silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Ir. Melly Latifah , M.Si
–
–
Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).
Tri Ekawati
NAMA : Feby kurniati
NIM : 855845453
UPBJJ : MEDAN
Setelah melihat video cara menstimulasi anak yang sulit mengungkapkan pendapat, sebagai seorang pendidik sangat bermanfaat untuk saya pribadi karena pada kenyataannya dilapangan/disekolah kita sering menemukan anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pendapatnya. Menurut video tersebut, Cara-cara yang dapat dilakukan:
1. Dengan melakukan pendekatan ke anak terlebih dahulu guru akan mudah untuk mengajak anak berinteraksi dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang yg dialaminya sehari -sehari.
2.Meminta anak untuk menggambar bebas dan setelah itu meminta anak untuk menceritakan gambar apa yg digambarnya baik dari segi bentuk ,warna gambar tersebut kepada temannya didepan kelas .
3.meminta anak untuk menceritakan tentang mainan kesayangannya yang ada dirumahnya pada teman – temanya dikelas.
Dengan seringnya kita melakukan stimulasi kepada peserta didik seperti ini maka anak dapat mengungkapkan pendapatnya dengan percaya diri dan anak akan senang selanjutnya bercerita tentang hal – hal yang pernah dialaminya dan dilihatya selain itu akan menambah perkembangan bahasa anak akan menjadi baik.
Terimakasih.
Nama : DORA ELIYANA
NIM : 858451897
Dalam video tersebut terlihat anak yang kesulitan untuk mengungkapkan pendapatnya. Hal tersebut sering kita temui pada anak usia dini yang belum terlatih untuk menyampaikan apa keinginannya. Kurangnya stimulasi terhadap kemampuan berbicaranya menjadi salah satu penyebab seorang anak mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pendapatnya. Dalam video tersebut dijelaskan beberapa upaya yang dapat ditempuh oleh para pendidik anak usia dini dalam menstimulasi kemampuan anak untuk dapat mengunggkapkan pendapatnya Hal ini biasa terjadi pada anak dengan kecerdasan normal atau bahkan di atas rata-rata. Dengan kecerdasan yang baik, anak mampu mengerti dan menyerap informasi yang ada di sekelilingnya, namun belum ditunjang oleh kesiapan organ bicara. Akibatnya, anak akan bicara dengan cepat, terburu-buru, atau tak jelas apa yang diungkapkannya, karena ia ingin menyampaikan semua yang dipikirkannya, sebelum ia lupa apa yang ingin disampaikan. Untuk mengatasinya, berikan dukungan dan umpan balik yang positif ketika anak sedang bercerita. Selain itu, mengingatkan anak untuk bicara lebih pelan. Apabila efeknya berimbas ke emosi, yaitu emosi anak menjadi lebih tinggi, diperlukan terapi wicara untuk memperbaiki kemampuan bicaranya.
