silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
NAMA : NANA
NIM : 858284894
UPBJJ : BANJARMASIN
ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR
Dari video yang saya lihat ibu guru nampak memberi kebebasan berekspresi kepada anak, dengan itu anak muda untuk berimajinasi. Tidak hanya itu ibu guru juga memfasilitasi ide-ide/imajinasi anak dengan mengajak anak untuk ke halaman sekolah dan mengamati apa saja yang ada di lingkungan sekolah tersebut agar anak mendapatkan gambaran/imajinasi. Setelah itu mintalah anak untuk bercerita apa yang sedang ia lihat di lingkungan sekolah dan mintalah ia menggambar apa yang sudah ia lihat tadi.
NAMA : SITI ROHIMAH
NIM : 858732711
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah benar. Pada video guru terseKegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar. Pada video guru tersebut berupaya untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Dimana seorang pendidik yang mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar, tetapi malah yg terjadi anak kurang kreatif dan meniru gambar guru. Setelah itu guru mempunyai inisiatif/ strategi yang diterapkan pada anak-anak, yakni sebagai berikut:
Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar
Guru memberikan stimulasi pada anak, yaitu dengan mengajak anak keluar kelas dan memaanfaatkan media di luar kelas.
Kelemahan dan kelebihan kegiatan tersebut :
Kelemahan :
Menurut pendapat saya, pada kegiatan dalam video, sebelum anak menggambar, guru meminta untuk menggambar pemandangan atau menggambar apa saja sesuai keinginan anak tetapi guru mencontohkan gambar di depan.
Guru juga kurang dalam memberikan memotivasi siswa untuk berimajinasi dengan memberikan pilihan untuk meniru gambar yang dibuat guru.
Guru tidak memberikan reward pada hasil pekerjaan/ gambar anak.
Kelebihan dari video :
Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.
Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan anak.
Assalamua’laikum warrahmatullahi..
Nama : Hj. Aisyah
NIM : 858294516
video pembelajaran diatas benar-benar bermanfaat untuk saya dan dalam kegiatan guru diatas juga guru tersebut memberikan kesempatan kepada anak untuk berimajinasi sepuas dan sesuka anak.
Nama:Dwi Muhyati
NIM: 857601883
Prodi: S1 PGPAUD
Makul: Pemantapan Kemampuan Professional
UPBJJ: Purwokerto
Dalam video diatas guru sudah bagus dalam melaksanakan Kegiatan pembelajaran mengatasi kesulitan imajinasi anak dalam menggambar karena:
1. Guru sudah merencanakan Kegiatan pembelajaran dengan baik
2. Guru menggunakan Metode yang menarik yaitu karya wisata dengan mengajak anak melihat secara langsung objek yang akan di gambar
3. Guru memberikan semangat pada anak
4. Guru memberikan reward pada anak
NAMA : MESINAH
NIM : 855791487
UPBJJ : SORONG
ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR
Pada video tersebut kegiatan yang diberikan guru untuk memunculkan ide dan imajinasi anak dalam menggambar sudah tepat.
Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk mengekspresikan ide dan imajinasinya dengan cara mengajak anak ke halaman sekolah kemudian mengamati apa saja yang ada di lingkungan halaman sekolah setelah itu guru meminta anak untuk menceritakan apa yang mereka temui di halaman sekolah dan menuangkan ide serta imajinasinya pada kertas dengan gambar yang kreatif dan imajinatif ☺️
Setelah menonton video di atas terlihat bahwa hasil belajar dari kegiatan membiarkan anak bebas berimajinasi sambil menggambar sudah baik.
Guru memberikan stimulasi yang tepat kepada anak.
Langkah pertama guru meminta anak bebas menggambar adegan favoritnya.
Namun karena anak cenderung meniru apa yang dilihatnya, masih banyak anak yang meniru gambar yang diperlihatkan gurunya di depan kelas.
Ada banyak langkah yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan imajinasi anak.
Dengan kata lain: 1.
