silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Ratna Sari
Nim : 858328877
Vidio ini sangat bermanfaat mberikan inspirasi dan pengetahuan praktis yang dapat langsung diterapkan di kelas.materi yang disampaikan dengan jelas dan visualnya membantu saya memahami bagaimana cara mengajar yang baik.
NAMA : AWANGSIH
NIM : 860030905
MATA KULIAH : EVALUASI PEMBELAJARAN TK
PRODI : PGPAUD UPBJJ BANDUNG
Tanggapan saya tentang Video tentang “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar” dari Guru Pintar Online memberikan gambaran yang sangat bermanfaat bagi guru PAUD. Video ini menekankan pentingnya membebaskan anak untuk menggambar sesuai imajinasi mereka tanpa harus meniru gambar orang lain, serta memberikan contoh praktik seperti mengajak anak melihat lingkungan sekitar sebagai sumber ide menggambar. Pendekatan ini membantu anak mengembangkan kreativitas dan kemampuan ekspresi visualnya, serta menghindari kebiasaan meniru yang dapat menghambat kreativitas
NAMA : AWANGSIH
NIM : 860030905
MATA KULIAH : EVALUASI PEMBELAJARAN TK
PRODI : PGPAUD UPBJJ BANDUNG
VIDEO SERI PEMBELAJARAN PAUD KOGNITIF “ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR”
Tanggapan saya tentang Video tentang “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar” dari Guru Pintar Online memberikan gambaran yang sangat bermanfaat bagi guru PAUD. Video ini menekankan pentingnya membebaskan anak untuk menggambar sesuai imajinasi mereka tanpa harus meniru gambar orang lain, serta memberikan contoh praktik seperti mengajak anak melihat lingkungan sekitar sebagai sumber ide menggambar. Pendekatan ini membantu anak mengembangkan kreativitas dan kemampuan ekspresi visualnya, serta menghindari kebiasaan meniru yang dapat menghambat kreativitas
Nama: Yuliani
NIM: 859705011
Video tersebut memberikan sudut pandang yang sangat relevan bagi guru PAUD atau TK, terutama terkait pentingnya memberikan ruang bagi anak untuk berimajinasi secara bebas saat menggambar. Terlalu seringnya guru memberi contoh gambar justru membuat anak cenderung meniru, bukan mencipta. Hal ini menghambat kemampuan berpikir kreatif dan daya imajinasi anak.
Saya setuju dengan pendekatan yang disarankan dalam Video, yaitu membawa anak ke luar kelas untuk mengamati langsung lingkungan sekitar, kemudian menuangkan hasil pengamatan itu ke dalam gambar. Ini sejalan dengan prinsip belajar kontekstual dan pengalaman langsung (experiential learning) yang sangat cocok untuk anak usia dini.
Selain itu, pemahaman guru terhadap tahapan perkembangan kognitif anak juga sangat penting. Jika guru tahu bahwa anak berada dalam tahap imitasi, maka pendekatannya harus perlahan-lahan mengarahkan mereka untuk berani mencoba ide sendiri, bukan langsung mengharuskan mereka kreatif.
Nama: Yuliani
NIM: 859705011
Videotersebut memberikan sudut pandang yang sangat relevan bagi guru PAUD atau TK, terutama terkait pentingnya memberikan ruang bagi anak untuk berimajinasi secara bebas saat menggambar. Terlalu seringnya guru memberi contoh gambar justru membuat anak cenderung meniru, bukan mencipta. Hal ini menghambat kemampuan berpikir kreatif dan daya imajinasi anak.
Saya setuju dengan pendekatan yang disarankan dalam Video, yaitu membawa anak ke luar kelas untuk mengamati langsung lingkungan sekitar, kemudian menuangkan hasil pengamatan itu ke dalam gambar. Ini sejalan dengan prinsip belajar kontekstual dan pengalaman langsung (experiential learning) yang sangat cocok untuk anak usia dini.
Selain itu, pemahaman guru terhadap tahapan perkembangan kognitif anak juga sangat penting. Jika guru tahu bahwa anak berada dalam tahap imitasi, maka pendekatannya harus perlahan-lahan mengarahkan mereka untuk berani mencoba ide sendiri, bukan langsung mengharuskan mereka kreatif.
