silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Titania
    NIM : 859019376
    Setelah menonton video tersebut menurut saya peserta didik hanya berfokus pada acuan contoh ya g di berikan oleh guru dan mayoritas anak itu bahkan hanya berfokus pada gambar yang di contohkan dan seharusnya dalam tahap ini peserta didik bisa lebih luas berimajinasi jika di arahkan oleh guru pembimbing dengan lebih baik seperti menambahkan beberapa contoh benda-benda lain atau mengajak para murid meriview apa yang ada di sekeliling mereka sehingga mereka bisa berimajinasi sesuai apa keinginan mereka dan tidak monoton hanya menjadikan contoh sebagai acuan berimajinasi.

  2. Saya Siti Fatmawati.
    Telah menyaksikan video di atas yang berjudul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”
    Melalui video tersebut menjadi inspirasi dan memberikan wawasan bagi saya tentang cara ketika anak kesulitan berimajinasi saat kegiatan menggambar.
    yakni bisa dengan mengajak anak keluar kelas, menggali ide-ide pada anak, dll

  3. Menurut saya dengan membebaskan anak itu sangat baik untuk menggali potensi imajinasinya khususnya dalam hal menggambar. Ini sangat cocok diterapkan pada AUD karena di usia ini anak-anak sangat memerlukan kebebasan. Karena mereka menggambar tanpa batasan dari situlah imajinasi mereka akan muncul. Jika dalam video bu lina mengajak anak-anak keluar melihat objek langsung itu juga kegiatan yang sangat mendukung berkembangnya imajinasi AUD.

  4. video ini sangat menarik dan berguna sekali karena kita bisa tau bagaimana cara menstimulasi anak pada saat kegiatan menggambar bebas agar anak bisa berimajinasi dan kreatif sesuai bakat dan minatnya

  5. video ini sangat menarik dan bagus sekali, karena bisa tau bagaimana cara menstimulasi kemampuan menggambar anak melalui apa yang mereka lihat dengan mengajak anak untuk keluar kelas dan menceritakan apa yang dilihat sehingga anak akan menggali imajinasinya sesuai minat dan bakat anak.

  6. Nama : Maria Goreti Kofi
    NIM : 858419913
    Setelah menonton video pembelajaran di GPO ini dengan judul “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”, ternyata anak mampu mengembangkan kemampuan berimajinasinya ketika guru mengajaknya bereksplorasi, semakin banyak yang dilihat anak, semakin kaya juga kemampuan berimajinasinya. Sebagai guru saya jadi belajar juga terkait hal ini.

  7. Nama : Ni Wayan Richa Marhaeni
    Nim : 856042867
    Anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Video ini sangat membantu memahami bagaimana mengembangkan imajinasi anak saat menggambar. Saya melihat pemberian prompt terbuka menjadi kunci untuk memancing ide anak. Namun, mungkin bisa diperkaya dengan menyediakan lebih banyak warna dan tekstur agar anak lebih terinspirasi.”

    Terima Kasih

  8. Nama : HAIRIAH
    NIM : 837059387
    Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar

    video berikut menunjukkan bahwa kita sebagai seorang guru harus paham kebutuhan anak dan kita juga harus mengerti akan kesulitan yang anak-anak hadapi jangan menjadi seorang guru yang tidak peka terhadap tumbuh kembang anak, salah satu contoh yang ada dalam video tersebut ketika mengikuti kegiatan pembalajaran di sekolah banyak sekali terdapat anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar, dari video ini saya sangat senang sekali bisa belajar tentang hal baru yang harus kita lakukan jika kita mengalami hal yang sama disekolah saya.

  9. Nama : HAIRIAH NIM : 837059387 Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar video berikut menunjukkan bahwa kita sebagai seorang guru harus paham kebutuhan anak dan kita juga harus mengerti akan kesulitan yang anak-anak hadapi jangan menjadi seorang guru yang tidak peka terhadap tumbuh kembang anak, salah satu contoh yang ada dalam video tersebut ketika mengikuti kegiatan pembalajaran di sekolah banyak sekali terdapat anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar, dari video ini saya sangat senang sekali bisa belajar tentang hal baru yang harus kita lakukan jika kita mengalami hal yang sama disekolah saya.

  10. Nama: Juniar Amri, UPBJJ UT Makassar.
    Video ini sangat inspiratif karena menunjukkan guru yang responsif terhadap kesulitan anak dalam menggambar. Dengan mengajak anak mengamati lingkungan sekitar, guru berhasil merangsang imajinasi anak secara nyata. Pembelajaran menjadi lebih bermakna dan sesuai dengan dunia anak. Namun, pembukaan pembelajaran sebaiknya dibuat lebih menarik agar anak lebih antusias sejak awal.

Leave a Reply