silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Indri Nurmala Sari
    NIM : 857585692
    Upbjj : Puwokerto
    Pokjar : Kramat
    Menurut saya, pada video tersebut membahas tentang anak sulit berimajinasi dalam menggambar. Setiap anak memang susah untuk mengikuti kegiatan menggambar, oleh karena itu, sebagai guru kita harus bisa membuat kegiatan menggambar itu lebih menyenangkan untuk mengikat daya tarik mereka. Misalnya memberikan kebebasan untuk mencari objek gambar tersebut dengan cara langsung melihat keindahan pegunungan dan lingkungan sekitar sekolah dapat membuat anak untuk berlatih berimajinasi. Dalam berimajinasi dapat melatih perkembangan kognitif untuk anak usia 3-6 tahun karena anak semakin berkembang sesuai dengan berjalannya waktu ketika anak belajar dan mengenal alam semesta, lingkungan di sekitarnya melalui sikap kreatif, berimajinasi, mandiri, dan displin.

  2. Nama : Irma Idnil Fitriani
    NIM : 857488678
    Prodi : S1 PGPAUD MS
    Pokjar : Gambir

    Setelah melihat video mengenai Anak sulit berimajinasi saat menggambar tersebut, kelebihannya adalah apa yang sudah dilakukan guru dengan mengajak anak untuk mengamati objek secara langsung yaitu berkeliling di lingkungan yang ada di sekitarnya sudah tepat. sehingga anak-anak yang sebelumnya kesulitan untuk berimajinasi menggambar diharapkan dapat terinspirasi dan mampu menggambar sesuai dengan apa yang mereka lihat atau sesuai dengan imajinasinya.
    kekurangannya adalah pada saat guru memberi contoh di papan tulis, objek yang diperlihatkan berukuran kecil sehingga cukup menyulitkan anak untuk mengamatinya, akan lebih baik jika anak diperlihatkan gambar atau buku bergambar dengan ukuran yang lebih besar sehingga memudahkan anak untuk melihat, mengamati, dan kemudian menuangkan imajinasinya melalui gambar.

  3. RESTY SIS FAUZIAH ( 857585542)
    PG-PAUD

    Izin menanggapi video tersebut,
    Upaya guru dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar dalam tayangan video sudah tepat. Ketika guru hanya memberikan satu contoh gambar, maka anak cenderung akan meniru apa yang sudah guru contohkan saja. Sehingga daya kreatif anak pun kurang berkembang. Salah satu cara yang tepat adalah mengajak anak keluar kelas untuk melihat benda atau pemandangan di sekitar secara langsung akan membantu menggali ide imajinasi anak. Setelah keluar kelas, guru dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk bercerita mengenai hasil dari pengamatan mereka. Hal ini dapat membantu anak untuk mengingat apa saja yang sudah mereka lihat. Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai dengan minat mereka. Bisa juga kegiatan menggambar dilakukan di luar kelas, misalnya di teras atau lapangan yang teduh. Guru menyediakan alas dan meja. Sehingga anak-anak dapat menggambar dengan melihat secara langsung objek yang ingin mereka gambar. Kegiatan menggambar pun menjadi lebih menyenangkan.

  4. Nama : novi lailatul zanah
    Nim : 858827177
    Kita sebagai guru sering menjumpai anak yang kurang mengembangkan imajinasinya , ketika anak di suruh menggambar bebas dan di berikan contoh gambar dia akan cenderung mengikuti gambar yang sudah di contohkan . Dalam vidio tersebut sudah benar cara mengeluarkan imajinasi anak dengan cara mengajak anak untuk keluar kelas dan mengamati benda ” yang ada di luar sekolah , dengan mengajak anak untuk keluar kelas untuk mengamati sangatlah dapat mengeluarkan imajinasi anak dan anak dapat menggambar apa yang sudah ia lihat di luar tadi

  5. Pengembangan pendidikan Anak usia Dini pada tahap berimajinasi dalam menggambar seringlah mengalami kesulitan ia terkadang malu hingga sering melihat temannya,ia mengikuti gambaran temannya namun dengan adanya Vidio ini Alhamdulillah bisa membantu terutama para guru dlm menyikapi hal kesulitan tersebut. Yakni dengan
    1.memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak.
    2.mengajak anak keluar kelas,atau keliling di sekitar
    3.meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang di temukan ya di lapangan.

