silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,342 Comments

  1. Assalmualakikum…
    NAMA : MAR’ATUS SOLIHAH
    NIM: 877856194

    Ijinkan saya untuk menyampaikan pendapat saya,setelah melihat vidio di atas saya dapat mengambil pelajaran tentang anak yang sulit berimajianasi saat menggambar guru dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara antara lain:
    -Membebaskan anak meggambar apa saja
    -Memfasilitasi anak untuk mendapatkan ide dengan cara mengajak anak berkeliling lingkungan sekolah
    -Setelah berkeliling Mintalah anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang anak liat

    Terimakasih
    Wassalamualaikum…

  2. Salam sejahtera, menurut saya dalam mengatasi kesulitan ank nerimajinasi saat menggambar adalah dengn mengajak anak langsung beribteraksi dengan objek yang akan digambar.misalnya dengan mengajak anak untuk menggambar di halaman sekolah atau lapangan.dengan begitu imajinsi anak akan berkembang dan pastinya anak akan lebih berkreasi, berkreatif dan mewujudkan imajinasi mereka.terimakasih

  3. Salam sejahtera, menurut saya salah satu cara untuk mengembangkan imajinasi ank dalam menggambar adalah dengan mengajak anak untuk observasi ke halaman atau lapangan sekitar sekolah, agr anak lebih leluasa mengembangkan imajinasi dan menuangkan ide untuk menggambar. Terimakasih

  4. Assalamualaikum
    Nama : Indrawati
    Nim : 859710353
    Video ini menggambarkan pendekatan yang sangat positif dan tepat dalam mendukung perkembangan kreativitas anak. Anak-anak usia dini memang masih berada dalam tahap perkembangan imajinasi, dan tidak semua anak langsung mampu mengekspresikan diri melalui gambar. Strategi guru yang memberikan kebebasan berkarya, mengajak eksplorasi lingkungan sekitar, dan memancing anak untuk bercerita sebelum menggambar adalah langkah yang sangat efektif.

    Dengan mengajak anak keluar kelas, guru membantu merangsang pengalaman konkret yang kemudian bisa diolah menjadi ide gambar. Proses ini memperkuat keterkaitan antara pengalaman nyata dan ekspresi kreatif, yang sangat penting dalam tahap perkembangan kognitif dan bahasa anak.

    Secara keseluruhan, pendekatan ini mencerminkan pemahaman yang baik tentang perkembangan anak serta peran guru sebagai fasilitator, bukan hanya instruktur. Strategi ini layak diapresiasi dan bisa menjadi contoh bagi para pendidik lainnya.

  5. benar sekali, ketika menggambar anak-anak yang kebingungan ingin menggambar apa pasti butuh masukan dari guru, misalnya apa yang anak sukai dan lain sebagainya yang berhubungan dengan anak tersebut. bisa juga dengan cara memperhatikan lingkungan, ada apa sih di sekitar lingkungan tersebut. dengan cara ini anak-anak bisa menggambar objek nyata. saya sangat setuju sekali ketika guru mengajak anak-anak keluar kelas dan menggambar objek yang mereka lihat, karena tidak semua anak bisa berimajinasi sendiri.

  6. Nama kardem
    Nim 859668049
    Anak terkadang kurang nya berimajinasi terhadap bagaimana cara menggambar.
    Dan yang sering terjadi ialah meniru gambar temannya.
    Dan stimulasi mencari ide nya ialah dengan mengajak anak untuk keluar lingkungan terdekat,itu sangat efisien.

  7. Nama : Maria Mes
    NIM : 858197286
    Menanggapi video di atas, ” Anak Sulit berimajinasi saat menggambar “. Setelah saya menonton vidio tersebut, saya sangat terinspirasi dan termotivasi dengan strategi yang di terapkan guru pintar online,terutama dalam memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar bebas sesuai minat atau keinginan masing- masing anak agar imajinasinya tersalurkan. Sehingga guru memberikan ide agar anak lebih kreatif dan berimajinasi dengan cara membawa anak-anak keluar kelas untuk melihat pemandangan di luar agar apa yang mereka lihat mereka bisa bercerita dan mengekspresikan karya mereka sesuai apa yang mereka lihat atau mereka temukan di luar kelas.

  8. Setelah saya menonton video tersebut, saya lebih memahami cara menanamkan pembelajaran dalam kelas anak usia dini seperti menggambar. Yang mana bagi anak usia dini yang sulit berimajinasi saat menggambar maka kita dapat mengarahkan anak-anak untuk meningkatkan kemampuan menggambar dengan cara menggambar bebas. Terimakasih🙏

  9. Tayangan video diatas menunjukkan beberapa anak masih kesulitan menuangkan imajinasinya dalam bentuk gambar karena belum berkembangnya kreativitas sehingga mereka meniru gambar teman lainya. Di dalam video guru sudah menerapkan beberapa cara untuk mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi dengan cara membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasi anak, guru mengajak anak untuk pergi ke luar sekolah agar anak dapat mengembangkan imajinasi mereka dengan mengamati lingkungan sekitar. lalu guru meminta anak untuk menyebutkan benda apa saja yang ditemui berdasarkan hasil pengamatannya dan setelah itu meminta anak untuk menggambarnya. tidak lupa guru memberikan motivasi kepada anak bahwa mereka pasti bisa melakukannnya meskipun hasil gambarnya berupa coretan tetapi tetap diberikan apresiasi agar mereka semakin semangat dan percaya diri.

  10. Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh
    Izin menanggapi dengan vidio diatas
    Nama : Hikmah laila hasanah
    NIM : 877664438
    Setelah melihat vidio diatas, saya mendapatkan pembelajaran baru bagaimana caranya menghadapi anak yg sulit dalam berimajinasi ketika menggambar. Dari vidio bisa dilihqt ketika guru meminta untuk menggambar bebas kebanyakqn dari anak anak lehih mengikuti contoh yg dari bu guru atau mengikuti temannya. Ternyata hal ini dapat berdampak kepada anak anak menjadi kurang kreatif dan kesulitan dalam bercerita kembali. Akhirnya anak anak diajak keluar dengan melihat pemandangan diluar atau anak anak melihat benda disekitar. Setelah anak anak melihat pemandangan atau benda sekitar hqrapannya anak anak dapat menungkannya kembali dalam bentuk gambar.

Leave a Reply