silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Novitasari
    NIM : 858149934 (S1PGPAUD)
    UPBJJ :48/ PALANGKARAYA
    Assalamualikum wr.wb…
    Judul : Anak sulit berimajinasi saat menggambar

    video di atas menceritakan bagaimana cara pendidik atau guru PAUD Menstimulasi Anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, ada banyak cara menstimulasi imajinasi anak seperti pada di video di atas yang awalnya di beri tugas menggambar bebas dan hasil tugas tidak sesuai harapan kemudian ibu guru mencoba membawa anak keluar ruangan untuk melihat-lihat keadaan di luar, apa saja yang ada di luar ruangan dan halaman sekolah sehingga imajinasi anak terpancing untuk di tuangkan pada kertas. Selain melalui metode di atas kita juga bisa mengasah daya imajinasi anak yang sulit terpancing saat di tuangkan pada kertas yaitu dengan cara mengajak anak membaca buku bergambar(gambar besar fan berwarna), bermusik, bermain drama, berbagi cerita dan sebagainya .

  2. Nama : Renata Tarisa Arutala
    NIM : 858830562
    Program Studi : PGPAUD AKPMM
    Judul video seri pengembangan Kognitif PAUD
    “mengatasi permasalahan Anak sulit berimajinasi saat menggambar”

    dalam tayangan video guru tersebut, guru sudah tepat memberikan kesempatan anak untuk menggambar bebas dengan mengajak anak langsung mengamati objek, tetapi guru di dalam video, kurang memberi contoh cara menggambar yang benar dan bermacam-macam, sehingga anak-anak cenderung mencontoh gambaran temannya, dalam memberi contoh kepada anak seharusnya guru mengelompokkan setiap anak untuk bisa memilih kelompok sesuai keinginannya misalnya kelompok 1 menggambar bunga, kelompok 2 menggambar pohon. sehingga guru dapat dengan mudah membimbing anak menggambar sesuai dengan minat anak. cara menstimulasi agar anak dapat berimajinasi setalah mengajak anak berkeliling melihat objek yang ada disekitar anak setelah itu bisa meminta anak untuk menceritakan apa yang sudah mereka lihat kemudian meminta anak untuk menggambarnya dengan hal tersebut memudahkan anak untuk mengingat dan berimajinasi.

  3. Nama Sitti Fatimah
    Nim 859170395
    Prodi: pgpaud
    Menurut saya Vidio yang ditampilkan tentang permasalahan ketika anak sulit berimajinasi saat menggambar.vidio yang ditampilkan sudah bagus dalam menjelaskan dusana anak dapat berkreasi dan melihat secara langsung objek yang akan digambarkan dengan cara apa yang mereka lihat disekitarnya.sekain itu gurunya harus dapat membimbing menjelaskan dan memberikan arahan kepada anak anak bagaimana berimajinasi dengan cara melihat mendengar merasakan

  4. Nama : Nurnaningsih (859170127)
    Tugas : Metode Pengembangan Kognitif
    Menurut saya cara guru mengembangkan imajinasi anak sudah benar dengan mengajak anak keluar ruangan dengan melihat lingkungan di sekitar sekolah anak-anak dapat mengumpulkan informasi untuk ide obyek tapi sebaiknya kegiatan keluar ruangan itu di lakukan sebelum kegiatan menggambar bebas dilakukan sehingga anak tidak cenderung meniru apa yg di tulis oleh guru di Papan tulis.
    Untuk penguatan materi dan menambah daya ingat anak guru menanyakan kembali apa yang anak-anak lihat di luar sekolah kemudian barulah anak menginterpretasikan apa yang di lihat melalui media gambar.

  5. Nama:Masniati
    NIM :859169527
    Program studi:PG PAUD
    Judul vidio:Anak sulit berimajinasi saat menggambar.
    Dalam tayangan vidio tersebut guru mengajak anak anak untuk keluar untuk melihat apa saja yang ada di sekitar anak sehingga anak dapat mengeluarkan ide ide yang ada dalam pikirannya dan dapat menuangkannya dalam bentuk gambar,dan dapat bercerita tentang apa yang dilihatnya.

