silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Menurut saya Vidio di atas suda menjelaskan dgn baik bagai mana
guru menyampaikan huruf (A,B,C,)yang sering salah penyebutannya dan sering terbalik saat penyusunannya mana yang huruf A ,b,c padahal guru sudah menjelaskan dengan jelas serta membuat metode yang berbeda beda supayah anak dapat lebih faham dengan metode pembelajaran yang berbeda-beda itu.
sedikit saran kalau bisa dapat ditambahkan lagi cara pembelajarannya dengan metode memberi warna pada huruf b,d,p supaya anak bisa membedakan huruf melalui warna-warna yang ,maaf kalau salah
Menurut saya Vidio di atas suda menjelaskan dgn baik bagai mana
guru menyampaikan huruf (A,B,C,)yang sering salah penyebutannya dan sering terbalik saat penyusunannya mana yang huruf A ,b,c padahal guru sudah menjelaskan dengan jelas serta membuat metode yang berbeda beda supayah anak dapat lebih faham dengan metode pembelajaran yang berbeda-beda itu.
sedikit saran kalau bisa dapat ditambahkan lagi cara pembelajarannya dengan metode memberi warna pada huruf b,d,p supaya anak bisa membedakan huruf melalui warna-warna yang ,maaf kalau salah
Assalamualaikum,nama: Ike Nurjanah,Nim:856796489, menurut saya Vidio di atas menjelaskan dgn baik bagai mana guru menyampaikan huruf (A,B,C,)yang sering salah penyebutannya dan sering terbalik saat penyusunannya mana yang huruf A ,b,c padahal guru sudah menjelaskan dengan jelas serta membuat metode yang berbeda beda supaya anak dapat lebih faham dengan metode pembelajaran yang berbeda-beda itu. Maaf kalau salah
NAMA : MIRNA RISMALA
NIM : 858167807
POKJAR : MAGETAN
Dalam video ini anak tidak dapat membedakan beberapa huruf yang sama seperti b, d, & p. Dalam hal ini, guru mengajarkan anak sudah bagus. Pembelajaran pertama untuk memotivasi anak guru memberikan contoh huruf A-Z dengan media, kemudian mempelajari contoh-contoh beberapa huruf yang sama membentuk 2 kata sederhana. Anak-anak untuk meraba bentuk huruf-huruf tersebut dengan menggerakkan tangan anak-anak mengikutinya kemudian kita menuliskan di depan yaitu di papan tulis huruf-huruf tersebut dan menyebut nama-namanya dengan lantang atau jelas kemudian anak-anak disuruh untuk mencoba maju ke depan dan menulis huruf sembari menyebutkan nama huruf tersebut. Berilah riwardt untuk anak-anak yang sudah melakukannya dan berilah dukungan untuk anak-anak yang belum melakukannya agar bersemangat dan tidak ragu ataupun takut takut hal tersebut dapat diulang berkali-kali agar anak dapat menghafal dan mengingat materi pembelajaran. Terimakasih
Nama : Puji Widya Kasih
NIM : 858850833
PRODY : S1 PG-PAUD
mohon ijin mengikuti diskusi
Menurut saya guru tersebut sudah bagus dalam menyampaikan materi pembelajaran. Akan tetapi kurang adanya komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik. Media pembelajaran yang digunakan sudah cukup bagus, dengan tulisan yang besar dan huruf warna – warni. Mungkin sedikit tambahan untuk bahan pelengkap bisa menambahkan Alat permainan yang lebih menarik .
Atau dengan memberi tulisan pada area- area yang ada dikelas. Misalnya kita menepelkan tulisan ” pintu ” pada pintu , papan tulis , dinding dan lain sebagainya, dengan anak melihatnya setiap hari , anak anak akan lebih cepat mengenal huruf.
terimakasih
NAMA ; ERNAWATI
NIM :859170363
PRODI :PGPAUD
Dari vidio diatas sangat menbantu anak untuk mengenal persamaan dan perbedaan huruf dari huruf yang memiliki kesamaan seperti huruf b, d, p, akan tetapi menurut saya harus dilatih untuk menggunakan penisil untuk melatih secara riil bukan hanya dalam bentuk gerakan atau peragaan dan imajinasi karna menurut saya pemahaman anak dalam suatu materi bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan guru.
vidionya sangat menarik karna bisa menovivai guru- guru yang lain untuk lebih mengena dalam menyampaikan materi sesuai dengan kemampuan dan minat anak.
Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang sama, assalamualaikum,nama: Ike Nurjanah,. Nim:856796489
Menurut saya Vidio diatasMenurut saya vidio diatas guru sudah menjelaskan dengan baik bagaimana cara menyampaikan huruf (a,b,c) yang sering salah penyebutannya dan sering terbalik saat penyusunannya mana yang huruf a,b,c padahal guru sudah menjelaskan dengan jelas serta membuat metode yang berbeda beda supaya anak dapat lebih faham dengan metode pembelajaran yang berbeda-beda itu.
sedikit saran kalau bisa dapat ditambahkan lagi cara pembelajarannya dengan metode memberi warna pada huruf a,b,c supaya anak bisa membedakan huruf melalui warna-warna yang berbeda. Maaf kalau ada yang salah🙏🙏
Nama : Raifa Azazia Mustaqim
Nim : 858308109
Prodi :S1 PGPAUD
Menurut pendapat saya, apa yang dilakukan oleh guru tersebut dalam mengajarkan lambang bilangan huruf, khususnya untuk huruf yang sering dibaca dan ditulis terbalik oleh anak-anak sangat lah bagus. Di mana pertama-tama guru mengenalkan bentuk hurufnya, lalu menyuruh anak membedakan antara huruf b dan p, kemudian cara pelafalan antara ke dua huruf tersebut, dan yang terakhir menyuruh setiap anak untuk dapat menulis huruf tersebut. Cara-cara yang dilakukan oleh guru tersebut sangatlah baik menurut saya untuk dilakukan. Karena dengan setiap proses tersebut anak dapat mengingat dan mampu membedakan kedua huruf tersebut dengan sangat benar.
Assalamualaikumwr.wb
Nama : Arni Yuslianti Arif
Nim : 859413764
Jurusan : PGPAUD Masukan Sarjana, semester II
Pokjar Gowa
– Dari tayangan video yang saya lihat dengan judul ” Anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip ”
Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip seperti huruf b,d dan p, sehingga kadang anak menulis terbalik antara huruf b,d dan p. seperti video yang saya lihat cara guru menyampaikan kepada anak – anak sudah baik dengan suara yang lantang sehingga anak mudah untuk mendengarnya, dan guru sudah memberikan beberapa contoh melalui gambar, tulisan dan menulis di angkasa contoh huruf b,d dan p, agar membuat anak lebih tertaik dan menarik mungkin bisa diberikan contoh dengan cara bernyanyi sambil menyebut huruf b,d dan p, dan juga bisa memberikan contoh dengan menggunakan bunyi-bunyian isyarat,dengan biji-bijian / batu-batuan dan plastisyn untuk membentuk huruf b,d an p.
Terima kasih
nama : Atikah Nur Azizah
nim : 857494729
program Studi : S1 PGPAUD Masukan Sarjana
a. Identitas Video
judul : Anak Tidak dapat mebedakan huruf yang mirip
nama pengembang video : Netti Hernawati
lokasi : Ruang kelas
kelompok : B
ringkasan materi dalam video : seorang guru yang sedang berupaya menerapkan solusi pada anak usia dini dalam mengenalkan huruf yg terlihat sama namun berbeda, guru membuat upaya dengan membuat gambar huruf yang besar, lalu mengajak anak untuk merapa huruf membunyikan setiap huruf dengan suara yg berbeda.
b. guru sudah mnenerapkan assesmen dan evaluasi pada anak terlihat saat penyampaian dalam prosespengenalan huruf guru meminta anak anak untuk mengikuti apa yg diintruksikan lalu anak diminta menunjuk huruf huruf yang disebutkan serta anak diminta menuliskan huruf dalam angkasa untuk dilihat sejauh mana anak memahami perbedaan dari masing-masing huruf.
c. untuk perbaikan yang disaranakn dalam video tersebut adalah seorang guru bisa juga mengadakan evaluasi dan asesmen terhadap masing masing anak secara bertahap agar setiap anak dapat diketahui sejauh mana pemahaman yang didaptkan