silahkan klik iconย ย jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda โbenda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Sri Utami
NIM : 878197109
Judul : Anak Sulit Berimajinasi saat menggambar
Setelah saya menonton vidoe tersebut, topik ini merupakan hal baru bagi saya. sangat bermanfaat bagi saya. menurut pengalaman saya ketika guru menggambar terlebih dahulu,anak akan cenderung mencontoh. sebaiknya memang dirangsang dengan beberapa kegiatan seperti yang ada di vidio. atau bisa juga dengan guru membacakan buku cerita. sehingga anak punya imajinasi tentang cerita yang ada di buku.
Nama : Erny Yulentini Bara
Nim : 859330235
UPBJJ : kupang
Pada tayangan video di atas anak sulit berimajinasi saat menggambar sangat bermanfaat bagi guru PAUD seperti saya. Strategi yang dilakukan guru dengan membebaskan anak Menggambar sesuai dengan imajinasinya dapat mengembangkan kreativitas yang dimiliki anak dan ketika guru mengajak anak keluar dari kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang dia temukan di luar kelas dapat mengembangkan kemampuan berbahasa dan daya ingat anak.
Terimakasih ๐
Assalamualaikum
Nama : Riskia tarasina
Nim : 858578002
UPBJJ : TERNATE
Dari video di atas menggambarkan pendekatan yang bisa dan holistik dalam mengatasi kesulitan anak dalam berimajinasi dan memberikan ruang anak untuk lebih bisa percaya diri dengan cara membebaskan anak untuk memilih salah satu gambar yang memungkinkan anak untuk lebih bisa bereksplorasi dengan minat dan bakat anak bedasarkan pengalamannya sendiri mengajak anak untuk berkeliling untuk melihat lingkungan .ini juga sangat efektif untuk mengembangkan imajinasi dan inspirasi baru sambil meminta anak untuk bercarita tentang apa yang mereka lihat dan apa yang ada di sekitar pendekatan ini mengajarkan anak untuk bisa dengan tenang mwncari inspirasi dan mengeluarkan apa yang mereka rasakan menjadi sebuah karya maka dengan begini anak bisa berimajinasi dengan baik .
NAMA. : Made via septayani
NIM. : 856766178
UPPBJJ : Martapura
MATA KULIAH : M.P. prilaku dan kemampuan dasar AUD.
Judul video : anak sulit berimajinasi saat menggambar
Nama guru pada video : Siti aisah
Setelah saya menonton video ini, sangat bermanfaat bagi guru atau pendidik terutama guru yang baru mengajar,dan di dalam video dapat menjelaskan tentang bagaimana cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat kegiatan menggambar, untuk menggali kreatifitas pada anak yaitu, dengan
*Guru memfasilitasi anak dengan mengajak anak ke lingkungan sekolah agar anak dapat mengenali berbagai macam apa saja yang ada di luar sekolah
*Berikan kebebasan pada anak dalam menggambar sesuai minat nya
Kelebihan dari video ini.
1.) guru dapat memberikan kesempatan lagi yang akan dia gambar sesuai apa yang ingin di gambar.
2.) guru mengembangkan rasa percaya diri anak melalui pujian tanpa menyudutkan anak dengan berbagai kesalahannya.
Kekurangan pada video.
1. ) guru seharusnya dapat memberikan tugas menggambar lebih dulu,atau bertanya kepada anak apa yang akan di gambar untuk hari ini.
assalamualaikum wr. wb
NAMA: JALEHA
NIM: 858316421
PRODI: PGPAUD
UPBJJ: BANJARMASIN
Pada tanyangan video di atas adalah pembelajaran guru, untuk mengajak semua anak- anak didik untuk bisa dapat melakukan kegiatan menggambar nya dengan bebas, dan juga dapat bisa memberikan kebebasan kepada semua anak-anak didik untuk bisa menyampaikam ide- ide anak-anak semuanya namun ada juga salah satu anak dengan kondisi anak yang sangat sulit sekali untuk bisa berimajinasi sendiri dan adapun ketika disuruh oleh guru . setelah itu, anak- anak diminta dengan peserta didik untuk bisa melakukan sebuah pengamatan tentang terhadap di lingkungan sekitar kita dan sehingga anak pun dapat menggambar sesuai apa yang dilihat mereka dan yang disukai oleh mereka semua.
