silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,319 Comments

  1. Nama : Andriyani
    NIM. : 857949981
    UBJJ : Yogyakarta
    Pokjar Muntilan
    PGPAUD Semester 8

    Metode yang sudah dilakukan oleh guru pada video tersebut sudah tepat, yaitu mengenalkan huruf yang mirip dengan pengembangan bahasa yaitu mencontohkan cara menyebutkan huruf, Pengenalan simbol-simbol huruf yang mirip, seperti huruf b d p dengan menuliskannya dan gerakan tubuh anak yg membentuk letak setengah lingkaran. Hanya saja pada video tersebut guru masih terkesan monoton meskipun guru menunjuk anak yang dianggap belum mampu, untuk maju menuliskan di depan ( Papan tulis ). Tetapi sebagian besar anak yang lain hanya duduk. Mungkin guru juga dapat menggunakan alat peraga yang dapat lebih menarik minat belajar anak.
    Terima kasih

  2. nama : Defie Sewesty
    nim ; 859506069

    dalam video di atas menjelaskan cara guru mengenalkan simbol-simbol huruf kepada anak murid. sebelum anak mengenal dapat menulis huruf memang sebaiknya anak dikenalkan dengan konsep huruf terlebih dahulu.anak perlu dikenalkan dengan simbol-simbol huruf dikarenakan terdapat beberapa huruf yang mempunyai kemiripan seperti huruf b,d, dan p . setelah guru mengenalkan konsep dan simbol huruf ajak anak juga untuk dapat menulis huruf tersebut di angkasa dan di papan tulis dengan terus di dampingi cara menulis dengan baik jika memang mendapatkan anak yang kesulitan menulis, namun jika ada anak yang berhasil layak di apresiasi.

  3. Nama : Kusuma Wardani
    Nim : 822959425
    Pokjar : Sakra

    Setelah menonton video pada laman Guru Pintar Online tersebut ada beberapa hal yang saya temukan, salah satunya itu tentang bagaimana cara seorang guru dalam memperkenalkan perbedaan dari huruf-huruf yang sama seperti huruf “b”, huruf “d” dan huruf “p”. Cara-cara yang di tampilkan pada video tersebut yaitu membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba dalam mengambil huruf-huruf yang sesuai dengan yang di instruksikan, mengajak anak meraba-raba setiap lambang bilangan tersebutdengan media sterofom dan yang terakhir anak-anak di ajak untuk menulis huruf-huruf tersebut di angkasa sesuai dengan arahan gurunya.
    Kelemahan dari tayangan video tersebut yaitu guru tersebut terlalu cepat dalam memberikan tugas-tugas kepada anak, contohnya menyuruh anak menulis huruf-huruf tersebut di papan tulis. Menurut saya sebelum seorang guru menyuruh anak menulis huruf-huruf tersebut di papan alangkah lebih baiknya anak-anak di ajak untuk menulis masing-masing huruf tersebut di pasir menggunakan dua jari mereka yaitu jari telunjuk dan jari tengah.

  4. Nama Mahasiswa : Habibah
    NIM: 859150956

    • Respons anak dalam video memperlihatkan bahwa ia sudah mampu memahami dan mengikuti instruksi dari guru.
    • Kelemahan yang tampak pada guru dalam video adalah metode pengajarannya yang masih monoton, hanya mengandalkan demonstrasi. Untuk anak usia dini, sebaiknya digunakan beragam media yang lebih menarik dan interaktif.
    • Guru sudah berhasil menciptakan kondisi kelas yang kondusif, sehingga anak dapat membedakan huruf-huruf yang memiliki bentuk serupa.
    • Keunikan guru tersebut terlihat dari tutur kata dan bahasa yang lembut, ditambah dengan ekspresi ceria yang konsisten, sehingga anak-anak merasa nyaman dan aman di dekatnya.
    • Saran: Guru disarankan untuk lebih banyak melibatkan aktivitas bermain dan memanfaatkan berbagai media pembelajaran agar proses belajar menjadi lebih menarik dan meninggalkan kesan positi

  5. Nama : Linawati
    Nim :858458804

    Dalam vidio yang saya lihat guru menjelaskan cara membedakan huruf yang mirip pdb yang oleh anak- anak sering ditulis terbalik,guru dalam mengajarkan perbedaan huruf dengan cara mengulang -ulang dalam sebuah kata,juga menuliskan huruf dengan cara menulis di angkasa, jadi anak belajar menulis huruf sambil bermain sehingga anak merasa enjoy dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru,karena dalam pembelajaran tidak ad pemantikan yang dilakukan oleh guru.

