silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama : Nia Ruswanti
Nim : 857199255
Prodi : PGPAUD
mohon izin menanggapi video diatas, menurut saya dari kandungan video tersebut menceritakan seorang guru sedang mengajar dikelas, kemudian dikelas tersebut beliau mengalami penomena anak didiknya masih kesulitan dalam membedakan huruf yang mirip misalnya seperti huruf “b, d, dan p”. beliau mencari cara agar anak didiknya tidak keliru lagi dalam membedakan huruf. mulai dari pemahaman konsep, pengenalan huruf-huruf tersebut dengan warna yang berbeda sehingga anak dapat membedakan jenisnya melalui warna dan simbol-simbol cirinya huruf demi huruf. sehingga anak pun dapat menulis dengan baik di papan tulis secara bergantian.
Nama : Aulia fadhillah karsito
Nim : 857443754
Menurut saya dari video di atas cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan, berpendapat tentang huruf tersebut, masih kurang jelas dan monoton
Seharusnya guru harus mengajak anak untuk membaca bersama, contoh nya huruf A bisa menjadi kata Ayam, dan B bisa menjadi kata Bola
Nama : Aulia fadhillah karsito
Nim : 857443754
Menurut saya dari video di atas cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan kata yang mereka pikirkan, berpendapat tentang huruf tersebut, masih kurang jelas dan monoton
Seharusnya guru harus mengajak anak untuk membaca bersama, contoh nya huruf A bisa menjadi kata Ayam, dan B bisa menjadi kata Bola
Guru bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk mengucapkan kalimat atau kata yang ada di pikiran meraka
Nama Saya : ETA
Nim : 858188176
Dalam video Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip,guru sudah memperkenalkan konsep huruf terlebih dahulu kemudian perlu juga memperkenalkan dengan jelas simbol-simbol yang mencirikan hurup demi hurup yang memiliki kemiripan yang sulit di bedakan dengan
Langkah ajak anak membaca dengan kata yang mengandung hurup b,d dan p, mengucapkan kata perkata berulang-ulang sampai anak memahami dan minta anak menulis di angkasa dan papan tulis dengan bimbingan dan arahan membuat anak merasa nyaman.
Nama : Janti kurniasih
NIM : 857197695
Terima kasih video seri pembelajarannya tentang anak yang kesulitan membedakan huruf b, d, dan huruf P. Saya jadi banyak belajar dan merasa terbantu sekali tentang proses bagaimana mengajarkan kepada anak didik saya yang mengalami kesulitan dalam membedakan ketiga huruf ini.
Nama : Sandra nevy audita
Nim : 857514995
Video diatas menampilkan usaha seorang guru di pendidikan anak usia dini untuk membantu anak yang mengalami kesulitan menulis lambang bilangan terbalik. Berikut adalah analisis pendekatan yang digunakan:
– Penggunaan lambang bilangan berukuran kertas folio memudahkan anak dalam memahami bentuknya dengan lebih baik.
– Anak diajak untuk meraba bentuk lambang menggunakan media sterofom, yang sesuai dengan gaya belajar kinestetik.
– Aktivitas berlomba untuk mengambil gambar lambang bilangan menambah kesenangan dan meningkatkan motivasi belajar anak
– Penghargaan berupa stempel bintang atas hasil baik membantu meningkatkan kepercayaan diri anak dan mendorong mereka untuk berusaha lebih.
– Anak diberikan tugas untuk menebalkan lambang bilangan, yang membantu mereka memahami teknik penulisan yang benar.
– Aktivitas puzzle untuk anak yang mengalami kesulitan menunjukkan perhatian guru terhadap kebutuhan masing-masing anak.
Video ini menunjukkan praktik pengajaran yang fleksibel dan menyenangkan, yang membantu anak mengatasi kesulitan dalam menulis lambang bilangan dengan cara interaktif dan mendukung perkembangan mereka.
Nama : Yuliana Tasia
Nim :859293216
Mohon izin menjawab
Anak Tidak dapat membedakan huruf yang mirip.
1.Reaksi anak-anak terhadap kegiatan pembelajaran anak bersemangat dan aktif untuk mendengarkan penjelasan dari guru dan aktif menjawab pertanyaan mengenai huruf.
2.kelemahan guru dalam mendidik anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip yaitu: Guru menjelaskan dan memberikan contoh sangatlah cepat seharusnya perlahan-lahan dalam menjelaskan kepada anak-anak.
3.Kelebihan guru dalam mendidik anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip yaitu:Guru bersemangat untuk menjelaskan dan memberi contoh gerakan -gerakan untuk menjadi sebuah huruf.
4.hal unik yang saya temukan dalam video yaitu: anak cepat memahami apa yang di jelaskan guru dan anak mental ingin mencoba di depan kelas untuk menulis huruf.
5.Upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan yaitu:sebaiknya menjelaskan huruf yang mirip dengan membuat kreasi gerakan sambil bernyanyi sehingga anak tidak bingung dalam membedakan huruf yang mirip.
Assalamualaikum.wr.wb
nama : Nur Azizah Fillaili Hasanah
NIM : 858613336
Tanggapan saya pada video tersebut
Guru mengajarkan anak mengenal huruf-huruf yang mirip seperti huruf b,p,d. anak-anak dalam video tersebut mampu mengikuti arahan guru ketika mempraktekkan dan menyebutkan huruf tersebut. tindakan guru pada video tersebut dapat bermanfaat dan menjadi referensi bgi anak murid saya yang masih sulit membedakan huruf-huruf yang hampir mirip tersebeut.
sekian
Wassalamualaikum.wr.wb
Izin memberikan Refleksi pada forum diskusi ini,
saya Alsha Novinda
Nim 856837355.
Video diatas menggambarkan seorang pendidik yang sedang memberikan konsep pembelajaran kepada anak usia dini yaitu usia 3-4 tahun mengenai pengenalan huruf b, d dan p.
Anak sering keliru menyebutkan ke-3 huruf tersebut karena bentuknya yang hampir sama, namun dalam video tersebut seorang guru dapat memberikan langkah yang efektif agar anak dapat memahami huruf b,d dan p dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Mengajak anak menuliskan bunyi huruf b,d dan p di papantulis,
2. Mengajak anak untuk membaca e kata yang diawali dengan huruf yang sama seperti “beli buku”.
Nama : Nur Isnaeni
NIM : 857849123
Tanggapan saya mengenai video anak yang masih sulit membedakan huruf b,d, dan p
Dalam video tersebut guru menjelaskan dengan cukup baik melalui media yang sudah dibuat oleh pendidik,setiap pendidik mempunyai cara agar para siswa mampu memahami apa yang diutarakan guru. Untuk lebih menunjang kegiatan di satuan PAUD anak anak bisa diberi tambahan dengan loose part atau ragam main lainnya yang dapat menunjang kegiatan belajarnya. Dan selalu berikan dukungan kepada anak.