silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama Tri anik setyowati
    NIM 858819456
    UPBJJ UT MALANG
    saya setuju sekali dengan tindakan yang dilakukan oleh ibu guru pada video mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar.guru mengajak anak keluar kelas kemudian memberi arahan agar anak bisa mengamati dan menuangkan apa yang telah dilihat menjadi coretan atau gambar.karena anak usia dini akan belajar dari apa yang dia lihat.

  2. nama : Nenden Dian Nola
    Nim : 858819463
    Dari hasil pengamatan kami, sebaiknya sebelum melakukan kegiatan menggambar. Kita tawarkan dahulu kegiatan main apa yang akan dilakukan. Seperti dalam video tersebut sebaiknya guru hanya memberikan klu bukan contoh dipapan tulis. Anak ditanyakan dulu kira-kira akan menggambar apa? Jika sudah mengetahui bentuk gambarnya anak didampingi untuk mengambar sesuai imajinasinya. Kalau terjadi kesulitan guru baru memberikan contoh bentuk dalam gambar.

  3. Nama: Fitriani
    NIM: 859781344
    Dari hasil pengamatan saya, pada video tersebut guru menggambar di papan tulis setelah itu ia meminta anak untuk menggambar bebas sesuai ide anak. Dan guru juga menyampaikan bahwa anak boleh menggambar pemandangan atau seperti yang ibi guru contoh kan/di papan tulis. Setelah selesai, gambar dikumpulkan. Dam hasil gambaran anak semua hampir sama dengan yang dicontoh kan ibu guru. Dan akhirnya guru mengajak anak keluar melihat benda-benda dan lingkungan sekitar. Setelah itu guru bertanya tentang apa saja yang telah ia lihat. Dan di sini jawaban anak berbeda-beda berdasarkan apa yang telah ia lihat.

    Menurut saya sebelum meminta anak untuk menuangkan ide dalam bentuk gambar maka guru memberikan kesempatan pada anak untuk bereksplorasi dengan lingkungan sekitar atau mengamti. Kemudian guru bertanya tentang apa saja yang mereka lihat. Lalu berikan kertas dan alat tulis lainnya pada anak untuk menggambar pengalaman atau hal yang berkaitan tentang yang ia lihat. Setelah selesai anak diberi kesempatan untuk mengungkapkan ide pada gambar nya. Di sini anak mempresentasikan atau bercerita tentang karyanya. Jika mengalami kesulitan dalam berbicara guru dapat menstimulasi nya. Anak berlatih mengungkapkan bahasa/ekspresi dan menyimak/reseptif.

    1
    0
  4. NAMA : INDRAWATI SRI WULANDARI
    NIM : 857166669
    UPBJJ: JAKARTA
    Menggambar dengan minat anak tentu menjadi hal yang tidak mudah bagi anak, setiap anak memiliki kemampuan dan kreativitas yang berbeda-beda. Hal yang dilakukan guru tersebut sudah cukup membantu bagi anak-anak dengan mengajak anak melihat lingkungan di sekitarnya, anak akan berimajinasi dan mulai berfikir tentang benda apa saja yang ada di sekelilingnya sebelum menuangkannya dalam bentuk gambar. Anak yang awalnya hanya terpaku pada satu gambar yang dicontohkan oleh guru dikelas akan memiliki kreativitas yang kurang karena mereka hanya terfokus pada satu objek saja. Dari video di atas guru mengajak anak-anak untuk menyebutkan benda apa saja yang dilihatnya ketika berada di luar ruangan dengan begitu anak akan mulai berfikir dan berimajinasi sehingga kreativitasnya akan bertambah.

  5. Nama : Laily fauzia
    NIM : 858935685
    Prodi : PG PAUD
    setiap anak memiliki bakat dan kemampuan masing-masing, terdapat anak yang suka menggambar, menulis dan lainnya. kita memang sering mengalami kendala dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar, dalam video yang sudah saya tonton tersebut, saya menyimpulkan jika kegiatan dalam video tersebut yaitu menggambar bebas tanpa tema, sehingga guru tidak memberi contoh hasil gambar di papan tulis, melainkan menggajak anak langsung untuk terjun kelapangan mengamati benda-benda yang ada disekitar sebagai gambaran bagi anak-anak agar mereka memiliki imajinasi dari apa yang sudah mereka amati.

