silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,908 Comments

  1. Nama : Rumiana Zulfa
    Nim : 837290805
    UPBBJ : Samarinda
    Menurut saya dari tayangan video tersebut sudah cukup baik namun, memang untuk langkah-langkah mengatasinya masih cenderung kurang menarik. Sebagai seorang guru kita perlu memberikan motivasi agar anak semangat dalam membaca permulaan.
    Berikut langkah-langkah tambahan yang dapat digunakan guru sebagai bahan ajar dalam mengatasi anak yang susah membedakan huruf yang mirip yaitu : Berkaitan dengan media pembelajaran, guru bisa menggunakan media konkrit 3 dimensi yang lebih variatif dari yang sebelumnya digunakan, guru menggunakan model pembelajaran dengan model sentra dengan urutan dari pendahuluan, inti dan penutup, menggunakan metode bermain interaktif, anak memutar memilih media bermain yang disediakan, guru perlu memberikan pengertian kepada orangtua terkait dengan metode yang tepat untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan selain itu guru juga menyarankan pada orangtua untuk mengulangi materi terkait membaca permulaan selama di rumah agar anak dengan mudah untuk mengingat.

  2. Nama : Ayu Shintia
    NIM : 859033037

    Menurut saya video diatas merupakan suatu upaya seorang guru dalam mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan oleh guru tersebut yaitu dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, serta mengajak anak untuk berlomba mengambil untuk gambar lambang bilangan atau huruf yang benar yang disertai dengan pengecohnya atau lambang bilangan atau huruf yang terbalik.
    Kelemahan Guru Tersebut :
    • Media yang digunakan olleh guru kurang beragam dan variatif
    • Cara guru dalam membuka materi masih berpusat pada guru, bukan pada anak
    • Guru belum melakukan secara maximal dalam mengevaluasi kegiatan yang dilakukan
    Kelebihan Guru Tersebut :
    • Guru sudah baik saat menjelaskan pebedaan antara huruf p,d dan b
    • Media yang digunakan oleh guru cukup bagus dan menarik
    • Materi yang di berikan sudah sesuai dengan perkembangan anak usia dini pada kelompok B yaitu usia 5-6 tahun
    Strategi perbaikan yang dapat dilakukan adalah :
    1. Menurut saya seharusnya sebelum anak dapat menulis huruf dengan tepat, anak harus diperkenalkanterlebih dahulu mengenaikonsep menulis huruf dengan jelas, serta anak seharusnya dikenalkan terlehiih dahulu mengenai simbol-simbol yang mencirikan huruf demi huruf.
    2. Menurut saya seharusnya dari seluruh huruf yang ada terdapat huruf-huruf yang memiliki kemiripan bentuk , seperti huruf b, d, dan p. Ketiga huruf tersebut kemungkinan sulit dibedakan oleh anak karena memiliki bentuk yang sama hampir sama.
    3. Menurut saya seharusnya guru mengajak anak untuk membaca bersama minimal dengan dua kata yang dalam kata tersebut terdapat huruf b, d, dan p, setelah itu baru mengajak anak untuk melihat perbedaan diantara.

  3. Nama : lulu juwita
    Nim : 857502801

    dari video diatas guru sedang memberi pemahaman tentang huruf huruf yang hampir sama bentuk atau mirip dan anak susah membedakan bahkan terbalik sat menulis nya hurup “b,d,p” guru tersebut menggunakan media gambar , yaitu gambar hurup ” b,d,p ” di kertas hvs berukuran besar dan memiliki warna yang berbeda agar anak mudah memahami dan menarik untuk anak, tetapi sebagai guru tk yang di harus kan kreatif guru tersebut dapat menambah kan berbagai media yang beragam untuk anak. cara guru membuka materi masih berpusat pada guru bukan pada anak, anak tidak diberi kesempatan untuk mengungkapkan pendapat nya.mingkin guru dapat mengejar kan anak menulis hurup yang sama dengan menulis di atas terigu sebelum anak menulis di atas kertas menggunakan pensil

  4. Nama : Dewi Nur Astuti
    NIM : 857844916
    Judul : Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip
    Tanggapan saya mengenai video diatas sudah bagus dalam mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan seperti b,d dan p, namun menurut saya kurang bervariasi, sehingga anak terlihat sangat pasif. namun dalam penyampaian makna dari lambang guru sangat bagus dan jelas.
    dalam video tersebut media yang digunakan sudah bagus hanya saja masih monoton. menurut saya dengan melibatkan siswa langsung dalam permainan akan lebih mudah diingat anak daripada pembelajaran berpusat pada guru.

  5. Nama : Putri Kartika Aprilia
    NIM : 859029692

    Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip

    • Dalam video tersebut terdapat anak didik berusia 4 tahun tidak dapat membedakan huruf b, d dan p.

    • Bagaimana seorang guru dalam mengatasi anak yang terbalik saat menulis huruf. Guru dapat membuat tulisan huruf B, D dan P dengan ukuran yang cukup besar seukuran kertas folio lalu guru juga mengajak anak untuyk berlomba dalam mengambil gambar huruf yang benar disertai pengecohnya.

    • Kelebihan guru tersebut yaitu materi yang dijelaskan sudah sesuai dengan perkembangan anak usia dini 5-6 tahun, media yang di gunakan oleh guru ketika sedang menjelaskan kepada anak didik sudah cukup bagus dan dalam menjelaskan huruf b,d dan p kepada anak didik sudah baik.

    • Kelemahan guru tersebut yaitu media yang digunakan oleh guru ketika menjelaskan kepada anak didik masih kurang beragam atau variatif dan dalam mengevaluasi kegiatan guru belum melakukannya dengan maksimal.

