silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
menurut saya apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah benar, memberikan contoh gambat terlebih dahulu , lalu ketika mendapati anak anak menggambar objek yang sama, maka guru mengajak anak ke luar kelas atau ke halaman sekolah untuk melihat objek-objek gambar yang lain, seringkali juga anak memerlukan suasana yang berbeda, sehingga imajinasi nya muncul dan dapat menggambar sesuai dengan imajinasinya.
apa yang dilakukan bu guru sudah sesuai asesmen dan evaluasi, dimana ketika melihat hasil karya anak banyak yang menggambar dengan objek yang sama dengan apa yang dicontohkan, maka guru mengevaluasi dan mengajak anak untuk mencari atau melihat objek yang lain.
Bismillah,
menurut saya untuk mengatasi anak yang susah memunyai imajinasi dalam menggambar kita beri contoh terdahulu sebelum anak anak menggambar sesuai dengan tema, atau kita membawa benda yang asli atau contoh gamar seperti bunga asli utuk di contoh di gambar. bisa juga kita ajak jalan jalan ke pantai untuk melihat laut sambil kita melati anak melihat benda yang ada diluar sami belajar. atau kita bri pilian kepada anak untuk menggambar semampu atau sebisa mereka dengan tema menggambar bebas
Nama : Fitria Rosita
Nim : 858741197
Prodi : S1 PGPAUD BI
judul : anak sulit berimajinasi saat menggambar
Dari video tersebut yaitu mengangkat tentang “ anak sulit berimajinasi saat menggambar” sebelum memberikan tugas guru menjelaskan dan memberi contoh gambar, yaitu gambar pemandangan.
Setelah itu guru memberi perintah kepada anak-anak untuk menggambar bebas apa saja. Namun anak-anak tetap menggambar menirukan gambar bu guru di papan tulis itu yaitu gambar pemandangan
Akhirnya guru mencari cara untuk anak lebih kreatif saat menggambar
Guru membawa anak-anak keluar kelas yaitu ke halaman sekolah lalu guru meberikan tanya jawab tentang apa saja yg adadan dilihat di sekitar anak di halaman sekolah tersebut
Lalu guru menyuruh menceritakan kembali dan menggambarkannya di buku gambar.
Alhasil gambar anak-anak lebih bervariasi dan kreatif.
Nama :Rini Astuti
NIM : 857606338
S1 PGPAUD
BISMILAH
yang di sampaikan oleh guru dalam video sudah bagus karena sudah memberi contoh kepada anak anak sebelum menggambar.
menurut saya untuk mengatasi anak yang susah memunyai imajinasi dalam menggambar kita beri contoh terdahulu sebelum anak anak menggambar sesuai dengan tema, atau kita membawa benda yang asli atau contoh gamar seperti bunga asli utuk di contoh di gambar. bisa juga kita ajak jalan jalan ke pantai untuk melihat laut sambil kita melati anak melihat benda yang ada diluar sami belajar. atau kita bri pilian kepada anak untuk menggambar semampu atau sebisa mereka dengan tema menggambar bebas
nama : Erpina Sukma
Nim : 856484535
Pada video diatas terlihat guru sedang menjelaskan tentang menggambar, di dalam video anak-anak dibebaskan menggambar sesuai dengan ide-ide yang mereka dapat tetapi tidak semua anak-anak dapat mengerjakan apa yang disuruh karena anak-anak lebih sering meniru apa yang sudah ada seperti contoh guru telah menggambar sebuah pemandangan semua akan meniru menggambar pemandangan dengan seperti itu guru mengajak anak-anak keluar ruangan agar mereka dapat mengembangkan ide-ide dari yang mereka lihat seperti melihat pohon kelapa,melihat melihat kucing, kendaraan dll. Pada saat mewarnai anak-anak juga terkadang lebih monoton dengan warna kesukaannya seperti merah atau biru kita sebagai guru juga seharusnya dapat menjelaskan “warna yang tepat untuk daun adalah hijau bukan biru”.
