silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama: Dany Irvina Safitri
Nim: 857994235
UPBJJ: Yogjakarta
Salut: Payaman
menurut saya dalam vidio menggambarkan pendekatan yang kreatif dan interaktif yang dilakukan oleh seorang guru untuk membantu anak anak yang kesulitan membedakan dan menukis lambang bilangan atau huruf yang mirip. guru memberikan stempel bintang pada lembar kerja anak anak yang berhasil, dapat meningkatkan motivasi dn kepercayaan diri anak anak. dengan oenyesuaian dan penekanan keterampilan yng lebih luas, pendekatan ini dpat menjadi lebih efektif. juga dapat memberika contoh bagi guru guru lain yang memiliki kendaka yang sama.
Nama : Khoirun Nisa’
NIM : 877319751
Uppbj : Malang
Pokjar : Joyoboyo kota kediri
Video tersebut sangat inspiratif, menunjukkan pendekatan kreatif dan sistematis seorang pendidik PAUD dalam membantu anak mengatasi kesulitan membedakan huruf b, d, dan p. Langkah-langkah seperti membaca bersama, menjelaskan perbedaan bunyi, menulis di udara, dan latihan di papan tulis sangat efektif untuk memperkuat pemahaman anak. Penguatan positif dan bimbingan berkelanjutan juga mencerminkan perhatian guru terhadap perkembangan individu anak. Pendekatan ini patut diapresiasi karena sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini.
Nama: Nur Hidayatun Nikmah
NIM: 877702251
UPBJJ: Semarang
Menurut saya guru sudah menjelaskan pengenalan huruf yang mirip dengan sangat baik dan memberikan contoh hurufnya agar anak dapat membedakan huruf-huruf yang mirip. Anak juga sangat antusias saat mendengarkan guru dan terlibat langsung saat guru menjelaskan.
Namun menurut saya, lebih baik menggunakan beragam alternatif untuk mengenalkan huruf yang mirip agar anak lebih cepat paham dan membedakan huruf yang mirip. Serta meminta anak untuk langsung mempraktikan agar anak-anak lebih semangat dan mengetahui anak-anak yang belum mampu membedakan huruf yang mirip.
Terima kasih.
Salam sukses semua, salam kenal
Nama : Maria Appang Allo
Nim: 859917927
Upjj : UT JAYAPURA
Pada video di atas tampak anak sulit membedakan huruf yang sama seperti huruf: b,d,P
Menurut saya strategi yang bisa digunakan guru adalah:
Berikut beberapa tips untuk membantu anak yang kesulitan membedakan huruf yang mirip:
1. Menggunakan kartu huruf: Buat kartu huruf yang besar dan jelas untuk membantu anak membedakan huruf.
2. Menggunakan warna: Gunakan warna yang berbeda untuk membedakan huruf yang mirip.
3. Menggunakan contoh: Berikan contoh kata-kata yang menggunakan huruf yang mirip.
Terimakasih 🙏🏼
Nama : ANISAH DWI UTAMI
Nim : 859658252
UPBJJ : bandar lampung
Izin menanggapi video di atas
Dalam video di atas menunjukkan upaya guru PAUD untuk membantu anak – anak PAUD untuk membantu anak – anak yang kesulitan membedakan huruf p, d, dan b.video ini memberikan gambaran praktis tentang bagaimana mana guru tersebut menggunakan berbagai metode pembelajaran untuk mengatasi kesulitan tersebut. Saya setuju bahwa menggunakan media yang beragam dan melakukan melibatkan berbagai panca indera sangat penting dalam membantu anak belajar khususnya untuk anak tk yang masih dalam tahap perkembangan. namun, saya merasa interaksi guru dengan anak masih kurang .anak tampak pasif masih dan hanya mengikuti instruksi guru. interaksi yang lebih aktif dan menyenangkan akan membuat anak lebih terlibat dan antusias dalam
belajar.
Sekian dari saya dan terimakasih🙏🙏
Nama : Esi Nur Illahi
NIM : 856466956
Prodi : PG PAUD
izin memberi tanggapan terhadap video di atas.
video ini sangat menginspirasi terutama bagi kami pendidik PAUD. memang masalah ini sangat sering kita jumpai di lapangan. dari video ini kita dapat belajar untuk mengatasi hal tersebut. nah, pengalaman saya di kelompok bermain agar mudah mengenalkan huruf pada anak usia 3-4 tahun kami melakukan dengan metode bayangan di udara dan juga menyebut cara penulisannya. misal : jika ingin mengenalkan huruf maka b maka kami pendidik menyebutkan ” satu bulat di depan ” dan jika ingin mengenalkan huruf d kami akan menyebutkan ” satu bulat di belakang “. seiring waktu anak akan terbiasa dan hapal dengan huruf2 tersebut.
Nama : Nurmasyi Atulloh
NIM : 857454685
UPBJJ : Bandung
Menurut saya, pembelajaran yang ditunjukkan dalam video sudah cukup tepat untuk usia TK, namun akan lebih menarik bila anak dilibatkan secara aktif. Pendekatan lomba kecil atau permainan tebak huruf bisa menjadi alternatif. Hal ini sesuai dengan karakter anak usia dini yang belajar lewat bermain. Guru bisa menggunakan pendekatan sentra persiapan dengan variasi media dan aktivitas yang memancing keterlibatan anak.
Video diatas sangat bermanfaat dan menginspirasi bagi saya sebagai seorang pendidik anak usia dini dengan mempelajari cara yang ada pada video tersebut serta menerapkannya yaitu cara pengucapan dan penulisan yang dilakukan berulang-ulang sampai anak benar-benar bisa memahami letak perbedaan huruf b,d dan p, kita sebagai guru juga harus kreatif untuk menanganinya misalnya dengan menggunakan manik-manik, plastisin, atau yang lainnya membentuk huruf b,d dan p lalu menyebutkan kata yang berawalan dari huruf tersebut agar anak dapat mengingat serta membedakan antara huruf b,d dan p.
Nama ; Nurmasyi Atulloh
NIM : 857454685
UPBJJ : Bandung
Menurut saya, pembelajaran yang ditunjukkan dalam video sudah cukup tepat untuk usia TK, namun akan lebih menarik bila anak dilibatkan secara aktif. Pendekatan lomba kecil atau permainan warna huruf bisa menjadi alternatif. Hal ini sesuai dengan karakter anak usia dini yang belajar lewat bermain. Guru bisa menggunakan pendekatan sentra persiapan dengan variasi media dan aktivitas yang memancing keterlibatan anak.
Nama : Erny Yulentini Bara
Nim : 859330235
UPBJJ:Kupang
Mohon izin menanggapi video diatas. Pada video tersebut anak belum dapat membedakan huruf yang mirip seperti b, d, dan p. Mungkin anak memiliki persepsi yang keliru karena huruf tersebut memiliki kemiripan dan bentuk yang sama. Cara guru tersebut memang sudah bagus yaitu dengan membaca dua kata yang mengandung satu huruf yang sama. Tetapi mungkin ada anak yang belum mengerti. Masih Ada cara lain untuk anak dapat membedakan huruf yang mirip tersebut dengan cara: membuat kartu huruf b, d, dan p,sebanyak-banyaknya dan dengan memberi warna pada huruf tersebut sehingga anak dapat membedaka
huruf b, d dan p berdasarkan warna.
Terimakasih 🙏