silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Ir. Melly Latifah , M.Si
–
–
Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).
Tri Ekawati
Nama: nurul Mutmainnah Mahmuda
Nim: 859406239
PGPAUD
Anak sulit mengemukakan pendapat
Pada video tersebut anak tidak mempu mengemukakan pendapatnya jika di tanya oleh gurunya. Maka tips yang di berikan adalah,guru menstimulus anak dengan menayai kesukaannya, berserita di depan teman kelasnya dan menggambar bebas dan menceritakan gambarannya di depan temannya. Cara ini bisa untuk merangsang pendapat-pendapat atau jawaban yang harus di jawab jika di tanya.
Menurut saya video ini sangatlah menarik bukan hanya sisi tipsnya saja tapi dari segi masalah yang selama ini di rasakan oleh sebagian orang. Mengerti akan psikologi anak juga sangatlah rumit maka kita sebagai guru harus sering mengamati dan mencari solusi yang inovatif dalam pengembangannya.
Nama : 857167908
NIM : 857167908
Prodi : PGPAUD BI
Pendapat saya,memang benar sekali bagi anak usia dini masalah mengemukakan pendapat itu masih sangat kurang di masa ini. Karena anak usia dini ini masih belajar dalam bersosialisasi dan masih baru atau masih beradaptasi dengan lingkungan baru yaitu lingkungan sekolah. Karena anak usia dini ini masih dalam tahap perkenalan dengan lingkungan yang lebih besar dan masih malu-malu dengan orang baru bahkan bisa di katakan masih acuh dengan orang baru. Jadi tugas guru di masa ini adalah selalu menanyakan hal-hal kecil ke anak-anak sanoai si anak ini terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan guru dan akhirnya si anak ini paham bahwa guru ini sedang bertanya atau menanyakan sesuatu hal yang sedang dia lakukan.
Disinipun tugas guru adalah menumbuhkan rasa keberanian si anak dalam mengemukakan pendapat,bisa di pancing dengan permainan kuis atau tebak gambar.
Nama : LENNI PANDIANGAN
NIM : 856487129
PRODI : PGPAUD
Saya terinsprirasi setelah melihat video tersebut, dimana apa yang sudah dilakukan guru tersebut sudah benar. Guru dapat berkomunikasi dengan anak-anak dengan memberikan pertanyaan-pertanyaaan tentang apa yang disukai seperti Filim apa yang kamu sukai, warna apa yang kamu sukai, guru juga memperlihatkan gambar dan meminta pendapat anak tentang gambar tersebut, guru juga memberikan anak-anak untuk menggambar bebas dan menceritakan gambar tersebut di depan teman-temannya. Dari semuanya itu dapat memancing anak untuk berbicara atau menyampaikan pendapatnya di depan teman-temannya. Jika ini terus dilakukan maka akan menumbuhkan semangat anak dan terbiasa untuk mengungkapkan pendapat tampa ditanya terlebih dahulu
Nama : Gabriela
Nim : 859413456
Prodi : S1 PGPAUD
Setelah menonton tayangan video “anak kesulitan mengemukakan pendapat”, seringkali hal itu terjadi karena anak kurang mendapat stimulasi bahasa yang aktif. Pada video tersebut, menurut saya stimulus gang diberikan guru sudah sangat bagus, dimana guru mengajak anak-anak untuk bertanya jawab serta menggunakan alat peraga yang bisa menarik perhatian anak. Menurut saya, hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapatnya adalah:
1. Lakukan pendekatan kepada anak
2. Berilah stimulasi bahasa yang aktif kepada anak
3. Berikan motivasi kepada anak
4. Beri reward kepada anak yang berani mengungkapkan pendapatnya
Nama : faridah
Nim : 859405158
Prodi : pg paud
Assalamualaikum
Setelah menyimak vidio diatas “anak sulit mengungkapkan pendapat ” Menurut saya sangat setuju degan vidio diatas kesulitan mengemukakan pendapat degan cara apa dan bagaimana.. Sebagai pendidik kita harus pandai mencari cara agar anak bisa mengemukakan pendapatnya degan baik dan tepat.
Nama : Ade Inda Reny S
NIM : 859405506
PRODI : S1 PGPAUD
Anak yang sulit mengungkapkan pendapat sudah sangat sering kita temui di sekolah. Setelah melihat cuplikan video di atas, menurut saya stimulasi yang dilakukan guru sudah sangat bagus. Guru memberikan pertanyaan atau kata-kata yang mudah di mengerti anak, sehingga anak pun juga akan dapat menjawab pertanyaan yang di sampaikan guru.
