silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama : May Sarah
NIM : 858161766
Prodi : PGPAUD S1 (AKPMM)
Seri pembelajaran : Pengembangan Aspek Kognitif/ Penanganan Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip.
Tanggapan saya mengenai strategi penanganan pada video anak tidak dapat membedakan beberapa huruf yaitu b, d dan huruf p dengan cara membangun konsep huruf, mengulang pelafalan dan contoh kata dengan awalan huruf tersebut, serta membangun imajinasi melalui menulis angkasa sudah tepat dan bahkan cara tersebut dapat diimplementasikan sebagai bentuk latihan kognitif awal pada anak. Yang saya amati strategi tersebut dapat meningkatkan keterlibatan indra yang dimana anak dalam proses pembelajaran , merupakan bagian integral dari semua strategi pembelajaran. Anak-anak akan memperoleh pengalaman langsung tentang objek-objek, peristiwa, atau orang-orang yang ada disekitarnya, karena mereka secara aktif melihat, mendengar, mengecap, mencium, dan sebagainya
Nama : May Sarah
NIM : 858161766
Prodi : PGPAUD S1 (AKPMM)
Seri pembelajaran : Pengembangan Aspek Kognitif/ Penanganan Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip.
Tanggapan saya mengenai strategi penanganan pada video anak tidak dapat membedakan beberapa huruf yaitu b, d dan huruf p dengan cara membangun konsep huruf, mengulang pelafalan dan contoh kata dengan awalan huruf tersebut, serta membangun imajinasi melalui menulis angkasa sudah tepat dan bahkan cara tersebut dapat diimplementasikan sebagai bentuk latihan kognitif awal pada anak. Yang saya amati strategi tersebut dapat meningkatkan keterlibatan indra yang dimana anak dalam proses pembelajaran , merupakan bagian integral dari semua strategi pembelajaran. Anak-anak akan memperoleh pengalaman langsung tentang objek-objek, peristiwa, atau orang-orang yang ada disekitarnya, karena mereka secara aktif melihat, mendengar, mengecap, mencium, dan sebagainya
Nama: Cindy Claudia br Ginting
Nim: 855976485
Pokjar: Tanah Karo
Menurut pendapat saya apa yang dilakukan guru sudah bagus dan menerangkan nya juga sudah jelas
Akan tetapi lebih baik lagi jika saat pembelajaran guru menggunakan APE yang lebih menarik dan berwarna-warni seperti media gambar huruf b, d, p. Dan untuk menulis huruf di angkasa menurut saya kurang efektif karena anak tidak dapat melihat apa yang dilakukan,
Lebih baik lagi anak menulis huruf di atas pasir karena jika anak menulis huruf di atas pasir anak dapat lebih mudah melihat apa yang dilakukan.
Guru juga dapat meningkatkan kreativitas anak di dalam kelas dengan menanyakan kepada anak kosakata apa saja yang berawalan dari huruf b,d,p yg anak ketahui.
Nama : Gusada Sarito Sinaga
Nim : 859888525
POKJAR : Simalungun
Prodi : PG PAUD BI
Judul : seri perkembang kognitif paud
Mengenai Video : Anak tidak dapat membedakan huruf yang sama
Lokasi ; di dalam ruang kelas
kelompok belajar : 4-6 tahun
Ringkasan materi dalam video : mengatasi permasalahan kognitif anak usia dini. upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang tidak dapat membedakan huruf yang sama seperti p,d,b
Dari vidio pembelajaran di atas menurut saya sudah cukup bagus,karena guru sudah menjelaskan dan mempraktekan dengan anak anak di kelas dengan penuh semngaat dan bagus, akan tetapi sistem pembeljaran tersebut masih kurang menarik bagi anak anak,sehingga anak anak akan merasa jenuh dan bingung untuk memperkenalkan suku kata dan perbedaan antara huruf b d dan p,ini sudah cukup bagus akan tetapi masih kurang bervariasi,dengan peristiwa itu mungkin guru bisa memperkenalkan dengan bermacam² media antara lain dengan media manik manik batu kerikil,dls atau bisa dengan biji bijian yang ada di sekitar,sehingga anak akan lebih senang dan akan mudah faham dan mengerti,dan anak memperaktekkan satu per satu
Nama : Aizatul Mardiyah
NIM : 857760653
Prodi : PGPAUDBI
Menurut saya dalam video pembelaran tersebut, guru begitu antusias dalam menjelaskan perbedaan huruf b, d, dan p. Guru juga selalu mengulang-ulang materi yang disampaikan serta bertanya kepada anak didiknya tentang materi. Sehingga anak begitu semangat dan mudah memahami berbagai huruf yang mirip. Selain itu anak juga di ajak untuk maju ke depan menuliskan masing-masing huruf untuk menambah pemahaman.
