silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Nama : Musfiroh
    NIM : 857168164
    Prodi: PGPAUD

    Pada tahapan awal menggambar terkadang ada anak yang belum tau bagaimana cara menggambarnya, pada awal anak ajarkan membuat bentuk gambar dahulu seperti bentuk geometri sederhana, selanjutnya bentuk benda disekitar kita seperti rumah, binatang, pohon manusia dll setelah tahu bentuk gambar dan bisa meniru anak tidak akan takut dan ragu serta bingung dalam menggambar.

  2. Nama : Sri Widya Ningsih K
    Nim : 859404805
    Program studi : PGPAUD
    Assalamu’ Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh ..
    Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk sedikit mengulas simulasi/video mikro teaching dengan tema “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”
    Namun sebelum membahas kelebihan dan saran terkait video di atas saya ingin memaparkan sebuah kesimpulan yang saya fahami terkait video tersebut.
    Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

    Seringkali kita menjumpai anak-anak yang sulit untuk berimajinasi atau menuangkan ide-ide dalam bentuk gambar ketika kita meminta anak menggambar atau bercerita sering kita jumpai anak yang sulit bercerita tentang imajinasinya dan menuangkannya dalam bentuk gambar sering terjadi anak-anak cenderung meniru gambar yang sudah digambar sebelumnya atau meniru gambar milik temannya secara tidak langsung. Hal ini dapat menyebabkan anak tidak kreatif dan belum terbiasa menggali imajinasinya dalam bentuk gambar untuk menggali ide dan imajinasi dari seorang anak dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak cara lain yang dapat dilakukan adalah guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah. Selanjutnya Mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya setelah itu guru melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat.

    KELEBIHAN :
    Menurut saya, kelebihan atau yang menjadi daya tarik video ini adalah fasilitas yang diberikan kepada ananda saat akan melaksanakan kegiatan menggambar cukup memadai sehingga tidak terlihat anak yang sedang berebut meminta satu warna yang sama, kemudian problem solving yang diberikan pendidik dengan mengajak anak berjalan jalan melihat lingkungan sekolah juga salah satu topik/solusi dari pengangkatan masalah dalam sesi ini.

    KEKURANGAN/SARAN :
    Dalam video ini memang tidak di tampilkan secara keseluruhan kegiatan pembuka, mungkin saja pendidik memberikan arahan yang jelas hanya saja tidak di tampilkan secara keseluruhan. Sesuai pengalaman kami, kegiatan pembuka/penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini sangat penting untuk membangun semangat dan minat belajar anak di hari itu. Saya menyarankan agar sebelum melakukan kegiatan menggambar sebaiknya pendidik memberi pengarahan atau penjelasan serta gambaran gambaran yang jelas terkait kegiatan yang akan dilaksanakan. Sampaikan dengan kalimat sederhana dan mudah dimengerti untuk anak terkait apa itu imajinasi dan bagaimana menuangkan imajinasinya dalam bentuk gambar.

    Sekian,
    Wassalamu’ Alaikum Warohmatullahi wabarokatuh.

  3. NAma : TH DUMA FRIDAYANTI SITANGGANG
    NIM : 859882943
    Program Studi : S1-PGPAUD

    menurut saya video pembelajaran tersbut belum sempurna mulai dari pembukaan kegiatan inti serta penutup, namun ada yang untik dari video pembelajaran tersbut dimana guru memeberikan ruang kebebasan dari anak untuk berimajinasi dengan membawa ke ruang terbuka serta memberikan kebebasan terhadap anak untuk bereksplor dengan lingkungan sekitarnya sehingga anak mempunyai konsep dalam menggambar bebas walaupun sebagian anak meniru gambar guru tidak menutup kemungkinan kalau anak tersebut suatu saat akan mampu berkreasi dengan gambar-gambar baru serta pola-pola yang baru sehingga perkembangan anak tentang menggamabra pun semakin berkembang