  6. Nama saya puji lestari
    Nim : 855842472
    Menurut saya mengenai video tersebut yang mengangkat masalah anak tidak dapat membedakan huruf yang sama. Sebagai seorang guru kita sering menjumpai anak yang memiliki masalah seperti ini. Adapun cara mengatasinya yang sudah dilakukan oleh guru pada video ini, menurut saya sangatlah cocok. Karena dalam mengajarkan anak untuk mengenal huruf yang hampir sama bentuk nya, perlu adanya pengulangan dalam menyebutkannya. Serta memberikan contoh kata dari huruf awalan tersebut. Misalnya b untuk bola, d untuk durian, dan p untuk pisang. Serta dengan menyebutkan katanya anak akan mudah ingat bahwa huruf tersebut untuk nama benda yang sudah ditentukan. Serta kita juga dapat mengajarkan huruf-huruf tersebut dengan meminta anak menuliskannya di angkasa.

  7. Restu Nurhasanah
    857441055
    Dari Video yang saya lihat Pada video pembelajaran PAUD yaitu pengembangan kognitif PAUD yg berjudul Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip bahwa terdapat anak anak yang tidak dapat membedakan huruf, fenomena anak yang sering menulis huruf terbalik memiliki persepsi keliru terhadap huruf tertentu. Huruf yang ditulis terbalik oleh anak antara lain b, d, dan p. Berikut ini guru memiliki beberapa cara dalam mengatasi anak yang menulis terbalik:
    1.ajak anak membaca bersama yang mengandung kata huruf b, d, dan p misalnya :papa dodi, beli buku, papa bobo.
    2. Jelaskan kepada anak bahwa dari dua kata tersebut diawali dgn huruf yg sama, ucapkan kata perkata secara berulang ulang sampai anak memahami perbedaan bunyi dr masing-masing kata dari huruf yang memiliki kemiripan.
    3.minta anak menuliskan diangkasa masing masing huruf b, d, dan p dengan mengangkat tangan keatas.
    4. Minta beberapa anak untuk menunjukkan huruf b, d, dan p dengan kartu huruf dibimbing oleh ibu guru.
    5. Berikan penguatan kepada anak yang sdh berhasil dan berikan bimbingan kepada anak yang belum berhasil.

  8. Restu Nurhasanah
    857441055
    Pada video pembelajaran PAUD yaitu pengembangan kognitif PAUD yg berjudul Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip bahwa terdapat anak anak yang tidak dapat membedakan huruf, fenomena anak yang sering menulis huruf terbalik memiliki persepsi keliru terhadap huruf tertentu. Huruf yang ditulis terbalik oleh anak antara lain b, d, dan p. Berikut ini guru memiliki beberapa cara dalam mengatasi anak yang menulis terbalik:
    1.ajak anak membaca bersama yang mengandung kata huruf b, d, dan p misalnya :papa dodi, beli buku, papa bobo.
    2. Jelaskan kepada anak bahwa dari dua kata tersebut diawali dgn huruf yg sama, ucapkan kata perkata secara berulang ulang sampai anak memahami perbedaan bunyi dr masing-masing kata dari huruf yang memiliki kemiripan.
    3.minta anak menuliskan diangkasa masing masing huruf b, d, dan p dengan mengangkat tangan keatas.
    4. Minta beberapa anak untuk menunjukkan huruf b, d, dan p dengan kartu huruf dibimbing oleh ibu guru.
    5. Berikan penguatan kepada anak yang sdh berhasil dan berikan bimbingan kepada anak yang belum berhasil.

  9. Nama : Nurlia
    Nim : 857467792
    Pokjar : Kuningan

    Pada video tersebut menjelaskan cara membedakan huruf yang mirip seperti b,d,p dan sering ditulis terbalik dan sering ditulis terbalik oleh anak pada usia 4 tahun, di video ini cara mengatasi permasalahan anak yang menulis huruf terbalik, cara guru mengatasinya adalah dengan cara guru harus memahamikan konsep huruf terlebih dahulu. Anak perlu di perkenalkan dengan jelas mengenai simbol-simbol yang mencirikan huruf-huruf, serta membedakan bunyi dari huruf-huruf. Guru mengajarkan langkah-langkah untuk menulis huruf b,d,p dengan tepat.

  10. NAMA : JULITA EVRENSI
    NIM: 856837957
    UPBJJ: BENGKULU
    POKJAR: KAUR
    MK: KEMANTAPAN KEMAMPUAN MEGAJAR (PAUD4304).

    Pada video diatas menjelaskan tentang bagaimana cara guru mengatasi anak yang kesulitan membedakan huruf, pada anak usia 4 tahun. Permasalahan di video tersebut memaparkan anak kesulitan membedakan antara huruf b, d, dan p.
    Permasalahan tersebut seperti anak menulis huruf terbalik. Pada video diatas cara mengatasi permasalahan anak yang menulis huruf terbalik, cara guru mengatasinya adalah dengan cara guru harus mengenalkan konsep huruf terlebih dahulu. Anak perlu diperkenalkan dengan jelas mengenai simbol-simbol yang mencirikan huruf-huruf, serta membedakan bunyi dari huruf-huruf. Serta kita juga dapat mengajarkan huruf-huruf tersebut dengan meminta anak menuliskannya di angkasa.

Leave a Reply