silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Menegakkan disiplin bagi anak sejak usia dini.

Kelemahan: Membuka, pembelajaran kurang begitu tampak.

Kekuatan: Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran sudah baik..

Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.

Kesan Umum

Deskripsi: Anak X (gemuk) sudah mau antri saat berbaris,  setelah diberi penguatan guru, dengan senyuman dan tangan ditepukkan pada tangan anak (tos). Sebelumnya dia berada pada barisan terakhir, kemudia pindah ke barisan paling depan tanpa sepengetahuan guru. Perilaku antecedent, semua guru pada saat yang bersamaan disibukkan menata anak-anak lain untuk berbaris. Perilaku target semua anak berbaris sesuai dengan urutannya. Perilaku yang diharapkan salah satu guru berada di depan menghadap barisan, sehingga semua anak terpantau.

Dra. Titik Setyowati, M.Pd.

Secara umum tayangan video ini sudah menunjukkan keadaan asli yang
terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik
dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun
solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah
dilakukan.

Seorang guru bisa dengan cepat membujuk murid yang tidak mau antri jika penyebabnya diketahui.

Meskipun penyebab permasalahan kurang disinggung, penonton masih bisa mendapatkan manfaat dari tayangan video ini.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

1,901 Comments

  1. Nama : Tutik Sri Harmini
    NIM : 858738744
    Pada tayangan video yang berjudul “anak tidak mau antri saat berbaris”. menurut pendapat saya cara yang dilakukan oleh guru tersebut sudah benar yaitu dengan penuh kesabaran memberikan penjelasan untuk menanamkan sikap disiplin, memakai bahasa halus yang mudah dimengerti anak,, dan dengan memberikan perjanjian tempat paling depan di lain waktu. Guru dengan penuh kesabaran membimbing dan memberikan motivasi kepada anak agar anak mampu terbiasa antri sabra menunggu giliran.

  2. Menurut pendapat saya cara yang dilakukan oleh guru sudah benar yaitu memberi penjelasan pada peserta didik untuk mau antri berbaris dan menanamkan sikap disiplin peserta didiknya dengan memakai bahasa halus dan dimengerti peserta didik dan memberikan reward tepuk tangan karena mau antri.

  3. Nama : TISNA RIA
    NIM : 859130234
    Prodi : PGPAUD

    Di dalam vidio tersebut, guru melakukan hal yang sangat tepat. Dengan tidak membiarkan anak untuk menyela antrian, dengan begitu anak diajarkan untuk mentaati aturan. Anak akan tahu bahwa tidak semua hal bisa mereka lakukan sesuka hati mereka. Semua anak yang melihat peristiwa tersebut pun akan mengerti bahwa ada peraturan yang tidak bisa dilanggar. Pembiasaan untuk mentaati aturan akan sangat penting bagi perkembangan sosial emosional anak, terlebih di masa yang akan datang.
    Selain itu, guru juga menegur dengan cara yang lembut dan mudah dimengerti oleh anak. Cara penyampaian aturan dari guru kepada anak akan sangat berpengaruh terhadap kondisi mental anak. Cara yang lembut akan diterima dengan baik oleh anak.
    Karena anak di dalam vidio tersebut tidak mau kembali ke dalam antrian begitu saja meski guru sudah mengingatkan si anak, guru tersebut kemudian membuat perjanjian dengan anak. Cara tersebut efektif, karena dengan begitu anak juga tahu kapan waktu dia bisa berbaris di depan, dan kapan harus berbaris di belakang. Karena si anak sudah terikat dengan perjanjian.
    Selain itu, pujian yang diberikan kepada anak yang tertib akan membuat anak kembali mengulangi ketertibannya di esok hari. Pujian sangat berpengaruh terhadap perilaku anak. Dengan guru memberikan pujian, anak juga akan merasa yakin bahwa yang ia lakukan adalah hal yang benar.

