silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama :Nuri Nurhamidah
    Nim : 857-523-163
    prodi :S1 PG PAUD
    Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna.

  2. Nama : Fortiam Raini Panjaitan
    Nim : 856009424
    Program Study : S1-Paud AKPMM
    Setelah saya melihat sinopsis video anak sulit berimajinasi saat menggambar, pada video tersebut guru sudah menjelaskan kepada anak untuk menggambar secara bebas akan tetapi anak banyak tidak percaya diri pada kemampuan imajinasinya sehingga anak melihat gambar yang sebelum sebelumnya dan anak meniru apa yang digambar oleh temannya. Setelah guru melihat hasil gambar anak rata rata gambarnya sama semua, sehingga guru mengajak anak untuk keluar melihat langsung pemandangan di sekitarnya. dari sinopsis tersebut bahwa anak usia dini dalam berimajinasi sendiri tanpa melihat secara langsung untuk menggambar masih sangat sulit. untuk itu sangat perlu sebagai guru mengarahkan anak untuk dapat mengembangkan kemampuannya yaitu melihat secara langsung dan anak dapat menungakan imajinasinya dengan menggambar bebas.

  3. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :
    Nama : St. Misrawati D
    Nim : 859410436
    Pokjar : Makassar
    Program Studi : S.1 PGPAUD

    Pada Vidio tersebut di atas, menurut saya tahap yang dilakukan oleh guru sudah tepat. Dimana hal pertama yang guru lakukan adalah memberikan contoh yang akan dikerjakan (Guru juga memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat). Meski sudah seperti itu namun dapat kita lihat anak-anak masih mengikuti yang di contohkan guru (di hal pertama pikiran anak belum terbuka).
    Kedua, guru mengajak anak mengamati luar sekolah lalu meminta anak bercerita tentang apa yang mereka lihat dan menggambarkannya. Dari hasil gambar anak dapat kita lihat sudah berbeda-beda dari temannya (hal kedua setelah melakukan pengamatan pikiran anak mulai terbuka).
    Saya mencoba menyimpulkan, imajinasi anak tidak tumbuh sama pada setiap jenis anak maka perlu membangun imajinasi anak tersebut. Sebagian upaya tersebut sudah tepat dalam Vidio ini.

    Terima Kasih

  4. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :

    Nama : St. Misrawati D
    Nim : 859410436
    Pokjar : Makassar
    Program Studi : S.1 PGPAUD

    Pada Vidio tersebut di atas, menurut saya tahap yang dilakukan oleh guru sudah tepat. Dimana hal pertama yang guru lakukan adalah memberikan contoh yang akan dikerjakan (Guru juga memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat). Meski sudah seperti itu namun dapat kita lihat anak-anak masih mengikuti yang di contohkan guru (di hal pertama pikiran anak belum terbuka). Kedua, guru mengajak anak mengamati luar sekolah lalu meminta anak bercerita tentang apa yang mereka lihat dan menggambarkannya. Dari hasil gambar anak dapat kita lihat sudah berbeda-beda dari temannya (hal kedua setelah melakukan pengamatan pikiran anak mulai terbuka). Saya mencoba menyimpulkan, imajinasi anak tidak tumbuh sama pada setiap jenis anak maka perlu membangun imajinasi anak tersebut. Sebagian upaya tersebut sudah tepat dalam Vidio ini. Terima Kasih

  5. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :

    Nama : St. Misrawati D
    Nim : 859410436
    Pokjar : Makassar
    Program Studi : S.1 PGPAUD

    Pada Vidio tersebut di atas, menurut saya tahap yang dilakukan oleh guru sudah tepat. Dimana hal pertama yang guru lakukan adalah memberikan contoh yang akan dikerjakan (Guru juga memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat). Meski sudah seperti itu namun dapat kita lihat anak-anak masih mengikuti yang di contohkan guru (di hal pertama pikiran anak belum terbuka). Kedua, guru mengajak anak mengamati luar sekolah lalu meminta anak bercerita tentang apa yang mereka lihat dan menggambarkannya. Dari hasil gambar anak dapat kita lihat sudah berbeda-beda dari temannya (hal kedua setelah melakukan pengamatan pikiran anak mulai terbuka). Saya mencoba menyimpulkan, imajinasi anak tidak tumbuh sama pada setiap jenis anak maka perlu membangun imajinasi anak tersebut. Sebagian upaya tersebut sudah tepat dalam Vidio ini.

    Terima Kasih

  6. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :

    Nama : St. Misrawati D
    Nim : 859410436
    Pokjar : Makassar
    Program Studi : S.1 PGPAUD

    Pada Vidio tersebut di atas, menurut saya tahap yang dilakukan oleh guru sudah tepat. Dimana hal pertama yang guru lakukan adalah memberikan contoh yang akan dikerjakan (Guru juga memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat). Meski sudah seperti itu namun dapat kita lihat anak-anak masih mengikuti yang di contohkan guru (di hal pertama pikiran anak belum terbuka). Kedua, guru mengajak anak mengamati luar sekolah lalu meminta anak bercerita tentang apa yang mereka lihat dan menggambarkannya. Dari hasil gambar anak dapat kita lihat sudah berbeda-beda dari temannya (hal kedua setelah melakukan pengamatan pikiran anak mulai terbuka). Saya mencoba menyimpulkan, imajinasi anak tidak tumbuh sama pada setiap jenis anak maka perlu membangun imajinasi anak tersebut. Sebagian upaya tersebut sudah tepat dalam Vidio ini.

