silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama : ERIS MARISA
NIM : 857436576
Dalam video “Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip” Sangat membantu saya untuk diaplikasikan di sekolah saya. Sebaiknya untuk awal pembelajaran guru memberikan dulu kegiatan yang yang dapat menarik minat anak untuk mempelajari simbol-simbol huruf. Di video ini guru tersebut sudah benar dengan membedakan warna pada huruf p, b, d. Seperti huruf p dengan warna merah, huruf b berwarna biru dan huruf d berwarna kuning.
Agar anak lebih antusias lagi bisa juga dilakukan permainan dengan mengelompokkan huruf yang mirip sesuai warna atau bermain petak umpet mencari huruf-huruf tersebut yang telah disembunyikan di sekitar area bermain anak.
Nama : Novita eka rizchie kurnia
Nim : 857195908
Anak usia 5-6 THN Mash ada beberapa yg blm bisa membedakan huruf b dan d.karna sedikit agak k miripan kadang anak k bingung.
Vidio d atas sangat membantu bagi guru agar bisa membantu anak belajar mengenal kan grup b dan d
Nama : Novita eka rizchie kurnia
Nim :857195907
Dalam vidio d atas sangat lah penting mengenal kan metode yg kita ajar kan.anak bagai mna hurup b dan d.mengenal kan benda dengan awalan huruf b atau huruf d.biar anak tidak k bingungn dlm menulis ny.guru harus slalu mendampingi anak ketika sedang menulis
Nama : Dahliana
Nim : 859421478
Pada video ” anak tidak bisa membedakan huruf yang mirip” menunjukkan bahwa beberapa anak begitu sulit untuk membedakan huruf contohnya b dan d, atau p dan q. metode yang di gunakan Pada video tersebut sudah bagus yaitu guru menjelaskn mengenai huruf-huruf yang mirip tersebut dan memberikan media pembelajaran berupa kartu huruf, kemudian setelah di rasa anak memahami guru menunjuk anak satu persatu untuk menyebutkan huruf tersebut dan menuliskan di papan tulis, hal ini merupakan satu metode atau cara yang di lakukan agara anak mampu membedakan huruf yang mirip, dalam hal ini , guru dapat menambahkan metode yang d gunakan agar anak dapat membedakan huruf yang mirip, yaitu guru dapat memberikan media berupa gambar atau kartu huruf yang lebih berwarna dan disertai dengan gambar yang di berikan pada masing-masing anak, kemudian menyebutkan huruf yang mereka pegang. anak juga bisa di ajak membedakan huruf yang mirip dengan cara bernyanyi bersama, setelah itu tidak hanya memberikan kesempatan menuliskan di papan tulis namun juga bisa di lakukan dengan cara bermain game berlomba mengambil huruf yang di sebutkan oleh guru, lalu anak di berikan lembar kerja masing-masing anak akan berlatih menulis dan menyebutkan huruf tersebut. Dengan begitu, kita berharap anak-anak akan dapat membedakan huruf yang mirip.
Nama: shokhifatul ula
NIM : 857760639
vidio tersebut bagus dan sangat membantu bagi kami untuk mengatasi anak yang sulit membedakan huruf yang mirip.
terimakasih.
Nama : fitria rahmawati
NIM : 858876109
Tanggapan saya menurut video tersebut sangat membantu untuk pembelajaran di paud karena beberapa anak didik saya memang susah membedakan huruf b,d,p, dan q sehingga perlu beberapa pengulangan dalam huruf” tertentu, maka dengan adanya video tersebut dapat saya jadikan acuan untuk saya ajarkan ke anak didik di lembaga saya. Terimakasih
Pada video tersebut di atas mengenai anak sulit membedakan huruf yang mirip sudah menggunakan metode yang baik , di mana guru menjelaskan perbedaan huruf tersebut yaitu b, d, p dengan menggunakan huruf kecil kemudian menjelaskannya menggunakan kartu huruf lalu menunjuk anak satu persatu untuk menulis di papan tulis. menurut saya , metode nya bisa di tambahkan lagi dengan menunjukkan kartu huruf yang lebih berwarna dan di sertai gambar , shingga anak lebih bersemangat dan di harapkan lebih cepat mengingat dan membedakan huruf tersebut. di samping itu juga penjelasan dapat di sertai nyanyian/irama dan gerakan kemudian tidak hanya menunjuk anak satu persatu menulis di papan tulis namun juga dapat di berikan lembar kerja yang dapat anak tulis atau mewarnai huruf-huruf tersebut.
Nama: Nuraisyah
Nim:856834761
Video ini bagus Sekali menginspirasi strategi guru dalam menyikapi anak yang sulit membedakan huruf
nama : endang purwati
nim : 858187672
upbjj : palangkaraya
Di video tersebut memberikan solusi dimana agar anak mampu membedakan huruf b d dan p, dengan mengeja kata dengan huruf yang sama, menulis ulang huruf b d dan p serta menyebutkan pelafalan hurufnya berulang kali.
NAMA : SITI DAYANTI
NIM : 857112549
Dalam video pembelajaran “Anak tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip”. Sangatlah membantu saya dalam mengenalkam konsep huruf yang mirip pada anak. Mengajarkan kata dengan awalan huruf yang mirip secara berulang-ulang akan membuat anak ingat dan tau, mana huruf b, d, dan p.
Namun sedikit kritik dan saran saya terkait video di atas,pembelajaran dilakukan dengan monoton dan hanya berpusat pada guru, agar tidak terlihat monoton ada beberapa metode dan strategi untuk membantu anak yang mengalami kesulitan dalam membedakan huruf p, d, dan b.
Gunakan metode sensorik seperti memegang, meraba, atau membuat bentuk huruf dengan bahan seperti pasir, tanah liat, atau mainan. Anak bisa merasakan perbedaan antara ketiga huruf tersebut melalui sentuhan.
Buatlah lagu atau gerakan yang melibatkan ketiga huruf tersebut. Misalnya, anak bisa membuat gerakan yang berbeda untuk setiap huruf atau menyanyikan lagu yang berulang-ulang memperkenalkan ketiga huruf tersebut
Gunakan permainan yang melibatkan pengenalan huruf seperti flashcards, puzzle huruf, atau permainan papan yang mengharuskan anak untuk mengidentifikasi dan membedakan antara p, d, dan b.
Dengan menggunakan berbagai strategi yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak, seorang guru PAUD dapat membantu anak untuk membedakan huruf p, d, dan b dengan lebih baik.