereka lihat, lalu menggambarkannya, merupakan cara yang efektif untuk menghubungkan kemampuan bahasa, pengamatan, dan motorik halus anak.
Selain itu, dengan memberi kebebasan memilih objek gambar sesuai minat, guru menghormati perbedaan karakter, pengalaman, dan ketertarikan tiap anak. Ini selaras dengan prinsip pembelajaran yang berpusat pada anak dan sangat mendukung pengembangan imajinasi serta kepercayaan diri.
nama: rizki maulidah
nim: 878190865
vidio di atas ini menggambarkan sebuah praktik pendidikan yang sangat inspiratif dan relevan dalam dunia PAUD, khususnya dalam mendukung perkembangan imajinasi anak usia dini. Guru dalam cerita ini menunjukkan pemahaman yang baik terhadap pentingnya kebebasan berekspresi dan pengalaman langsung dalam merangsang kreativitas anak.
Pendekatan yang digunakan sangat tepat, karena anak usia dini cenderung berpikir konkret dan membutuhkan stimulus dari lingkungan sekitar untuk membangun imajinasi. Dengan mengajak anak keluar kelas, guru menciptakan suasana belajar yang lebih hidup dan kontekstual, sekaligus mendorong keterlibatan anak secara aktif melalui observasi langsung. Kegiatan menceritakan kembali apa yang mereka lihat, lalu menggambarkannya, merupakan cara yang efektif untuk menghubungkan kemampuan bahasa, pengamatan, dan motorik halus anak.
Selain itu, dengan memberi kebebasan memilih objek gambar sesuai minat, guru menghormati perbedaan karakter, pengalaman, dan ketertarikan tiap anak. Ini selaras dengan prinsip pembelajaran yang berpusat pada anak dan sangat mendukung pengembangan imajinasi serta kepercayaan diri.
Dari video diatas,sangat menginspirasi sekali.krn kadang sy juga menghadapi hal tersebut.akan sy praktekkan ke anak murid sy.terimakasih.
Nama : Elsa Giarni
Nim : 856102703
Dari video diatas dapat disimpulkan bahwa sangat penting peran guru untuk mengajak anak supaya lebih bisa berkreatif dan berimajinasi dalam kegiatan menggambar dengan cara mengajak anak untuk belajar diluar kelas, hal ini dapat membuat anak menjadi senang untuk menggambar bebas sesuai dengan minatnya. sebagai guru kita harus banyak mencari ide ide belajar yang menyenangkan bagi anak didik supaya tidak mudah bosan
Assalamualaikum, perkenalkan
Nama saya : Tuti Kurniati
NIM : 857390321
Pada video tersebut guru memfasilitasi untuk anak yang sulit berimajinasi saat menggambar dengan mengajaknya keluar untuk melihat lingkungan sekitar dengan tujuan agar anak mendapatkan inspirasi dari apa yang dilihatnya. Karena Saat berada di luar kelas, anak-anak bisa melihat, mendengar, dan merasakan lingkungan sekitar secara langsung. Hal ini memberi mereka inspirasi baru yang lebih kaya dan nyata untuk dituangkan dalam gambar. Suasana di luar ruangan, terutama yang tenang dan menyenangkan, bisa membantu anak lebih fokus. Mereka jadi lebih terbuka dalam menuangkan ide-ide unik ke dalam gambar. Menggambar dari objek atau pemandangan langsung mendorong anak memperhatikan detail – seperti bentuk, warna, bayangan, dan tekstur. Ini melatih kepekaan visual mereka. Berada di alam terbuka atau lingkungan yang berbeda bisa membantu anak merasa lebih rileks dan senang. Kondisi emosional yang positif sangat mendukung munculnya ide-ide kreatif. Ketika anak melihat hal-hal baru di luar kelas, mereka terdorong untuk bertanya dan mengeksplorasi lebih jauh. Rasa ingin tahu ini bisa menjadi bahan bakar utama dalam proses menggambar yang kreatif.
Video ini menggambarkan bahwa ketika anak kesulitan berimajinasi saat menggambar, itu bukan karena mereka tidak kreatif, tetapi bisa jadi karena kurang stimulasi, rasa takut salah, atau belum terbiasa mengekspresikan diri secara visual. Imajinasi anak perlu dipupuk dengan suasana yang mendukung, bukan dipaksa.
Ya. Video ini menginspirasi saya untuk :
Memberikan stimulus kreatif seperti cerita,
Lebih fokus pada proses daripada hasil, karena menggambar adalah cara anak mengekspresikan dunia mereka, bukan sekadar menghasilkan gambar bagus.Menciptakan ruang yang aman dan bebas tekanan bagi anak saat menggambar, supaya mereka merasa bebas berimajinasi tanpa takut dinilai.
Pelajaran yang Bisa Diambil setelah menonton vidio tersebut adalah :
Imajinasi anak tidak muncul begitu saja, tapi harus dirangsang dan didukung.
Anak butuh rasa aman untuk berekspresi, bukan rasa takut dinilai.
Kreativitas berkembang melalui pengalaman dan stimulasi yang menyenangkan.
Pentingnya peran guru/orang tua dalam membimbing tanpa mengarahkan terlalu ketat
terimakasih dengan menonton vidio ini saya bisa terinspirasi
NAMA : YULINDA BATARA
NIM :858096558
UPBJJ PONTIANAK
Menurut saya imajinasi anak-anak sangat luar biasa karena ide dan kreatifitas nya sesuai dengan kemampuan anak masing-masing dan sebagai guru juga bisa membantu anak untuk mengingat apa yg sudah di lihat anak-anak tersebut serta dapat memberikan apresiasi yang sudah anak-anak tuangkan kedalam selembar kertas mereka dan memberikan nilai dengan kemampuan mereka.
Nama: Rita wulan
NIM : 857534808
MK: Pemantapan Kemampuan Menggajar
Pada video ” Anak sulit berimajinasi saat menggambar “, mengajarkan atau memberi solusi pada saya sebagai guru untuk merangsang imajinasi anak dalam berimajinasi saat anak sulit beimajinasi untuk menggambar, yaitu degan cara memberikan kesempatan kepada anak, untuk menggambar bebas, dan mengajaq mekihat keluar kelas untuk melihat apa saja yang di lihatnya dan
Nama: Rita wulan
NIM: 857534808
MK: Pemantapan kemampuan Mengajar
Pada video “Anak sulit berimajinasi saat menggambar” dapat membantu saq