silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. Nama : Ana Dwi Mulyani
    NIM : 858173255
    Menurut saya berdasarkan video yang saya lihat, guru sudah menjelaskan dengan cukup baik tentang materi membedakan huruf b, d dan p. akan tetapi metode penyampaian yang digunakan masih berpusat pada guru, sehingga anak didik merasa bosan dan tidak semua anak memahami apa yang disampaikan guru. Ajak anak mengenal huruf b,d dan p dengan media yang menarik sesuai dengan minat anak, missal bermain tebak-tebakan menggunakan kartu huruf, menyanyi atau menulis huruf diatas tepung, pasir, dll. Guru hendaknya memberikan apresiasi kepada anak yang berhasil menjawab dengan benar dengan memberikan pujian atau tepuk tangan sehingga menumbuhkan rasa semangat belajar pada diri anak.

  2. NAMA : LAILATUL MUNAVINAHAR
    NIM : 858167441
    PRODI : PGPAUD BI SEMESTER 2
    POKJAR : PUTRA BANGSA JOMBANG

    Menurut pendapat saya dari cara penyampaian ibu guru sudah bagus, ibu guru melakukan proses pengenalan huruf dengan hati2 dan dengan pelan2, juga memberi instruksi anak2 untuk maju ke depan satu2 merupakan salah satu cara asesmen dan evaluasi secara santai bisa memberi penilaian anak2. Mungkin ada saran dalam pengenalan huruf td sudah ada pembeda antara huruf P,b,d dengan warna yang berbeda, tapi alangkah lebih baik lagi jika pada pengenalan huruf diberi gambar yang mudah di ingat, contohnya huruf b diberi gambar hewan bebek, dan awal huruf diberi warna yang berbeda, Huruf P diberi gambar hewan Panda, huruf d diberi gambar domba.

  3. NAMA: IMROATUL MUKHASSONA
    NIM: 858169714
    PROGRAM STUDY: SI PGPAUD

    Baik saya akan mencoba menjawab
    menurut pendapat saya vidio tersebut cara menerangkan guru sudah cukup baik dimana guru sudah menjelaskan pemahaman huruf (b,d,p) kepada anak, akan tetapi model pembelajaran yang di terapkan guru kepada anak-anak kurang menarik bagi anak-anak sehingga anak-anak menjadi bosan dan kurang bersemngat dalam belajar, model pembelajran yang di terapkan hanya berpusat kepada guru saja, alangkah baiknya pembelajaran tersebut di tambah dengan media-media yang menarik sperti vidio, kartu bergambar yamh berwarna warni, dll, agar anak tidak mudah bosan dan bisa fokus terhadap pembelajaran.
    demikian pendapat saya, kami ucapkan terimah kasih

  4. Nama: siti imroatun nadziroh, 858849878
    a). Nama: Netti Hernawati
    Judul: Anak tidak dapat membedakan
    huruf b,d, dan p.
    Lokasi: didalam kelas
    Kelompok: Tanman kanak²
    Ringkasan materi: setelah saya melihat vidio diatas dapat saya tuliskan masih ada anak yang tidak dapat membedakan uruf abjad b, d dan p. Solusi yang diberikan guru untuk anak yang tidak bisa membedakan huruf b,d dan p sudah bagus, sehingga lama kelamaan anak akan bisa membedakan huruf² tersebut.
    b) dalam vidio diatas guru sudah menerapkan asesmen dan evaluasi. Dimana guru memberi contoh perbedaan huruf b,d,dan p pada anak. Selain itu guru juga menyuruh anak untuk menuliskan huruf b,d,dan p pada papan tulis. Seperti yang diterangkan dalam buku evaluasi pendidikan bahwa keterlibatan guru sangat penting dalam proses belajar mengajar.
    C) menurut saya yang perlu diperbaiki dalam pembelajaran diatas adalah…sebaiknya guru menggunakan media saat mengajar, agar anak lebih mudah untuk mencerna. Saat memberikan tugas sebaiknya tidak hanya beberapa anak saja lebih baik semua diberikan tugas atau kesempatan untuk menuliskan perbedaan dari huruf tersebut. Agar guru lebih mudah untuk melakukan evaluasi dan esemen pada proses belajar. Karena setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda².