    Terima Kasih

  7. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : ST. MISRAWATI D
    NIM : 859410436
    Pokjar : Makassar

    Menurut saya tahap yang dilakukan oleh guru sudah tepat. Dimana hal pertama yang guru lakukan adalah memberikan contoh yang akan dikerjakan (Guru juga memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat). Meski sudah seperti itu namun dapat kita lihat anak-anak masih mengikuti yang di contohkan guru (di hal pertama pikiran anak belum terbuka). Kedua, guru mengajak anak mengamati luar sekolah lalu meminta anak bercerita tentang apa yang mereka lihat dan menggambarkannya. Dari hasil gambar anak dapat kita lihat sudah berbeda-beda dari temannya (hal kedua setelah melakukan pengamatan pikiran anak mulai terbuka). Saya mencoba menyimpulkan, imajinasi anak tidak tumbuh sama pada setiap jenis anak maka perlu membangun imajinasi anak tersebut. Sebagian upaya tersebut sudah tepat dalam Vidio ini. Terima Kasih

  8. Nama : Nur Aida Yusifa
    Nim : 857685279
    Menurut saya video pembelajaran diatas sudah bagus karena sudah mengandung prinsip evaluasi yaitu dalam perbaikan metode mengajar. pada awalnya anak sulit utk menuangkan imajinasinya saat di beri tugas menggambar ,walaupun guru sudah menstimulus dengan menyiapkan alat-alat untuk menggambar ,akan tetapi anak masih belum bisa menuangkan imajinasi nya karena anak-anak cenderung meniru apa yg mereka lihat. tetapi kemudian guru mengajak anak melihat keluar kelas,ke halaman, lingkungan sekitar, melihat objek secara langsung sekolah ada apa saja. Hal ini terlihat dari pembelajaran yang asalnya monoton di dalam kelas dan menghasilkan hasil gambaran yang sama seperti yang dicontohkan bu guru di papan yaitu pemandangan, walaupun guru sudah memberi tema bebas namun anak masih merasa dibatasi oleh keberadaan mereka di dalam ruangan. Kemudian setelah itu guru beralih mengajak anak ke luar kelas untuk melihat apa yang ada di luar, setelah itu ada sesi tanya jawab sehingga memunculkan ide kreatif anak untuk menggambar berbagai benda yang sudah ia lihat. anak di ajak bercerita tentang apa yg di lihat nya barulah keluar ide-ide & mulai dapat menuangkan imajinasi nya dengan baik. setelah anak-anak menyelesaikan tugas nya ,guru meminta anak-anak menceritakan apa yang mereka gambar. Sehingga anak dapat merasa percaya diri dengan hasil karyanya dan dapat bercerita tentang apa yg di gambar nya. Dengan demikian anak lebih leluasa menggambar apa yang baru saja ia lihat.

  9. Dari video yang saya lihat dalam tayangan tersebut terlihat anak sulit untuk melakukan tindakan menggambar sesuai imajinasinya karena anak mencontoh apa yang mereka lihat, karena diawal video guru memerintahkan anak untuk menggambar bebas dan guru memberi contoh gambar pemandangan alam/pegunungan.ternyata kebanyakan anak-anak menggambar sama seperti yang dicontohkan guru. Sebagai tindakan untuk perbaikan guru mengajak anak untuk keluar kelas dan melihat pemandangan dilingkungan sekolah agar anak memiliki imajinasi dalam menggambar sesuai dengan apa yang anak lihat, sehingga anak memiliki banyak gambaran imajinasi dengan apa yang mereka lihat.dengan anak melihat langsung daya imajinasi anak bisa berkembang yang diaplikasikan melalui gambar.

  10. Nama: Srimurti
    Nim: 858703656
    Prodi: S1 PG PAUD
    Dari video yang saya lihat dalam tayangan tersebut terlihat anak sulit untuk melakukan tindakan menggambar sesuai imajinasinya karena anak mencontoh apa yang mereka lihat, karena diawal video guru memerintahkan anak untuk menggambar bebas dan guru memberi contoh gambar pemandangan alam/pegunungan.ternyata kebanyakan anak-anak menggambar sama seperti yang dicontohkan guru. Sebagai tindakan untuk perbaikan guru mengajak anak untuk keluar kelas dan melihat pemandangan dilingkungan sekolah agar anak memiliki imajinasi dalam menggambar sesuai dengan apa yang anak lihat, sehingga anak memiliki banyak gambaran imajinasi dengan apa yang mereka lihat.dengan anak melihat langsung daya imajinasi anak bisa berkembang yang diaplikasikan melalui gambar.

Leave a Reply