silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama: Apriyati sari
    NIM:858011046
    UPBJJ-UT Yogyakarta
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Setelah saya mengamati video ini, saya melihat guru mengambil langkah-langkah kreatif untuk membangkitkan imajinasi anak dalam menggambar.
    Pertama, guru memberikan kebebasan penuh kepada anak-anak untuk memilih tema gambar sesuai minat masing-masing, tanpa paksaan atau batasan.
    Kedua, guru membawa anak-anak keluar kelas untuk melakukan observasi langsung terhadap lingkungan sekitar, seperti mengamati tanaman, hewan, kendaraan,atau aktivitas di taman sekolah.
    Setelah kegiatan observasi, guru meminta anak-anak menceritakan pengalaman apa saja yang mereka lihat. Cerita ini kemudian menjadi inspirasi untuk dituangkan dalam gambar mereka.
    Guru terus memberikan dorongan verbal seperti pertanyaan pemancing (“Apa yang paling kamu suka lihat tadi?”, “Bisa kamu gambar pohon yang kamu lihat?”) agar anak-anak lebih mudah menuangkan ide ke dalam gambar.
    Saya menilai pendekatan ini sangat efektif karena dengan memberikan pengalaman nyata dan kebebasan berekspresi, anak-anak lebih mudah membangun imajinasi, sesuai dengan prinsip belajar berbasis pengalaman konkret dalam pendidikan anak usia dini.

  2. Nama : Zalza Alicia Putri
    Nim : 859939718

    izin menanggapi video tersebut,
    Memang betul ada beberapa anak yang belum bisa berimajinasi dalam menggambar, mereka cenderung punya bayangan mau gambar apa tetapi mereka tidak tau bagaimana cara mengaplikasikan ke gambar.

    Dan dengan cara di video guru mengajak anak melihat objek di sekitar, itu merupakan daya tarik anak anak untuk berimajinasi dengan objek yang mereka lihat, selain melihat objek di sekitar sekolah, peran guru juga penting untuk selalu mensupport para murid yang kesulitan berimajinasi dengan cara menyakan apa yang mereka mau gambar, lalu para guru supaya membebaskan mereka mau menggambar apa

  3. Nama : Ni Wayan Kori Aprillia
    Nim : 859047107
    Sebaiknya guru menambahkan variasi alat dan bahan saat menggambar seperti menggunakan cat air atau sepidol sehingga anak lebih tertarik mengikuti kegiatan menggambar

  4. Assalamu’alaikum…..
    Nama : Putri Anggitaningsih
    NIM : 857992184
    menurut saya berimajinasi pada anak sangat penting karena dengan meningkatkan imajinasi dapat membantu perkembangan otak anak, meningkatkan kreatifitas anak tetutama nantinya dapat di tuangkan dalam bentuk gambar. Di tempat saya mengajar saya mengalami kasus seperti dalam video tersebut kebanyakan anak yang saya ajar anak ketika di suruh menggambar bebas akan merasa kesulitan, ketika saya mencontohkan di depan misal bu guru ingin menggambar benda yang ada di sekolah yaitu pohon yang ada di sekolah, anak justru mengikuti gambar pohon yang saya gambar di papan tulis. Maka dari itu supaya dapat meningkatkan daya imajinasi anak maka guru tidak hanya melakukan keliling di halaman sekolah, bisa dilakukan dengan bercerita buku bergambar, memperlihatkan benda-benda atau mainan yang ada di dalam kelas, dan memberikan apresiasi hasil anak.

  5. nama: Silmi Kaffah
    NIM: 856275338
    Pada kegiatan menggambar hari ini, saya menghadapi tantangan ketika mendampingi beberapa anak yang tampak kesulitan untuk menuangkan ide atau berimajinasi dalam bentuk gambar. Mereka cenderung bingung, pasif, dan hanya meniru gambar teman atau meminta contoh dari guru.

    Untuk mengatasi hal tersebut, saya menerapkan strategi dengan memberikan kebebasan penuh kepada anak untuk menggambar sesuai minat dan pengalamannya. Saya juga mengajak anak-anak keluar kelas untuk melakukan eksplorasi lingkungan sekitar, seperti taman kecil di halaman sekolah. Di sana, anak-anak saya ajak mengamati benda-benda yang mereka lihat, seperti bunga, kupu-kupu, burung, pepohonan, dan batu. Setelah itu, mereka saya minta untuk bercerita secara lisan tentang apa yang mereka lihat, rasakan, dan sukai. Baru kemudian, saya minta mereka menggambar dari pengalaman yang baru saja mereka alami.

