silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama: Siti Qoniah
Nim : 857755035
Prodi : PG PAUD
Tanggapan saya mengenai video tersebut, guru sudah baik dalam menjelaskan dan membantu anak – anak mengenal perbedaan bentuk dan bunyi dari huruf – huruf yang terlihat mirip yaitu huruf b – d – dan p. Namun akan lebih baik lagi agar anak tidak cepat bosan guru bisa mengajak anak bermain seperti menyusun puzzle mencocokkan huruf b,d,dan p tersebut pada bentuk hewan atau benda yang berawalan huruf tersebut.
Nama : Elisabeth Sinona
Nim : 859287093
Prodi : S1 PG PAUD
Menurut saya pada Video diatas yaitu guru sudah baik mengenalkan huruf yang mirip ( b,d,p) pada anak melalui kartu huruf dan penulisan di angkasa dan pada papan tulis,tetapi cara ini juga ada yg bisa tetapi ada belum bisa dimengerti oleh anak yang daya tangkapnya rendah,maka seorang guru paud dalam menerapkan pembelajaran jangan hanya menggunakan kartu huruf dan menulis tetapi memberi pemahaman kepada anak bisa atau lebih mudah lagi melalui media pembelajaran yang dekat dgn anak dan mudah/cepat dimengerti dan diingat sehingga ketika anak lupa ia akan dengan mudah mengingat cara / media sekitar yg sudah pernah diberikan oleh gurunya,misalnya bisa dilakukan guru agar anak mengingat huruf mirip,contohnya guru mengajak anak untuk mengepalkan tangan dan menunjukkan ibu jarinya yang di mulai oleh guru sendiri dengan memperagakan serta meminta anak untuk meniru yg dibuat oleh gurunya. Setelah anak mengepalkan tangan dan menunjukkan jarinya guru memberi penjelasan yaitu kepalan yg ada di tangan kiri adalah bentuk huruf b dan kepalan tangan kanan adalah bentuk huruf d dan kepalan tangan kiri atas adalah huruf p.Cara ini sangat mudah sehingga ketika anak lupa dia akan dengan sendirinya mengingat dengan mengepalkan tangan serta menunjukkan jarinya.Cara ini juga membawa anak belajar sambil bermain.
Nama : Yusriyyah Anas
NIM : 857757229
Prodi : PGPAUD
Menurut saya, cara membimbing anak di dalam video cukup baik. Tetapi, untuk media menulis mungkin bisa dibuat lebih menarik dan variatif dari pada menulis di udara atau di papan tulis. Misalnya, menulis di atas beras, tepung atau pasir. Selain melatih kognitif anak, menulis di berbagai media unik yang bertekstur dapat melatih motorik anak. Hal ini juga mencegah anak bosan jika hanya menulis di papan tulis atau di udara saja.
menurut saya guru sangat membosankan saaat membawakan materi dan mengakibatkan tidak fokus aaat pembelajaran padahal ibu guru sudah memberikan penjelasan tetapi caranya saja yang kurang menarik. pembelajaran yang diterapkan oleh guru juga masih berpusat pada guru belum berpusAT PADA MURID, SEHINGGA MURID SULIT MEMBEDAKAN HURUF B, D, Q
Nama : Fitria Lindawati
Nih: 857184825
Prodi : S1 PGPAUD
Menurut saya penyampaian guru dalam menyampaikan pembelajaran sudah baik,guru menjelaskan tentang perbedaan huruf ” b,d dan p” dengan menjelaskan nya berulang-ulang dengan cara menulis di awan dan dengan menggunakan media gambar. Namun dalam penjelasanya guru menggunakan media yang sangat sederhana jadi kurang menarik perhatian anak.
