silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Ir. Melly Latifah , M.Si
–
–
Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).
Tri Ekawati
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Nama: Ernita Sarinie
NIM : 857452287
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Nama : Vinsensia Gerosa Basan Uran
Nim : 859284328
Ijin menanggapi Video seri pengembangan bahasa
Pada video tersebut masalah yang dihadapi oleh guru tersebut adalah Anak sulit mengungkapkan pendapat.Masalah ini terjadi di karenakan kurangnya stimulasi bicara aktif.
Maka Berdasarkan video Guru tersebut memberikan beberapa stimulus sehingga anak bisa mengungkapkan pendapatnya .Misalnya dengan cara Selalu memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang hal yang disukai oleh anak misalnya makanan kesukaan,warna kesukaan ,mainan kesukaan dll. Guru juga mengajak anak untuk melihat cerita bergambar dan meminta anak menyebutkan apa saja yang dilihat ,Meminta anak untuk menggambar apa saja yang disukai anak dan meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya sendiri, meminta anak membawa mainan kesukaan dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan kesayangan itu…
Video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD dimana sebagai guru kita harus benar-benar mengenal karakter masing-masing anak dan mengenal berbagai macam kesulitan yang dihadapi anak dalam berbagai aspek pengembangan sehingga kita dapat membantu mengatasi masalah anak dengan memberikan berbagai stimulasi secara terus menerus agar anak bisa mandiri.
Assalamualaikum
Saya Najma dengan NIM 855897451, mohon izin menanggapi video di atas mengenai Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat.
Menurut saya, video ini membahas bagaimana guru membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat mereka dengan cara-cara yang sederhana dan bertahap. Misalnya, guru sering menanyakan hal-hal yang disukai anak, seperti makanan, warna, atau mainan favorit, untuk memancing anak berbicara. Selain itu, guru juga memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta mereka menjelaskan apa yang mereka lihat, sehingga anak terbiasa menyampaikan pendapatnya dengan santai. Guru juga meminta anak-anak untuk menggambar sesuatu yang mereka sukai, kemudian melatih mereka untuk menceritakan hasil gambarnya di depan kelas. Selain itu, anak diminta membawa mainan atau buku kesayangan dari rumah, lalu menceritakan tentang benda tersebut di hadapan teman-temannya. Pada tahap awal, guru membantu dengan memberikan pertanyaan yang mudah tentang mainan atau buku itu untuk memudahkan anak dalam bercerita. Dengan memberikan latihan seperti ini secara rutin, guru membantu anak-anak lebih percaya diri dan terbiasa menyampaikan pendapat mereka, baik secara lisan maupun melalui karya mereka. Terimakasih, video di atas menjadi ilmu untuk saya.
Assalamualaikum saya Tsanisa NIM 858847423
Dalam vidio ini ada beberapa tips yang diberikan untuk menangani anak yang susah mengemukakan pendapat. Tips yang diberikan sederhana dan dapat di praktikkan oleh guru di sekolah masing-masing jika terdapat anak dengan masalah yang sama. Guru dapat melontarkan pertanyaan kepada anak tentang mainan kesukaannya. Menceritakan gambar yang telah selesai ia buat. Menceritakan di depan kelas mainan kesukaan yang dia bawa dari rumah. Dengan rutin melakukannya anak dapat terbiasa dan terpancing untuk mengemukakan pendapat. Vidio sangat bermanfaat untuk menghadapi anak dengan masalah yang sama. Bisa di tambahi dengan pendekatan personal oleh guru kepada anak.
Nama : Sonya Ika Agustina
NIM : 858845293
Assalamualaikum Wr. Wb
Mohon izin untuk menanggapi video di atas tentang “Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat”
Pada video di atas sangat membantu para dewan guru untuk menghadapi anak yang sulit mengungkapkan pendapat, ada beberapa cara yang perlu dicoba adalah.