    Hasilnya sangat positif. Anak-anak yang awalnya kesulitan mulai tampak antusias, karena mereka menggambar berdasarkan pengalaman nyata. Imajinasi mereka mulai berkembang, dan gambar yang dihasilkan menjadi lebih bermakna serta beragam. Anak-anak juga menjadi lebih percaya diri karena merasa tidak dihakimi dan tidak harus menghasilkan gambar yang “sempurna”.

    Pembelajaran yang Saya Dapatkan:
    Imajinasi anak perlu dipicu melalui pengalaman langsung dan tidak bisa selalu dipaksakan dari dalam kelas.

    Kebebasan berekspresi penting agar anak merasa nyaman dan tidak takut salah.

    Pendekatan kontekstual dan multisensori (melihat, merasakan, bercerita) sangat efektif untuk menumbuhkan kreativitas.

  6. Assalamualaikum.. perkenalkan
    Nama : Nur Anisah Arisis Salam
    Nim : 878167295
    dalam vidio tersebit sangat rilet sekali dengan problem yang saya alami di sekolah saya mengajar.. terkadang sudah di bebaskan pun anak – anak masih mengalami kesulitan dalam menuangkan imajinasinya.
    tapi setelah menonton vidio tersebut.. sedikit ada gambaran yang saya harus lakukan ketika mendapati anak yang sulit dalam menuangkan ide dan imajinasi.
    Terimakasih vidio ini sangat membantu kami para guru yang sering menfapati problem dalam mengajar anak.

  7. Nama : Maria Melfita Mau
    NIM : 859302609
    Berdasarkan video yang say nontonl ada beberapa anak yang belum bisa memikirkan dalam menggambar, mereka cenderung punya bayangan mau gambar apa tetapi mereka tidak tau bagaimana cara menggambar awal dengan baik sebuah gambar yang benar. Maka guru perlu membimbing dan mengajak anak melihat objek di sekitar sekolah , itu merupakan daya tarik anak anak untuk berimajinasi dengan objek yang mereka lihat, selain melihat objek di sekitar sekolah, guru selalu mendukung anak anaknya yang kesulitandalam menggambar dengan cara menanyakan apa yang mereka mau gambar, lalu para guru supaya membebaskan mereka mau menggambar apa
    Manfaat Menggambar untuk Anak
    Belajar menggambar merupakan proses bertahap. Ini berawal dari kemampuan anak untuk menggenggam dan mengontrol gerakan tangannya. Jika motorik halusnya sudah baik, tandanya anak siap untuk mengambil dan menggunakan krayon atau alat gambar lain.

    Manfaat menggambar bagi anak usia dini.
    1.Mendorong Kreativitas Anak
    Manfaat menggambar untuk anak yaitu menumbuhkan kreativitas anak. Anak bisa mengeksplorasi berbagai hal melalui alat gambar seperti krayon, pensil warna, dan kertas. Hal ini memungkinkananak untuk bebas mencoba berbagai strategi tanpa harus mengkhawatirkan aturan yang ada.
    2. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan
    Belajar menggambar dapat melatih koordinasi mata dan tangan si Kecil. Koordinasi ini juga nantinya akan bermanfaat bagi anak saat membaca, menulis, dan aktivitas sehari-hari, seperti memasang kancing, dan mengikat tali sepatu.
    3. Meningkatkan Fokus pada Anak
    Biasanya, anak cenderung lebih fokus dalam waktu yang lama ketika melakukan sesuatu kegiatan yang menarik menurut mereka. Menggambar merupakan salah satu aktivitas yang akan meningkatkan fokus pada anak. Apalagi saat menggambar, anak jauh dari gangguan lain, seperti televisi atau gadget.
    4. Mendorong Imajinasi anak
    Seni dapat meningkatkan imajinasi anak, sehingga memungkinkan anak untuk berkreasi. Cara ini baik untuk membantu anak mengungkapkan perasaannya. Anak akan berimajinasi saat menggambar tanpa adanya batasan.
    5. Meningkatkan Daya Ingat
    Manfaat lainnya dari menggambar untuk anak yaitu melatih daya ingat dengan beberapa cara berbeda. Misalnya, dengan mengajarkan ia membuat sketsa dari yang pernah dilihat di sekitarnya, hal itu dapat membantu mereka mengingat segala objek dan kejadian apa pun saat itu. Selain itu, ia dapat menggambar dengan mengingat-ingat gambar atau peristiwa yang dilihat atau dialami waktu itu
    6. Membangun Rasa Percaya Diri
    Menggambar juga dapat membantu membangun kepercayaan diri, belajar bertoleransi, dan berinteraksi secara menyenangkan. Belajar menggambar bukanlah hal yang mudah, sehingga memberikan pujian kepada anak l amat perlu. Hal tersebut dapat membangun kepercayaan dirinya dan meningkatkan keinginannya dalam mencoba hal-hal yang menarik lainnya.
    7. Melatih Anak dalam Membuat Rencana
    Anak belajar menggambar juga dapat melatihnya bikin rencana. Ia akan melakukan langkah demi langkah apa yang akan digambarnya. Mulai dari mempersiapkan alat yang ingin digunakan, menempatkan posisi bentuk yang ingin digambar, serta mengira-ngira gambar selanjutnya yang ingin dibuat. 

