silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. 1. Reakasi anak terhadap kegiatan anak berantusias mengikuti kegiatan tersebut dan guru memberikan kebebasan secara langsung untuk melihat keadaan sekitar yang kemudian akan dituangkan dalam bentuk gambar.
    2. kelemahan guru saat melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru hanya memberikan satu contoh objek gambar untuk anak yang dapat dijadikan imajinasi tentang pemandangan sehingga anak-anak semua meniru gambaran yang guru contohkan karena umumnya anak usia dini memiliki sifat meniru sebaiknya guru bisa memberikan contoh gambar berbeda agar anak dapat memilih apa yang anak inginkan untuk digambar.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru memberikan kebebasan kepada anak menggambar sesuai imajinasinya, guru melakukan tanya jawab untuk menggali informasi gambar apa yang sedang anak gambar.
    4. Hal-hal unik ditemukan saat guru melaksanakan pembelajaran yaitu guru mengajak anak keluar kelas agar anak melihat secara langsung objek yang akan digambar agar anak dapat terasah imajinasinya dan anak dapat mengungkapkan pendapat sesuai apa yang mereka lihat.
    5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutinya yaitu Belajar tidak harus hanya didalam kelas atau didalam ruangan, lingkungan sekolah dapat dijadikan objek untuk pembelajaran agar anak berkembang sesuai tahapan usia dengan metode yang menyenangkan

  2. Nama : PUNGKI KURNIAWATI
    NIM : 858718925

    Kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar. Pada video guru Taman kanak-kanak berupaya untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Dimana seorang pendidik yang mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar, tetapi malah yg terjadi anak kurang kreatif dan meniru gambar guru. Setelah itu guru mempunyai inisiatif/ strategi yang diterapkan pada anak-anak, yakni sebagai berikut:
     Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak
     Guru memberikan stimulasi pada anak, yaitu dengan mengajak anak keluar kelas dan memperhatikan objek yang ada di luar, memberikan fasilias dengan cara memaanfaatkan media di luar kelas. Dengan begitu anak dapat bercerita apa saja yang mereka lihat. Sehingga saat anak di suruh menggambar bebas anak sudah dapat berimajinasi menggambar sesuai dengan objek yang di lihatnya atau yang mereka ditemukan di lapangan.

    Kekurangan dan kelebihan kegiatan yang dilakukan oleh guru ialah sebagai berikut :
    Kelemahan dalam video :
     Menurut pendapat saya, pada kegiatan dalam video, sebelum anak menggambar, guru meminta untuk menggambar pemandangan atau menggambar apa saja sesuai keinginan anak tetapi guru mencontohkan gambar di depan. Karena guru merupakan orang yang dipercaya anak dan anak pada usia dini merupakan tahap imitasi (meniru) maka anak menganggap bahwa apa yang dibuat oleh guru adalah contoh yang paling baik. Oleh karena itu anak meniru gambar guru.
     Guru juga kurang dalam memberikan memotivasi siswa untuk berimajinasi dengan memberikan pilihan untuk meniru gambar yang dibuat guru.
     Serta Guru belum terlihat memberikan feedback / umpan balik dan reward pada hasil pekerjaan/ gambar anak.

    Kelebihan dari video :
     Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.
     Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan anak.

    Hal unik dalam pembelajaran pada video :
    Guru mengajak anak untuk keluar kelas dan mengamati apa yang ada disekitar anak. Dengan kegiatan keluar kelas, anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.

  3. Di dalam video anak sulit berimajinasi saat menggambar ada seorang guru yang mengajarkan anak-anak untuk menggambar, sebelum meminta anak-anak menggambar, guru memberi contoh terlebih dahulu, lalu meminta anak-anak menggambar bebas, bisa berbeda dengan contoh yang diberikan guru. Setelah anak-anak menggambar, guru memancarkan hasil gambar anak, ternyata ada banyak anak yang menggambar terus seperti contoh yang diberikan guru, sehingga hal ini menunjukkan bahwa anak-anak kurang kreatif karena kebanyakan anak mencontoh gambar guru. Karena permasalahan ini, guru tersebut lalu mengajak anak-anak berjalan-jalan keluar kelas untuk mengamati apa yang ada di lingkungan sekolah dan kemudian menggambarkannya.

    Menurut saya, cara yang telah dilakukan guru di dalam video bagus sekali. Dengan mengajak anak berjalan-jalan ke luar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar, akan membuat anak lebih kreatif dalam menggambar dan tidak terpaku hanya pada contoh gambar yang telah diberikan guru.

