silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Ir. Melly Latifah , M.Si
–
–
Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).
Tri Ekawati
Nama : IVATUL LAILI
Nim : 858915533
Menurut Pendapat saya tentang video yang berjudul ” anak sulit mengungkapkan pendapat ” setelah saya menonton video tersebut menurut saya tindakan yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat tepat sekali untuk melakukan pendekatan kepada anak untuk bisa berinteraksi secara langsung terhadap anak dan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk bisa mengungkapkan pendapat , guru juga melakukan tanya jawab kepada anak sehingga hal ini sangat membantu anak dalam mengungkapkan pendapat . Tips untuk mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapat di dalam tersebut sangat membantu saya dalam mengatasi anak yang mengalami kesulitan untuk untuk mengungkapkan pendapat .
Video tersebut menurut saya memang sangat membantu anak anak yang mengalami kesulitan untuk mengungkapkan pendapatnya . Menurut pendapat saya untuk dapat merangsang anak untuk berkomunikasi memang bukanlah hal yang mudah , sebagai seorang pendidik harus mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif pada saat pembelajaran sehingga anak anak bisa tenang di dalam kelas , dan anak anak bisa senang belajar sambil bermain serta anak dapat mengungkapkan pendapatnya dengan sangat mudah .
Nama : Nisrocha
NIM : 857660088
Pokjar : Banyu putih
saya juga pernah menemui kesulitan saat menghadapi anak yang sulit mengungkapkan pendapat, membuat saya kesulitan ketika anak tersebut butuh bantuan karena hanya diam dan nantinya apabila saya belum paham yang dimau menjadikan anak menangis maupun jadi ngambek.
melalui vidio tersebut memberikan wawasan baru untuk saya dalam menghadapi anak-anak yang sulit mengungkapkan pendapat. cara untuk mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapat diantaranya adalah:
1. membuat anak merasa nyaman dan aman saat disekolah,
2. mengajak anak ngobrol dengan mengajukan pertanyaan tentang hal-hal apa yang disukai anak,
3. melihatkan suatu gambar kemudian meminta anak untuk mengomentari gambar tersebut,
4. meminta anak menggambar bebas kemudian meminta anak menceritakan gambar tersebut,
5. meminta anak untuk membawa sesuatu yang disukainya (misal mainan) dan anak diminta cerita tentang mainan yang dibawanya.
6. mengajak kegiatan jalan sehat dan meminta anak untuk bercerita apa saja hal-hal yang ditemui dijalan saat berjalan-jalan
Nama : mai Syaroh
Nim : 856608701
Pokja palembang
Mengenai kasus kesulitan berbahas pada anak AUD, setelah saya menonton vidio di atas menurut saya yang dilakukan oleh guru sudah baik dan benar, guru tersebut mengetahui permasalahan dan cara mengatasinya. 1. setelah mengetahui bahwa permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya komunikasi aktif, guru tersebut menyelesaikannya dengan melakukan beberapa komunikasi mengenai hal-hal yang menarik perhatian anak tersebut. 2. setelah mengetahui bahwa anak tersebut tidak tahu cara mengungkapkan pendapat dikarenakan kurangnya kosakata guru tersebut mengajak anak untuk membaca cerita sehingga akan memperbanyak kosakata anak tersebut. 3. karena anak tersebut malu dan tidak tahu bagaimana cara mengungkapkan di depan teman-teman guru tersebut mengajak anak untuk menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan oleh guru atau telah ditujukan oleh guru tersebut atau meminta anak untuk menceritakan tentang sesuatu yang dia sukai sehingga anak tersebut tidak akan malu lagi untuk mengungkapkan atau berbicara di depan orang banyak
hal yang penting dapat dilihat dari video tersebut adalah bahwa sangat penting untuk menjaga “komunikasi yang aktif” dengan anak.
Nama : Anti Dwi Lestari
NIM : 857713511
Prodi : S1 PGPAUD SEMESTER 5
Setelah saya mengamati video anak sulit mengungkapkan pendapat yaitu harus selalu di kasih pertanyaan.