NAMA : INDAH DIEN ASLAMA
NIM : 857497946
PRODI : PG PAUD MASUKAN S1
1. video pembukaan dengan ilustrasi yang ada sudah sangat baik
2. arahan guru terhadap anak juga sudah sangat baik
kekurangannya :
1. dalam video diatas belum adanya evaluasi dari seorang guru untuk anak anak yang dimaksudkan belum mengeluarkan pendapatnya, sehingga tidak jelas apakah langkah langkah untuk menanggulangi masalah tersebut efektif atau tidak
NAMA : INDAH DIEN ASLAMA
NIM : 857497946
PRODI : PG PAUD MASUKAN S1
1. video pembukaan dengan ilustrasi yang ada sudah sangat baik
2. arahan guru terhadap anak juga sudah sangat baik
kekurangannya :
1. dalam video diatas belum adanya evaluasi dari seorang guru untuk anak anak yang dimaksudkan belum mengeluarkan pendapatnya, sehingga tidak jelas apakah langkah langkah untuk menanggulangi masalah tersebut efektif atau tidak
Nama: Gusada Sarito Sinaga
Nim: 859888525
Prodi: PG PAUD
Video tentang Anak yang mengalami kesulitan untuk mengemukakan pendapat
Setelah menyimak video tersebut ,yang dilakukan seorang Guru sudah tepat dalam mengatasi masalah anak yang sulit mengemukakan pendapat yaitu dengan cara menstimulasi anak supaya lebih mudah untuk mengemukakan pendapat, dengan cara guru melontarkan pertanyaan sederhana yaitu menanyakan kesukaan anak sehingga anak bersemangan menjawab pertanyaan dari guru terrsebut,kemudian dengan cara memperlihatkan gambar kepada anak dan menanyakan kepada anak tentang gambar yang dpelihatkan guru kepada anak tentunya anak akan terpancing untuk menyebutkan gambar yang di tunjukan sama gurunya, kemudian dengan cara meminta anak untuk menggambar bebas tentunya anak akan bersemangat menggambar yang dia suka dan mau menceritakan apa yang telah digambarnya tersebut,dan guru juga meminta kepada anak untuk membawa mainan kesukaan anak tersebut dari rumah , tentunya anak akan merasa senang membawa mainan kesukaannya itu,lalu akan menceritakan di depan teman-temannya, tentang mainan kesukaanya itu. kemudian bisa ditambah pujian dari bu gurunya , karena anak tersebut bisa mengikuti apa yang di tugaskan guru dan telah berkembang sesuai harapan karena bisa mengemukakan pendapat didepan guru dan teman-temannya.
Nama : Selly Olivia Silviani
Nim : 858734833
Prodi : PGPAUD BI
Dari video tersebut, saya dapat menyimpulkan :
1. Yang dilakukan guru tersebut sudah sangat baik, Menanyai apa yang di sukai anak, apa yang pernah di lihat anak. Karena dengan menceritakan pengalaman pribadi nya, anak akan mudah menyampaikan dengan bahasa nya sendiri.
2. Melihatkannya buku cerita, di video tersebut penempatan tempat duduk sebaiknya perlu di ganti menjadi letter U agar anak fokus pada guru, Buku yang di gunakan juga harus se-menarik mungkin, bisa dengan buku 3 dimensi, dari situ pusat perhatian anak akan terfokuskan pada buku tersebut, dan anak mampu bercerita apa yang terdapat pada gambar tersebut.
3. Memberi kesempatan anak untuk menggambar sesuai imajinasinya, dari kegiatan tersebut sudah sangat baik, anak menuangkan apa yang terdapat dalam fikiran imajinasinya pada gambar, meskipun gambaran tersebut belum sempurna anak akan dengan bangga menceritakan hasil karya nya 🤗
Dan satu lagi, Anak sebaiknya di kasih reward karena mereka sudah berani mengungkapkan pendapatnya entah dengan gambar bintang di tangannya, dengan memberi nya hadiah, atau dengan ucapan pujian pada anak, itu akan menimbulkan semangat pada peserta didik untuk lebih berani lagi untuk mengungkapkan pendapatnya.
Nama: DEVIYANA
Nim : 859414021
Prodi: PGPAUD S1 /SEMESTER 2
Pada usia 4-5 tahun, anak akan cenderung bertanya mengenai banyak hal. Di sinilah peranan orangtua, pengasuh ataupun guru dalam merangsang anak untuk berpikir kritis. Usahakan untuk menjawab semua pertanyaan anak. Jika Anda tidak dapat menjawab, berikan jeda waktu pada anak agar Anda mencari jawabannya terlebih dahulu dan tepatilah janji untuk menberikan jawabannya.
Hal yang perlu dilakukan dari video tersebut adalah:
✓Berikan kesempatan pada anak untuk mengungkapkan pendapatnya dan hargai mereka. Ini dapat membangun kepercayaan diri anak. Namun, Anda tetap harus teliti terhadap apa yang disampaikan dan berikan arahan yang baik.