  5. Kelebihan Ibu guru tersebut dalah
    a. Menyiapkan alat peraga huruf b yang berwarna hijau, huruf d yang berwarna biru, dan huruf p yang berwarna merah
    b. Menyiapkan alat peraga suku kata huruf yang berwarna biru dan mrah kata “beli buku” dan “papa bobo”
    c. Metode yang digunakan bu evi untuk mengenalkan huruf dengan cara menulis di atas angkasa sangat menarik, sehingga anak-anak dapat mengikuti dengan baik.
    Rumusan masalah
    Untuk lebih menarik daya minat dan perhatian anak, guru juga bisa memainkan beberapa kegiatan pembelajaran atau permainan sebagai berikut :
    a. Siapkan potongan lidi, sterofoam dan beberapa potongan-potongan huruf “d, b, dan p” dari kertas origami yang di potong berbentuk kotak, dan tempelkan lidi tersebut di belakang potongan hruf, sehingga menyerupai bendera, tulis huruf d.b, p di sterofoam, lalu anak bisa menusuk huruf tersebut sesuai dengan hurufnya di seterofoam,(matching alfabeth).

    b. Membuat hufur “papa bobo” dan membuat potongan-potongan kedil huruf p dan b yang huruf p, b di tempel di jepitan jemuran, agar anak menjepit huruf yang sama yang sesuai.

    c. Menyusun huruf d, b, p dari yang terbesar ke yang kecil dari yang terbesar ke yang kecl

    d. Menyusun kepingan puzzle huruf d,b,p

  6. Nama : Asmaul Husna
    Nim : 858849957
    Pokjar : amanah Blitar
    Prodi: PG PAUD BI

    a. Identitas video
    Judul video : anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
    Nama pengembang video: netti Hermawati
    Ringkasan video:
    Upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis huruf yang mirip, yaitu b, d, p. Upaya yang dilakukan membuat huruf seukuran kertas folio.

    b. Menurut saya video tersebut, sudah baik dalam menjelaskan penggunaan huruf, strategi yang dilakukan sudah tepat karena anak diajak untuk bereksplore dengan huruf tersebut, serta media yang digunakan cukup bagus, dengan penggunaan dalam pengenalan kata yang besar seukuran kertas folio dengan suku awalan b,d,p dan menulis dengan gerakan tubuh anak itu sendiri.

    c. Perbaikan dan saran dalam video tersebut, strategi yang digunakan bisa ditambah dengan bermain membentuk huruf b,d,p dari manik-manik, biji-bijian, menulis diatas pasir, dan lain sebagainya.
    Media yang digunakan bisa ditambah dengan kartu huruf bergambar seperti b=baju, d=daun, p=pelangi atau kata yang lebih menarik perhatian dan mudah diingat/dipahami anak.
    Asesmen dan evaluasi yang dilakukan lebih baik apabila dilakukan secara merata pada seluruh anak untuk mengetahui seberapa pemahaman anak dan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan menanyakan kepada anak kata lain apa saja yang berawalan huruf b,d,p sehingga bisa menambah kosakata dalam berbahasa dan lebih memahami penggunaan huruf b,d,p.

    Terima kasih 🙏🏼

  7. Nama : Asmaul Husna
    Nim : 858849957
    Pokjar : amanah Blitar
    Prodi: PG PAUD BI

    a. Identitas video
    Judul video : anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
    Nama pengembang video: netti Hermawati
    Ringkasan video:
    Upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis huruf yang mirip, yaitu b, d, p. Upaya yang dilakukan membuat huruf seukuran kertas folio.

    b. Menurut saya video tersebut, sudah baik dalam menjelaskan penggunaan huruf, strategi yang dilakukan sudah tepat karena anak diajak untuk bereksplore dengan huruf tersebut, serta media yang digunakan cukup bagus, dengan penggunaan dalam pengenalan kata yang besar seukuran kertas folio dengan suku awalan b,d,p dan menulis dengan gerakan tubuh anak itu sendiri.

