silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Menegakkan disiplin bagi anak sejak usia dini.

Kelemahan: Membuka, pembelajaran kurang begitu tampak.

Kekuatan: Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran sudah baik..

Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.

Kesan Umum

Deskripsi: Anak X (gemuk) sudah mau antri saat berbaris,  setelah diberi penguatan guru, dengan senyuman dan tangan ditepukkan pada tangan anak (tos). Sebelumnya dia berada pada barisan terakhir, kemudia pindah ke barisan paling depan tanpa sepengetahuan guru. Perilaku antecedent, semua guru pada saat yang bersamaan disibukkan menata anak-anak lain untuk berbaris. Perilaku target semua anak berbaris sesuai dengan urutannya. Perilaku yang diharapkan salah satu guru berada di depan menghadap barisan, sehingga semua anak terpantau.

Dra. Titik Setyowati, M.Pd.

Secara umum tayangan video ini sudah menunjukkan keadaan asli yang
terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik
dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun
solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah
dilakukan.

Seorang guru bisa dengan cepat membujuk murid yang tidak mau antri jika penyebabnya diketahui.

Meskipun penyebab permasalahan kurang disinggung, penonton masih bisa mendapatkan manfaat dari tayangan video ini.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

1,901 Comments

  1. Nama : Nunung Nuryani
    NIM : 857493727
    Prodi : Bandung

    Saya sepakat dengan cara guru pada video tersebut bahwa sampaikan dengan hati dan penuh kelembutan serta tidak lupa upayakan membuat jadwal berbaris agar semuanya mendapat giliran. Sebagai tambahan, jika belum membuat jadwal berbaris, maka sebaiknya buat aturan bersama bahwa yang datang duluan boleh paling depan berbarisnya, sedangkan yang datang belakangan maka konsekwensinya berbarisnya di belakang. Hal ini dijadikan pembiasaan. berikan pemahaman kepada anak juga bagaimana perasaan anak yang disela barisannya.

  2. Nama : Ani Hartati
    Nim : 857860673
    Sudah bagus cara guru tersebut memeberi pengertian kepada anak yg tidak mau berbaris

  3. Nama : Husnun Lathifah
    NIM : 856336972
    Seri Pengembangan Sosial Emosional PAUD II. Masalah Anak Tidak Mau Antri Saat Berbaris. pada video pembelajaran diatas mengajarkan saya, ketika menemui anak yang tidak mau antri saat berbaris. cara yang harus saya lakukan adalah :
    1. mendekati anak dengan kasih sayang dengan sederhana
    2. jika anak belum mau keluar barisan didepan, membuat kesepakatan bahwa anak tersebut jadwalnya untuk besok
    3. memberikan tepuk tangan kepada anak yang tertib.

  4. Nama : Suratmi
    NIM : 857991587
    Anak Tidak Mau Antri Saat Berbaris , hal ini sering terjadi di sekolah dimana terdapat anak yang tidak mau berbaris dengan rapi bersama teman-temannya , jika hal ini terjadi maka guru dapat membimbing anak tersebut agar dapat berbaris dengan rapi bersama teman-teman , guru dengan sabar mengarahkan pentingnya budaya antri.

  5. Nama : Fahira Nabila Bilqis
    Nim. : 857390307

    Tanggapan saya,dari video diatas yaitu tentang pengembangan sosial emosional cara mengatasi anak yang tidak mau mengantri saat berbaris, setelah di simak video tersebut sangat menginspirasi dan bisa saya terapkan di lembaga saya bekerja.
    Karena menurut saya,dalam menyikapi masalah ini, cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan pendekatan yang positif dan pembelajaran yang berpusat pada anak.

  6. Nama Maro’ah NIM 857779937
    Anak-anak tidak bisa antri biasa kita temui di lembaga tapi kita bisa melatih displin kepada anak-anak melaluikegiatan pembiasaan seperti saat berbaris,antri cuci tangan antri menggosok gigi .

  7. Agisna Mirahmatillah – 859662886

    video pada GPO sangat real dan sering kita jumapai ketika mengajar anak anak dalam kelas salah satunya permasalahan anak yang sering tidak mau mengantri dan bersabar ketika diminta mengantri oleh guru, perlunya menanamkan kedisiplinan yang tentunya di imbangi dengan kasih sayang dan perhatian pada anak agar karakter anak terbentuk sejak usia dini.

  8. Nama : Suparti
    NIM : 857995283
    Menurut saya video tersebut cukup baik serta menambah wawasan saya dalam mencari solusi anak yang tidak mau antri saat berbaris ,dimana telah di jabarkan pada video diantaranya ; dekati anak dengan kasih sayang ,berikan penjelasan dengan bahasa sederhana; jika tidak mau,buat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak tersebut ,memberikan pujian dengan bentuk tepuk tangan untuk anak anak yang tertib dan patuh .

  9. Nama : Indah Melani
    Nim : 857489813
    Judul : Anak tidak mau antri saat berbaris
    Video di atas sangat menginspirasi, ternyata cara untuk mengatasi anak yang tidak mau mengantri saat berbaris yaitu : Dekati anak dengan penuh kasih sayang, memberikan penjelasan dengan cara sederhana, Jika anak masih tidak mau,maka guru harus membuat kesepakatan membuat jadwal siapa yang berbaris di depan,memberikan pujian dengan cara verbal dan non verbal.
    Saran : Video GPO sudah baik,namun alangkah lebih baik lagi jika diupdate sehingga terlihat menarik.

Leave a Reply