✓Berdiskusilah dengan anak mulai dari hal-hal yang paling mudah. Misalnya dalam memilih makanan atau pakaian yang akan dikenakan. Tanyakan alasan yang mendasari pilihan mereka. Gunakan pertanyaan terbuka tersebut agar merangsang anak untuk berpendapat.
✓Saat anak berbicara, dengarkan dan jangan potong pembicaraannya agar ia belajar untuk menghargai orang yang sedang berbicara.
✓Jika hendak melakukan aktivitas bersama anak, biasakan untuk menyampaikan tujuan dari setiap aktivitas tersebut. Misalnya, saat merencanakan kegiatan berenang dengan anak. Jelaskan padanya bahwa berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang baik untuk tubuh agar tidak mudah sakit.
✓Berikan anak pujian ketika ia mengutarakan pendapat yang menurut Anda baik.
Nama : Emi latifah
NIM : 858744723
Pada cuplikan Video di atas, Untuk pembukaan Sudah baik dan bagus, kemudian untuk metode atau cara yang di lakukan oleh guru untuk dapat meningkatkan komunikasi Anak juga sudah baik dan benar. Karena untuk membuat Anak menyampaikan pendapat dapat dimulai dari hal-hal yang disukainya dan apa yang ada di sekitarnya, seperti makanan kesukaan, mainan kesukaan, Anak suka menggambar apa, dll. Menurut saya metode ibu guru sudah benar dalam meningkatkan kemampuan bahasa Anak. Namun alangkah baiknya, jika ketika proses kegiatan belajar mengajar, salah satunya kegiatan tanya jawab/bercerita, Anak-anak di kondisikan terlebih dahulu, supaya semua Anak dapat fokus dengan guru dan teman.
nama : maskanah
nim : 859166782
prodi : PGPAUD-S1
judul video : anak sulit mengungkapkan pendapat
dari video tersebut ada 4 cara yang dilakukan guru supaya anak mau mengeluarkan pendapatnya yaitu dengan cara menanyai kesukaan anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampailan pendapat, menggambar bebas dan bercerita.
dari pengalaman disekolah ke 4 cara tersebut selalu kami gunakan disekolah terutama kepada anak-anak yang pemalu dan interaksi sosialnya kurang. yang kami lakukan disekolah selain ke 4 cara tersebut juga adalah mendekatkan anak dengan teman-temannya supaya anak mau bergaul dan berinteraksi dengan temannya yang ada di kelas, setiap mau pulang kami akan mengajukan pertanyaan, yang bisa menjawab boleh pulang duluan, kemudian melatih anak menjadi pemimpin di dalam kelas secara bergantian tiap harinya.
dari pengalaman disekolah biasanya anak yang sulit mengungkapkan pendapat adalah anak yang kurang berinteraksi dengan orang di sekitarnya baik itu orang tua dan juga dengan masyarakat yang ada di lingkungan tempat tinggalnya.
Nama : Erlin Maria Sari Dewi
NIM : 858168561
Program Studi : PG PAUD
Dalam video tersebut dijelaskan tentang anak yang sulit mengemukakan pendapatnya, hal ini disebabkan kurangnya stimulasi bicara aktif dari pendidik maupun orang tua kepada anak tersebut. Oleh karena itu dalam video tersebut dijelaskan juga strategi yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik untuk mengatasi anak yang kesulitan mengungkapkan pendapatnya,langkah – langkahnya sebagai berikut :
1. Melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal – hal yang disukai oleh anak didik
2. Memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar
tersebut
3. Meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan kembali hasil karyanya
4. Meminta anak membawa mainan atau buku kesukaannya dari rumah dan meminta anak tersebut
menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya di depan teman – temannya, dimana di tahap
awal pendidik memberikan pertanyaan untuk mendorong anak mengemukakan pendapatnya
5. Melatih anak secara terus – menerus dan perlahan untuk mengungkapkan pendapatnya
video tentang anak kesulitan mengemukakan pendapat sangat bermanfaat dan dapat membantu memberikan solusi kepada pendidik yang menemui kesulitan terkait masalah anak didik yang sulit untuk mengungkapkan pendapatnya.