silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh 🙏
Bissmillah. Ijin menjawab
Melihat Vidio pembelajaran tadi… Apa yang telah dilakukan Bu guru sudah sangat baik, karena memberikan contoh gambar yang akan di gambar anak, dan Bu guru juga memberikan SOLUSI lain untuk anak-anak yang tidak bisa meniru gambar Bu guru, dengan menyuruh anak menggambar BEBAS sesuai minat, bakat, keinginan, dan imajinasi anak.
Dan KELEMAHAN dari Vidio tadi, Biasanya anak -anak ditanya terlebih dahulu … Mau menggambar bebas apa hari ini, pasti dengan sendirinya anak akan menjawab sesuai dengan apa yang ada di fikiranya, ada yang menjawab Robot, atau jagoan kartun kesukaannya itu untuk anak laki-laki biasanya…
Dan untuk anak perempuan biasanya akan menjawab Mau menggambar Bunga Bu guru dan lain sebagainya…
Itu akan MEMBANGKITKAN atau MEMANCING imajinasi anak. Walaupun gambar yang mereka buat tidak sesuai dengan apa yang di ucapkan tadi.
Kreativitas yang dimiliki oleh seseorang bukan hanya sebagai kodrat yang telah ditetapkan, melainkan bisa terus ditingkatkan dengan cara terus diasah. Kreativitas yang tak pernah diasah justru akan makin menumpul kian harinya.
Kreativitas merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan bagi anak, yang mana sifat tersebut merupakan sifat yang melatarbelakangi kemampuan anak untuk bisa berpikir secara unik dan memiliki daya cipta yang tinggi. Anak kreatif juga akan lebih mudah dalam mempelajari hal-hal baru, dan juga akan lebih mudah tertarik untuk mempelajari hal yang belum mereka kuasai.
Terimakasih
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barokatuh 🙏
Sri Mustikawati
857586877
Ya benar sekali bunda apabila ingin anak berimajinasi dengan gambar bebas alangkah lebih baiknya gambar tidak usah dipatok gambar apa,berikan kebebasan kepada anak untuk dapat mengembangkan minat dan bakatnya sendiri hingga gambar yg dihasilkan sesuai imajinasi anak dan hasil akhir membuat anak puas dengan hasil kerjanya sendiri. Tugas kita sebagai pembimbing memberikan arahan yg dirasa anak apabila ada kebingungan. Jika tidak ada masalah maka kita wajib memperhatikan mereka dalam berkegiatan..
Nama : Elva Astri Rahmawati
NIM : 858714293
Izin Menanggapi.
Dalam Video tersebut terlihat Kegiatan Belajar Mengajar yang sedang berlangsung disuatu lembaga sekolah.
Dalam video juga dijelaskan beberapa kesulitan Anak ketika menggambar antara lain:
1. Anak cenderung meniru gambar Guru atau temannya
2. Anak kesulitan menuangkan ide nya dan dituangkan ke dalam bentuk gambar
3. Anak kurang kreatif
Dalam Video juga di jelaskan beberapa teknik untuk mengatasi Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar antara lain :
1. Memberikan opsi menggambar bebas kepada Anak untuk mengeksplor imajinasinya
2. Memotivasi Anak melalui pendekatan agar dapat menuangkan idenya
3. Mengajak anak untuk mengeksplorasi keadaan sekitar atau belajar di luar kelas
Dan tentu saja teknik serta stimulasi tersebut harus disesuaikan dengan usia perkembangan anak.
– Kelebihan Guru dalam video tsb :
Guru tampak mengkondisikan suasana kelas dengan sangat baik, sehingga anak-anak terlihat tenang dan nyaman saat KBM berlangsung
– Kelemahan Guru dalam video tsb :
Seharusnya sebelum memulai untuk berkegiatan menggambar, anak dibekali dengan tanya-jawab tentang hal apapun yang pernah mereka lihat sebelumnya, entah saat mereka berangkat sekolah, atau ketika dirumah nenek, dsb. agar imajinasi anak tumbuh terlebih dahulu lalu bisa dituangkan ke dalam Hasil Karya Menggambar.
NAMA : SRI DARSITI
NIM :857468952
PRODI : PGPAUD
menurut pendapat saya setelah melihat video ini rata- rata anak kurang berimajinasi saat menggambar cara mengatasinya sudah tepat yaitu memberi kebebasan saat anak menggambar.. dan alangkah baiknya dalam kegiatan menggambar lebih sering dilaksanakan saat lagi ada kegiatan diluar kelas sehingga anak lebih bisa berimajinasi menggambar dengan apa yang mereka lihat.
terima kasih
Menurut saya isi vidio tentang sulitnya anak Berimajinasi dalam menggambar, hal itu bisa terjadi karena seringkali anak meniru gambar entah itu dari guru ataupun dari teman nya sehingga imajinatif anak kurang berkembang. Seperti dalam vidio awal guru memberikan gambar di papan tulis sehingga anak menggambarkan sesuai contoh tersebut. Adapun staregi utk mengatasi hal tersebut bisa dengan mengajak anak keluar kelas atau halaman seperti di lingkungan dekat sekolah, dengan begitu anak bisa melihat apa yang ada di luar, sehingga mereka bebas menggambar sesuai dengan imajinasi apa yang mereka lihat dan minati. Selain itu metode yang bisa digunakan yakni metode tanya jawab, Dari apa yang anak lihat dan hasil karya yang anak buat kita sebagai guru bisa bertanya, kira – kira anak melihat dan Berimajinasi atau menggambar sesuai dengan apa yang mereka lihat. Adapun alat atau media yang di gunakan yakni buku gambar, crayon.