  6. NAMA : SITI LESTARI
    NIM : 857367471
    Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip

    Berikut beberapa resume mengenai cara mengatasi anak yang sulit membedakan huruf yang mirip berdasarkan video tersebut :
    Fenomena menulis huruf yang sering ditulis terbalik oleh anak yang memiliki persepsi keliru terhadap huruf tertentu.
    Huruf yang sering ditulis terbalik adalah huruf b, d dan p.
    Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak yang menulis terbalik :
    1. Anak harus mengenal konsep huruf terlebih dahulu, mengenalkan simbol huruf terutama huruf yang memiliki bentuk yang sama seperti b, d dan p.
    2. Ajak anak untuk membaca bersama kata-kata yang mengandung huruf b, d dan p.
    3. Jelaskan kepada anak bahwa bunyi huruf tersebut memiliki perbedaan.
    4. Meminta anak untuk menuliskan huruf-huruf tersebut di angkasa.
    5. Meminta anak untuk menuliskan huruf-huruf tersebut di papan tulis.
    6. Memberikan penguatan kepada anak yang sudah berhasil, dan terus memberikan bimbingan kepada anak yang suka keliru.

    Menurut saya, media yang digunakan guru masih belum cukup. Mengenalkan huruf pada anak usia dini sebaiknya dilakukan dengan cara sering bermain, misal dengan menggunakan playdough yang aman untuk membentuk huruf-huruf, atau juga bisa dengan menulis diatas media pasir. Dengan sering bermain menggunaka alat edukatif tentu akan menambah minat anak untuk terus mengingat symbol-simbol huruf.

  7. Nama : yunia Lisman
    Nim : 856260162
    Judul video : anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip

    Video diatas berisikan tentang upaya seorang guru yang memberi pemahaman kepada anak didiknya yang sulit membedakan huruf yang hampir sama bentuknya atau mirip, seperti p,b,dan d. Guru tersebut menggunakan media gambar yang berbentuk huruf yang berukuran kertas folio, dan mengajak anak didik berlomba untuk mencari dan mengambil gambar bilangan huruf yang benar beserta pengecohnya atau huruf yang terbalik. Selain itu guru juga mengajak anak membaca bersama 2 kata yang mengandung huruf b,d,dan p seperti “papa Dodi beli buku” dan menjelaskan kepada anak bahwa dua huruf yang terdapat pada 2 kata yang dibaca tadi diawali dengan huruf yang sama
    Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

  8. Nama : Ummi Hanik
    NIM : 857752158

    Judul : “Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip”
    Video tersebut menampilkan seorang guru yang berusaha menangani situasi ketika seorang anak menulis lambang bilangan terbalik. Guru tersebut mencoba mengatasi masalah tersebut dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio. Selain itu, dia mengajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam perlombaan mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar, termasuk adanya unsur pengacau seperti lambang bilangan atau huruf yang terbalik.
    Kelemahan :
    Penggunaan media pembelajaran yang kurang beragam dan variatif.
    Pendekatan guru dalam membuka materi masih lebih berfokus pada guru daripada pada siswa.
    Evaluasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh siswa belum mencapai tingkat maksimal.

    Kelebihan Guru Tersebut :
    • Penjelasan guru mengenai huruf p, d, dan b telah dilakukan dengan baik.
    • Media pembelajaran yang dipergunakan guru dinilai cukup efektif.
    • Materi yang disampaikan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, khususnya pada usia 5-6 tahun.

    Langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan meliputi:
    1. Sebelum anak mulai menulis huruf dengan benar, penting untuk memberikan pemahaman yang jelas terkait konsep menulis huruf. Anak perlu diperkenalkan dengan simbol-simbol yang membedakan satu huruf dari huruf lainnya.
    2. Dalam berbagai huruf, terdapat beberapa huruf yang memiliki kemiripan bentuk, seperti b, d, dan p. Kesulitan dalam membedakan ketiga huruf tersebut disebabkan oleh kesamaan bentuk.
    3. Ajak anak untuk membaca bersama dua kata yang mengandung huruf b, d, dan p. Setelah itu, dorong mereka untuk memperhatikan perbedaan antara ketiga huruf tersebut.

  9. Nama : Isnani
    NIM : 858299633

    Ijin menanggapi video pembelajaran”anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip”
    pada video tersebut,menampilkan upaya seorang guru bagaimana caranya agar anak didiknya bisa membedakan huruf-huruf yang sama,dengan kegiatan bermain sambil belajar,melalui media kartu huruf yang dibuat sendiri,dengan ukuran yang besar,dan mengajak anak didiknya untuk berlomba mengambil huruf-huruf tersebut dengan benar.
    Upaya guru tersebut,menurut saya,sudah bagus,karena anak-anak usia dini memang cara belajar nya adalah bermain sambil belajar,sehingga mereka tidak merasa bosan dan lebih mudah untuk mengingat.

  10. Nama : Nurul Khomariah
    Nim : 857847753
    Judul : Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
    Setelah saya mengamati video tersebut, terdapat kendala bahwa ada beberapa anak yang masih belum bisa membedakan huruf b, d, dan p.
    Seorang guru pun menunjukkan kepada anak-anak bagaimana cara membedakan masing-masing huruf yang hampir mirip.
    Dengan cara menunjukkan gambar masing-masing huruf dengan karakteristik yang berbeda, agar anak mampu membedakan antara huruf b,d dan p. Kemudian guru melatih anak untuk menirukan bagaimana menulis huruf b,d dan p dengan metode yang mudah dipahami oleh anak-anak seusia mereka.

Leave a Reply