silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Menegakkan disiplin bagi anak sejak usia dini.

Kelemahan: Membuka, pembelajaran kurang begitu tampak.

Kekuatan: Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran sudah baik..

Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.

Kesan Umum

Deskripsi: Anak X (gemuk) sudah mau antri saat berbaris,  setelah diberi penguatan guru, dengan senyuman dan tangan ditepukkan pada tangan anak (tos). Sebelumnya dia berada pada barisan terakhir, kemudia pindah ke barisan paling depan tanpa sepengetahuan guru. Perilaku antecedent, semua guru pada saat yang bersamaan disibukkan menata anak-anak lain untuk berbaris. Perilaku target semua anak berbaris sesuai dengan urutannya. Perilaku yang diharapkan salah satu guru berada di depan menghadap barisan, sehingga semua anak terpantau.

Dra. Titik Setyowati, M.Pd.

Secara umum tayangan video ini sudah menunjukkan keadaan asli yang
terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik
dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun
solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah
dilakukan.

Seorang guru bisa dengan cepat membujuk murid yang tidak mau antri jika penyebabnya diketahui.

Meskipun penyebab permasalahan kurang disinggung, penonton masih bisa mendapatkan manfaat dari tayangan video ini.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

1,901 Comments

  1. Nama : Nurul Hidayah
    NIM : 858862465
    Prodi : PGPAUD

    dari tayangan video tersebut bisa dilihat bahwa kita sebagai guru harus memberikan contoh yang baik yaitu tentang mengantri. disini guru memberikan pengertian tentang bagaimana cara kita mengantri ketika berbaris tanpa menerobos teman yang lain. dalam video ini Guru tersebut sangat sabar ketika menghadapi anak yang tidak mau antri berbaris dan langsung menerobos baris didepan sendiri. Guru tersebut dengan pelan-pelan memberi perhatian dan pendekatan 2 arah kepada anak tersebut. Disitu guru juga memberikan pengertian serta membuat kepakatan/aturan berbaris. Dan akhirnya anak tersebut memahami dan langsung pindah posisi baris dibelakang. Ketika anak sudah mau menerima aturan, sebagai guru kita bisa memberikan reward, bisa 2 jempol, senyuman, dll.

  2. Nama: Eka Nur Lestari
    Nim: 858307683
    Prodi: PGPAUD
    UPBJJ: Banjarmasin
    Tanggapan saya setelah menonton video itu, kita sebagai guru harus memperlakukan anak tersebut kasih sayang dan memberi penjelasan kepada anak itu dengan lemah lembut. Agar anak itu mengerti dan tidak lagi aturan saat berbaris.

  3. Nama: Eka Nur Lestari Nim: 858307683 Prodi: PGPAUD UPBJJ: Banjarmasin Tanggapan saya setelah menonton video itu, kita sebagai guru harus memperlakukan anak tersebut dengan kasih sayang dan memberi penjelasan kepada anak itu dengan lemah lembut. Agar anak itu mengerti dan tidak lagi melanggar aturan saat berbaris. Dengan seperti itu anak dapat mengerti dan menerima penjelasan guru dengan senang hati, sehingga anak itu bisa disiplin dalam berbaris.

  4. NAMA :RIZKI KHOIRUN NISA
    NIM:858861542
    PRODI:PGPAUD

    vidio diatas dijelaskan bagaimana menghadapi anak yang tidak mau antri saat berbaris/menyerobot antrian ,yang dilakukan pendidik dalam vidio diatas sangatlah tepat,ketika anak anak menyerobot antrian baris kita sebagai pendidik haruslah dengan tepat mengatasinya,jangan menggunakan kekerasan misal cubit,yang harus pendidik lakukan ketika ada anak yang menyerobot antrian adalah dengan menjelaskan dan memberi pengertian kepada anak,btalah kesepakatan dengan anak tentang aturan barisan kemudian jika anak sudah nurut berikan pujian atau apresiasi krpada anak dengan bertepuk tangan .

