silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Nama : MARIA AGUSTIN
    NIM : 858737925
    Prodi : S1 PGPAUD (Masukan Sarjana)

    Dari tayangan video pembelajaran di atas perihal Pengembangan Kognitif PAUD yaitu “Anak sulit berimajinasi saat menggambar” menurut saya apa yang dilakukan guru sudah benar, guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan dilapangan. akan tetapi sebelum anak diajak keluar kelas langkah awal yang bisa guru lakukan adalah merangsang anak berimajinasi dengan meminta anak untuk mengamati keadaan lingkungan terdekat anak, yaitu lingkungan atau keadaan didalam kelas terlebih dahulu. guru bisa meminta anak untuk menyebutkan atau menceritakan apa saja yang anak lihat di dalam kelas. dari kegiatan tersebut juga bisa menarik minat anak untuk menggambar. dan apabila strategi tersebut tidak bisa merangsang daya pikir dan minat anak dalam menggambar barulah guru bisa mengajak anak untuk keluar kelas dan mengamati lingkungan yang ada disekitar sekolah.
    demikian tanggapan saya tentang video pembelajaran diatas. terima kasih.

  2. Nama : Fitri Agustina
    Nim : 856053442
    Program studi : PG PAUD
    Judul : Anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Menurut saya, guru pendidik tersebut sudah baik dalam menstimulasi imajinasi anak.sebelum memulai pembelajaran guru tersebut memberikan arahan terlebih dahulu, dengan mencontoh kan menggambar dipapan tulis.anak-anak di ajak untuk menggambarkan sesuatu yang ada dalam pikiran mereka untuk menggali imajinasi anak, namun sebelum memulainya guru tersebut membawa anak-anak terlebih dahulu kelapangan atau keluar kelas untuk melihat dan merekam apa yang mereka buat,ini manfaatnya sangat bagus, karena dengan mengajak anak belajar outdoor ini menggali minat belajar anak dan menambah wawasan anak dalam berpikir sehingga anak dapat berimajinasi dan menggambarkannya kedalam buku untuk membuat sebuah karya seni yang baik.

  3. Nama : Rini
    NIM : 859875117
    Dari video di atas, pengetahuan saya semakin bertambah, apa – apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan imajinasi anak dalam menggambar. Pada video tersebut juga, guru tidak membatasi siswanya untuk menggambar apapun. dia mampu mengapresiasi hasil gambar anak didiknya dan memninta anak untuk menceritakan gambar yang telah dibuat anak tersebut. hal itu dilakukan supaya daya imajinasi anak semakin meningkat.

  4. Nama : Sri Nur Hikmah Syam
    Nim : 859408264
    Prodi : PGPAUD

    Video pengembangan kognitif anak (anak sulit berimajinasi saat menggambar)
    1. kegiatan yang dilakukan guru sudah benar, guru mengajak anak untuk menggambar bebas.
    2. *kekurangan* guru ialah guru tidak mengajak anak untuk melihat pemandangan disekeliling sekolah atau tidak mengajak anak melihat pemandangan diuar terlebih dahulu sehingga anak tidak dapat berimajiasi.
    *kelebihan* dari guru ialah beliau mencontohkan gambar pemandangan gunung dan sawah.
    3. yang saya lakukan sebelum mengajak anak untuk menggambar bebas adalah dengan mengajak anak keluar kelas sebentar atau menggambar apa yang ia lihat diluar ruangan atau belajar secara autdoor, sehingga anak dapat berimajanasi melalui apa yang ia lihat.
    4. metode yang sangat baik, digunakan saat menggambar bebas ialah belajar autdoor agar anak dapat berimajinasi dengan melihat disekelilingnya.

  5. Nama : Sri Nur Hikmah Syam
    Nim : 859408264

    » Saya memilih video tentang Pengembangan Kognitif PAUD yaitu “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    1. Menurut saya, Kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar, guru mengajak anak untuk menggambar bebas.
    2. *Kekurangan* guru tersebut guru tidak mengajak anak untuk melihat pemandangan di sekalian dengan sekolah atau tidak mengajak anak melihat pemandangan di luar terlebih dahulu sehingga Anda tidak dapat berimajinasi. *Kelebihan* dari guru tersebut beliau mencontohkan gambar pemandangan gunung dan sawah.
    3. yang saya lakukan sebelum mengajak anak menggambar bebas adalah dengan mengajak anak keluar kelas sebentar atau menggambar apa yang ia telah lihat di luar ruangan atau belajar secara outdoor, sehingga anak dapat berimajinasi melalui apa yang ia lihat.
    4. metode yang sangat baik digunakan saat menggambar bebas ialah belajar di luar/outdoor, agar anak dapat berimajinasi dengan melihat di sekelilingnya.
    Terimakasih 🙏🏻

