silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Indah Sri Lestari
NIM : 857499197
Izin menanggapi video di atas
Video pembelajaran menggambar di atas sudah sangat baik dalam menjalankan pembelajarannya. Dengan berbagai cara guru dapat membatu anak memperluas imajinasi anak yang akan dituangkan dalam menggambar. Imajinasi anak juga dapat di perluas di lingkungan keluarga, jadi selain disekolah dan lingkungan sekolah, imajinasi anak dapat juga di dapatkan di lingkungan keluarga, jadi guru dapat membantu memberitahukannya kepada orang tua, agar membimbing anak nya untuk berimajinasi di lingkungan rumah atau keluarga yang dituangkan dalam gambar, jadi ketika anak sudah di sekolah anak akan langsung menggambar yang sudah diketahuinya ketika di rumah. Untuk disekolah banyak sekali cara untuk memperluas imajinasi anak. Diantara nya dalam video di atas, sudah menyajikan pembelajaran dan cara yang baik dan memberikan solusi untuk mengatasi memperluas imanjinasi anak, menjadikan anak membuat gambar sesuai imajinasi anak.
Terima kasih.
Nama : Dwi Nurmasari Pratiwi
Nim : 858837572
Prodi: BI- PGPAUD
Judul: Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
Pada video tersebut anak kesulitan untuk berimajinasi saat menggambar. Saat guru memberikan contoh gambar anak cenderung menirukan gambar yang dicontoh kan oleh guru. hal ini menyebabkan anak kurang kreatif menuangkan ide menggambar. Maka dari itu guru mengajak anak keluar kelas mengamati lingkungan sekitar untuk menambah wawasan dan imajinasi anak untuk menggambar nantinya. Setelah melakukan eksplorasi anak masuk kelas lalu guru meminta anak untuk menceritakan kembali apa yang mereka lihat lingkungan sekitarnya. kemudian guru memberi kesempatan anak untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasi anak. menurut saya tindakan guru untuk mengatasi anak sulit berimajinasi saat menggambar sudah benar, guru memberi kebebasan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya, guru juga memberikan fasilitas menggali imajinasi anak dengan melakukan eksploarasi lingkungan sekitar sekolah kemudia mengajak anak menceritakan kembali apa yang ditemukan saat ekplorasi lingkungan sekitar.
Video pembelajaran menggambar di atas sudah sangat baik dalam menjalankan pembelajarannya. Dengan berbagai cara guru dapat membatu anak memperluas imajinasi anak yang akan dituangkan dalam menggambar. Imajinasi anak juga dapat di perluas di lingkungan keluarga, jadi selain disekolah dan lingkungan sekolah, imajinasi anak dapat juga di dapatkan di lingkungan keluarga, jadi guru dapat membantu anak mengembangkan sebuah imajinasi seorang anak.
Nama : Putu Widia Purnami
Nim : 859029345
121/PGPAUD-BI
Upbjj UT Denpasar
Pokjar Gianyar
Terimakasih atas kesempatannya, dari tayangan video diatas mengenai “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”, ialah Guru sudah memberikan stimulasi yg tepat saat anak kesulitan untuk mengimajinasikan ide² mereka saat menggambar. Dimana untuk menggali ide² tersebut difokuskan dengan membebaskan anak-anak menggambar sesuai imajinasinya, guru memfasilitasi anak mengajak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihatnya, dan terakhir melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yg dibuat mereka.
Terimakasih.
Nama : Juariati
NIM : 859650835
Upbjj : Palu luwuk banggai
Jurusan : PGPAUD semester 2
Menurut saya, dalam video diatas hal yang membuat anak sulit berimajinasi yaitu anak tidak percaya diri, sehingga mereka cenderung mengikuti gambar contoh atau melihat milik teman. Tahap yang dilakukan guru pada video tersebut sudah benar, yaitu dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasinya. Hal ini akan menumbuhkan ide dan membuat anak menjadi lebih kreatif. Cara guru dalam membantu anak yang sulit berimajinasi juga bagus, karena guru memberikan contoh nyata yang ada di lingkungan. Hal ini dapat menstimulus imajinasi anak.
Nama : Nor Faela ZelyOktavianingsih
NIM : 858857843
UPBJJ : Kota Malang
Jurusan : PGPAUD semester 2
Menurut saya,setelah melihat video diatas dan menghubungkan pengalaman yang terjadi di lembaga saya, hal yang membuat anak sulit berimajinasi itu karena anak kurang percaya diri, dan kurang referensi gambar yang akan digambar oleh anak tersebut. Dan strategi yang diterapkan guru tersebut pada video yaitu memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. Menurut saya adalah langkah yang sangan tepat untuk menstimulasi imajinasinya dalam menggambar. Terimakasih videonya sangat mengispirasi.
Nama : Sernike Rakinaung
Nim : 859953392
Prodi : PGPAUD
Judul : Anak sangat sulit berimajinasi saat mengambar
Pada video yang sudah saya tonton , terlihat jelas bahwa pada saat mengambar,secara bersamaan mereka mengambar pemandangan ,tanpa ada gambar yang lain . jadi sebagai guru sudah betul mereka di ajak untuk melihat apa yang ada di halaman sekolah . jadi,setelah kegiatan mengambar berikutnya mereka sudah paham bahwa apa yang mereka gambar tak harus pemandangan saja tapi mereka boleh berkreasi dengan mengambar apa yang mereka lihat di halaman sekolah. serta dapat menambah wawasan mereka .
terimaksih.
Nama : Ria Sari
NIM : 857041623
Prodi : PGPAUD /masukan sarjana
Judul : anak sangat sulit berimajinasi saat menggambar
Setelah melihat video diaatas ,
Menurut saya :
1.anak belum banyak wawasan tentang objek yang dapat digambar (mereka serentak menggambar pemandangan).
2. Anak didik kurang percaya diri , sehingga takut berbeda sendiri ketika tidak menggambar hal yang sama dengan teman nya.
3. Guru sudah melakukan hal yang tepat dengan mengajak anak didik keluar kelas , agar dapat menambah wawasan anak didik.
4. Guru sudah melakukan hal yang tepat dengan mengajak anak didik untuk berani berbicara tentang hal apa saja yang mereka lihat , dan menggambarkan nya untuk diberi tahu kan kepada teman dan gurunya.
Terimakasih ❤️
Nama : nurlatifah
NIM : 858735004
Prodi : PG PAUD
Judul : anak sulit berimajinasi saat menggambar
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Menurut saya, video diatas adalah salah satu cara untuk menumbuhkan imajinasi anak saat akan menggambar.
Dan cara yang lain bisa dengan diberikan berbagai gambar, atau dengan melihat video. Setelah melihat gambar atau video anak-anak kemudian diajak bertanya jawab tentang ada apa saja didalam video tersebut.
Apabila masih mendapati anak yang masih belum bisa menggambar dikarenakan bentuk dasar, karena ada juga anak usia TK masih kebingungan dalam bentuk dasar seperti lingkaran, segitiga, segiempat dan lainnya.
Terima kasih
Wassalamualaikum warohmatullohi wabatokatuh
Nama : Eni Rahmawati
NIM : 858712243
Didalam Vidio pembelajaran tersebut menggambarkan bagaimana cara seorang guru mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi dalam menggambar
Pada vidio tersebut Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasi anak dan mengajak anak keluar kelas, dengan tujuan agar anak dapat mendapatkan stimulus dalam berimajinasi. Melalui objek yang nyata anak dapat lebih melihat secara jelas benda-benda disekitarnya dengan demikian akan dapat menjadi sebuah gambaran dalam anak berimajinasi.
kemudian guru meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.