Dengan adanya pendekaatan kepada anak- anak didik atau stratagi yang guru gunakan untuk bisa mengatasi semua permasalahan tersebut sudah sangat lah tepat sekali adalah : untuk memberikan rasa nyaman anak-anak dan juga bebas saat menggambarnya apa -apa yang dilihatnya di lingkungan sekitarnya, agar bisa lebih dapat mendorong anak- anak untuk bisa mencoba hal baru yang dilihatnya, dan tidak takut akan kegagalan. hal ini juga dapat membantu anak agar bisa membangun rasa percaya diri dan dan berimajinasinya sendiri dengan pendapatnya apa- apa yang dilihatnya dari lingkungan sekitar mereka dan juga agar bisa meningkatkan kreativitas anak didik kita. itu saja pendapat dari saya, kalau ada kekurangannya mohon bimbingannya dari tutor๐๐
NAMA: JALEHA
NIM: 858316421
UPBJJ: BANJARMASIN
” Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
Pada video yang di atas tersebut terdapat sebuah ilustrasi video hambatan anak tentang kesulitan untuk berimajinasi saat menggambar. Dengan adanya hal tersebut maka dengan berhubungan dengan salah satu perkembangan anak yaitu Dengan adanya hambatan tersebut, semua guru juga harus bisa mencari solusi permasalahan nya. Dengan adanya video ini juga ada mendapatkan satu contoh agar bisa untuk mengatasi anak – anak yang punya berkesulitan untuk berimajinasi saat menggambar bebas. seperti mengajak anak- anak untuk keluar lingkungan sekitarnya untuk melihat-lihat lingkungan di luar kelas. Dengan mengajak anak-anak keluar kelas, Agar bisa mensmbah imajinasi dan pengetahuan anak tentang alam semesta jadi lebih tahu lagi. Selain itu kegiatan-kegiatan yang terdapat pada video tersebut. kegiatan yang lain nya yang dapat dilakukan guru adalah: dengan adanya kegiatan untuk memperlihatkan anak pada lainnya di dalam kelas, video tentang hewan di kebun binatang , dan tanaman sayur atau buah- buahan dengan menggambar dan mewarnai nya.
seperti menggambar alat transportasi yang ada dilaut/ diair seperti soped, kapal, perahu. agar anak- anak dapat bisa mengenali alat trasportasi apa spa saja yang ada dilaut dengan menggambar perahu atau kapal layar dengan anak yang mewarnai nya. itu saja yang dapat saya sampaikan kalau terdapat kekurangannya mohon bimbingan nya dari totur๐๐๐
nama rita wulan dari
nim 877546473
baik dari video di atas dapat saya simpulkan yaitu dalam proses meningkat kan imajinasi anak agar berkembang dan kreatif kita ya bawa anak ke tempat alam ,dan terbuka ,namun sebelum kita memberikan anak tugas sebaiknya kita bertanya dulu kepada anak ,tanyakan apa yang ingin anak kita lakukan seperti contoh mmebuat gambar kita beri kebebasan pada anak untuk menggambar apa yang mereka sukai,
Nama : Murniati
Nim: 855828274
Upbjj : Banda Aceh
Video nya sangat bagus dan sangat penting untuk di contoh buat ibu2 guru TK agar anak bisa mengeluarkan imajinasi nya kita mengarah kan anak melihat2 benda di sekeliling nya, dan video di atas terkadang saya tetap kan juga ketika saya sedang mengajar, biasa nya saya mengajak anak2 untuk keluar kelas untuk melihat2 halaman dan sekitar nya, dan setelah itu saya meminta anak2 untuk masuk ke kelas lagi dan membuat apa saja yg mereka lihat di halaman sekolah
Terima kasih
Nama : Nia Ramadani
NIM : 878229172
UT ASAL :18 / PALEMBANG
Nama Matakuliah : Profesionalitas guru PAUD
Nama Tuton : ibu Laily Tiarani Soejanto
Vidio ” Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
Nama guru pada vidio : Siti Aisah
Setelah menonton video tersebut menurut saya video pembelajaran tersebut sangat bermanfaat bagi guru atau pendidik terutama guru yang baru mengajar dan belum terlalu banyak memiliki pengalaman.
Video tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Yaitu jalan kosong dengan cara guru memfasilitasi anak dengan mengajak anak untuk belajar di luar ruangan agar dapat melihat alam dan membuka pintu imajinasi anak.
Demikian saya ucapkan terimakasih ๐๐ป
Karena salah satunya anak bisa merasa takut salah atau ragu untuk mengekspresikan diri jika sering dikritik atau diarahkan terlalu kaku. Ini bisa membuat mereka enggan berimajinasi bebas karena khawatir hasilnya tidak sesuai harapan anak dan guru atau orang dewasa.