  6. Nama: Andri Setiyawati
    NIM : 857365485
    Prodi: S1 PG PAUD

    Saya memilih melihat tayangan video ” Anak sulit berimajinasi saat menggambar bebas” karena saya ingin melihat apa saja yang dilakukan guru saat anak-anak sulit berimajinasi. Tayangan tersebut dapat membantu saya bagaimana cara – cara menstimulasi imajinasi anak. Cara yang dilakukan guru cukup efektif dan sudah pernah saya terapkan,yaitu: Memberikan kesempatan pada anak untuk menggambar bebas sesuai minat anak,memfasilitasi anak menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan kegiatan keluar kelas,hal ini dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak.Saat kembali ke dalam kelas anak sangat antusias menceritakan pengalaman nya itu dan semangat untuk melanjutkan kegiatan menggambar bebas.
    Terima kasih.

  7. Nama : Sri Rezeki
    Nim : 858306438
    Prodi : S1 PGPAUD

    Menurut saya, Strategi yang berikan pendidik kepada peserta didik sangat bagus dan sangat menginspirasi. Memberikan kebebasan untuk anak menggambar yang mereka sukai dan mereka inginkan,dengan demikian dapat menstimulasi serta menumbuhkan imajinasi anak untuk menggambar.
    Guru juga mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat lingkungan sekolah kemudian mengajak anak untuk bercerita apa yang mereka lihat dilingkungan sekitar, agar anak-anak dapat menggambarkan apa yang mereka lihat. Dengan metode tersebut anak dapat memunculkan imajinasi serta kreativitas menggambarnya.

  8. Nama Mahasiswa : Aulia Faidah Nugrahani
    NIM : 859417439
    Ppokjar : Makassar

    JUDUL : ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR
    NAMA PENGEMBANG VIDEO: BADRU ZAMAN
    Kelompok Anak : TK B
    Ringkasan Materi :
    Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

    Apakah Guru dalam Video yang Anda saksikan tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini?
    Dalam video ini bisa terlihat guru melakukan evaluasi dengan cara menanyakan makna gambar pada anak didik.
    Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut

    anak memiliki imajinasi dan menyukai fantasi, serta terlibat dalam eksplorasi yang sistematis dan yang disengaja dalam sebuah kegiatan untuk pengembangan kreatifitas anak Menurut Catron dan Allen (1999),

    Pada vidio tersebut menyajikan bagaimana cara mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar yaitu dengan mengajak anak-anak jalan-jalan keluar kelas untuk mendapatkan ide objek yang akan digambar anak.

    Tetapi didalam Video tidak tersajikan hasil gambar setelah anak didik melihat keluar pemandangan lingkungan sekolah. Sebaiknya Kegiatan eksplorasi lingkungan dilakukan sebelum kegiatan menggambar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Sehingga anak berkreasi sesuai apa yang dilihat di luar kelas.
    untuk pertanyaan pemantik yang dilakukan guru setelah anak-anak keluar kelas, sudah tepat dilakukan oleh guru sehingga menambah daya ingat anak dan juga membantu anak unuk menemukan ide. Dalam video di atas, tahap yang dilakukan oleh gurumasih belum tepat , karena seharusnya tahapan eksplorasi lingkungan dilakukan diwal , dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, setelah itu guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Kegiatan akhir anak didik menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar.

  9. Nama: Dzuriya Hidayah
    NIM. :858169477
    Prodi. : PG.PAUD. BI Smt. 2

    Menurut pendapat saya, apa yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah benar. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang suka menggambar ada pula yang tidak suka. Anak yang memiliki hobi menggambar rata-rata adalah anak yang mudah untuk berimajinasi dan kreatif, begitu pula sebaliknya. Namun, sudah menjadi kewajiban guru untuk membantu anak yang memiliki kesulitan dalam berimajinasi, yakni dengan cara memberikan kebebasan anak dalam berkreasi dan menuangkan idenya dalam bentuk gambar, mengajak anak untuk out door learning, mengajak anak bercerita tentang pengalaman dan apa yang pernah mereka lihat, dan membuat tanya jawab mengenai apa yang sedang mereka bahas. Akan tetapi, ada cara lain untuk membantu anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi, yaitu meminta anak membaca buku cerita bergambar, permainan tidak berstruktur, dan melakukan aktivitas yang dapat merangsang imajinasi anak seperti bermain Lego/plastisin .

  10. Nama diana rahayu
    Nim 857847674
    Judul: Anak sulit berimajinasi melalui gambar
    Sebaiknya anak agar mau berimajinasi sebaiknya anak di jak atau melihat langsung keadaan sekitar seperti halaman guru tidak perlu memberikan contoh agar anak keluar sendiri inajinasi dan karya anak tersebut agar anak dapat bercerita tentang gambar yang dibuat oleh anak.

Leave a Reply