    c. Perbaikan dan saran dalam video tersebut, strategi yang digunakan bisa ditambah dengan bermain membentuk huruf b,d,p dari manik-manik, biji-bijian, menulis diatas pasir, dan lain sebagainya.
    Media yang digunakan bisa ditambah dengan kartu huruf bergambar seperti b=baju, d=daun, p=pelangi atau kata yang lebih menarik perhatian dan mudah diingat/dipahami anak.
    Asesmen dan evaluasi yang dilakukan lebih baik apabila dilakukan secara merata pada seluruh anak untuk mengetahui seberapa pemahaman anak dan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan menanyakan kepada anak kata lain apa saja yang berawalan huruf b,d,p sehingga bisa menambah kosakata dalam berbahasa dan lebih memahami penggunaan huruf b,d,p.

    Terima kasih 🙏🏼

  8. Nama : Asmaul Husna

    Nim : 858849957

    Pokjar : amanah Blitar

    Prodi: PG PAUD BI

    a. Identitas video

    Judul video : anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip

    Nama pengembang video: netti Hermawati

    Ringkasan video:
    Upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis huruf yang mirip, yaitu b, d, p. Upaya yang dilakukan membuat huruf seukuran kertas folio.

    b. Menurut saya video tersebut, sudah baik dalam menjelaskan penggunaan huruf, strategi yang dilakukan sudah tepat karena anak diajak untuk bereksplore dengan huruf tersebut, serta media yang digunakan cukup bagus, dengan penggunaan dalam pengenalan kata yang besar seukuran kertas folio dengan suku awalan b,d,p dan menulis dengan gerakan tubuh anak itu sendiri.

    c. Perbaikan dan saran dalam video tersebut, strategi yang digunakan bisa ditambah dengan bermain membentuk huruf b,d,p dari manik-manik, biji-bijian, menulis diatas pasir, dan lain sebagainya.
    Media yang digunakan bisa ditambah dengan kartu huruf bergambar seperti b=baju, d=daun, p=pelangi atau kata yang lebih menarik perhatian dan mudah diingat/dipahami anak.
    Asesmen dan evaluasi yang dilakukan lebih baik apabila dilakukan secara merata pada seluruh anak untuk mengetahui seberapa pemahaman anak dan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan menanyakan kepada anak kata lain apa saja yang berawalan huruf b,d,p sehingga bisa menambah kosakata dalam berbahasa dan lebih memahami penggunaan huruf b,d,p.

    Terima kasih 🙏🏼

  9. nama : TH duma fridayanti SItanggang
    Prodi : PG PAUD
    Nim : 859882943

    a. Identitas video
    Judul video : anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
    Nama pengembang video: netti Hermawati
    Ringkasan video:
    Upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis huruf yang mirip, yaitu b, d, p. Upaya yang dilakukan membuat huruf seukuran kertas folio.

    b. Menurut saya video tersebut, sudah tepat untuk menjadi strategi untuk mengajak anak berekplore dengan huruf tersebut, dan media yang digunakan juga cukup baik, dlam pengenalan kata serta penggunaan dalam pengenalan kata yang besar seukuran kertas folio dengan suku awalan b,d,p dan menulis dengan gerakan tubuh anak itu sendiri.

    c. Perbaikan dan saran dalam video tersebut, strategi yang digunakan bisa ditambah dengan bermain membentuk huruf b,d,p dari manik-manik, biji-bijian, menulis diatas pasir, dan membuat kolase
    Media yang digunakan bisa ditambah dengan kartu huruf bergambar seperti b=buah, d=daun, p=papan atau kata yang lebih menarik perhatian dan mudah diingat/dipahami anak.
    Asesmen dan evaluasi yang dilakukan lebih baik apabila dilakukan secara merata pada seluruh anak untuk mengetahui seberapa pemahaman anak dan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan menanyakan kepada anak kata lain apa saja yang berawalan huruf b,d,p sehingga bisa menambah kosakata dalam berbahasa dan lebih memahami penggunaan huruf b,d,p.
    terimakasih

Leave a Reply