  4. Nama : Arista Shofia Nurjannah
    Nim. :858164668
    Judul. :anak sulit berimajinasi saat menggambar bebas

    Menurut saya pembelajaran yg sudah d terapkan di atas sudah benar guru memberi contoh terhadap anak2 terlebih dahulu kemudian anak menirukan nya.. hakikatnya apa yang di lihat anak itu yang di utarakan
    Namun pembelajaran tersebut bisa di lakukan perbaikan yaitu guru memberi penjelasan atau mengajak anak ke luar lingkungan terlebih dahulu sehingga anak mampu menalar sesuai imajinasi nya kemudian guruh menjelaskan apa yang ada di lingkungan seperti anak rumah,ada pohon,ada pos satpam, dan lain lainnya kemudian guru menanyakan satu persatu kepada anak apa yang telah di lihat di lingkungan nya kemudian guru baru memberi lembar kerja/buku gambar kepada anak anak dan anak anak di persilahkan menggam bebas sesuai apa yang di lihat di luar lingkungan tadi.trimakasih mohon maaf kalau ada kekurangan nya

  5. NAMA : AVICA DIAN ROHMAWATI
    PRODI : PAUD BI
    POKJAR : DUKUHSETI
    JUDUL : Anak Sulit Berimajinasi Dalam Menggambar Bebas

    menurut saya dalam video di atas adalah sudah bagus, di sini dalam metode pembelajaran agar anak bisa berimajinasi dalam menggambar bebas adalah dengan guru memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana agar anak mampu mengikuti apa yang di gambarkan oleh ibu guru, kemudian ajak anak berdiskusi tentang apa yang telah di gambarkan tadi, dan ajak anak menceritakan tentang kejadian yang telah di temui di sekitar, guru memberikan suasana yang menyenangkan agar anak tertarik pada pembelajaran hari ini.

  6. Nama : Debora Rebecca K.
    Prodi : PG PAUD AKPMM
    Pokjar : Pitaloka
    Judul : Anak Sulit Berimajinasi Dalam Menggambar Bebas

    Tanggapan saya mengenai pemaparan dan strategi untuk anak yang mengalami kesulitan dalam menggambar bebas sudah sangat bagus. Dalam videotersebut peran guru sebagai pendidik memberikan contoh kepada murid dengan menggambar pemandangan, lalu guru memberikan kebebasan untuk menuangkan ide, imajinasi dan kreativitas anak melalui menggambar bebas, awalnya guru memfasilitasi anak dengan media kertas gambar dan krayon kemudian anak di ajak keluar melihat ke halaman benda apa saja yang dilihat kemudian anak ditanya dan bercerita tentang semua benda yang dilihat lalu mulai menggambar bebas.

  7. Nama : Nelsa Adela
    Nim : 855888176
    Prodi : S1- PGPAUD

    Menurut saya Guru sudah bisa mengkondisikan anak strategi yang diberikan sudah tepat dan benar guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar bebas pada saat pertama anak hanya menonton yang dicontohkan oleh guru saja namun guru berinisiatif untuk anak keluar kelas dan mengamati objek yang ada di luar memberikan fasilitas dengan cara memanfaatkan media di luar kelas sehingga anak dapat bercerita Apa saja yang mereka lihat dan pada saat disuruh menggambar bebas anak sudah bisa imajinasikan menggambar dengan objek yang dilihatnya selain strategi tersebut kita juga dapat mengajak anak untuk mengatur menggambar dengan media menggambar yang berbeda seperti menggambar di atas daun tanah kayu dan lain-lain Hal ini bertujuan agar tidak jenuh dengan media yang menggambar yang sama

  8. Nama : Siti Nurjanah
    Nim. : 857845506
    Tanggapan saja Tanggapan saya tentang video di atas yaitu guru sangat inovatif dan kreatif mengajak anak ke halaman sekolah untuk mencari ide atau imajinasi anak untuk Menggambar sesuai dengan keinginannya. Menurut saya itu membantu atau menginspirasi seorang guru untuk terus belajar dan mengajar.