    Cara mudah mengajari anak dalam menggambar yaitu ;

    1.Belajar menggambar sambil bermain
    2.Beri anak kebebasan
    3.Siapkan tempat yang nyaman
    4.Biarkan anak bereksperimen
    5.Ajukan pertanyaan pada anak
    6.Beri objek baru yang sederhana
    7.Berikan pujian atas hasil karyanya

  8. Assalamualaikum wr,wb
    Nama : Leni Agustiani
    Nim : 857535666

    Setelah mengamati video tersebut terdapat anak mengalami kesulitan dalam berimajinasi pada saat menggambar. Video tersebut sangat bagus karena seorang guru mengajak anak melihat objek sekitar dan menerangkan bahwa apa yang kita lihat dapat kita gambar, hanya saja dengan memberikan cotoh gambar sehingga anak-anak terfokus pada gambar yang di buat oleh guru sehingga anak tidak melakukan menggambar sesuai dengan imajinasinya sendiri.
    Pentingnya peran guru yaitu memberikan pelatihan-pelatihan imajinatif terhadap anak dan memberikan pemahaman tentang cara berimajinasi agar anak-anak mendapatkan banyak ide saat mereka melakukan menggambar. Seorang guru juga kita harus mempunyai banyak kreatifitas agar dapat memberikan beberapa pengertian yang jelas terhadap cara melalukan imajinasi pada saat menggambar.

  9. NAMA : CICIH DWI HANDAYANI
    NIM : 858703703
    Video ini menunjukkan pentingnya peran guru dalam mengembangkan imajinasi anak-anak di Taman Kanak-Kanak, khususnya dalam aktivitas menggambar. Guru tidak hanya bertindak sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator yang memahami kebutuhan dan karakteristik unik setiap anak.
    Melalui video ini saya juga belajar bahwa mengembangkan imajinasi anak tidak cukup hanya dengan memberikan tugas menggambar, tetapi perlu adanya stimulus yang kaya dan mendukung. Kebebasan, pengalaman nyata, dan komunikasi menjadi kunci penting dalam mendampingi anak-anak berproses. Ini menjadi inspirasi agar dalam praktik mengajar ke depan, saya lebih banyak membuka ruang eksplorasi dan bercerita untuk anak-anak.

  10. Assalamualaikum wr,wb
    Nama : Leni Agustiani
    Nim : 857535666
    Setelah mengamati video tersebut terdapat anak mengalami kesulitan dalam berimajinasi pada saat menggambar. Video tersebut sangat bagus karena seorang guru mengajak anak melihat objek sekitar dan menerangkan bahwa apa yang kita lihat dapat kita gambar, hanya saja dalam video tersebut guru memberikan contoh gambar sehingga anak-anak terfokus pada gambar yang di contohkan oleh guru tersebut.
    Pentingnya peran guru yaitu memberikan pelatihan-pelatihan imajinatif terhadap anak dan memberikan pemahaman tentang cara berimajinasi agar anak-anak mendapatkan banyak ide saat mereka melakukan menggambar. Seorang guru juga kita harus mempunyai banyak kreatifitas agar dapat memberikan beberapa pengertian yang jelas terhadap cara melalukan imajinasi pada saat menggambar.

Leave a Reply