silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Menegakkan disiplin bagi anak sejak usia dini.

Kelemahan: Membuka, pembelajaran kurang begitu tampak.

Kekuatan: Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran sudah baik..

Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.

Kesan Umum

Deskripsi: Anak X (gemuk) sudah mau antri saat berbaris,  setelah diberi penguatan guru, dengan senyuman dan tangan ditepukkan pada tangan anak (tos). Sebelumnya dia berada pada barisan terakhir, kemudia pindah ke barisan paling depan tanpa sepengetahuan guru. Perilaku antecedent, semua guru pada saat yang bersamaan disibukkan menata anak-anak lain untuk berbaris. Perilaku target semua anak berbaris sesuai dengan urutannya. Perilaku yang diharapkan salah satu guru berada di depan menghadap barisan, sehingga semua anak terpantau.

Dra. Titik Setyowati, M.Pd.

Secara umum tayangan video ini sudah menunjukkan keadaan asli yang
terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik
dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun
solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah
dilakukan.

Seorang guru bisa dengan cepat membujuk murid yang tidak mau antri jika penyebabnya diketahui.

Meskipun penyebab permasalahan kurang disinggung, penonton masih bisa mendapatkan manfaat dari tayangan video ini.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

1,241 Comments

  1. Nama : Yulis Tsalatsih Fadilah
    Nim : 859690101
    Menurut saya setelah memutarkannyapada vidio di atas sudah cukup membantu untuk solusi terhadap anak yang tidak mau antri saat berbaris dengan cara pendekatan, memberi penjelasan , memberi pujian terhadapa anak yang mengikuti aturan main dan tentunya dengan penuh kasih sayang .

  2. mengajarkan anak untuk disiplin di usia dini sangatlah penting karena di usia dini adalah pondasi awal untuk ke arah selanjutnya, mengatasi anak yang tidak mau berbaris atau antri memerlukan pendekatan yang kreatif dan sabar, mengingat anak-anak di usia dini masih belajar memahami konsep giliran dan disiplin dan kita sebagai guru harus mempunyai berbagai macam solusi yang bisa di terima oleh anak, yang menjadikan antri sebagai kegiatan yang menyenangkan, anak mengetahui manfaat dari mengantri, memberikan pembiasaan ke anak untuk antri.

  3. Nama : Aulia
    Nim : 858320937
    Dalam vidio tersebut bisa kita lihat sebagai seorang guru upaya yang dilakukan ketika anak tidak mau antri ikut berbaris, yaitu dengan cara memberikan pengertian dan pemahaman kepada anak agar dia mau ikut mengantri melalui pendekatan yang lemah lembut agar anak mau bekerja sama.

  4. Nama : Mela Anggraini
    Nim : 856646543

    Dalam video menjelskan tentang tips untuk anak yang tidak mau mengikuti barisan. Dimana guru mengajak diskusi dan memberikan kesepakatan pada anak supaya anak ikut kembali pada barisan yang tertib melalui pendekatan lemah lembut dan dapat dipahami anak. Setelah anak bisa mengikuti barisan dengan baik bersama teman temannya, guru juga tidak lupa memberikan apresiasi pada anak berupa tepuk tangan.

  5. Dalam vidio ini, saya memilih judul Anak tidak suka antri berbasis, karena masalah yang di hadapi oleh guru hampir sama semuanya, dengan menonton video ini guru dapat memahami bagaimana cara menghadapi anak yg tidak mau berbaris yaitu dengan cara :
    Mendekati anak, dengan memberikan sentuhan dengan memegang pundak anak, mengelus kepalanya, memberikan pemahaman, mengatur jadwal anak untuk berbaris keesokan harinya serta memberikan pujian dengan memberikan tepuk tangan.
    Semoga dengan menonton video ini, guru dapat menerapkan di sekolah nya masing-masing.

  6. Nama : Nur Rama Yulieta
    Nim : 858426972
    Guru memberikan pengertian dan pengarahan dengan sabar, yang menunjukkan pentingnya kesabaran dalam menangani masalah perilaku anak. Ini membantu anak memahami alasannya harus bergantian dan mengapa antri itu penting. Pendekatan yang personal dan individual sangat penting karena setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda. Guru dalam video tersebut menunjukkan pemahaman akan pentingnya menyesuaikan pendekatan berdasarkan kebutuhan individu anak.Penggunaan pujian sebagai bentuk penghargaan adalah strategi efektif dalam manajemen kelas. Anak-anak cenderung merespons lebih baik terhadap penghargaan daripada hukuman.

    Secara keseluruhan, metode yang digunakan oleh guru dalam video tersebut merupakan contoh yang baik dari pengelolaan perilaku anak yang berbasis pada pendekatan positif dan empatik. Ini tidak hanya membantu anak belajar tentang antrian tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting untuk perkembangan mereka.

  7. Nama saya Jumiyati
    Dari UPBJJ Banjarmasih
    Dari vedio yang saya saksikan diatas dalam menangani anak yang mau mengantri saat berbaris memang membutuhkan strategi dan metode yang cukup khusus dan tepat. Dalam menangani hal tersebut pendidik tidak boleh menggunakan kekerasan karena akan memperburuk perkembangan sosial emosional anak. Jadi hal yang perlu dan sangat tepat dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah mendekati anak dengan kasih sayang, berikan dia penjelasan dengan cara yang sederhana, jika anak tetap tidak mau maka buatlah kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak tersebut pada kegiatan baris untuk esok harinya. Selain itu, kita sebagai pendidik bisa memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak-anak yang sudah patuh dengan perintah ibu guru.

  8. Asslamu’alaikum Wr.Wb
    Nama Saya : Jumiyati
    NIM : 858320786
    UPBJJ : Banjarmasin
    Judul Vedio : Anak Tidak Mau Antri Saat Berbaris
    Dari vedio yang sudah saya saksikan diatas tentang bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mau antri saat berbaris adalah dengan cara mendekati anak dengan kasih sayang, memberikan penjelasan dengan cara yang sederhana, jika anak tetap tidak mau maka buatlah sebuah kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak tersebut untuk baris esok harinya, selain itu guru juga bisa memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak yang sudah patuh dan mau berbaris dengan rapi.

  9. Nama saya : Jumiyati
    NIM : 858320786
    Dari UPBJJ : Banjarmasi
    Dari vedio yang saya saksikan diatas dalam menangani anak yang mau mengantri saat berbaris memang membutuhkan strategi dan metode yang cukup khusus dan tepat. Dalam menangani hal tersebut pendidik tidak boleh menggunakan kekerasan karena akan memperburuk perkembangan sosial emosional anak. Jadi hal yang perlu dan sangat tepat dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah mendekati anak dengan kasih sayang, berikan dia penjelasan dengan cara yang sederhana, jika anak tetap tidak mau maka buatlah kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak tersebut pada kegiatan baris untuk esok harinya. Selain itu, kita sebagai pendidik bisa memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak-anak yang sudah patuh dengan perintah ibu guru.

Leave a Reply