silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.

Ir. Melly Latifah , M.Si

Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).

Tri Ekawati

Similar Posts

1,279 Comments

  1. NAMA : DINDA BESTARI
    NIM : 859684305

    Video pembelajaran “anak sulit mengemukakan pendapat” berisi mengenai cara menangani anak yang sulit mengemukakan pendapatnya. Cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah melemparkan beberapa pertanyaan yang disukai anak, perlihatkan gambar dan mintalah pendapat tentang gambar, meminta anak menggambar bebas dan menceritakan gambar tersebut didepan guru dan teman sekelas cara terakhir adalah suruhlah anak untuk bercerita tentang mainan yang dia bawa dari rumah di depan teman-temannya. Cara-cara ini dapat dipraktekkan dalam proses pembelajaran di kelas agar anak mau mengungkapkan pendapatnya secara bebas.

  2. Nama : Arfiani Syam Lahu
    NIM : 859915353
    Diskusi 4 Profesionalitas Guru PAUD

    Seringkali saya juga jumpai kasus di sekolah seperti dalam video “Anak Sulit Mengemukakan Pendapat”. Setelah menonton video ini, saya menerapkan cara-cara yang dilakukan dalam video tersebut, yaitu ketika kasus istirahat. Ada anak yang memiliki sikap memaksa teman (egosentris) untuk memberikan makanan yang dimiliki temannya, bahkan tidak segan-segan ia memukul temannya agar membagi makanan milik temannya kepada dirinya. Hal yang saya lakukan sebagai guru adalah menjadi penengah dan penasihat kepada anak tersebut, yaitu dengan cara “nak kalau kamu mau minta punya teman, harus minta dengan baik dan senyum, serta berbicara aku minta dong makananmu, karena kalau kamu tidak berbicara dengan baik dan senyum, temanmu tidak akan kasih kalau marah dan memaksa, kan temannya jadi takut, tapi kalau mintanya baik dan senyum pasti temannya akan kasih, dan jangan lupa bilang terima kasih ya anak sholeh.

    Terima Kasih

  3. Nama : Arisma Ayu Usnaini
    Nim :858529744
    Judul : anak sulit mengungkapkan pendapat

    Dari video diatas banyak pembelajaran yang saya dapat seperti bagaimana cara mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapat atau perasaannya yaitu dengan melakukan pendekatan pada anak, sering mengajak anak untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara terus menerus baik dengan guru atau teman sebayanya, dengan mengajak anak untuk mengambar bebas dan menceritakan apa yang telah anak gambar sehingga anak mulai terbiasa untu bertanya dan menjawab serta mengungkapkan perasaannya atau pendapatnya baik kepada guru atau teman sebayanya.
    Terima kasih.

  4. NAMA : Viona Monika
    NIM : 859668941

    Dalam video tersebut banyak anak yang kesulitan untuk mengungkapkan pendapatnya. Kesulitan untuk mengungkapkan pendapat seperti itu seringkali terjadi dikarenakan karena kurangnya stimulasi bicara aktif. Dalam video tersebut juga ditampilkan cara mengatasinya dan setiap poin diungkapkan secara jelas sehingga jadi mudah dimengerti dan dengan adanya video tersebut sangat membantu saya dan pendidik lainnya dalam mengatasi hal serupa

  5. dalam vidio ini membahas anak yang sulit mengungkapkan pendapat dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. masalah ini juga saya temuai di lembaga tempat saya mengajar. untuk mengatasi hal tersebut saya sebagai pendidik mendekati anak dan melakukan komunikasi untuk menanyakan hal-hal sederhana seperti makan kesukaan, warna baju yang sedang dipakai, mainan yang disukai saat disekolah dll. dengan media gambar kami sering gunakan untuk mengajukan berbagai pertanyaan sesuai dengan gambar. hal lain yang saya lakukan adalah memberikan reward ketika anak mau menjawab pertanyaan atau bercerita didepan kelas.
    dengan melihat vidio ini sangat bermanfaat untuk karena menambah pengetahuan untuk mengatasi masalah yang terjadi dilembaga tempat saya mengajar.