  9. Nama : Iis Nuryani
    NIM : 857753135

    Menurut saya, apa yang sudah dilakukan guru dengan mengajak anak ke lapangan adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk membantu anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Dengan memberikan banyak rangsangan visual dan kesempatan untuk mengamati lingkungan sekitar, anak dapat memperluas keterampilan pengamatan dan imajinasinya, dan akhirnya membantu mereka menjadi lebih kreatif saat menggambar.
    selain itu, guru juga dapat melakukan hal-hal berikut ini untuk membantu anak yang sulit berimajinasi :
    Beri dukungan dan pujian:
    1. Beri dukungan pada anak dan pujilah usaha mereka, bukan hanya hasil akhirnya. Ini akan membantu anak merasa lebih percaya diri dan lebih termotivasi untuk terus mencoba.
    2. Biarkan anak mengekspresikan dirinya: Biarkan anak mengekspresikan diri mereka sendiri dalam gambar. Jangan terlalu fokus pada hasil akhirnya, tetapi lebih pada proses kreatifnya. Ini akan membantu anak merasa lebih nyaman dan percaya diri untuk menciptakan karya mereka sendiri.
    3. Membaca buku: Membaca buku cerita bergambar dapat membantu anak meningkatkan imajinasinya. Dengan membaca cerita, anak dapat membayangkan detail cerita dan karakter dalam pikirannya, dan hal ini dapat membantu anak mengembangkan kemampuan berimajinasi saat menggambar.
    4. Bermain peran: Bermain peran dapat membantu anak mengembangkan imajinasinya dan kemampuan menggambar. Ketika bermain peran, anak dapat membayangkan dirinya sebagai karakter tertentu, dan hal ini dapat membantunya menggambar karakter tersebut dengan lebih baik.
    5. Mencoba teknik baru: Anak yang sulit berimajinasi saat menggambar mungkin membutuhkan dorongan untuk mencoba teknik dan bahan yang berbeda. Memberikan bahan seperti krayon, pensil warna, cat air atau cat minyak, dapat membantu anak mengembangkan kemampuan imajinasinya dengan cara yang berbeda.

  10. Nama: Fizky Anisa Sarah
    NIM : 857495641
    Prodi: S1 PGPAUD MS
    Judul : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar

    Pada video tersebut guru membagikan buku gambar diawal pembelajaran dengan menyebutkan nama anak satu persatu dan anak mulai menggambar di atas meja masing-masing. Anak sering kalli sulit menggambar dan hanya menggambar sesuai dengan gambar yang telah ada atau anak meniru gambar temannya. Hal tersebut dapat terjadi karena secara tidak langsung anak tidak kreatif dan belum terbiasa menggali imajinasi dalam menggambar. Kemudian ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan yakni: membiasakan anak membebaskan menggambar, lalu guru memfasilitasi anak dengan melihat-lihat lingkungan sekitar sehingga anak mendapatkan ide-ide dalam menggambar. Kemudian setelah menggambar guru menanyakan apa yang telah digambar oleh anak-anak. Dan pada pembelajaran berikutnya guru mengajak anak melihat lingkungan sekitar sekolah kemudian menanyakan apa yang telah dilihat tadi, serta menunjukan anak untuk menjawab tentang benda apa saja yang ada disekitar. Setelah itu guru meminta anak menggambar kembali dengan anak membawakrayon tersendiri.

    Dari uraian video tersebut, video telah menunjukan adanya proses menggambar yang awalnya anak hanya meniru gambar guru atau temannya meningkat menjadi anak yang dapat menggambar dengan mengimajinasikan ide-ide yang dapat digambar anak. Kemudian yang awalnya anak tidak dapat menceritakan apa yang digambar, meningkat dengan anak yang dapat menceritakan apayang dilihat dan akan digambar. Lalu ketika awal anak mengambil buku gambar dengan dipanggil oleh guru berubah menjadi anak mampu mengambil sendiri alat yang digunakan dengan menggambar. Selain itu anak menjadi lebih nyaman dalam proses menggambarkan ide-ide imajinasinya. Namun demikian ada beberapa hal yang harus diperbaiki yang pertama ketika anak hendak menggambar anak diminta mengambil buku gambar dan krayon sendiri. Buku gambar dank rayon sebaiknya disimpan di rak siswa atau di lemari yang telah disediakan. Kemudian sebelum mulai menggambar sebaiknya anak diajak dulu melihat lingkungan sekitar. Lalu setelah anak diajak melihat lingkungan sekitar, anak diminta untuk menggambar apa yang telah dilihatnya. Setelah itu mintalah nak menceritakan apa yang telah digambarnya dengan terlebih dahulu menanyakan “siapa yang mau menceritakan apa yang telah di gambar?” beri beberapa saat waktu untuk anak mau menjawab dan mempersilahkan anak menceritakan dengan posisi berdiri.

Leave a Reply