bismillah
mnyimak dr isi video diats yaitu tentang “ anak sulit berimajinasi saat menggambar” sering kita jumpai anak2 yg sulit berimajinasi sulit menuangkan ide2 nya dl bentuk bercerita atau un menggambar anak2 sering menggambar menuru sy sdh di contohkan bu guru atau meniru gambar teman nya
untuk menggali pontesi anak berimajinasi saat menggambar ygng yg harus di lakukan seorang guru yaitu dengan cara
1. Guru membebaskan anak untuk menggambar sesuai apa yang di inginkan
2. guru mempasilitasi anak dngn mengajak anak ke halaman skolah untuk menggambar bebas atau pun sesuai teman misal Tema tumbuhan apa sajah yang ada di halaman sekolah misal si anak melihat pohon bunga maka si anak akan terangsang saat melihat bunga ataupohon yang ada d sekitar sekolah
terima kasih
Setelah itu guru memberi perintah kepada anak-anak untuk menggambar bebas apa saja. Namun anak-anak tetap menggambar menirukan gambar bu guru di papan tulis itu yaitu gambar pemandangan
Nama : Naedah
NIM : 857167012
bismillah mnyimak dr isi video diats yaitu tentang “ anak sulit berimajinasi saat menggambar” sering kita jumpai anak2 yg sulit berimajinasi sulit menuangkan ide2 nya dl bentuk bercerita atau un menggambar anak2 sering menggambar menuru sy sdh di contohkan bu guru atau meniru gambar teman nya untuk menggali pontesi anak berimajinasi saat menggambar ygng yg harus di lakukan seorang guru yaitu dengan cara 1. Guru membebaskan anak untuk menggambar sesuai apa yang di inginkan 2. guru mempasilitasi anak dngn mengajak anak ke halaman skolah untuk menggambar bebas atau pun sesuai teman misal Tema tumbuhan apa sajah yang ada di halaman sekolah misal si anak melihat pohon bunga maka si anak akan terangsang saat melihat bunga ataupohon yang ada d sekitar sekolah terima kasih Setelah itu guru memberi perintah kepada anak-anak untuk menggambar bebas apa saja. Namun anak-anak tetap menggambar menirukan gambar bu guru di papan tulis itu yaitu gambar pemandangan
judul : anak sulit berimajinasi saat menggambar
Dalam video tersebut cara guru mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar sangat bagus yaitu dengan mengajak anak jalan-jalan melihat lingkungan sekitar, setelah itu tanya jawab kepada anak apa saja yang telah dilihat tadi saat jalan-jalan, dari hal tersebut lantas anak-anak disuruh untuk menggambar apa yang sudah dilihat dan di ceritakan tadi, selain itu menurut saya untuk menambah imajinasi anak saat menggambar bisa juga dengan menggambar menggunakan pasta warna, dengan warna-warna yang menarik akan menumbuhkan semangat anak saat menggambar, selain itu juga selalu membacakan cerita kepada anak, dengan rutin dibacakan cerita setiap hari imajinasi anak akan semakain baik.
Nama : Siti Nur Mukholifah
NIM : 858167394
BI PG PAUD
– Dari paparan video diatas, menurut tanggapan saya mengenai anak sulit berimajinasi saat menggambar. salah satu cara yang dilakukan guru sudah benar yaitu mengajak anak untuk mengeksplor lingkungan dengan mengajak anak jalan-jalan dan mengenalkan anak mengenai apa saja yang ada di sekitar lingkungan sekolah, degan begitu anak akan mengetahui hal baru. dan ketika sampai di dalam kelas anak dapat bercerita mengenai apa saja yang telah dilihatnya dan dapat dijadikan suatu inspirasi atau ide dalam menggambar. dalam video tersebut anak sudah mulai dapat menggambar sesuai dengan imajinasi masing-masing dan terlihat tidak ada yang menggambar sama seperti temannya ataupun menggambar sama dengan gambar sebelumnya. jadi salah satu cara yang digunakan guru dalam video diatas merupakan cara yang efektif untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
NAMA : MEI RINA FITRI WIJAYANTI
NIM :857752323
PGPAUD BI Semester 2
Menanggapi video tersebut beberapa anak menggambar persis yang dicontohkan oleh guru. DI lembaga kami pun ada beberapa anak yang seperti itu. Namun di lembaga kami tidak sedikit dari mereka setelah meniru gambar yang dicontohkan, mereka memberikan tambahan gambar hiasan di sekitar gambar yang sama persis dengan yang digambar guru. Adapun satu anak yang selalu meniru gambar milik temannya, mulai dari apa yang digambar sampai detail warnanyapun sama. Kami mencoba mengajak karya wisata di lingkungan sekitar sekolah, namun anak ini masih belum percaya diri dengan gambar hasil karyanya sendiri. Yang kemudian saya stimulus untuk percaya diri dalam menghasilkan karya sendiri. Alhamdulillah saat ini anak tersebut mulai menggambar sesuai keinginan tanpa mencontoh temannya. Namun masih malu- malu dalam menceritakan gambar kepada guru.