Nama : sifa
video diatas dapat memberi solusi terhadap guru yang menghadapi anak kesulitan dalam menggambarkan dan menceritakan imajinasi. anak-anak memiliki kemampuan dan minat yang berbeda-beda. sebagai seorang guru haruslah memahami itu dan perlu untuk mencari informasi dari literatur-literatur terpercaya terkait perkembangan dan kemampuan anak. seperti yang dikemukakan oleh Gardner (dalam Berliana, dkk. 2023) yang menyatakan bahwa pada hakikatnya setiap anak adalah anak yang cerdas. menurut Gardner anak kecerdasan majemuk / multiple intelligences yang berbeda-beda. jadi, perlu kiranya bagi guru untuk mempelajari teori tersebut.
guru dalam video tersebut sangat memahami akan kemampuan dan minat anak yang berbeda-beda. maka dari itu ketika ada beberapa anak yang kesulitan dalam menggambarkan dan menceritakan imajinasi mereka guru tesebut mendampingi dan memberi solusi dengan mengajak siswa keluar kelas dan berkelilin ke halaman sekolah.
Nama : Irene Bau
Nim : 859319587
Saya sangat setuju dengan pesan yang disampaikan dalam video tersebut tekait dengan anak sulit berimajinasi saat menggambar . dengan adanya Kreativitas tersebut dapat membantu anak mengembangan kognitif nya . kreativitas sendiri merupakana kemampuan penting yang perlu diasah sejak dini. Dengan membebaskan anak-anak berekspresi melalui gambar, mereka belajar berpikir mandiri, berani menuangkan ide, dan menghargai keunikan diri sendiri serta orang lain.
Pendekatan yang dilakukan, seperti membawa anak ke luar kelas dan mengaitkan pembelajaran melalai lingkungan di sekitar sekolah atau lingkuangan luar sekolah , sangat efektif untuk merangsang kemampuan daya imajinasi dan rasa ingin tahu anak. Selain itu, interaksi aktif antara guru dan siswa melalui tanya jawab juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri anak.
Nama:Munasafa
Nim :858325825
Anak sulit berimajinasi
Setelah saya melihat vedio ini,saya dapat menanggapi vedio ini sangat bagus dan mudah untuk di contoh atau d terapkan di taman kanak-kanak,kerna mudah untuk di pahami,seorang anak tidak dapat berimajinasi,maka sebagai seorang guru dengan cepat mengambil langkah untuk mengajak anak keluar kelas agar anak bisa melihat pemandangan di luar atau di halaman kelas dan seorang guru mulai memberikan pertanyaan apa yang dilihat benda yang ada di sekeliling tanaman atau benda yang ada d halaman sehingga anak dapat berimajinasi dengan benda atau tanaman yang di lihatnya dengan baik vedio ini sangat bermanfaat untuk semua guru agar dapat menciptakan imajinasi anak anak di Terima kasih.
Nama : Tri Meilinda
NIM : 856341451
Video di atas adalah salah satu contoh guru untuk mengatasi bagaimana cara anak yang sulit untuk berimajinasi saat menggambar. Sebagai guru kita harus memberikan kebebasan terhadap anak tentang imajinasinya serta jika murid mengalami kesulitan ajaklah anak untuk keluar kelas untuk melihat area sekitar supaya imajinasinya keluar dan meminta anak menceritakan gambar nya hal tersebut berguna supaya anak lebih percaya diri jika diminta untuk bercerita pada teman-temannya. Kita sebagai guru harus mempunyai ide-ide yang kreatif selain solusi dari mengajak anak keluar dan bercerita sebaiknya kita sebagai guru menyediakan berbagai bahan dan alat seperti loose part sebagai media belajarnya supaya anak bisa mengapresiasikan idenya lewat bahan-bahan loose part tersebut
Assalamualaikum wr. wb
Nama : Durotul Maunah
NIM : 860009686
Izin untuk menyampaikan pendapat saya… Berdasarkan video yang berjudul Anak sulit berimajinasi saat menggambar. Guru dapat membantu siswa untuk belajar berimajinasi dengan mengajak siswa keluar kelas untuk menemukan ide kemudian meminta siswa untuk melihat apa saja yang ada disekitar. Setelah itu siswa diminta untuk menggambar benda yang dilihatnya.. Seperti saat diluar ia melihat kupu-kupu, ia bisa menggambar kupu-kupu.
Terimakasih,
Wassalamualaikum wr. wb