  6. Nama : MARYATI
    NIM : 859171738
    Tugas : Metode Pengembangan Kognitif

    dari Video yg berjudul Anak Sulit berimajinasi saat menggambar ada 2 contoh utk menyuruh anak-anak menggambar
    1. Ibu guru hanya memberikan contoh gambar saja kepada anak-anak tanpa diskusi yang penjang mengenai alam sehingga anak menggambar apa yang mereka lihat bukan yang di suruh sama ibu guru padahal ibu guru menyuruh bergambar bermacam macam yang berkaitan dengan alam.
    2. Ibu guru membawa anak-anak ke luar halaman untuk melihat berbagai macam tumbuhan dan lingkungan sekitar lalu berdiskusi kepada anak-anak apa saja yang mereka lihat, nah disitu main imajinasi anak-anak kerena mereka sudah berkesampatan langsung melihat alam. Ketika diajak berdiskusi jawaban anak2 bermacam – macam dari apa yang mereka lihat dan disuruh menggambarkan kembali apa yg mereka lihat jadi munculah kreatifitas anak tersebut.
    Jadi ketika mengajarkan anak paud harus melibatkan Alat peraga atau contoh langsung agar mereka bisa berimajinasi bukan hanya memberitahu hal tersebut tanpa kita memberikan contoh langsung.

  7. NAMA : FATMAWATI
    NIM : 859170775
    KOMENTAR : dalam video tersebut menurut saya guru pertama kurang efektif dalam merangsang kemampuan imajinasi menggambar anak guru terlalu umum menyampaikan pembelajaran menggambar dan memberikan contoh langsung ke anak sehingga membuat anak hanya terfokus pada gambar yang dicontohkan oleh guru tersebut. sedangkan guru kedua mengajak anak secara langsung memperhatikan lingkungan sekitarnya lebih efektif dalam merangsang imajinasi anak pada saat menggambar, anak akan lebih bisa menuangkan dan mengingat apa yang dilihat pada lingkungan tempat mereka mengamati.

  8. Nama : Hidayatika
    NIM : 859170141
    Program Study : PGPAUD
    Judul Video seri Pengembangan Kognitif PAUD
    “Mengatasi Permasalahan Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”
    *Hal-hal baik yang sudah dilakukan guru untuk mendorong imajinasi anak dalam video tersebut adalah :
    1. Guru sudah memberikan kebebasan pada anak untuk mengeksplore imajinasi mereka dengan cara guru memberikan kegiatan menggambar bebas sesuai dengan minat anak.
    2. Guru memberikan anak mengeksplore berbagai objek dengan mengajak anak melihat lingkungan diluar sekolah, hal ini juga dapat memberikan kebebasan kepada anak untuk berimajinasi dan tentunya lebih dekat dengan alam.
    3. Anak diberikan kesempatan untuk menceritakan hasil pengamatan dan hasil karya yang telah dibuat. hal ini adalah langkah baik untuk mengetahui sejauh mana anak dapat memahami intruksi guru. dengan bertanya kepada anak kita juga dapat melihat perkembangan kognitif anak dalam hal ini berimajinasi melalui gambar.

    *Catatan/Refleksi Video
    1. Pembelajaran Belum Berdifrensiasi pada anak, terlihat ketika guru lebih aktif di kelas di bandingkan anak-anak. Guru membagikan buku gambar dan crayon tanpa menghadirkan objek yang akan di gambar.
    2. Contoh gambar yang di tempel di papan sangat kecil. ini memberikan kesulitan bagi anak untuk memahami objek yang akan di gambar, sebaiknya contoh yang ditampilkan di gambar di papan tulis atau langsung membawakan miniatur pemandangan di depan kelas.
    3. Teknik yang dapat dilakukan untuk membuat anak memiliki imajinasi yang bagus adalah guru perlu membacakan buku cerita bergambar. tentunya melalui buku cerita yang menarik anak dapat antusias juga dapat mengembangkan perkembangan kognitif lainnya.

  9. Darmi,NIM 857795963
    Menurut saya isi video nya tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar, dan ketika anak di ajak keluar kelas untuk melihat dan bercerita tentang apa saja yang sudah di lihat nya , ketika ada kegiatan menggambar anak – anak sudah bisa berimajinasi ada yang menggambar orang, mobil, pohon.

  10. Anak sulit berimajinasi dan menggambar
    Dari kutipan video di atas menurut saya apa yang dilakukan oleh guru itu sudah benar, dengan mengajak anak keluar kelas atau ke halaman sekolah untuk memberi kebebasan kepada anak sehingga mereka bisa berimajinasi dengan apa yang mereka lihat diluar. selanjutnya, guru dapat meminta anak untuk bercerita atau menggambar tentang apa yang mereka lihat dihalaman sekolah. dengan bercerita anak juga dapat mengembangkan aspek bahasa mereka.

Leave a Reply