Guru sebaiknya melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mencurahkan pendapatnya. Contohnya dengan memberikan beberapa pertanyaan pemantik tentang hal-hal yang disukai oleh anak. Guru juga perlu mengajak anak untuk mengutarakan pendapatnya tentang gambar yang telah diamati atau guru bisa mengajak anak-anak untuk menggambar bebas. Kemudian ajaklah anak untuk membawa buku/mainan yang disukainya dari rumah, kemudian ajaklah anak-anak untuk menceritakan tentang hal-hal yang dibawa di depan teman-temannya, serta diiringi pertanyaan pemantik yang diajukan oleh guru.
Video ini juga sangat bermanfaat bagi saya dan guru-guru yang lainnya untuk mengenal setiap karakter masing-masing anak sangat berbeda dan harus banyak mengenal berbagai kendala yang dihadapi di lapangan, guru juga perlu banyak memberikan berbagai stimulasi secara bertahap.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Nadia oktavia maharani
Nim : 858853309
izin meanggapi vidio “anak sulit menggungkapkan pendapat”
vidio ini diatas berisi bagai mana guru mengatasi anak didiknya yang sulit untuk mengungkapkan perasaannya
di karenakan kurang sering di ajak komunikasi simulasi bicara aktif
cara mengatasi anak yang sulit untuk mengungkapkan perasaannya :
bisa melalui sering di ajak komunikasi misalnya tentang mainan apa yang mereka sukai dan kenapa meraka suka itu,memberikan beberapa pertanyaan kepada anak ,menggamabar bebas dan menceritakan dengan kalimat sederhana di depan teman-temannya,ajak anak untuk menceritakan barang atau mainan kesayangannya yang telah mereka bawa dari rumah di depan teman-temannya melalui stimulus di atas membuat anak lebih percaya dan membuat anak dapat mengungkapkan perasaannya melalui lisan atau tulisannya
vidio di atas sangatlah bermanfaat bagi saya dan guru,trimakasih.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Putri
NIM : 856282706
Video ini memberikan wawasan yang berharga tentang strategi yang dapat diterapkan oleh guru Taman Kanak-Kanak untuk membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat. Pendekatan yang diambil oleh guru, yaitu melatih anak secara bertahap dan konsisten, sangat penting dalam membangun kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi anak. Metode yang digunakan, seperti melontarkan pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak dan memperlihatkan gambar, merupakan cara yang efektif untuk merangsang minat dan kreativitas anak.
Dengan cara ini, anak-anak dapat merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk berbicara. Selain itu, meminta anak untuk menggambar dan menceritakan hasil karyanya di depan kelas juga merupakan strategi yang baik, karena ini tidak hanya melatih kemampuan verbal mereka, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri secara visual. Mengajak anak untuk membawa mainan atau buku kesayangan dari rumah dan menceritakannya di depan teman-teman adalah cara yang sangat baik untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Ini juga membantu anak merasa lebih terhubung dengan materi yang mereka sampaikan, sehingga meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar.
Sekian Terimakasih
Assalamualaikum wr wb
Nama : Rahmawati
NIM : 856282706
Video ini memberikan wawasan yang berharga tentang strategi yang dapat diterapkan oleh guru Taman Kanak-Kanak untuk membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat. Pendekatan yang diambil oleh guru, yaitu melatih anak secara bertahap dan konsisten, sangat penting dalam membangun kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi anak. Metode yang digunakan, seperti melontarkan pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak dan memperlihatkan gambar, merupakan cara yang efektif untuk merangsang minat dan kreativitas anak.
Dengan cara ini, anak-anak dapat merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk berbicara. Selain itu, meminta anak untuk menggambar dan menceritakan hasil karyanya di depan kelas juga merupakan strategi yang baik, karena ini tidak hanya melatih kemampuan verbal mereka, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri secara visual. Mengajak anak untuk membawa mainan atau buku kesayangan dari rumah dan menceritakannya di depan teman-teman adalah cara yang sangat baik untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Ini juga membantu anak merasa lebih terhubung dengan materi yang mereka sampaikan, sehingga meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar.
Sekian Terimakasih