silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Siti Ulfatul Hasanah
    NIM : 877832195
    Asal UPPJ : UT Bandung
    Dalam Video ini menggambarkan praktik yang sangat baik dalam menumbuhkan imajinasi anak usia dini melalui kegiatan menggambar. Guru secara efektif mengatasi kesulitan anak dengan memberikan kebebasan, memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yang kaya, dan mengintegrasikan aktivitas bercerita. Pendekatan ini tidak hanya membantu anak dalam menggambar tetapi juga mengembangkan kemampuan observasi, bahasa, dan kreativitas mereka secara keseluruhan. Strategi ini dapat menjadi contoh inspiratif bagi pendidik lain dalam mengembangkan imajinasi anak di berbagai kegiatan pembelajaran

  2. Selmat siang semuanya🙏
    Nama: Maria rusmiana rande
    NIM:859302877
    UPPJ: Kupang

    ternyata pentingnya membangun rasa aman dan percaya diri dalam proses pembelajaran. Guru dalam video tersebut tidak hanya menyampaikan materi akan tetapi juga membangun hubungan emosional dengan anak didik. Pendekatan yang digunakan siswa :
    Saat anak terlihat pasif atau kurang ide, bisa jadi bukan karena mereka tidak punya imajinasi, tetapi karena belum mendapatkan, cukup rangsangan atau merasa tidak aman untuk mengekspresikannya. Guru dan orang tua berperan besar untuk menciptakan suasana yang menghargai anak.
    Maka guru harus membangun ruangan yang bebas dan mendorong anak untuk percaya diri dan lebih aktif.
    . terimakasih 🙏

  3. Nama: Fransiska Ohoilulin
    Nim:859302623
    dari video ini dapat menamba pengetahuan saya dalam membantu anak yan g mengalami kesulitan dalam berimajinasi apabila diminta untuk menggambar bebas.

  4. Bismillah
    Dari video diatas ibu guru memberi kesempatan kepada anak untuk menggambar bebas sesuai yang anak mau, tidak harus sama dengan yang ibu guru gambar dan hasilnya masih ada anak yang meniru gambar yang dibuat ibu guru ada yang melihat kepada temannya tapi tidak disalahkan oleh ibu guru. Anak – anak tetap diarahkan dan dibangun rasa percaya dirinya untuk lebih bisa mengekspresikan kemampuannya, Hingga membuat anak merasa nyaman dan tidak meeasa dihakimi

  5. Assalamu’alaikum…
    Nama : St. Sumirah
    Nim : 857655015
    Saya mencoba menggapai terkait vidio terkait anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
    Sering saya jumpai anak-anak dalam menggambar belum terbiasa menggali ide menggambar.

    Faktor yang mempengaruhi berimajinasi saat menggambar yaitu :
    1. Kurangnya paparan
    2. Ketakutan untuk salah
    3. Terlalu fokus untuk yang sempurna
    4. Kurangnya percaya diri
    5. Fokus pada yang di lihat saja.

    Beberapa cara dalam video tersebut yaitu :
    1. Menggambar bebas
    2. Fasilitas menggambar di halaman
    3. Anak maju bercerita
    4. Tanya jawab.

    Menanggapi vidio tersebut sudah bagus dalam melakukan tindakan yang dilakukan, yaitu :
    1. Menciptakan lingkungan yang mendukung
    2. Memberikan inspirasi
    3. Mendorong untuk bereksplorasi
    4. Tanya jawab.
    Demikian tanggapan dari saya.
    Terima kasih

  6. Video ini sangat bagus sekali, dimana bu lina memberi kebebasan dan kleluasaan kepada anak untuk mengungkapkan ide ide imajinasinya apa dilihat dalam bentuk gambar.

  7. Nama : Yeni Susriyanti
    Nim : 856280609

    Assalamu’alaikum ,salam kenal bagi kita semua,,menanggapi vidio diatas, menurut saya Video ini sangat relevan dalam dunia PAUD, yaitu saat anak terlihat ‘susah berimajinasi’. Seringkali, kita menganggap imajinasi muncul begitu saja. Padahal, kemampuan berimajinasi perlu dirangsang dan dikembangkan lewat pengalaman, lingkungan yang kaya stimulasi, serta kesempatan untuk berekspresi bebas.

    Saat anak terlihat pasif atau kurang ide, bisa jadi bukan karena mereka tidak punya imajinasi, tetapi karena belum mendapatkan cukup rangsangan atau merasa tidak aman untuk mengekspresikannya. Guru dan orang tua berperan besar untuk menciptakan suasana yang menghargai ide sekecil apapun.