  6. Nama : Laily fauzia
    NIM : 858935685
    Prodi : PG PAUD
    setiap anak memiliki bakat dan kemampuan masing-masing, terdapat anak yang suka menggambar, menulis dan lainnya. kita memang sering mengalami kendala dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar, dalam video yang sudah saya tonton tersebut,saya menyimpulkan jika kegiatan dalam video tersebut yaitu guru memberi kebebasan terhadap anak untuk menggambar bebas tidak harus sama dengan punya guru atau teman lainnya. inovasi guru dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi yaitu dengan menggajak anak untuk terjun langsung kehalaman sekolah untuk mengamati benda-benda yang ada disekitar sebagai gambaran bagi anak-anak agar mereka memiliki imajinasi dari apa yang sudah mereka amati.

  7. Nama : Darmawati
    Nim : 859390072
    Upbjj : Makassar

    Menurut saya dari video tersebut, ibu guru telah melakukan hal yang benar dengan mengajak anak-anak keluar ruangan untuk melihat apa saja yang ada diluar kelas, dan mengajak anak-anak untuk menceritakan tentang apa saja yang telah dilihat dan diamati di luar kelas, dengan begitu anak-anak dapat berimajinasi tentang sesuatu yang telah ia lihat dan dapat ia tuangkan dalam ide-ide gambarnya.

  8. Nama : Darmawati
    Nim : 859390072
    Upbjj : Makassar

    Menurut saya dari video tersebut, ibu guru telah melakukan hal yang benar dengan mengajak anak-anak keluar ruangan untuk melihat apa yang ada diluar kelas dan mengajak anak-anak untuk menceritakan tentang apa yang telah dilihat dan diamati dengan begitu anak-anak dapat berimajinasi dan mengembangkan ide-idenya untuk menggambar.

  9. Nama : Darmawati
    Nim : 859390072
    Upbjj : Makassar

    Menurut saya dari video tersebut, ibu guru telah melakukan hal yang benar dengan mengajak anak-anak keluar ruangan untuk melihat apa yang ada diluar kelas dan mengajak anak-anak untuk menceritakan tentang apa yang telah dilihat dan diamati dengan begitu anak-anak dapat berimajinasi dan mengembangkan ide-idenya untuk menggambar.

    Beberapa cara lain yang dapat meningkatkan imajinasi anak yaitu :
    A. Bacalah Buku-buku,
    Membaca cerita bersama-sama adalah cara yang bagus untuk memperkaya kehidupan fantasi Anda. Pilih buku dengan banyak gambar yang besar-besar, berwarna-warni, dan ajak anak menikmati semua cerita di dalamnya. Sebelum anak bisa membaca, Anda dapat bebas berkreasi mengenai jalan ceritanya sesuka Anda.

    Tampilkan segala foto-foto, buat suara hewan atau kendaraan atau karakter yang berbeda, dan diskusikan apa yang terjadi atau mungkin terjadi pada tokoh-tokoh yang ada di buku itu.
    B. Bermain Pura-pura
    Anak-anak belajar banyak dengan mendramatisir peristiwa dari kehidupan dan fantasi mereka sehari-hari. Ketika anak menciptakan skenario dan alur cerita dengan karakterfantasinya, saat itu sebenarnya ia sedang mengembangkan keterampilan sosial dan verbal.
    Anak juga belajar masalah emosional saat ia mengulang skenario yang melibatkan perasaan sedih, gembira, takut, atau aman. Membayangkan dirinya sebagai seorang ibu, dokter, atau guru, mampu membuatnya merasa kuat dan memberinya pengalaman yang bertanggung jawab.

  10. Nama : Darmawati
    Nim : 859390072
    UPBJJ : Makassar
    Menurut saya dalam video tersebut apa yang telah dilakukan oleh ibu guru sudah benar, karena mengajak anak-anak keluar ruangan dan mengamati apa yang ada disekelilingnya dapat membantu anak dalam berimajinasi.

Leave a Reply