Guru bebas menggambar apa saja sesuai minat dan bakat kreatif anak.
2.
Guru mengajak anak melihat langsung benda-benda di luar sekolah.
Hal ini memberikan kebebasan kepada anak-anak karena mereka dapat menjelajahi pemandangan di sekitar sekolah.
Dorong mereka untuk memunculkan ide-ide baru saat menciptakan karyanya.
3.
Guru juga memberikan kesempatan kepada anak untuk mempresentasikan karyanya.
Mereka menceritakan kembali hasil karyanya agar orang lain mengetahui maksud dari gambar yang mereka buat.
Langkah ini juga dapat menentukan tingkat perkembangan bahasa dimana siswa memahami instruksi guru.
Bagi guru sebaiknya memberikan penguatan kepada anak dalam bentuk penghargaan dan reward, seperti stiker bintang, kata-kata pujian kepada anak, isyarat non verbal berupa acungan jempol, boleh saja.
Oleh karena itu, anak dapat lebih bersenang-senang dan terlibat dalam kegiatan belajar.
Nama : I Made Agus Indrayana Putra
Nim : 859032612
Dalam vidio di atas kegiatan pembelajaran yang di lakukan oleh ibu guru sudah benar, dalam mengembangkan imajinasi anak dan kreatifitas anak ibu guru berupaya mengembangkannya, memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak.
selain itu ibu guru mengajak anak-anak melihat lihat di halaman sekolah apa saja yang dilihat dihalaman sekolah, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Kelemahannya :
-ibu guru hanya memberikan contoh gambar pemandangannya saja, maka dari itu anak-anak meniru gambar pemandangan saja.
– seharusnya ibu guru pertama mengajak anak-anak keluar kelas kehalaman sekolah atau melihat-lihat halaman sekolah, setelah itu baru menyuruh mereka menggambar apa yang di lihat oleh anak-anak di halaman sekolah.
Kelebihan :
-guru memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk menggambar sesuai imajinasi dan kreatifitas anak.
-ibu guru mengajak anak-anak untuk melihat-lihat halaman sekolah.
NAMA : NI kADEK DIANDRA
NIM : 859032762
UPBJJ : DENPASAR
ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR
Berdasarkan pengamatan yang saya lihat ibu guru nampak memberi kebebasan anak untuk berkreativitas, menuangkan imajinasinya ide yang anak miliki. Selain itu ibu guru juga mengajak anak untuk ke halaman sekolah dan mengamati apa saja yang ada di lingkungan sekolah.Kemudian guru mengajak anak menuangkan idenya tersebut dalam bentuk gambar hasil karyanya, Ini sangat bagus, membebaskan anak berkreasi sesuai minat dan bakat anak.
terima kasih
Assalamualaikum.
Menurut saya dalam vidio diatas cara guru dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah baik. Dimana guru memberikan kesempatan pada anak untuk menggambar bebas sesuai dengan minat anak. Dan guru tetap memberikan contoh gambar tetapi anak malah menirukan gambar yang dibuat oleh gurunya. Dalam vidio tersebut guru juga mengajak anak keluar kelas untuk melihat benda/objek yang dapat dilihatnya dan guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai dengan keinginan mereka.
Terimakasih.
Nama : Zulhajriatul Munawarah
Nim : 859139524
Dalam video tersebut kita disuguhkan tentang bagaimana cara guru dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat melakukan suatu kegiatan. Di dalam video tersebut, cara atau strategi yang digunakan anatara lain memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat mereka, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk menceritakan kembali apa yang ditemukan pada saat berada diluar kelas lalu meminta anak untuk menggambarnya. Cara atau strategi ini menurut sudah sangat baik dan bagus karena selain kita mengajak anak untuk lebih dekat dengan lingkungan sekitarnya tanpa kita sadari kita juga telah mengajar anak dengan melihat suatu objek secara langsung, sebab pada dasarnya anak usia dini sifatnya harus belajar menggunakan benda-benda konkret atau nyata agar lebih dapat melekat dalam ingatan mereka.