silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Ir. Melly Latifah , M.Si
–
–
Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).
Tri Ekawati
NAMA : UMI KHOLIFAH
NIM : 857758009
Pada tayangan video “Anak sulit mengungkapkan pendapat”, pada bagian pembukaan dan bagian isi sudah sesuai dengan ilustrasi yang ingin disampaikan. Namun pada bagian penutup belum terlihat. Upaya-upaya yang dilakukan guru juga sudah bagus dari segi penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada, namun untuk evaluasi atau assesmen pembelajaran belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak juga sudah sesuai dengan materi pembelajaran serta sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku (anak mampu memahami bahasa ekpresif). Upaya-upaya atau strategi yang bisa ditambahkan atau dilakukan oleh guru. Diantaranya :
1. Berikan kebebasan pada anak untuk beropini dan berkreasi dalam melakukan sesuatu
2. Tidak membatasi anak namun cukup arahkan agar tetap pada jalur yang benar
3. Selalu berikan dukungan dan motivasi pada anak
4. Berikan apresiasi atau pujian ketika anak mencapai suatu pencapaian
5. Sering ajak anak untuk berdiskusi tentang berbagai hal sejak ia masih kecil
Setelah saya melihat tayang video yang berjudul “Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat” karena faktor kurangnya stimulasi bahasa aktif. Stimulus yang digunakan ibu guru sudah bagus. Hanya saja, guru harus membantu menstimulus anak untuk menambah perbendaharaan kata melalu beberapa cara, diantaranya :
1. Berikan tontonan film anak-anak yang memiliki perbendaharaan kata yang baik
2. Guru harus aktif berkomunikasi pada anak,l. Misalnya pada video di atas, guru mengajak berbicara anak pada jam istirahat/bermain.
3. Membacakan buku cerita pada anak. Setelah membacakan buku cerita, guru memberikan beberapa pertanyaan pada anak mengenai cerita yang dibacakan guru.
Kesulitan Berbahasa
Anak Kesulitan menyampaikan pendapat
Nama : Rafika Rusdiana
NIM : 858733261
PRODI : PG PAUD BI
menurut pengalaman dilembaga saya tempat saya mengajar, solusi yang bisa diberikan anak dalam kesulitan menyampaikan pendapat yaitu :
1. Guru memberikan stimulasi dengan sering mengajak anak bercakap-cakap dengan pertanyaan sederhana serta membantu anak untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan bahasa dan kata yang mudah dimengerti anak
2. banyak mengenalkan anak tentang lingkungan sekitar dan menyebutkan nama-nama benda di sekitar atau kejadian di sekitar, karena bisa jadi ketika anak sulit mengungkapkan pendapatnya anak tau apa yang ada di fikirannya tetapi belum bisa menyebutkan apa yang ada difikirannya. maka dari itu pengenalan objek-objek atau sering bercerita peristiwa itu penting untuk perkembangan bahasa anak.
Nama Devi Suciyanasari
Nim 857979709
Prodi PGPAUD
Setelah melihat video tentang mengatasi anak yang kesulitan mengungkapkan pendapat, saya menjadi tau bahwa anak yang kesulitan mengungkapkan pendapat karena kurangnya stimulasi bicara aktif
Maka tips untuk mengatasi nya adalah
1. Lemparkan pertanyaan tentang hal hal yang disukai anak
2. Perlihatkan gambar pada anak dan minta anak menceritakan apa yang di lihatnya
3. Minta anak menggambar bebas dan minta anak untuk menceritakan gambar yang dibuat didepan teman temannya di depan kelas
4. Minta anak menceritakan pada teman-teman nya didepan kelas tentang mainan yang dibawanya
Demikian pendapat dari saya
Atas perhatian Terimakasih
Nama: RANTI PASARIBU
Nim: 859873027
Prodi : PGPAUD BI
Setelah saya menonton video tentang Anak Sulit mengungkapkan pendapat
Video ini benar-benar nyata sering terjadi dan terlihat dalam dunia anak-anak yang masih tahap berkembang, anak-anak merasa kesulitan menyatakan apa yang ada dalam pemikirannya karena memang anak belum bisa berfikir lebih luas,dan belum memiliki kosa kata begitu banyak,namun bukan berarti sianak tidak mengetahui apa -apa hanya saja tidak tau mengungkapkan.