  6. Nama : Muslimawati
    Nim : 859397226
    PG PAUD SEMESTER 8
    1.Kelemahan : Seharusnya dalam kegiatan berimajinasi menggambar ada baiknya diadakan jurnal pagi yaitu bertanya kepada anak apa yg dilihatnya ketika berangkat ke sekolah agar anak-anak terbiasa berimajinasi
    2. Kelebihan : Manajemen kelas teratur anak-anak tenang mengikuti kegiatan
    3. Hal unik : Dengan mengajak anak-anak berimajinasi anak-anak dengan polosnya menuangkan apa yg dipikirkan. Terkadang gambar tak berbentuk akan tetapi anak-anak bisa menjelaskan gambar tersebut
    4. Rencana kegiatan selanjutnya setelah menonton video tersebut yaitu bisa mengambil metode mengajak anak keluar ruangan dan cara yang lain untuk bisa mengasah kemampuan berimajinasi anak.

  7. Nama: Febby febrianda
    Nim. :856822119
    Pokjar:kaur

    Setelah mengamati video, yang ditampilkan tentang permasalahan ketika anak sulit berimajinasi saat menggambar caranya sudah tepat dimana anak diberi kebebasan untuk melihat langsung keadaan secara luas.dalam video tersebut pembelajaran lebih objektif dan mendalam, adanya perbaikan dalam proses pembelajaran yaitu, guru mengajak anak keluar untuk mendapatkan imajinasi tentang menggambar bebas.

  8. Menurut saya isi vidio nya tentang sulitnya anak Berimajinasi dalam menggambar, yang biasa nya anak sering sekali kita temukan meniru gambar yang biasa anak- anak entah itu dari guru ataupun dari teman nya. Seperti vidio yang awal guru memberikan gambar di papan tulis sehingga anak rata – rata menggambarkan contoh tersebut. Adapun staregi yang di gunakan yakni Seterategi mengajak anak keluar kelas atau halaman
    sekolah, dengan anak keluar kelas anak bisa melihat apa yang ada di luar. Dan dengan itu anak bisa di bebaskan untuk menggambar sesuai dengan imajinasi anak dan minat anak. Selain itu metode yang di gunakan yakni metode tanya jawab, Dari apa yang anak lihat dan hasil karya yang anak buat guru bertanya, kira – kira anak melihat dan Berimajinasi atau menggambar sesuai dengan apa yang mereka lihat. Adapun alat atau media yang di gunakan yakni Papan tulis, buku gambar & crayon

  9. Nama : Emvi Sumarni
    Nim :856821615
    Pokjar :Kaur
    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya dalam tayangan “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”
    -dapat dilihat Pada kegiatan pertama, guru mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar pemandangan di papan tulis. Namun hal ini kurang efektif karena kebanyakan anak menggambar contoh gambar guru tidak dapat ide untuk menggambar yg lainnya. Itu karena anak usia dini masih bersifat imitatif/ meniru apa yang mereka lihat.
    Sehingga pada kegiatan selanjutnya guru mengajak anak keluar kelas untuk melihat lingkungan sekitar sekolah . Upaya yang dilakukan guru tersebut dalam mengembangkan imajinasi anak sudah benar sehingga kemampuan imajinasi anak terasah dan semakin berkembang. Kemudian guru mengajak anak untuk menceritakan tentang apa saja yang telah mereka lihat dan menuangkannya dalam gambar. .ini merupakan sebuah upaya yang bagus untuk kedepannya agar anak-anak bisa lebih kreatif lagi.
    Wassalamu’alaikum

  10. Menurut pendapat saya di vidio ini anak di arahkan untuk berimajinasi untuk menggambar ,anak-anak di suruh untuk keluar untuk melihat suatu tanaman yang ada di sekolah, anak-anak juga pernah ibu guru jumpai ketika mengeluarkan imajinasinya dia selalu membuat coretan – coretan di bukunya dia bilang saya mau buat apa, dan dia lihat teman di sebelahnya mimbuat gambar seperti segi tiga ,dam membuat gambar gunung ,padi dan mobil. Dan juga ibu guru menyuruh anak untuk berkarya sendiri dan kita temukan ada juga anak tidak bisa berkarya karna mau di bimbing cara untuk berimajinasi .Dan juga disini ibu guru menggunakan metode bercerita anak di suruh bercerita apa yang sudah dia lihat di luar dan dia bisa menceritakan kembali apa yang dia lihat ,karna untuk melihat kemampuan ingatan pada anak ,apa bisa berimajinasi dengan sendiri ketika anak di arahkan untuk belajar di luar kelas dengan cara memandang suatu yang ada di sekitar sekolah untuk menuangkan pikiran anak-anak dengan cara yang bebas, dan ketika anak di kasih lembar tugas kegiyatan anak ini sudah terlihat kemampuan anak masing – masing ada yang membuat garis lurus seperti persegi tiga ,kalo di lihat sama dengan gambar gunung dan juga anak membuat gambar padi bentuk seperti huruf V , dan juga anak membuat gambar bebas yang dia sukai , dan melatih pisik anak bisa beragam dari segi kegiyatan .

Leave a Reply