    Mari kita bangun ruang yang bebas nilai, penuh empati, dan kaya pengalaman bermain, agar imajinasi anak-anak kita tumbuh dengan sehat dan menyenangkan.dengan sekian

    Terima kasih banyak.

  8. Nama : Eva Nurhayati K.
    NIM : 858756172

    Dalam video yang berjudul “Anak Sulit Berimajinasi Saat Mengambar” menyajikan tentang upaya guru menggali ide dan imajinasi seorang anak, dalam video dijelaskan salah satu upayanya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak, selain itu dengan cara guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah.
    Kelebihan dari metode pembelajaran yang diajarkan oleh guru dalam video yaitu anak diberikan ruang bebas diluar kelas sehingga anak dapat berimajinasi lebih luas, sedangkan kekurangannya yaitu bagi anak yang pemalu akan sulit untuk bercerita didepan kelas seperti yang ada divideo, dalam video guru tidak memberikan solusi bagi anak yang pemalu untuk bercerita.

  9. Assalamualaikum Wr.Wb

    Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini yang mengangkat permasalahan atau judul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”

    Nama : Irma Virnanda Cayati
    NIM : 858718119
    Prodi : PGPAUD
    UPBJJ: Surabaya

    Berdasarkan video tersebut menggambarkan guru yang menemukan kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar. Anak cenderung menggambar dengan meniru gambar yang sudah ada atau meniru gambar temannya. Sehingga menyebabkan anak tidak kreatif dan sulit berimanjinasi.

    Solusi guru dalam mengatasi kesulitan tersebut antara lain:
    1) Membebaskan anak menggambar apa saja sesuai imajinasi dan minat anak, hal ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan anak dalam menggambar.
    2) Guru memfasilitasi anak untuk berimanjinasi dan menuangkan ide dengan melihat lingkungan sekitar anak, lalu anak bercerita tentang apa yang dilihat agar dapat menggambar sesuai imajinasi yang diperoleh anak
    3) Guru juga melakukan kegiatan tanya jawab tentang apa yang sudah dilihat anak di lingkungan sekitar anak seperti pohon, bunga dan kantor satpam.

    Menurut pendapat saya sebaiknya sebelum memberikan tugas menggambar, guru memberikan gambaran awal tentang tema yang diambil untuk kegiatan pembelajaran di hari tersebut. Contohnya tema tanaman, anak-anak diberikan pemahaman tentang macam-macam tanaman kemudian diajak untuk melihat tanaman di lingkungan sekolah sehingga anak akan fokus mengamati berbagai tanaman yang tumbuh di sekitar halaman sekolah, kemudian menuangkan pemahaman tersebut sebagai cerita. Pada kegiatan menggambar bebas tentang tanaman disekitar sekolah setelah bercerita anak diajak menggambar salah satu tanaman yang sudah mereka amati untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak.

    Sekian dari saya terimakasih, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  10. Assalamualaikum Wr.Wb

    Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini yang mengangkat permasalahan atau judul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”

    Nama : Irma Virnanda Cayati
    NIM : 858718119
    Prodi : PGPAUD
    UPBJJ: Surabaya

    Dalam video tersebut menggambarkan guru yang menemukan kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar. Anak cenderung menggambar dengan meniru gambar yang sudah ada atau meniru gambar temannya. Sehingga menyebabkan anak tidak kreatif dan sulit berimanjinasi.

    Solusi guru dalam mengatasi kesulitan tersebut antara lain:
    1) Membebaskan anak menggambar apa saja sesuai imajinasi dan minat anak, hal ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan anak dalam menggambar.
    2) Guru memfasilitasi anak untuk berimanjinasi dan menuangkan ide dengan melihat lingkungan sekitar anak, lalu anak bercerita tentang apa yang dilihat agar dapat menggambar sesuai imajinasi yang diperoleh anak
    3) Guru juga melakukan kegiatan tanya jawab tentang apa yang sudah dilihat anak di lingkungan sekitar anak seperti pohon, bunga dan kantor satpam.

    Menurut pendapat saya sebaiknya sebelum memberikan tugas menggambar, guru memberikan gambaran awal tentang tema yang diambil untuk kegiatan pembelajaran di hari tersebut. Contohnya tema tanaman, anak-anak diberikan pemahaman tentang macam-macam tanaman kemudian diajak untuk melihat tanaman di lingkungan sekolah sehingga anak akan fokus mengamati berbagai tanaman yang tumbuh di sekitar halaman sekolah, kemudian menuangkan pemahaman tersebut sebagai cerita. Pada kegiatan menggambar bebas tentang tanaman disekitar sekolah setelah bercerita anak diajak menggambar salah satu tanaman yang sudah mereka amati untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak.

    Sekian dari saya terimakasih, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Leave a Reply