Jadi selaku kita seorang guru paud harus berusaha mencari solusi tentang hal tsb, karena sejak dini kita harua memantau dan menstimulasi anak dalam berbagai bidang,solusi yang diberikan ahli fsikologi sangat bagus dan bermanfaat apabila kita praktekan langsung dilapangan,dan alangkah baiknya ini menjadi beban guru paud juga, menggali terus sebanyak mungkin solusi untuk mengatasi anak yang sulit menyampaikan pendapat.
Semoga kita semua guru paud menjadi penerang bagi semua anak didiknya Amin
Dari video yang saya saksikan di portal guru online berjudul” Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat”
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya:
a).Dengan cara memberikan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang di sukai anak .
b).Perlihatkan gambar kepada anak kemudian minta pendapat anak tentang gambar tersebut.
c). Minta anak untuk menggambar bebas , kemudian minta anak untuk menceritakan gambar yang telah di buatnya kepada teman-temannya di depan kelas.
d). Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Nama : Siti Romlah
NIM : 858744612
Prodi : PGPAUD -BI
Setelah melihat vidio di atas yang berjudul ” Anak sulit mengungkapkan pendapat ” menurut pendapat saya tentang vidio tersebut kita sebagai guru harus melakukan langkah-langkah sebagai berikut
1. Memberi stimulasi
Stimulasi adalah kegiatan dimana kita mengajak anak berbicara secara pribadi dengan demikian anak tidak akan merasa malu atau takut ketika anak melakukan kesalahan saat berbicara .
2. Memberi sesuatu mainan atau benda yang ia sukai dan kita menyuruhnya untuk mendeskripsikan / mengukapkan tentang benda tersebut
3.memberikan kasih sayang sehingga dengan cara ini anak akan merasa nyaman dan rasa minder akan lambat laut akan hilang
4. Memberikan reward / pujian kepada mereka agar mereka senang dari apa yang telah dia lakukan dengan cara ini bisa di harapkan anak akan senang pergi kesekolah dan siap belajar bersama dengan teman tanpa ada rasa takut
Nama : Keny Kustiara Martha
NIM : 857239406
Prodi : PGPAUD BI
Setelah saya menonton video tentang “anak sulit mengungkap pendapat”
Tidak semua anak mampu mengemukakan pendapatnya dengan baik. Saat diminta berkomentar tentang sesuatu, yang harus dilakukan guru dalam menstimulasi anak yaitu memberikan menjelasan disaat hendak melakukan aktivitas bersama anak, memberikan kebebasan pada anak untuk berkreasi dalam melakukan sesuatu hal, selalu berikan dukungan dan motivasi pada anak, beri pujian ketika anak mencapai suatu pencapaian, dan ajak anak untuk berdiskusi berbagai hal sederhana yang membuatnya berani mengeluarkan pendapat sendiri.
Terima kasih.
Bismillah, assalamualaikum..
Menurut saya video mengenai cara mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapat sudah bagus, dimana dapat dilihat masalahnya yaitu ketidak beranian anak untuk bertanya dan menjawab pertanyaan guru. Dan dalam tayangan video guru mengadakan strategi, pendekatan, metode dan media yang menarik. Yaitu dengan cara melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Dan menurut saya untuk mengatasi masalah ini, guru dapat memulai dengan memperbanyak mengenalkan kosakata pada anak dan melakukan kegiatan tanya jawab atau bercakap-cakap agar termotivasi.
Sekian dan terimakasih
NIM : 857599343
berdasarkan vidio diatas bisa kita pahami bahwa karakter setiap anak berbeda-beda ada yang mudah bergaul, ada yang sudah bisa bermain peran sebagi supir dan penumpang dan adanya interaksi dua arah yang anak lakukan. akan tetapi, ada beberapa anak yang ketika ditanya oleh guru menjawab tidak tahu. ini ada beberapa catatan bisa jadi anak malas menjawab, atau anak sedang asyik bermain atau anak bingung bagaimana cara menyampaikannya. untuk anak-anak yang masih kurang dalam menyampaikan pendapatnya ini dapat dilakukan beberapa hal seperti mengajaknya bercerita tentang hal yang menarik, meminta anak menggambar lalu bercerita tentang apa yang sudah mereka gambar,dan bisa dengan membiasakan anak membaca buku sebelum tidur.