silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Baik, saya akan memberikan penjelasan dan komentar setelah menonton video tersebut.
Berdasarkan video guru pintar online tentang anak yang tidak dapat membedakan huruf, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
1. Perkembangan kognitif yang belum optimal: Kemampuan membedakan huruf merupakan salah satu keterampilan dasar yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Jika perkembangan kognitif anak belum optimal, maka kemampuan ini juga akan terhambat.
2. Kurangnya stimulasi dan latihan: Anak membutuhkan stimulasi dan latihan yang cukup untuk dapat mengenali dan membedakan huruf. Jika anak kurang mendapatkan stimulasi dan latihan yang memadai, maka kemampuan ini tidak akan berkembang dengan baik.
3. Gangguan belajar atau kesulitan belajar: Dalam beberapa kasus, anak dapat mengalami gangguan belajar atau kesulitan belajar yang menyebabkan mereka kesulitan dalam membedakan huruf.
Komentar saya terhadap video ini adalah:
1. Sangat penting bagi guru dan orang tua untuk memahami perkembangan anak dan memberikan stimulasi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membedakan huruf.
2. Guru harus memiliki strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam membedakan huruf.
3. Jika ditemukan anak yang mengalami kesulitan belajar, sebaiknya segera dirujuk ke ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
4. Kerja sama yang erat antara guru dan orang tua sangat diperlukan untuk memastikan perkembangan anak berjalan dengan baik.
NAMA: SONETA EFA SARANGA’
NIM: 859416562
JUDUL VIDEO:
dari kegiatan belajar yang saya amati dalam video, kegiatan belajar yang di laksanakan oleh guru sudah sangat baik, mulai dari materi, penjelasan, hingga penguatan anak-anak begitu bersemangat sehingga mau berlomba untuk maju kedepan menulis di papan tulis sesuai arahan dari gurunya.
Setelah mengamati video tersebut, menurut saya sangat membantu kami sebagai guru untuk mengajarkan kepada anak-anak untuk membedakan huruf yang mirip. namun agar lebih mengerti dan bisa membedakan huruf tersebut menggunakan jari-jarinya, dapat menggunakan biji-bijian atau batu-batuan yang kecil.
Nama : Nurul khayatul Qilmi. Nim : 857631775. Judul : Anak Sulit mengenal konsep bilangan
Banyak anak didik yang belum mengenal konsep bilangan, apalagi bilangan yang memiliki bentuk yang hampir sama, dengan video ini saya bisa menerapkan nya disekolah agar pengenalan konsep bilangan menjadi bervariasi sekaligus menyenangkan untuk anak-anak. Serta menambah APE yang terdapat konsep bilangan jadi anak akan lebih mudah memahami nya dan belajar anak jadi menyenangkan.
Nama; Mery kamali
Nim; 859413986
Judul video; anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
Ini sangat banyak kita jumpai di kelas dan merupakan kesulitan tersendiri bagi kami guru untuk mengatasi masalah ini dan saya bersyukur dengan video ini menginspirasi saya untuk membatu anak yang kesulitan membedakan huruf yang hampir mirip yaitu p,b,d. Biasanya saya menulis di belakang anak tersebut dan anak menebak huruf apa yang saya tulis klo sala baru saya arahkan huruf yang benar selalu saya lakukan berulang ulang , tapi dengan video ini sanga membantu saya untuk mengarahkan anak anak yangmengalami masalah membedakan huruf
Nama : Latifah
Nim : 857753601
Saya sudah membuka link tersebut dan memilih video yang berjudul “Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip”.
Pada tayangan video tersebut menjelaskan tentang upaya seorang Pendidik Paud untuk mengatasi Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip seperti huruf b,d dan p.Karena anak sering keliru dalam menyebut /menulis huruf tersebut.