Pendekatan diri kepada anak, sering berkomunikasi dengan kalimat sederhana dan sering mengajak anak bernyanyi dan bercerita bersama akan dapat menstimulasi perkembangan bahasa anak.
nama : Liqyana
Nim : 858750039
setelah menyaksikan video di atas, saya semakin memahami bahwa peran guru sangat penting dalam mengembangkan kompetensi anak, dalam situasi ini adalah aspek pengembangan bahasa. bagaimana guru harus mampu memberikan stimulus-stimulus untuk menggali potensi anak. saya sangat setuju dengan berbagai cara yang telah dilakukan guru untuk melatih kemampuan anak mengungkapkan pendapat. hal yang menarik bagi saya adalah guru menggunakan hal-hal yang dekat dengan anak, seperti gambar yang dibuat, mainan kesayangannya yang tentunya memiliki nilai lebih dimana anak akan lebih mudah mengungkapkan pendapat untuk sesuatu yang sudah sangat dikenal dan dipahaminya.
nama : BARICHAH NURUL ISLAMIAH
NIM : 858748594
PGPAUD – BI 2023
POKJAR LAMONGAN
Setelah melihat video ” ANAK SULIT MENGUNGKAPKAN PENDAPAT”. menurut saya adalah penyebab anak kesulitan dalam mengemukakan pendapat tidak hanya terjadi karena merasa kurang percaya diri, namun bisa jadi ada trauma yang mendalam dari masa lalu, dan juga topik pertanyaan yang tidak ia sukai.
cara agar anak dapat mengungkapkan pendapatnya adalah
1. Memberi pertanyaan yang disukai anak
2. membangun rasa percaya dirinya
3. sampaikan pertanyaan dengan sopan dan penuh senyuman
4. usahakan saat bertanya tidak dengan nada yang tinggi, yang bisa menakuti anak
NAMA : NI PUTU NONI NOVIANA DEWI
NIM : 859023724
Saya setuju dengan metode yang di gunakan di dalam penanganan anak yang sulit di dalam mengungkapkan pendapat mengapa demikian karena saya merasa sangat penting bagi anak di dalam mengungkapkan pendapatnya agara kita bisa mengetahui apa yang sedang di alami anak dan bagaimana perasaannya atau kita dapat mengetahui lebih dalam tentang karakteristik anak tersebut.Sehingga upaya yang dapat di lakuakan selain yang ada pada video di atas adalah :
1.Dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk beropini atau mengeluarkan gagasannya dan idenya sehingga anak akan merasa di hargai dan rasa percaya dirinya pun akan muncul.
2.dengan kita tidak membatasi anak dalam melakukan berbagai hal namun tetap kita sebagai guru ataupun orang tuannya tetap memantau dan mengarahkan anak ke jalur yang benar
3 Dengan Kita memberikan anak sebuah dorongan berupa dukungan ,motivasi dan apresiasi atas yang mereka ungkapkan .
4.Dengan kita juga harus lebih sering mengajak anak berkomunikasi dan berdiskusi untuk merangsang anak mengeluarkan pendapatnya.
setelah melihat tayangan video tersebut saya memahami cara supaya anak bisa mengemukakakan pendapatnya yaitu:
1. memberikan pertanyaan yang disukai anak
2. Tunjukkan gambar kepada anak kemudian minta pendapat mengenai gambar tersebut
3. minta anak menggambar bebas kemudian minta anak menceritakan di depan teman-teman dalam satu kelas
Biasanya yang saya lakukan saat disekolah yaitu memberikan kesempatan anak untuk berpendapat ketika membuat kesepakatan bermain yang aman, caranya anak dan guru duduk di dalam lingkaran kemudian guru mengatakan kita akan membuat kesepakatan bermain, coba lihat gambar ini menurutmu gambar ini tentang apa ya anak mengatakan “itu lagi rebutan mainan”, “itu perbuatan tidak baik” kemudian guru menanyakan satu persatu anak apakah kalian setuju dengan pendapat teman tersebut, lalu guru mengatakan apa yang dilakukan supaya bisa bermain dengan baik lalu ada teman yang mengatakan berbagi, mainannya dipinkamkan teman, dll guru menulis jawaban semua anak lalu mencari benang merah sambil mengatakan apakah yang dimaksud dengan kalian berbagi dengan teman apakah seperti ini, jika anak menyetujui guru menuliskan kalimat tersebut dan ada bantuan gambar yang memudahkan anak mengingat kesepakatan tersebut.
kegiatan ini dapat diulangi setiap hari sehingga anak termotivasi untuk mengungkapkan pendapatnya.