silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
NAMA : JUNENGSIH SUKANTI
NIM : 877688397
dalam video yang saya lihat yang berjudul “anak sulit berimajinasi saat menggambar” sangat bermanfaat sekali untuk menghadapi ketika anak anak kesulitan dalam berimajinasi menggambar. dengan mengarahkan anak anak untuk menggambar semampunya atau memberikan contoh dengan memberikan objek seperti dluar atau didalam kelas. kegiatan itu membuat anak lebih percaya diri akan kemampuan dan imajinasinya ketika melihat alam bebas atau objek tertentu. membangun kepercayaan diri pada anak anak sangatlah penting.
Nama : Ni luh sri utami dama yanti
Nim : 859045547
Alamat : UT Denpasar
Pada tayangan video tersebut terlihat guru yang dengan kreatifnya mengajak anak anak tk berimajinasi dalam menggambar biar tidak hanya bisa mengikuti gambaran yang ibu gurunya buat pada papan tulis, namun ibu gurunya mengajak anak – anak untuk keluar kelas dan melihat lingkungan sekitar dan juga melihat apa saja yang ada pada lingkungan sekitar tersebut. Cara ini bagus dan akan segera saya terapkan di tk tempat saya bekerja. Terima kasih.
Nama : Fitri Wulandari
NIM : 857531723
Video ini memperlihatkan pendekatan yang kreatif dan efektif dalam membantu anak yang mengalami kesulitan berimajinasi saat menggambar. Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih sendiri apa yang ingin digambarkan, serta mengajak anak keluar kelas untuk mencari inspirasi dari lingkungan sekitar. Dengan cara ini, anak tidak hanya mendapatkan pengalaman nyata, tetapi juga terdorong untuk mengembangkan imajinasi dan keterampilan bercerita. Pendekatan ini sangat baik karena menghargai minat anak dan mengaitkan proses belajar dengan pengalaman langsung.
Nama : Fitri Wulandari
NIM : 857531723
Di dalam video ini memperlihatkan pendekatan yang kreatif dan efektif dalam membantu anak yang mengalami kesulitan berimajinasi saat menggambar. Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih sendiri apa yang ingin digambarkan, serta mengajak anak keluar kelas untuk mencari inspirasi dari lingkungan sekitar. Dengan cara ini, anak tidak hanya mendapatkan pengalaman nyata, tetapi juga terdorong untuk mengembangkan imajinasi dan keterampilan bercerita. Pendekatan ini sangat baik karena menghargai minat anak dan mengaitkan proses belajar dengan pengalaman langsung.
Nama : SITI MULIA NINGSIH
Nim : 859172636
Dari video “Anak sulit berimajinasi saat menggambar” bisa dilihat bagaimana metode yang diberikan sangat bermanfaat seperti, mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat hal di sekitar sekolah untuk meningkatkan imajinasi anak, meminta anak untuk menceritakan apa yang telah di gambar, dan menggabungkan bercerita dan menggambar juga meningkatkan keterampilan bahasa, daya pikir kreatif, dan kepercayaan diri anak. Sebagai tambahan peting bagi seorang guru untuk membebaskan anak dalam berkreasi, contohnya tidak memberikan gambar yang harus diikuti agar tidak membatasi imajinasi anak namun berikan stimulasi dengan pengalaman sensorik dan eksplorasi, bisa juga bermain kreatif dengan memberikan coretan acak lalu meminta anak untuk mengembangkan nya menjadi objek. Untuk meningkatkan kepercayaan diri anak guru bisa memajang kreasi anak di dinding atau di buku khusus untuk menunjukkan bahwa karyanya berharga, menceritakan kembali gambar anak dengan antusias agar anak merasa di hargai.
Nama : DINA AFRIANI
NIM : 858296226
UPBJJ : Banjarmasin
Izinkan saya menanggapi video diatas yang berjudul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar” dalam video tersebut seorang guru memberikan contoh yang baik untuk mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar dengan mengajak anak mengamati lingkungan sekitar sekolah kemudian menuangkan dalam buku gambar tentang apa yang telah mereka lihat. Pendekatan ini sangat relevan karena membantu mendorong kreativitas dan imajinasi anak sehingga anak memperoleh inspirasi dan ide untuk mereka gambar. Kemudian kita juga dapat menerapkan pendekatan yang serupa seperti memberikan kesempatan untuk anak mengeksplorasi dan berkreasi serta menjadi fasilitator yang baik untuk kreativitas anak.