Nama : Novi Kristanti
Nim : 859171247
Prodi : S1 PGPAUD
Menurut saya video tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar, sudah bagus karena guru membebaskan anak- anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasi anak walaupun pada percobaan pertama anak masih mengikuti gambar gurunya dan masih belum mengikuti imajinasinya sendiri.
Alasan saya kenapa mengatakan video ini sudah bagus karena guru tidak hanya melalukan satu percobaan saja untuk merangsang imajinasi murid tetapi guru mengajak anak- anak untukmelihat lingkungan luar agar bisa membangkitkan imajinasi dari masing – masing anak muridnya.
Nama : Masnunatul Fitriyah
NIM : 858831801
Prodi : PGPAUD BI
Pada video pembelajaran ini anak – anak sulit berimajinasi ketika menggambar. Anak – anak cenderung meniru gambar yang di contohkan guru. Salah satu cara mengembangkan imajinasi anak adalah mengajak anak ke luar kelas untuk melihat apa saja yang ada di halaman sekolah. setelah itu melakukan tanya jawab dan kemudian menyurùh anak – anak untuk menggambar salah satu yang mereka lihat. Upaya yang dilakukan guru tersebut dalam mengembangkan imajinasi anak sudah benar sehingga kemampuan imajinasi anak terasah dan semakin berkembang. Sebaiknya sebelum menyuruh anak untuk menggambar bebas di ajak tanya jawab dulu seperti tadi sebelum berangkat sekolah melihat apa saja.. atau di kebun binatang itu ada banyak apa.. terus ada hewan apa saja… dengan begitu anak bisa berimajinasi menggambar bebas
Bismillah…
Sya akan menanggapi terkait video yg sudah Sya lihat di atas….
Dalam video tersebut terlihat bahwa dalam kegiatan KBM, yg dimana anak berkegiatan menggambar bebas agak terkendala dalam hal berimajinasi, beberapa anak bahkan terlihat meniru gambar Bu gurunya…
Dan beberapa cara dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan:
1). Anak-anak diberikan kebebasan untuk menggambar apa sja yg mereka liat.
2). Bu Gurunya, memfasilitasi anak-anak dengan baik, seperti memotivasi anak-anak agar lebih memunculkan ide-ide dan di tuangkan lewat gambar mereka.
# Kelebihannya: Bu Guru sudah benar dalam mengevaluasi tugas anak dengan mengajak anak-anak keluar halaman sekolah, agar mereka bisa lebih berimajinasi dengan apa yang mereka lihat di halaman sekolah, dan mampu menuangkannya dalam bentuk gambar tanpa harus meniru gambar Bu Guru atau teman-temannya.
# Kekurangannya : Sebelum melakukan tugas menggambar, Bu Guru lupa memberikan tanya jawab ke anak-anak “Anak-anak hari ini mau gambar apa Nak?” Seharusnya dilakukan kegiatan tanya jawab terlebih dahulu agar anak-anak bisa lebih berimajinasi dalam berkegiatan..😊🙏
Terima kasih..
Anak sulit berimajinasi saat menggambar..
Dari awal video di mana guru sudah tepat menjelaskan bahwa anak-anak bebas menggambar apa saja tapi harusnya guru tidak dmemperlihatkan contoh gambar di papan tulis. Karena anak-anak pasti akan menirukan gambar apa yang mereka lihat. Sehingga setelah guru membagikan buku gambar, anak akan menggambar sesuai dengan gambar yang di contohkan bahkan anak juga biasa meniru gambar temannya..
Dan setelah gambar di kumpul ternyata semua anak menggambar sesuai dengan gambar yang di contohkan Bu guru, sehingga ibu guru berinisiatif untuk mengajak anak untuk keluar kelas melihat apa saja yang ada di luar dan menceritakan apa yang mereka lihat. Setelah anak-anak masuk kembali Bu guru menunjuk anak untuk bercerita mengenai apa yang di lihat, kemudian ibu guru membagikan kembali buku gambar untuk menggambar apa saja yang mereka lihat tadi…Dan hasilnya anak-anak bisa menggambar sesuai dengan apa yang mereka lihat tadi..
Jadi kesimpulan dari video tersebut bahwa bila kita ingin menumbuhkan imajinasi anak dalam hal menggambar jangan memberikan anak contoh gambar tapi mengajak anak melihat keluar apa yang anak bisa gambar sehingga imajinasi anak bisa berkembang..
Nama:Syaidah
Nim: 856828284
PG paud
Menurut saya;
Pertama,anak susah untuk berimajinasi dalam menggambar.
Kedua,anak belum terlihat dalam menggambar,
Ketiga,guru membebaskan anak untuk berimajinasi dalam menggambar
Keempat,anak di ajarkan dan di bawak di luar kelas untuk melihat apa saja yg ada di lingkungan sekolah,sehingga guru memberikan pertanyaan apa saja yang di lihat oleh anak yang ada di lingkungan sekolah tersebut.