Cara mengatasi anak yang mengalami kesulitan mengungkapkan pendapat:
1. Lontarkan beberapa pertanyaan tentang hal hal yang disukai anak
2. Perlihatkan gambar kepada anak kemudian minta pendapat anak tentang gambar tersebut
3. Minta anak menggambar bebas, kemudian minta anak untuk menceritakan di depan kelas
4. Minta anak untuk menceritakan di depan teman-temannya dan mainan kesayangan yang dibawanya dari rumah.
Nama : ARI DWI SUSWANTI
NIM : 857610718
PRODI : B1 PAUD
POKJAR LEBAKSIU TEGAL/ UPJJ PURWOKERTO
Setelah saya melihat vidio tersebut ditemukan adanya masalah yaitu kurangnya keberanian anak untuk bertanya dan menjawab pertanyaan guru.
Vidio diatas menggunakan Metode Tanya jawab dengan model pembelajaran talking stick sehingga anak dapat memahami dengan mudah dan lebih mengerti pembahasan yang di sampaikan oleh guru.Ada beberapa anak yang sulit dalam menyampaikan pendapatnya,karena anak tersebut kurang dalam stimulasinya,sehingga jika ditanya jawabnya “saya tidak tahu”.
Nama : Dwi ariningsih
Nim : 858850976
Pokjar: pagelaran
Assalamu’alaikum wr wb
Setelah melihat video diatas bahwa anak yang kurang bisa berpendapat atau aktif berbicara karena kurangnya stimulus dari guru, atau kurang komunikasi.Dengan guru mengajak tanya jawab,menggambar hal yang disukai, diajak bercerita maka anak menjadi berani untuk mengemukakan pendapatnya dan menambah kosa katanya.cara guru divideo sangat baik untuk membuat anak dapat menyatakan pendapatnya.
Setelah saya melihat video mengenai anak yang sulit mengungkapkan pendapat saya setuju dengan stimulasi Guru terhadap Muridnya dengan melakukan Pendekatan dengan bertanya jawab mengenai kesukaannya dan lain sebagainya, namun semua itu harus dilakukan dengan berulang ulang agar anak faham akan pertanyaan yang dilontarkan oleh Bu guru sehingga anak bisa menjawab dengan benar. Kemudian keberanian anak juga harus distimulasi dengan baik agar anak tidak hanya pintar dalam berbahasa melainkan berani juga dalam mengutarakan pendapat atau mengutarakan hal hal yang ingin disampaikan.
Nama : Ria Zumaroh
NIM : 858747481
Matkul : Metode Pengembangan Bahasa
Setelah saya melihat video mengenai anak yang sulit mengungkapkan pendapat saya setuju dengan stimulasi Guru terhadap Muridnya dengan melakukan Pendekatan dengan bertanya jawab mengenai kesukaannya dan lain sebagainya, namun semua itu harus dilakukan dengan berulang ulang agar anak faham akan pertanyaan yang dilontarkan oleh Bu guru sehingga anak bisa menjawab dengan benar. Kemudian keberanian anak juga harus distimulasi dengan baik agar anak tidak hanya pintar dalam berbahasa melainkan berani juga dalam mengutarakan pendapat atau mengutarakan hal hal yang ingin disampaikan.
dalam vidio tentang anak sulit mengungkapkan pendapat ditemukan bahwa anak kurang berani dalam menjawab pertanyaan ibu guru anak seperti malu atau bahkan takut. selain guru memberikan stimulus anak dengan tanya jawab atau melihatkan gambar guru juga mengajak orang tua agar anak sering diajak mengobrol, bercerita keseharian disekolah misalnya. jika anak sudah aktif dalam bercerita anak akan percaya diri untuk mengungkapkan pendapatnya
Nama : Rusmalasari
NIM : 858308241
Prodi : S1 PGPAUD
Matkul : Evaluasi Perkembangan Anak didik.
Setelah Saya melihat video tersebut maka Saya berpendapat bahwasanya apa uang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang tidak bisa mengungakpkan pendpatnya sudah tepat. Yaitu dengan cara sebagai berikut :
– Dengan memberikan pertanyaan pemantik kepada anak.
– Dengan memperlihatkan gambar dan menanyakan pada anak gambar apa itu ?
– Dengan memberikan kesempatan.pada anak umtuk.menggbat bebas dan menanyakn pada anak, gambar apa yang di gambar itu ?
– Dengan membiarkan anak membawa mainannya dari rumah dan.membiarkan anak menceritakan di depan kelas tentang mainannya itu.
Demikian yang bisa Saya sampaikan.
Terimakasih 🙏