Demikian pandangan saya tentang video tersebut yang juga dapat menginspirasi saya tentang bagaimana cara membangkitkan imajinasi anak.
Terimakasih
Nama : Ade usy salsyabilah
Nim :878198852
vidio diatas merupakan salah satu cara yang sangat bagus dan menarik untuk memahami bagaimana cara agar anak berimajinasi dalam proses pembelajaran. Serta diuraikan dengan baik jika ingin anak berimajinasi maka anak harus ditunjukkan inspirasi terlebih dahulu. Guru pun terlibat dalam mendukung proses pembelajaran dengan melakukan tanya jawab agar anak lebih terbuka wawasannya jadi menurut saya vidio tersebut sangat membantu.
Nama: MIPTAHUL ZANNAH
Nim : 877532468
UPBJJ: UT MEDAN
Assalamu’alaikum. Saya telah menonton video anak sulit berimajiasi saat menggambar, dalam hal ini anak-anak yang berusia 4-6 tahun masih kesulitan dalam berimajinasi ketika menggambar, oleh karen itu sebagai pendidik disekolah agar lebih memerhatikan bagaimana kesulitan yang dihadapi setiap anak, karena tidak semua anak mampu berimajinasi saat menggambar. Dalam video tersebut sudah cukup menjelaskan tentang upaya seorang guru dalam menghadapi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Sebelum memulai menggambar, seorang guru terlebih dahulu membawa anak-anak keluar sekolah untuk memerhatikan bagaimana dan apa saja yang ada disekitaran sekolah, dengan demikian anak-anak akan mudah untuk berimajinasi saat menggambar. Salah satu cara dalam melatih anak-anak untuk bisa berimajinasi saat menggambar ialah dengan membiasakan anak-anak untuk sering menggambar bebas sesuia dengan keinginan mereka sendiri.
Dengan adanya tayangan video tersebut, sangat membantu saya dalam menghadapi anak-anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar.
sekian tanggapan saya terimakasih,
Wassalamu’alaikum wr.wb.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Nama : Lailatul Mufida
NIM : 877704176
Jurusan : S1 PGPAUD
Izin menanggapi dari vidio dengan judul ” Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar ” . Dari vidio yang telah saya lihat, di dalam vidio terlihat bahwa guru sedang mengajarkan anak untuk menggambarkan, namun ada beberapa anak yang sulit menggambar, sehingga guru menggunakan cara untuk mengatasi permasalah tersebut, antara lain, seperti menugaskan anak dengan menggambar bebas sesuai dengan imajinasi mereka serta minat anak, cara lain yang dapat digunakan oleh guru untuk menggali ide-ide atas kesulitan yang di hadapi oleh anak adalah mengajak anak berkeliling ke halaman sekolah, sehingga anak akan menggambar sesuai apa yang mereka lihat, selain itu, guru juga dapat meminta anak untuk menceritakan apa yang di lihatnya, seta melakukan tanya jawab kepada anak dengan hasil karya yang sudah mereka gambar, cara tersebut efektif untuk mengatasi anak yang kesulitan dalam menggambar. Karena setiap anak mempunyai minat dan bakat yang berbeda dari satu siswa dan siswa lain.
Nama : Saadah Tarbiyah
NIM : 878166261
UPBJJ : Bandung
Assalamualikum Wr. Wb. Setelah saya menonton video diatas, bagi anak di usia 4-6 tahun masih kurang berimajinasi dalam menggambar, terbukti dari kebanyakan anak anak tersebut menggambar yang sama seperti menggambar pemandangan, padahal ibu guru nya telah menjelaskan kalau anak anak mau menggambar apa saja yang telah ibu guru sebutkan. Namun setelah ibu guru mengajak anak anak untuk berekplorasi keluar, banyak hal yang anak anak lihat, sehingga ketika ibu guru bertanya, mereka terbayang apa yang mereka lihat dan mengingat benda yang menarik untuk mereka gambar.