silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Menegakkan disiplin bagi anak sejak usia dini.
Kelemahan: Membuka, pembelajaran kurang begitu tampak.
Kekuatan: Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran sudah baik..
Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.
Kesan Umum
Deskripsi: Anak X (gemuk) sudah mau antri saat berbaris, setelah diberi penguatan guru, dengan senyuman dan tangan ditepukkan pada tangan anak (tos). Sebelumnya dia berada pada barisan terakhir, kemudia pindah ke barisan paling depan tanpa sepengetahuan guru. Perilaku antecedent, semua guru pada saat yang bersamaan disibukkan menata anak-anak lain untuk berbaris. Perilaku target semua anak berbaris sesuai dengan urutannya. Perilaku yang diharapkan salah satu guru berada di depan menghadap barisan, sehingga semua anak terpantau.
Dra. Titik Setyowati, M.Pd.
Secara umum tayangan video ini sudah menunjukkan keadaan asli yang
terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik
dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun
solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah
dilakukan.
Seorang guru bisa dengan cepat membujuk murid yang tidak mau antri jika penyebabnya diketahui.
Meskipun penyebab permasalahan kurang disinggung, penonton masih bisa mendapatkan manfaat dari tayangan video ini.
Wing Hanyom Sari
Nama : BONIFASIA BUAQ TANTING
Nim : 858409571
Hal yang di lakukan guru di vidio tersebut sudah cukup baik karena dengan membiasakan anak mengantri itu akan mengasah kedisiplinan anak hal ini sangat penting karena di lingkungan sosial kedisiplinan sangat di butuhkan oleh sebab itu pembiasaan sejak dini sangat perlu dilakukan agar tertanam dalam diri anak dan terbawa ke lingkungan, guru di video tersebut juga bersabar dalam menghadapi murid yg tidak mau ikut baris di depan dan memberi pengertian agar bersabar.
Terima kasih
Dalam vidio tersebut cara yang dilakukan oleh guru dalam menangani anak yang tidak mau ikut berbaris sudah tepat.Dalam hal ini kesabaran dan ketlatenan guru dalam mengingatkan dan memberikan arahan kepada anak haruslah lebih di kembangkan lagi. Guru dapat melatih anak menjadi disiplin, mau bersabar, dan mau menghargai temanya dalam mengikuti setiap kegiatan. Guru juga harus memberikan motivasi dan semangat kepada anak yang belum mau ikut baris dengan kata kata pujian agar anak mau mengikuti aturan dan arahan yang di berikan oleh guru.
NAMA : ISNANI
NIM : 858299633
video”anak tidak mau ikut berbaris”,memberikan inspirasi untuk guru yang lainnya,bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mau ikut berbaris
NAMA : ISNANI
NIM : 858299633
Judul video : Anak Tidak Mau Antri Saat Berbaris
Video tersebut bisa menjadi inspirasi bagi guru bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mau antri saat berbaris.terimakasih
Nama : Betty Malawa
NIM : 859393988
Video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru,video ini dapat menginspirasi para guru khususnya saya dalam mengatasi anak-anak saat berbaris,karena setiap pagi say selalu kesulitan mengatur/ mengatasi beberapa anak saat berbaris.
Terima kasih 🙏
Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.
Nama : Miftahul Jannah
Nim : 859425253
Upbjj: Makassar
Dari vidio di atas, hal yang dilakukan oleh guru tersebut sudah cukup baik membiasakan anak-anak untuk antri. Penerapan ini akan berlakukan baik dalam kehidupan sehari-hari anak diajar untuk disiplin dan mengetahui aturan . Seperti pada saat mengantri dimana pun itu bukan hanya di dalam sekolah.
Nama : Ratih Nurul Faisya
NIM : 858962106
ijin berkomentar video diatas
Dalam video diatas guru sudah mengajak siswa berbaris dengan tujuan mengajarkan rasa disiplin pada anak. Dengan berbagai macam cara salah satunya, memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-teman lainnya serta guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak yang mau mengalah.
Nama : Reni Ernawati
NIM : 857474157
Izin berkomentar, setelah saya melihat video di atas Allhamdulilah memberikan pembelajaran yang baru untuk saya terapkan kepada anak bahwa menegur AUD tak perlu langsung menhakimi kalau yang dilakukannya salah. Dengan memberikan pengertian akan sekaligus memberikan pemhaman kepada anak bahwa kedisiplinan itu sangatlah penting. Terimakasih guru pintar online.
Nama : Reni Ernawati
Nim 857474157
Izin mengomentari video yang sudah saya amati.
Video di atas sangat mengedukasi sekali khususnya saya yang masih banyak belajar dalam menghadapi AUD. Kejadian-kejadian semam itu akan selalu terjadi walaupun dengan situasi dan kejadian yang berbeda. Dari video di atas saya belajar bahwa menghadapi anak yang melakukan kesalahan tidak perlu langsung mnghakimi bahwa dia Salah, dengan memberikan pengertian yang baik akan membuat anak tidak kecewa dengan dirinya sendiri dan sekaligus memberikan pemhaman tentang kedisiplinan bahwa hal tersebut tudak boleh ia lakukan lagi. Terimakasih guru pintar online..