fenomena anak menulis huruf terbalik biasanya disebabkan oleh anak yang memiliki persepsi keliru terhadap huruf tertentu,huruf yang sering ditulis terbalik oleh anak antara lain huruf b,d,dan p.sebelum anak dapat menulis huruf dengan tepat anak harus dapat mengenal konsep huruf terlebih dahulu,anak perlu diperkenalkan dengan jelas mengenai simbol simbol yang mencirikan huruf demi huruf.Dari seluruh huruf yang ada terdapat huruf yang memiliki kemiripan bentuk seperti huruf “b,d,dan p”ketiga huruf tersebut sulit dibedakan karena memiliki bentuk yang hampir sama.Berikut Cara yang tepat dilakukan untuk mengatasi anak menulis huruf terbalik yaitu guru menunjukkan alat media peraga berupa kertas seukuran HVS dan disitu ada tulisan huruf P berwarna merah lalu guru menjelaskan cara menulis huruf P yaitu buat garis berdiri lurus lalu perutnya didepan tapi diatas jadilah huruf p,ajak anak untuk membaca bersama dua kata yang mengandung huruf b,d,dan p misalnya “papa Dodi ,beli buku,papa bobo” lalu mengeja membaca bersama dan menjelaskan kepada anak bahwa dari ke dua kata tersebut diawali dengan huruf yang hampir sama ucapkan kata per kata secara ber ulang ulang sampai anak memahami betul perbedaan bunyi dari masing masing kata yang diawali dengan huruf yang memiliki kemiripan,minta anak untuk menuliskan diangkasa masing masing huruf tadi lalu guru memberi contoh memperagakan menulis huruf “p” di angkasa lalu anak anak mengikutinya.Selain itu guru juga memberi contoh menulis huruf “b,d,p” di papan tulis lalu guru menunjuk beberapa anak untuk maju menulis huruf tersebut di papan tulis.
Nama : Windi Auda Agustina
NIM : 85681452
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKP)
Bidang Pengembangan : Kognitif
Judul Video : Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip
Dari vidio tersebut anak sulit membedakan huruf b dan d, hal yang dilakukan guru dalam vidio telah bagus dan cukup memotivasi. tetapi hal yang saya lakukan di sekolah ketika menemukan kasus seperti ini adalah dengan cara mengingatkan anak dengan huruf b yaitu dengan menyebutkan ” gendutnya di belakang” dan huruf d dengan menyebutkan “gendutnya di depan”. Hal tersebut cukuf efektif selama saya menerapkannya terhadap anak-anak di kelompok B.
Nama : nur asila asis
Nim : 859416673
Saya telah mengamati dan menonton video dengan judul “anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip”
dari kegiatan belajar yang saya amati dalam video, kegiatan belajar yang di laksanakan oleh guru sudah sangat baik, mulai dari materi, penjelasan, hingga penguatan anak-anak begitu bersemangat sehingga mau berlomba untuk maju kedepan menulis di papan tulis sesuai arahan dari gurunya.
Namun guru juga dapat memberikan kegiatan belajar sambil bermain dimana guru dapat mendorong anak-anak membentuk huruf b_d_p dengan berbagai media (biji-bijian,plastisin,penutup botol dll)agak dapat menarik perhatian anak hingga tjdak merasa bosan.
Nama : Jumiati
NIM : 8582 99515
Judul tidak dapat dapat membedakan huruf yang mirip
Di dalam video seorang guru menjelaskan bagaimana anak dapat mengenal bentuk huruf yang hampir sama yaitu p ,b , d. Seorang guru berupaya menjelaskan perbedaan antara huruf-huruf tersebut dengan menggunakan media kertas HVS yang berisikan tulisan huruf p, b,dan d. Selain itu guru juga menuliskan huruf di udara dan memberikan kesempatan bagi anak untuk menuliskan huruf di papan tulis.
Nama : YENI SUSRIYANTI
NIM : 856280609
Judul tidak dapat dapat membedakan huruf yang mirip
Di dalam video seorang guru menjelaskan bagaimana anak dapat mengenal bentuk huruf yang hampir sama yaitu p ,b , d. Seorang guru berupaya menjelaskan perbedaan antara huruf-huruf tersebut dengan menggunakan media kertas HVS yang berisikan tulisan huruf p, b,dan d. Selain itu guru juga menuliskan huruf di udara dan memberikan kesempatan bagi anak untuk menuliskan huruf di papan tulis.anak bisa kita ajak untuk bermain huruf contoh pancing huruf. Kita suruh anak untuk memancing huruf tersebut lalu sebutkan perbedaan nya.contoh huruf apa yg dapat pancing anak ibuk huruf b buk,yg satu nya lagi nak huruf d buk,yg satu lagi nak huruf p buk.gitu lah cara kita bisa untuk membedakan huruf untuk anak kita.