  5. NAMA JUDUL VIDEO : Anak Tidak Mau Antri Saat Baris
    NAMA PENGEMBANG VIDEO : Megawati Simanjuntak,SP,M,Si
    dalam video tersebut buguru sudah melakukan asesmen kepada seorang anak dan menanyakan alasannya kemudian buguru menanyakan alasannya kemudian buguru memberikan pemahaman dengan punuh kasih sayang , dan guru memberikan penghargaandengan sebuah tepuk tangan kepada anak yang sudah bisa di kasih penjelasan untuk tetap antri

  6. NAMA JUDUL VIDEO : Anak Tidak Mau Antri Saat Baris
    NAMA PENGEMBANG VIDEO : Megawati Simanjuntak,SP,M,Si
    menurut saya dalam video ini sudah runtut apa yang sudah di lakukan guru dalam menangani anak yang tidak mau antri saat berbaris . dengan penuh sabar bunda memberikan pengarahan dan memberikan hadiah tepuk tangan

  7. Nama : Febby Arista Eka C.
    NIM : 858869246
    Prodi : PGPAUD BI
    UPBJJ : Malang

    Setelah melihat video mengenai “Anak Tidak Mau Antri Saat Berbaris” dari sini kita dapat melihat bahwa pembelajaran disiplin pada anak usia dini sangat diperlukan. Karena anak memiliki sikap egosentris yang perlu untuk di berikan pengarahan atau pengertian. Sikap guru dalam video tersebut sangatlah tepat, memberi anak pengertian dengan lembut dan tidak memarahi. Apabila anak dibiarkan saja, sikap seperti itu akan selalu dilakukan tanpa memperdulikan teman yang lain. Bisa juga guru melakukan rolling untuk siapa yang baris paling depan, supaya anak mendapatkan kesempatan yang sama.

  8. Nama :APRIANIKA BR MILALA
    NIM :859868831
    PRODI:PGPAUD
    Setelah melihat video Anak Tidak Mau Antri Saat berbaris cara guru sudah bagus untuk mengajari anak dengan baik ,karena mengajari anak PAUD harus dengan sabar dan tidak boleh dengan cara kekerasan .Memberikan anak penjelasan dan mengajari anak supaya anak menaati peraturan yang kita berikan .

  9. NAMA : DIAN NOFIATUS SAADAH
    NIM : 858739209
    KELAS : PGPAUD A

    menurut saya dalam video di atas menunjukkan cara guru dalam penanganan anak yang tidak mau antri saat berbaris, dimana guru menerapkan aturan pada anak yang sudah pernah berbaris di depan akan bergeser baris di belakang, tentunya hal itu perlu cara agar anak dapat memahami apa yang dikatakan oleh guru agar anak mau mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh guru. dalam video tersebut guru memberi pengertian dan pemahaman pada anak agar anak mau bergantian posisi dengan teman lainnya. ketika anak sudah paham akan penjelasan guru, maka sikap guru pun perlu ditunjukkan seperti memberi pujian atau tepuk tangan pada anak yang sudah tertib akan peraturan yang sudah ditetapkan. hal itu akan menjadikan anak lebih semangat dalam belajar di sekolah.

  10. Nama : jenni titania br manjorang
    Nim: 855854524

    Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, yaitu anak tidak mau antri saat berbaris.
    Ketika guru melatih anak untuk teratur dalam berbaris sangat diperlukan ketika berada di lingkungan sekolah. Agar tidak terjadinya perkelahian antar anak karena teman menyelip dibarisan temannya yang lain. Dalam video tersebut solusi yang diberikan guru tersebut sangat lah tepat, karena ketika anak tidak antri saat berbaris guru itu tidak langsung memarahinya akan tetapi menanyakan sianak. Kepada anak tersebut melakukan hal itu. Dengan mendengarkan alasan sianak guru langsung memberi arahan dan kesepakatan bahwa besok dalam berbaris diadakan pergantian setiap harinya. Sehingga anak pun menerima kesepakatan tersebut dengan baik.
    Dengan cara tersebut akan tercipta lingkungan anak yang mau ikut antri di sekolah.

Leave a Reply