silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,908 Comments

  1. Nama : hayu analia Pratiwi
    Nim: 858746702
    PGPAUD
    Dalam vidio ini m nurut saya guru dalam mendidik sangat memberikan motivasi agar siswa semakin giat dalam belajar
    Jika sudah di berikan gambaran tentang penulisan huruf guru lalu memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa terutama huruf huruf yang dalam penulisannya hampir sama
    Untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan setelah ditanya secara acak guru mengetes siswa nyabuntuk menuliskan Secara acak

  2. Nama : hayu analia Pratiwi
    Nim: 858746702
    PGPAUD
    Dalam vidio ini m nurut saya guru dalam mendidik sangat memberikan motivasi agar siswa semakin giat dalam belajar
    Jika sudah di berikan gambaran tentang penulisan huruf guru lalu memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa terutama huruf huruf yang dalam penulisannya hampir sama
    Untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan setelah ditanya secara acak guru mengetes siswa nya untuk menuliskan Secara acak

  3. Nama : hayu analia Pratiwi
    Nim: 858746702
    PGPAUD
    Dalam vidio ini m nurut saya guru dalam mendidik sangat memberikan motivasi agar siswa semakin giat dalam belajar
    Jika sudah di berikan gambaran tentang penulisan huruf guru lalu memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa terutama huruf huruf yang dalam penulisannya hampir sama
    Untuk mengetahui sampai mana siswa memahami materi yang disampaikan setelah ditanya secara acak guru mengetes siswa nya untuk menuliskan Secara acak

  4. Nama : hayu analia Pratiwi
    Nim: 858746702
    PGPAUD
    Dalam vidio ini m nurut saya guru dalam mendidik sangat memberikan motivasi agar siswa semakin giat dalam belajar
    Jika sudah di berikan gambaran tentang penulisan huruf guru lalu memberikan pertanyaan pertanyaan secara bergantian kepada siswa terutama huruf huruf yang dalam penulisannya hampir sama
    Untuk mengetahui sampai mana siswa memahami materi yang disampaikan setelah ditanya secara acak guru mengetes siswa nya untuk menuliskan Secara acak

  5. Nama : hayu analia Pratiwi
    Nim: 858746702
    PGPAUD
    Dalam vidio ini m nurut saya guru dalam mendidik sangat memberikan motivasi agar siswa semakin giat dalam belajar
    Jika sudah di berikan gambaran tentang penulisan huruf guru lalu memberikan pertanyaan pertanyaan secara bergantian kepada siswa terutama huruf huruf yang dalam penulisannya hampir sama
    Untuk mengetahui sampai mana siswa paham materi yang disampaikan setelah ditanya secara acak guru mengetes siswa nya untuk menuliskan Secara acak

  6. Nama : Delmina Lois
    Nim : 825666178
    Prodi : S1 PAUD

    Menurut pendapat saya dalam vidio yang dilakukan oleh guru sudah tepat. penggunaan strategi yang dilakukan yaitu anak diajak bereksplore dengan huruf yang mirip agar anak mampu membedakan bentuk huruf p b a tersebut. dalam vidio tersebut bukan hanya APE yang ada tetapi juga anak melakukan gerakan tubuhnya sendiri sehingga anak akan mudah mengetahui perbedaan huruf-huruf yang mirif.

  7. Nama : Fathonah Desyanna
    NIM : 857840972
    Program studi : PGPAUD
    Judul Video : Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip
    Nama Pengembang Video : Netti Hernawati

    Menurut saya mengenai video tersebut, guru cenderung menggunakan media cetak yang kecil dalam mengenalkan huruf. Contoh kalimat yang disebutkan cenderung abstrak, tidak bersifat konkret.
    Hal yang perlu diperbaiki guru dalam mengenalkan huruf yang mirip, di antaranya:
    1. Sebaiknya guru menggunakan media cetak yang lebih besar, untuk huruf yang mirip bisa diberi warna yang berbeda, agar anak bisa belajar membedakannya.
    2. Sebaiknya guru mengenalkan huruf yang mirip menggunakan kata benda yang konkret, seperti pipa , kemudian guru menunjukkan benda pipa
    3. Guru bisa menambahkan media untuk mengenal huruf , seperti menulis huruf di atas pasir atau membentuk huruf dengan playdough.
    4. Guru mengajak anak bermain game di luar kelas, dengan berlari mencari huruf yang ada di kata pipa
    Dengan kegiatan di atas diharapkan anak dapat memahami huruf yang mirip. Beragam kegiatan di sediakan guna memahami gaya belajar anak yang berbeda.

  8. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    NAMA : DEWI NURHUDA
    NIM : 858736242
    PRIDI : PG PAUD

    Menurut saya pembelajaran didalam video sudah tepat. Karena dengan cara menuliskan huruf yang mempunyai bentuk mirip dengan ukuran yang lebih besar serta anak di ajak menulis diatas angkasa maka ingatan anak akan lebih kuat dan mudah mengingat dari pada jika hanya menuliskan di huku tulis saja.
    Trimakasih
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  9. Menurut pendapat saya masyaAllah sudah bagus cara mengajarnya . Akan tetapi pembelajaran masih berpusat pada bu gurunya . Kalau bisa dalam proses belajar mengajar guru bisa menambahkan media atau alat praga supaya proses belajar mengajarnya lebih seru supaya anak lebih aktif. Bisa juga menggunakan kartu huruf. Bisa juga mengajak anak sambil bermain mencari batu atau kerikil yang ada dihalaman sekolah yaitu membuat atau menyusun batu atau kerikil dengan bentuk huruf yang mirip seperti huruf p, b, d .

  10. Nama : Neha Rosma Malini
    NIM : 858857488
    Prodi : S1 PG-PAUD

    Pada video tersebut sangat membantu saya untuk dapat memberikan arahan kepada anak didik saya tentang perbedaan antara huruf “b” “d” dan “p”, huruf-huruf tersebut memang terkadang membuat anak kesusahan atau salah membaca karena hurufnya hampir sama. Oleh karena itu dengan video ini guru dapat lebih memahami dan mengobservasi serta memerapkan cara agar anak dapat memahami huruf tersebut. Kesulitan untuk membedakan huruf yang mirip tersebut pasti pernah dialami guru pada saat menerangkan kepada anak-anak, cara yang saya gunakan saat anak-anak bingung membedakan huruf yang mirip, saya biasanya menunjukkan ciri-cirinya, seperti huruf “b” ada perutnya di belakang garis bagian bawah, “d” ada di depan garis perutnya ada di bagian bawah, dan untuk huruf “p”ada di belakang garis perutnya ada di atas.

Leave a Reply