silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama : Iin Endang Purwati
Nim : 959914527
Program studi : PGPAUD
Judul : Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
Manfaat dari vidio tersebut :
>Sebagai media trik-trik untuk guru mengajarkan ke murid dalam membedakan huruf yang sama
>Media akses yang menyediakan pengetahuan guru
>Tekmik penyampaian yang sederhana dan mudah di pahami
Refleksi dari vidio tersebut :
>Secara keseluruhan vidio sudah bagus, namun bisa di tambahkan lagi kegiatan penyampaian anak lewat bermain menggunakan alat (main/sederhana)
>Guru bisa lebih memberikan kesempatan pada semua murid
Terima kasih
Nama : Rosalia Lepang Wato
Nim. : 850709204
Saya memilih judul ANAK TIDAK DAPAT MEMBEDAKAN HURUF YANG MIRIP.
Dari hasil video tersebut sudah sangat bagus.Bagaimana upaya seorang guru mengatasi anak yang tidak mampu membedakan huruf yang mirip, seperti huruf P, d,dan b, dengan cara menulis huruf tersebut pada kertas dan menjelaskan secara terus-menerus,menunjukan huruf pada buku bergambar.
Agar anak lebih mudah memahami, guru harus menggunakan media kartu huruf.
Terima kasih
video ditas memberikan pemahaman tentang bagaimana dapat membedakan hurup p,d,dan b . sebagian anak belumbisa membedakan huruf yang memiliki kesaman jadi setiap guru harus memiliki wawasan yang luas untuk mengajarkan anak yang muda untuk memahami perbedaan setiap huruf .mengajarkan anak dengan huruf dasar dan lebih menariknya mengajarkan anak untuk lomba memilih huruf yang di sebutkan agar anak-anak memiliki motofasi untuk belajar.
menurut saya video diatas sangat membantu para guru untuk memperluas wawasan mengajar terhap anak yg belumbisa membedakan huruf ,b,d dan ,p. Dari video diatas guru dapat memiliki strategi untuk mengajar agar anak-anak lebih memahami satu persatu hurup yang memiliki kesamaan .dengan metode mengajarkan anak untuk menulis huruf diatas udara sangat membantu anak untuk memberikan motifasi anak belajar sambil berimajinasi .
Nama marsiyah
Nim 860208764
Program studi PGPAUD semester 4
Memang terkadang sulit untuk memberikan pemahaman kepada anak karena terkadang tingkat pemahaman setiap anak berbeda-beda. Ada yang cepat paham, bahkan ada yang sulit sekali untuk mengerti walaupun sudah di jelaskan dengan sangat detail. Tugas guru harus tau bagaimana cara untuk peserta didik bisa mengerti apa yang ingin disampaikan. Guru harus tau metode pembelajaran yang cocok untuk masing-masing peserta didik. Seperti contoh yang ada dalam video, kalaupun ada yang belum mengerti guru harus tau metode yang cocok agar tujuan pembelajaran tercapai. Seperti menyediakan alat-alat permainan yang sesuai dengan tema yang disampaikan, atau belajar sambil bermain di luar kelas.guru harus banyak belajar untuk meningkatkan kemampuan diri. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bereksplorasi, menunjang kegiatan pembelajaran. Dari video diatas kira bisa belajar, mendapatkan ilmu baru, bagaimana sikap seorang guru.
Terimakasih
Nama : Fiska Etik
NIM : 858653978
Menurut saya video di atas bisa membantu anak dalam mengenal lambang bilangan, anak belajar tentang cara mengucapkan huruf, menulis huruf
Saran saya guru bisa lebih mengajak anak untuk membuat kreasi dengan membentuk huruf, menyanyi bersama tentang pengucapan huruf
Sekian
Assalamu’alaikum wr.wb
Nama : Siti Rohana
Nim : 877312419
Prodi : PGPAUD
Mohon ijin untuk menanggapi vidio di atas ya bu,
Menurut saya vidio tersebut sudah sangat bagus , akan tetapi alangkah baiknya anak di berikan ruang untuk berimajinasi dan berinteraksi dengan teman sebayanya, dalam vidio tersebut anak masih kesulitan dalam membedakan huruf yang mirip seperti b dan d , p dan q serta m dan n.. menurut saya agar huruf itu mudah dipahami anak, maka guru memberikan contoh dan gambar tentang huruf tersebut, seperti menulis d papan tulis, dan menyajikan gambar sesuai dengan huruf yang mirip serta bermain kartu huruf dengan cara menyusun kata yang tepat.. selain itu guru juga bisa menggunakan bahan alam untuk pola berfikir anak agar anak mengerti dan paham. Seperti menggunakan kerikil dan tutp botol..
Nama: Yusri Pahmi
NIM: 856643319
Program Study: PGPAUD
Secara keseluruhan, program ini menunjukkan bahwa guru memiliki kepedulian tinggi, kreativitas, dan pemahaman mendalam terhadap tahapan perkembangan anak. Program seperti ini sangat layak diapresiasi dan dapat dijadikan contoh praktik baik dalam pendidikan anak usia dini.
Nama: Yusri Pahmi
NIM: 856643319
Program Study: PGPAUD
Dari video di atas tentang”anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip”
Secara keseluruhan, menunjukkan bahwa guru memiliki kepedulian tinggi, kreativitas, dan pemahaman mendalam terhadap tahapan perkembangan anak. Program seperti ini sangat layak diapresiasi dan dapat dijadikan contoh praktik baik dalam pendidikan anak usia dini.
Assalamualaikum Wr. Wb
Pada video diatas menjelaskan bahwa anak terkadang belum bisa membedakan huruf yang mirip, b, d dan p. Upaya yang dilakukan guru dengan menggunakan media kartu huruf seukuran kertas folio, dengan contoh suku kata. Mengajak anak untuk membaca bersama dua kata yang mengandung b, d dan p. Mengucapkan kata perkata sampai anak paham bentuk dan perbedaan bunyi dari huruf yang mempunyai kemiripan. Meminta anak menuliskan huruf diangkasa. Mengajak beberapa anak menulis di papan tulis. Menurut saya guru bisa menambahkan media dengan contoh gambar dan suku kata berawalan b, d, p yang berwarna di bawahnya, atau dengan mencocokkan kata dengan gambar yang lebih menarik dan mudah di ingat anak.
Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum Wr. Wb