  4. NAMA : ROFIUT DHAROJAH
    NIM : 858571769

    Menurut saya metode pembelajaran dalam video dalam mengembangkan kognitif anak sudah sangat bagus. Dengan mencoba menggali dulu kemampuan anak dalam berimajinasi dengan cara menggambar bebas sesuai imajinasi namun tanpa memberikan pandangan-pandangan objek terlebih dahulu. Setelah guru mendapatkan hasil gambar masing-masing anak ternyata kebanyakan gambarnya sama yaitu menggambar pemandangan. Dari situ dapat disimpulkan bahwa cara fikir anak atau imajinasi anak sebelum di berikan objek-objek tertentu cenderung mencontoh atau meniru temannya. Maka dari itu guru mencoba mengajak anak-anak untuk memberikan berbagai contoh objek gambar dengan cara anak di ajak ke luar ruangan untuk melihat apa saja benda-benda yang ada di luar ruangan. Setelah itu anak-anak di minta untuk menggambar lagi dan hasilnya berbeda, ada yang menggambar mobil, pohon dan lain sebagainya.
    Selain mengajak anak keluar ruangan, jika kondisi lingkungan kita kurang mendukung, maka bisa dengan melihat sekitar ruangan, ada gambar apa saja di dalam ruang kelas itu, misalnya : almari, rak buku, gambar binatang di dinding sekolah dan lain sebagaainya.

  5. Nama : INTAN FAUL ROSIDAH

    Menurut pendapat saya di dalam video pembelajaran dengan topik permasalah “anak sulit berimajinasi saat menggambar” di situ terlihat jelas bahwa sebelum kegiatan menggambar guru memberi contoh gambar pemandangan di gunung, saat guru memberi kegiatan menggambar bebas, anak-anak menggambar pemandangan gunung semua. setelah guru merefleksi kegiatan yang sebelumnya akhirnya guru merubah merubah metode pembelajarannya, guru mengajak anak untuk bermain diluar mengamati lingkungan sekitar sekolah agar anak bisa terjun dan melihat benda-benda secara langsung agar anak mampu mengembangkan daya imajinasi dalam berkarya, setelah anak -anak di ajak bermain diluar guru mengajak anak agar mampu bercerita dan menggali pengetahuan anak tentang apa saja yang dilihatnya tadi.
    metode yang dilakukan guru tersebut sudah benar, dalam menggali imajinasi anak hendaknya guru mengenalkan anak pada lingkungan yang nyata.

  6. BIMILLAHIROHMANIROHIM,
    Melihat tayangan vidio tentang upaya seorang guru taman kanak-kanak dalam mengembangkan imajinasi anak dan menuangkannya dalam sebuah karya menggambar sudah sangat tepat. dengan mengajak anak keluar dari ruang atau keluar dari lingkungan sekolah. maka anak akan mudah melihat berbagai hal dan mengambangkan kecerdasan kognitifnya dalam bentuk imajinasi yang berkembang dengan baik. banyak objek yang dapat dijadikan anak model menggambarnya saat melihat langsung, dan dengan mudah anak akan bercerita tentang isi dalam gambar yang dibuatnya.seperti contohnya Rio, saat keluar ruangan dia dapat melihat berbagai hal, seperti pohon kelapa sawit, pos satpam dan bercerita dengan lancar apa yang dilihatnya.
    berbeda saat guru memberi contoh didalam ruangan dan gambar dibuat anak, maka anak akan cenderung meniru gambar guru atau temannya.

    terimakasih.

  7. NAMA : NUR LAILAWATI
    NIM : 825265088
    Pada video tersebut seorang guru sebuah sekolah taman kanak-kanak mengajak anak didiknya menggambar. Ternyata anak didiknya sangat sulit berimajinasi dalam membuat gambar. Anak cenderung meniru gambar guru atau temannya saja. Oleh karena itu guru mengajak anak untuk keluar ruangan dengan melihat berbagai hal yang ada diluar untuk dapat dibuat atau dituangkan dalam sebuah karya berbentuk gambar. Ternyata dengan keluar kelas atau keluar dari sekolah, anak dapat melihat berbagai hal dan dapat membuat berbagai macam gambar sesuai dengan objek yang dilihatnya. Dan anak dengan mudah menceritakan gambar apa yang telah dibuatnya.
    Misalnya saat Rio di Tanya apa yang dilihatnya dan akan menjadi objek yang dilihatnya dan akan ditunagkan dalam gambarnya, maka Rio menjelaskan dengan lancer bahwa dia meliaht pohon kelapa sawit da nada juga kantor pak satpam.
    Hal ini menunjukkan upaya guru dalam mengembangkan imajinasi anak sudah tepat dan benar.
    Terimakasih.