Nama : Najwa Kamila
Nim : 857609279
Prodi pgpaud smt 2
Tanggapan sayang setelah menyimak Vidio pembelajaran tersebut adalah pembelajaran tersebut yang menjadi pokok pembelajarannya adalah mengatasi ana yang belum bisa memahami huruf huruf yang mirip. Menurut saya guru dalam menjelaskan materi sudah cukup baik. Namun anak masih kurang memahami apa yang guru jelaskan, dan sepertinya anak masih sulit memahami penjelasan guru dengan menggunakan metode trsebut, anak juga terlihat kurang kondusif dalam mengikuti pembelajaran yang seperti itu. Dengan begitu sebagai pendidik kita harus lebih kreatif memilih metode pembelajaran supaya anak terlihat lebih aktif dan lebih kondusif supaya lebih terlihat menyenangkan, sebagai guru paud Pendidik juga harus kelihatan menyenangkan supaya anak lebih semngat dalam mengikuti pembelajaran. Guru harus lebih kreatif lagi contoh metode pembelajaran yang biasa saya lakukan apabila ada anak yang kurang paham dengan huruf² yang mirip, biasanya saya menggunakan metode membuat kartu huruf dengan biji2an/ batu kerikil, adanya action dan praktek yang seperti itu anak terlihat lebih semangat dalam belajar dan terlihat lebih kondusif.
Pada vidio ini sudah baik dalam menjelaskan materi pelajaran, tetapi media yang digunakan oleh guru kurang menarik sehingga membuat anak didik kurang semangat dan ada yang tidak fokus, dan pada saat anak disuruh maju kedepan untuk menuliskan huruf b, d dan p Itu sudah bagus tetapi guru tidak memberikan semangat atau Kata pujian terhadap anak yang dapat menulis huruf b, d Dan dengan benar, seharusnya guru dapat memberikan memberikan tepuk tangan ataupun menyatakan bagus atau anak pintar pada anak yang dapat menjawab dengan benar pasti anak Itu akan sangat senang dan gembira karena diberikan kata pujian oleh ibu guru.
Berdasarkan video yang sudah saya lihat, pembelajaran yang diberikan Bu Eni kepada anak-anak tentang materi membedakan huruf b,d dan p sudah cukup baik… Namun menurut saya masih kurang menarik. Karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan anak sebagai pendengar. Alangkah lebih menarik lagi jika pembelajaran tersebut bisa menggunakan dengan berbagai media, misal video, anak-anak diajak menebak gambar yang awalan huruf tersebut atau dengan media yang lain nya, supaya anak tetap fokus dan tidak bosan terhadap pembelajaran tersebut.
Terimakasih 😊🙏
Assalamualaikum wr.wb
Diskusi A
Judul : Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
Nama pengembang: Mengatasi permasalah perkembangan kognitif anak usia dini
Lokasi : Ruang kelas
Kelompok usia : 4-5 tahun(kelompok A)
Ringkasan materi : Huruf yang sering ditulis terbalik oleh anak adalah huruf b, p dan d karena hampir memiliki bentuk yang sama jadi anak sedikit kesulitan untuk membedakan.
Guru harus sering mengajak anak membaca 2 kata secara berulang-ulang yang mengandung huruf tersebut.
B. Menurut saya guru sudah menerapkan asesmen evaluasi pada anak , bisa dilihat saat guru menyampaikan proses pengenalan huruf pada anak. Guru memberikan instruksi pada anak untuk menuliskan huruf yang di dengar dipapan tulis itu menandakan bahwa guru sedang menilai sejauh mana anak bisa membedakan perbedaan masing-masing huruf.
C. Hal yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran dalam Vidio adalah guru melakukan asesmen secara berkelompok, seharusnya dilakukan secara bertahap pada masing-masing anak agar guru lebih bisa mengetahui setiap perkembangan anak dalam memahami huruf tersebut.
Dan metode pengenalannya juga bisa dengan cara memberikan warna yg berbeda pada setiap huruf, misalnya warna merah untuk huruf ‘b’ , warna hijau untuk huruf ‘d’ dan warna merah untuk huruf ‘p’. Atau bisa juga dengan menyusun biji-bijian pada huruf tersebut.
Terimakasih
Wassalamu’alaikum wr.wb
Nama : Asti Septiasih
NIM : 859505304
Prodi : S1 PGPAUD
Saya setuju cara pembelajaran yang telah diajarkan didalam video tersebut namun alangkah baiknya jika kita menulis huruf diselipkan dengan cerita dan langsung mempraktekkan dengan cara menulis di buku tulis sehingga setiap anak dapat mengingat cara membuat huruf p.b dan d dengan benar serta dapat melatih motorik anak, memahami pelajaran yang sdh diberikan