  4. Menurut pendapat saya video diatas guru sudah dapat berperan aktif dalam menanamkan pembiasaan disiplin pada anak didik. Harus sejak dini anak sudah ditanamkan sikap disiplin. Cara guru memberikan penjelasan mudah dimengertioleh anak dengan membuat kesepakatan anak dapat disiplin dalam kegiatan baris-berbaris, guru memotivasi anak dengan memberikan pujian kepada anak yang dapat berbaris dengan rapi, hal demikian baik untuk membuat anak lebih disiplin dalam segala hal.

  5. Nama: Mar’ah Sholikah Amin
    NIM : 858745044
    Dalam video judul Anak Tidak Mau Antri Saat Berbaris. Menurut pendapat saya, Guru sudah mampu mendekati anak dan memberikan pengarahan tentang pentingnya antri saat berbaris. Namun perlu pembiasaan-pembiasaan setiap hari untuk mengantri dalam segala hal. Agar anak nantinya ngerti pentingnya arti dari antri atau bergiliran.

  6. NAMA : ENIK DWI ASTUTI
    NIM : 858167767
    POKJAR : MAGETAN
    Menurut pendapat saya dalam video “anak tidak mau antri saat berbaris didepan kelas ”
    Guru sudah melakukan penerapan asesmen dan evaluasi . didalam video ada seorang anak yang menyela baris didepan teman-temannya yang sudah baris duluan, sebagai seorang guru kita menyikapi perilaku anak tersebut dengan sabar dan kasih sayang dengan memberikan pengarahan dan mendekati anak yang tidak mau baris, guru melakukan pembicaraan langsung dengan memakai bahasa yang halus dan mudah dimengerti oleh anak guru melakukan pendekatan dengan memegang pundak dan mengelus kepala anak bahwa kita harus belajar disiplin belajar baris dengan baik dan rapi sesuai bimbingan dari guru, guru juga memberikan kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak tersebut dengan memberikan kesempatan baris didepan bisa dihari selanjutnya, jika anak sudah berhasil berbaris rapi dengan teman-temannya berikan pujian/ reward dalam bentuk tepuk tangan untuk anak tersebut.

  7. Nama : ainis zulfatun chikmah
    NIM : 858169588
    Pokjar Sidoarjo kota
    Dalam video terlihat satu anak yang tidak mau antri saat berbaris didepan kelas, guru tidak langsung menegur dengan keras tetapi dengan cara mendekati anak, mengusap kepala anak, berbicara dengan kata-kata lembut serta kasih sayang berusaha memberikan pengertian kepada anak supaya bisa tertib dengan bahasa yang santun dan difahami anak, membuat kesepakatan dengan anak tentang aturan berbaris serta memberikan pujian bersama anak-anak yang lain saat anak tersebut mau tertib.

  8. Nama: RENITA ARGIN PUSPITA FIDURI
    Nim: 858844808
    Pokjar: BANDUNG TULUNGAGUNG

    Judul video: anak tidak mau antri saat berbaris
    Dari video yang saya lihat diatas maka cara mengatasi anak yang tidak mau antri saat berbaris yaitu:
    1. Dekati anak dengan kasih sayang berikan pujian dalam bentuk tepuk tangan.
    2. Berikan kesempatan pada anak untuk bebas memilih tempat dimana dia akan berbaris

  9. Nama : SALMIAH
    Nim. : 859403416
    Judul Vidio : Anak tidak mau antri saat berbaris
    Dalam Vidio tersebut ada anak laki-laki yang seharusnya berada di belakang,tiba-tiba maju ke depan teman-temannya berbaris.
    Upaya yang dilakukan ibu guru yaitu mendekati anak yang tidak mau antri berbaris,memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya,guru memberikan pujian tepuk tangan untuk anak yang mau berbaris
    Kalau menurut saya,upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang tidak mau antri saat berbaris sudah sangat bagus

  10. Nama : SALMIAH
    Nim. : 859403416
    Judul video: Anak tidak mau antri saat berbaris
    Dalam Vidio tersebut terlihat guru mengatur barisan tetapi ada anak yang keluar dari barisan dan maju ke depan temannya. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hal tersebut yaitu mendekati anak yang tidak mau berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya dan guru memberikan pujian tepuk tangan untuk anak yang mau berbaris.
    Kalau menurut saya upaya yang dilakukan guru sudah sangat bagus

Leave a Reply