silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. ASSALAMUALIKUM
    NAMA : MASDA BR MANIK
    NIM:860133762

    setelah melihat vidio diata saya mendapatkan ilmu yang baru cara yang sangat mudan mengetahu bagai mana anak bisa mendapatkan imajinasi ketika ada tugas mengambar,dapat kita lihat di dalam vidio diatas ketika bu gurunya menujukan gambaranya makan anak anak pun akan mengabar apa apa yang sudah di kerjakan oleh gurunya
    dengan pembelajara vidio diatas semoga semakin mudah untuk mengatasi anak yang susah mengabar

  2. Berdasarkan video pada GPO yang saya tonton terdapat seorang guru dan anak-anak didiknya sedang melakukan kegiatan menggambar, sebelum memulai kegiatan menggambar guru sudah memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak, serta memberikan contoh gambaran seperti menggambar pemandangan. Setelah ibu guru tersebut membagikan kertas menggambar, anak-anak mulai menggambar, kemudian guru meminta anak untuk mengumpulkan hasil karya yang dibuat, setelah itu guru mengecek hasil karya anak yang mana terdapat ada 3 anak yaitu queena, najwa, dan calvin yang hasil karyanya sama, yaitu sama-sama menggambar pemandangan sesuai dengan contoh yang diberikan guru tersebut. Melihat hal itu guru kemudian memberikan motivasi dan strategi kepada anak, agar anak dapat mengembangkan aspek kognitifnya yaitu dapat berimajinasi pada saat menggambar. Hal yang dilakukan guru tersebut yaitu dengan cara guru memfasilitasi anak mengajak anak-anak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya yaitu halaman sekolah, serta memberikan kebebasan pada anak untuk melihat apa saja yang ada disekitar mereka, kemudian guru meminta anak untuk menceritakan apa yang mereka lihat dan mereka alami selama eskplorasi dihalaman sekolah, dari kegiatan yang diberikan guru tersebut tidak hanya dapat memberikan motivasi pada anak untuk meningkatkan imajinasi anak pada saat menggambar, tetapi juga membantu perkembangan aspek Bahasa anak pada saat guru bertanya hal apa yang mereka lihat dan mereka alami sehingga anak dapat menggambar sesuai dengan imajinasi mereka.

  3. Nama :Sulis Hajar Prihatin
    Nim : 860104439

    Video yang sangat bagus dan menarik, dalam video pembelajaran “anak sulit berimajinasi dalam menggambar” guru mempunyai strategi untuk anak dapat berimajinasi dalam menggambar seperti memberi kebebasan kepada anak untuk melihat pemandangan di luar kelas, sehingga membuat anak antusias untuk melihat pemandangan di luar kelas dan itu menjadi salah satu cara agar anak mendapatkan inspirasi atau ide untuk menggambar.

  4. anak sulit berimajinasi saat menggambar karena kurang stimulus dan pengalaman,faktornya :
    1. anak jarang diajak keluar melihat hal-hal baru jadi imajinasi anak tidak ada
    2. anak hanya bermain itu-itu saja atau monoton sehingga membatasi eksplorasi anak
    3. adanya kritik berlebihan sehingga anak merasa gambarnya tidak bagus

  5. Nama: Maya sari
    Nim: 858321828
    Kita sebagai guru dapat memfasilitasi anak seperti mengajak anak ke halaman atau taman dekat sekolah. setelah itu kita ajak mereka saling bertukar cerita tentang hal-hal yang mereka temui di taman dekat sekolah tersebut.
    Terimakasih

  6. Judul Video: Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
    Setelah menonton video ini, saya memahami bahwa kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti terlalu sering diarahkan oleh orang dewasa, kurangnya stimulasi lingkungan, atau belum terbiasa mengekspresikan diri secara bebas.
    Saya setuju bahwa imajinasi anak harus dipupuk melalui lingkungan yang kaya akan pengalaman dan tanpa banyak tekanan. Misalnya, saat anak menggambar, guru sebaiknya tidak langsung menyuruh “gambar rumah ya” atau “warnanya jangan keluar garis,” tapi membiarkan anak mengeksplorasi sesuai pikirannya.
    Video ini juga mengingatkan saya agar lebih sering menggunakan cerita, dongeng, atau benda konkret sebagai pemicu imajinasi sebelum kegiatan menggambar. Dengan begitu, anak punya gambaran dan ide yang bisa dituangkan.
    Menurut saya, manfaat dari pendekatan ini sangat besar, karena membantu perkembangan kreativitas, keberanian menyampaikan ide, serta kepercayaan diri anak dalam berkarya.