Namun dari video tersebut media pembelajaran yang digunakan kurang menarik, dan cenderung monoton. Sehingga masih terdapat anak yang bermain dan kurang fokus dalam pembelajaran. Alangkah lebih baik jika media belajar yang digunakan dapat berupa huruf bergambar, misalnya gambar bulan, durian, pisang, kemudian masing-masing anak di ajak untuk menyebutkan apa nama gambar ini dan menyebutkan huruf awal dari gambar tersebut. Terimakasih
Nama: SAMSINAR
NIM : 859412841
Menurut saya Vidio pembelajaran diatas sangat membantu karna mengajarkan kita bagaimana cara menjelaskan tata cara pengenalan huruf yang sama selain itu anak juga diajarkan keberanian dengan cara maju kedepan menuliskan masing masing huruf .akan tetapi model menulis diatas angkasa kurang efektif karna anak tidak dapat melihat apa yang ditulis menurut saya lebih efesien jika anak menulis diatas pasir supaya anak dapat melihat apa yang ditulis nya
Nama: SAMSINAR
NIM : 859412841
Menurut saya Vidio pembelajaran diatas sangat membantu karna mengajarkan kita bagaimana cara menjelaskan tata cara pengenalan huruf yang sama selain itu anak juga diajarkan keberanian dengan cara maju kedepan menuliskan masing masing huruf .akan tetapi model menulis diatas angkasa kurang efektif karna anak tidak dapat melihat apa yang ditulis menurut saya lebih efesien jika anak menulis diatas pasir supaya anak dapat melihat apa yang ditulis nya
Perkembangan kognitif paud
Menurut saya video diatas sudah bagus
Anak tidak dapat membedakan huruf yang sama saat dalam ruang kelas
kelompok belajar : 4-6 tahun
mengatasi permasalahan kognitif anak usia dini. upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang tidak dapat membedakan huruf yang sama seperti p,d,b
Cara penyampaian kepada anak jg cukup baik karena semua ank mengikuti jari yang diperagakan oleh guru
Terima kasih
Nama. : Fitria Widiyanti
Nim. : 8577559057
Pokjar: Kudus ( Semarang)
Vidio berjudul “Anak Tidak dapat Membedakan huruf yang Mirip”
Vidio tersebut berisi tentang bagaimana seorang guru mengatasi anak anak yang sulit membedakan huruf yang mirip contohnya adalah huruf b,d dan huruf p.Caranya adalah:
1.guru mengenalkan konsep huruf tertentu terutama huruf b,d dan p.
2. Mengajak anak membaca dua kata yang mengandung huruf b,d dan p.
Contohnya: papa,Dodi,beli
Lakukan berulang-ulang sampai anak mengenal perbedaan bunyi huruf tersebut.
3.meminta anak untuk menulis diangkasa.
4. Menyuruh beberapa anak menulis di papan tulis huruf b,d danp
5 yang terakhir memberikan penguatan dan bimbingan kepada anak yang masih belum memahami huruf-huruf tersebut.
B.Menurut pendapat saya dan pengamatan saya guru dalam Vidio tersebut sudah menerapkan asesmen dan evaluasi dengan cara menerangkan konsep huruf terlebih dahulu dan penekanan pada huruf yang mirip seperti huruf b,d dan p.Lalu guru memberi kan evaluasi menyuruh anak untuk menulis satu persatu huruf di papan tulis..
C. Saran atau masukan dalam venomena anak anak yang sulit membedakan huruf yang mirip adalah selain hal diatas ygang memang menurut saya sudah sangat baik,saya sekedar menambah kan cara yang lebih mengasyikkan bagi anak dalam pengenalan konsep huruf yaitu dengan permainan kartu huruf dan gelas aqua.caranya ajaklah anak untuk bermain memilih huruf yang hampir mirip tadi seperti huruf b,d dan p guru mengucapkan huruf huruf tersebut dan anak memilih huruf yang diucapkan dengan gelas yang dipegang..lakukan berulang-ulang ulang dengan lambat dan dengan cepat..anak akan merasa seperti bermain yang menyenangkan.
Nama : Aam Patmawati Nim : 857500618 semester 2 setelah saya melihat vidio di seri pengembangan kognitif dengan judul “anak tidak dapat membedakan hurup yang mirip” di sini seharunya kita sebagai guru mengajak anak untuk bermain kartu hurup agar mereka bisa mengingatnya dan saya juga setuju dengan solusi yang ada dalam vidio tersebut dengan mengajak anak membaca 2 kata yang mengandung hurup tersebut contoh nya beli – buku, bapak – bobo , dan meminta anak menulis di angkasa .