  8. NAMA : ARYANA ENDAH PUSPITASARI
    NIM : 858167101
    1. Kegiatan yang dilakukan guru sudah benar, yaitu ketika menemui anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, guru tersebut mengajak anak keluar kelas untuk melihat bermacam-macam objek benda yang dapat dijadikan inspirasi untuk berimajinasi saat menggambar
    2. Kelebihan : Guru memberi kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan minat anak karena yang menjadi tujuan pembelajaran adalah bukan hasil gambar anak yang bagus, melainkan proses kemampuan berimajinasi anak saat menggambar.
    Kekurangan : Sebelum melakukan proses menggambar, Guru jangan hanya memberi satu contoh gambar saja (pemandangan) melainkan ditunjukkan beberapa contoh gambar sehingga pengetahuan anak semakin beragam
    3. Jika saya mengalami masalah ada murid yang sulit berimajinasi saat menggambar, yang saya lakukan adalah sebelum kegiatan, diberi story telling dahulu dengan menggunakan media buku centa atau video. Setelah itu baru anak diberi kebebasan menggambar apa saja sesuai dengan minatnya (boleh menggambar objek yang ada di buku cerita atau video tersebut atau boleh diluar itu) sehingga bagi anak yang kesulitan berimajinasi akan mempunyai gambaran apa yang akan dituangkan ke dalam kertas
    4. Metode yang baik digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah metode bercerita atau karya wisata yang bisa digunakan secara bergantian

  9. NAMA : NI PUTU ANA SULASMIYANTI
    NIM : 859030088
    Menurut saya tentang vidio pembelajaran yang dilakukan dengan topik “anak sulit berimajinasi saat menggambar”ini sudah baik tapi dalam strategi kegiatan menggambar ini perlu diberikan kebebasan dan arahan agar anak mampu mengembang kreativitasnya melaui ide – idenya dan guru juga harus memberikan anak stimulasi dengan memperlihatkan suatu objek serta memberikan fasilitas yang cukup agar mendukung sarana anak.
    Kelebihan dari kegiatan ini adalah
    1. Guru mampu menarik daya ingat anak dengan mengajak anak melihat secara langsung objek nyata dan bercerita
    2. Didalam menggambar guru memberikan kebebasan kepada anak dalam berkreasi.
    Kekurangan dari klegiatan ini adalah :
    1. Didalam kegiatan menggambar guru tidak memberikan cara menggambar
    2. Guru tidak memberikan apresiasi terhadap hasil karya anak.
    Hal unik dalam vidio pembelajaran ini adalah guru secara langsung mengajak anak mengamati lingkungan sekitar sekolahnya dan memberikan pertanyaan tentang apa yang anak lihat serta bercakap – cakap.
    Terimakasi.

  10. NAMA : NI PUTU ANA SULASMIYANTI
    NIM : 859030088
    Menurut saya tentang vidio pembelajaran yang dilakukan dengan topik “anak sulit berimajinasi saat menggambar”ini sudah baik tapi dalam strategi kegiatan menggambar ini perlu diberikan kebebasan dan arahan agar anak mampu mengembang kreativitasnya melaui ide – idenya dan guru juga harus memberikan anak stimulasi dengan memperlihatkan suatu objek serta memberikan fasilitas yang cukup agar mendukung sarana anak.
    Kelebihan dari kegiatan ini adalah
    1. Guru mampu menarik daya ingat anak dengan mengajak anak melihat secara langsung objek nyata dan bercerita
    2. Didalam menggambar guru memberikan kebebasan kepada anak dalam berkreasi.
    Kekurangan dari klegiatan ini adalah :
    1. Didalam kegiatan menggambar guru tidak memberikan cara menggambar
    2. Guru tidak memberikan apresiasi terhadap hasil karya anak.
    Hal unik dalam vidio pembelajaran ini adalah guru secara langsung mengajak anak mengamati lingkungan sekitar sekolahnya dan memberikan pertanyaan tentang apa yang anak lihat serta bercakap – cakap.
    Terimakasih

Leave a Reply