  7. Nama : NURROHMAH
    NIM: 857729513
    Judul Video: Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
    Setelah menonton video ini, saya memahami bahwa kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti terlalu sering diarahkan oleh orang dewasa, kurangnya stimulasi lingkungan, atau belum terbiasa mengekspresikan diri secara bebas.
    Saya setuju bahwa imajinasi anak harus dipupuk melalui lingkungan yang kaya akan pengalaman dan tanpa banyak tekanan. Misalnya, saat anak menggambar, guru sebaiknya tidak langsung menyuruh “gambar rumah ya” atau “warnanya jangan keluar garis,” tapi membiarkan anak mengeksplorasi sesuai pikirannya.
    Video ini juga mengingatkan saya agar lebih sering menggunakan cerita, dongeng, atau benda konkret sebagai pemicu imajinasi sebelum kegiatan menggambar. Dengan begitu, anak punya gambaran dan ide yang bisa dituangkan.
    Menurut saya, manfaat dari pendekatan ini sangat besar, karena membantu perkembangan kreativitas, keberanian menyampaikan ide, serta kepercayaan diri anak dalam berkarya.

  8. Nama : Nurrohmah
    Nim: 857729513
    Judul Video: Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar

    Setelah menonton video ini, saya memahami bahwa kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti terlalu sering diarahkan oleh orang dewasa, kurangnya stimulasi lingkungan, atau belum terbiasa mengekspresikan diri secara bebas.

    Saya setuju bahwa imajinasi anak harus dipupuk melalui lingkungan yang kaya akan pengalaman dan tanpa banyak tekanan. Misalnya, saat anak menggambar, guru sebaiknya tidak langsung menyuruh “gambar rumah ya” atau “warnanya jangan keluar garis,” tapi membiarkan anak mengeksplorasi sesuai pikirannya.

    Video ini juga mengingatkan saya agar lebih sering menggunakan cerita, dongeng, atau benda konkret sebagai pemicu imajinasi sebelum kegiatan menggambar. Dengan begitu, anak punya gambaran dan ide yang bisa dituangkan.

    Menurut saya, manfaat dari pendekatan ini sangat besar, karena membantu perkembangan kreativitas, keberanian menyampaikan ide, serta kepercayaan diri anak dalam berkarya.

  9. Nama : NURROHMAH
    NIM : 857729513
    Judul Video: Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar

    Setelah menonton video ini, saya memahami bahwa kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti terlalu sering diarahkan oleh orang dewasa, kurangnya stimulasi lingkungan, atau belum terbiasa mengekspresikan diri secara bebas.

    Saya setuju bahwa imajinasi anak harus dipupuk melalui lingkungan yang kaya akan pengalaman dan tanpa banyak tekanan. Misalnya, saat anak menggambar, guru sebaiknya tidak langsung menyuruh “gambar rumah ya” atau “warnanya jangan keluar garis,” tapi membiarkan anak mengeksplorasi sesuai pikirannya.

    Video ini juga mengingatkan saya agar lebih sering menggunakan cerita, dongeng, atau benda konkret sebagai pemicu imajinasi sebelum kegiatan menggambar. Dengan begitu, anak punya gambaran dan ide yang bisa dituangkan.

    Menurut saya, manfaat dari pendekatan ini sangat besar, karena membantu perkembangan kreativitas, keberanian menyampaikan ide, serta kepercayaan diri anak dalam berkarya.

  10. Judul video ” anak sulit berimajinasi saat menggambar ”
    Dari video tersebut menjelaskan anak belum bisa kreatif atau menirukan gambar. Adapun solusinya yaitu :
    1. Dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja yang ingin digambar oleh anak sesuai dengan imajinasinya
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide dengan mengajak anak misalnya kehalaman sekolah untuk melihat benda-benda yang ada disekitarnya dan menggambarkannya.
    Dari video tersebut. Kita sebagai guru harus bisa mengarahkan anak untuk menggambar sesuai dengam minat anak. Tidak hanya berfokus pada satu gambar saja.
    Terimakasih

Leave a Reply