silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama :Lit malemna br sitepu

    Setelah saya menonton video ini
    Saya mendapatkan pembelajaran
    Bagaimana kita jadi seorang guru agar anak bisa berimajinasi
    Anak sulit berimaninasi saat menggambar
    Hal ini wajar dan merupakan bagian dari proses perkembangan berpikir kreatif.
    Untuk mendukung tumbuhnya imajinasi, anak dapat dibantu dengan stimulus berupa cerita, gambar referensi, atau pertanyaan terbuka

  2. Assalamulaikum Wr.Wb
    Nama:ASMIA JUITA
    Nim: 856764586
    jJUDUL VIDEO: ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR
    IZIN UNTUK MENANGGAPI VIDEO TERSEBUT

    Dari video tersebut dapat dilihat bahwa anak kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar dan sulit meniru gambar yang di contohkan oleh guru. strategi yang di lakukan guru untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar ialah memberikan kebebasan kepada anak untuk menggamabr sesuatu sesuai dengan minat atau keinginan anak,atau mengajak anak keluar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambar apa yang ditemukan dilapangan atau diluar kelas.

  3. Video Yang telah di tayangkan sudah bagus sebagai contoh untuk lembaga TK lainnya, guru diminta lebih kreatif dan imajinatif ketika melaksanakan pembelajaran di kelas.

  4. Pada tayangan video tersebut dapat dilihat bahwa anak mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar dan sulit meniru gambar yang dicontohkan oleh guru. Dan itu menjadi tantangan besar bagi seorang guru untuk melatih anak untuk dapat berimajinasi saat menggambar yaitu dengan cara mengajak anak untuk keluar di halaman sekolah dan melihat yang ada di halaman sekolah contoh seperti bunga ,pohon, dan masih banyak lagi.

  5. Nama : Zulfa Nafisah
    Nim : 856593515
    Anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Dalam tayangan video tersebut, dapat dilihat bahwa anak mengalami kesulitan dalam mengembangkan imajinasinya pada saat menggambar. Menurut pengalaman saya selama saya mengajar masih banyak anak yang menggambar dengan cara yang berulang-ulang atau meniru hasil temannya atau guru yang memberikan contoh. Solusi yang di berikan pada dalam video tersebut sangat bagus dan kreatif yaitu dengan mengajak anak keluar dari kelas atau ruangan dan melihat lingkungan sekitar atau bereksplor dan dapat memberikan ide-ide yang dapat mengembangkan kreativitas atau menambah imajinasinya, karena masih bingung ingin menggambar apa, tetapi setelah keluar ruangan anak dapat melihat berbagai macam makhluk hidup, seperti tanaman dan hewan. Jika anak ingin menggambar hewan bebek misalnya mereka akan dapat melihat bagaimana bentuk bebek sehingga mereka dapat menggambar bebek dengan baik walaupun tidak seperti nyata tetapi dengan itu anak dapat mengembangkan imajinasinya dengan baik.

  6. Assalmualaikum.. ijin menggapi video. Terimakasih..
    Kegiatan dalam video pembelajaran tersebut sudah bagus.. dalam meningkatkan imajinasi anak guru telah memberi kegiatan yang tepat yakni menggambar sesuai imajinasi, guru memberikan fasilitas dan motivasi anak agar mampu menuangkan imajinasinya dalam sebuah gambar. Guru jg memberikan informasi bahwa anak bisa diajak untuk menceritakan apa yg sdh di gambarnya.
    Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran tersebut sudah sesuai dalam pengembangan kognitif anak dengan kegiatan menggambar sesuai imajinasi.

  7. Ijin berkomentar

    Video ini menyoroti permasalahan anak-anak yang cenderung meniru gambar teman atau guru daripada mengekspresikan imajinasi mereka sendiri. Contoh nyata yang diberikan dalam video ini adalah saat anak-anak menggambar pemandangan karena terpengaruh contoh dari guru, padahal seharusnya mereka bebas berkreasi. Solusi yang ditawarkan didalam video ini sangat praktis, seperti mengajak anak mengamati lingkungan sekitar (halaman sekolah) untuk menemukan inspirasi gambar, memberikan kebebasan memilih tema, dan mendorong interaksi melalui tanya jawab tentang objek yang dilihat. Pendekatan ini tidak hanya melatih kreativitas tetapi juga kemampuan observasi dan komunikasi anak yang mana hal ini sejalan dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang menekankan proses eksplorasi dan penghargaan terhadap ide-ide unik setiap anak.

  8. Nama : Deistrina Banua
    NIM : 859957311
    Judul Vidio Pembelajaran ”Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”
    Setelah Saya sudah menyaksikan vidio ini, menurut Saya sebaiknya memberikan kesempatan kepada anak untuk menggambar bebas, mendorongnya untuk menggunakan warna dan bentuk yang berbeda, serta mengajaknya untuk menggambar apa pun yang terlintas di kepalanya. Selain itu, berikan anak kesempatan untuk bermain peran atau mendongeng, karena hal ini akan membantu mereka membayangkan dan menciptakan dunia mereka sendiri. Dengan tindakan seperti ini mungkin mempermuda anak didik untuk berimajinasi saat menggambar.

  9. Nama: Fatmawati
    Nim: 877303466
    UPBJJ: Surabaya
    Pada tayangan video tersebut, tampak Bu Nina mengajak anak-anak menggambar bebas setelah bu Nina melihat hasil gambar anak-anak ternyata anak-anak mengalami kesulitan dalam mengembangkan imajinasinya pada saat menggambar. Hal ini tampak masih banyak anak yang menggambar dengan cara yang berulang-ulang atau meniru hasil temannya atau guru yang memberikan contoh. Kemudian Bu Nina memberikan stimulasi dengansangat bagus dan kreatif yaitu mengajak anak keluar dari kelas atau ruangan dan melihat lingkungan sekitar atau bereksplor dan dapat memberikan ide-ide yang dapat mengembangkan kreativitas atau menambah imajinasinya, setelah keluar ruangan anak-anak dapat melihat berbagai macam makhluk hidup, seperti tanaman dan hewan. Jika anak ingin menggambar hewan bebek misalnya mereka akan dapat melihat bagaimana bentuk bebek sehingga mereka dapat menggambar bebek dengan baik walaupun tidak seperti nyata tetapi dengan itu anak dapat mengembangkan imajinasinya dengan baik.

  10. Nama : Titania
    NIM : 859019376Dalam tayangan video tersebut, dapat dilihat bahwa anak mengalami kesulitan dalam mengembangkan imajinasinya pada saat menggambar. Menurut pengalaman saya selama saya mengajar masih banyak anak yang menggambar dengan cara yang berulang-ulang atau meniru hasil temannya atau guru yang memberikan contoh. Solusi yang di berikan pada dalam video tersebut sangat bagus dan kreatif yaitu dengan mengajak anak keluar dari kelas atau ruangan dan melihat lingkungan sekitar atau bereksplor dan dapat memberikan ide-ide yang dapat mengembangkan kreativitas atau menambah imajinasinya.

Leave a Reply