  6. Nama : Ima Melati
    NIM : 858318568

    Video tersebut yang berfokus pada strategi seorang guru TK dalam mengatasi masalah anak-anak yang kesulitan mengemukakan pendapat. Guru tersebut menggunakan pendekatan yang melibatkan latihan secara berkelanjutan dan bertahap untuk membantu anak-anak mengatasi kesulitan tersebut.
    Pertama-tama, guru tersebut menggunakan strategi bertanya-tanya secara sederhana untuk membangun kepercayaan diri anak-anak dalam mengemukakan pendapat mereka. Dengan bertanya tentang hal-hal yang disukai anak-anak dan meminta mereka menyampaikan pendapat mereka tentang gambar-gambar, guru membantu anak-anak merasa lebih nyaman untuk berbicara.
    Selanjutnya, guru juga memanfaatkan kegiatan menggambar sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak-anak. Dengan meminta anak-anak untuk menggambar bebas dan kemudian menceritakan gambar mereka di depan kelas, guru memberi mereka kesempatan untuk berlatih menyampaikan ide dan cerita mereka kepada orang lain.
    Terakhir, guru melibatkan mainan atau buku kesayangan anak-anak sebagai sarana untuk membantu mereka berbicara di depan teman-teman mereka. Dengan meminta anak-anak untuk membawa mainan atau buku kesayangan mereka dan berbagi cerita tentang itu di depan teman-teman, guru menciptakan situasi yang mendukung untuk latihan berbicara.
    Secara keseluruhan, sinopsis tersebut menggambarkan pendekatan yang terstruktur dan mendukung yang dirancang untuk membantu anak-anak mengatasi kesulitan mereka dalam mengemukakan pendapat. Pendekatan ini melibatkan latihan secara berkelanjutan dan menggunakan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan relevan bagi anak-anak. Video yang sangat bermanfaat, terima kasih telah berbagi ilmu, dalam mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapatnya.

  7. Nama : Astryanova
    Nim :859663928
    Dari video tersebut ada beberapa anak yang tidak dapat atau kesulitan mengungkapkan pendapatnya, dan dari video diatas terdapat cara mengatasinya, seperti :
    1. Melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak
    2. Memperlihatkan gambar dan meminta pendapat anak tentang gambar tersebut
    3. Meminta anak menggambar bebas dan menceritakan gambar yang sudah dibuat kepada temannya
    4. Menceritakan kepada teman tentang mainan kesayangan yang dibawanya dari rumah
    Beberapa cara penanganan dari vidio tersebut sudah saya coba di terapkan di sekolah saya, dan vidio tersebut
    dapat membantu saya dalam mengatasi hal serupa, dan dapat menerapkannya pada saat pembelajaran.

  8. Nama: Vianney Dita M. P
    NIM: 857867787

    Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat

    Seringkali ditemui beberapa masalah seperti anak sulit mengungkapkan pendapatnya saat di kelas, membuat beberapa pendidik kebingungan dengan bagaimana harus menerapkan cara agar anak tersebut mau diajak berdiskusi bersama. Hal ini tentunya karena perbendaharaan bahasa anak yang masih terbatas, selain itu setelah menonton video ini, menjadi wawasan baru bagaimana cara kita untuk memantik anak membagikan pendapatnya saat di sekolah. Terima kasih.

  9. Nama : Nuraeni
    NIM : 858969915

    Menurut saya, video ini sudah sangat baik, namun penggunaan backsound yang kurang tepat dan terlalu berisik sehingga penonton merasa jenuh untuk menonton video sampai selesai.

  10. Nama : Nuraeni
    NIM : 858969915

    Menurut saya, video ini sudah sangat baik, namun penggunaan backsound yang kurang tepat dan terlalu berisik sehingga penonton merasa jenuh untuk menonton video sampai selesai. Selain ini dalam video tidak di sampaikan kenapa anak sulit untuk menyampaikan pendapatnya. Video ini sangat bermanfaat karena terdapat beberapa solusi untuk mengatasi anak yang memiliki permasalahan sulit mengungkapkan pendapat di kelas.

Leave a Reply