silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Menegakkan disiplin bagi anak sejak usia dini.
Kelemahan: Membuka, pembelajaran kurang begitu tampak.
Kekuatan: Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran sudah baik..
Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.
Kesan Umum
Deskripsi: Anak X (gemuk) sudah mau antri saat berbaris, setelah diberi penguatan guru, dengan senyuman dan tangan ditepukkan pada tangan anak (tos). Sebelumnya dia berada pada barisan terakhir, kemudia pindah ke barisan paling depan tanpa sepengetahuan guru. Perilaku antecedent, semua guru pada saat yang bersamaan disibukkan menata anak-anak lain untuk berbaris. Perilaku target semua anak berbaris sesuai dengan urutannya. Perilaku yang diharapkan salah satu guru berada di depan menghadap barisan, sehingga semua anak terpantau.
Dra. Titik Setyowati, M.Pd.
Secara umum tayangan video ini sudah menunjukkan keadaan asli yang
terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik
dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun
solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah
dilakukan.
Seorang guru bisa dengan cepat membujuk murid yang tidak mau antri jika penyebabnya diketahui.
Meskipun penyebab permasalahan kurang disinggung, penonton masih bisa mendapatkan manfaat dari tayangan video ini.
Wing Hanyom Sari
Nama: meril widya agustin
Nim: 858949637
Prodi: s1 pg PAUD
Dalam video yang berjudul anak tidak mau antri saat berbaris
Terlihat dalam video tersebut masih ada anak yang tidak mau antri saat berbaris atau menyela barisan temannya. Pada anak usia dini emang harus diperlakukan dengan kasih sayang yang penuh dan tidak dengan mamarahinnya.
Yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah benar, guru memberikan pemahaman kepada anak yang masih menyela barisan temannya dengan nada yang sangat lembut dan memberi pujian kepada anak tersebut serta meberikan tepuk tangan bersama. Dalam video tersebut guru juga telah mengajarkan bagaimana menaati peraturan atau tata tertib dan disiplin
Nama : meril widya agustin
Nim : 858949637
Prodi : S1PGPAUD
Dalam video yang berjudul anak tidak mau antri saat berbaris terlihat dalam video tersebut masih ada anak yang tidak mau antri saat berbaris atau menyela barisan temannya. Pada anak usia dini emang harus di perlakukan dengan kasih sayang yang penuh dan tidak dengan cara memarahinya. Yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah benar, guru memberikan pemahaman kepada anak yang masih menyela barisan temannya dengan nada yang sangat lembut dan memberi pujian kepada anak tersebut serta memberikan tepuk tangan bersama . Dalam video tersebut guru mengajari anak bagaimana cara untuk disiplin saat berbaris bersama teman – teamannya di depan kelas
nama : LILLA WAHYU SEPRIYAN PUTRI
NIM : 858830627
Prodi : PGPAUD AKPMM
dalam meangani sosial emosional anak dalam vidio tersebut menurut pendapat saya sudah snaagt bagus, diaman guru memberikan pengertian terhadap anak, dalam hal itu guru melatih kesabaran anak, tak lupa juga guru memberi riwerd kepada aanak yang mau berbaris antri, dalam hal itu menurut saya sudah snagat bagus dalam malatih sosial meosial anak. mungkin bmenurut saya dalam memberi pemberian reward keopada anak guru bisa memberi bintang atau stiker sehingga anaak akan lebih tergoyang dalam melakukan pengemabnagan sosial emosional anak.
Menurut saya dalam video anak tidak mau antri dalam berbaris sangat membantu saya sebagai guru yang baru dalam dunia pendidikan anak paud dan tk , jadi saya bisa menerapakan apa yang telah di terapkan guru tersebut dlam menghadapi anak yang tidak mau antri berbaris.. Terimakasih
Nama : Noor Aisyah Jamil
NIM : 858306707
Prodi : 122/ PGPAUD S1 (AKPMM)
Assalamua’laikum Wr.Wb.
Pendapat saya mengenai upaya guru dalam mengatasi permasalahan pada salah satu anak didik yang tidak mau antri berbaris dalam video tersebut tentu saja sudah benar.Dimana guru telah memberikan penjelasan sederhana disertai dengan penuh kesabaran dan juga kasih sayang, sehingga anak dengan mudah mengerti dan menyetujui kesepakatan atur jadwal posisi berbaris untuk mendapat posisi baris didepan pada besok hari.Guru juga telah memberikan tepuk tangan kepada para peserta didiknya sebagai reward atau penghargaan karena sudah mau berbaris dengan rapi.Nah, hal yang perlu diperbaiki kedepannya agar meminimalisir kejadian seperti ini adalah dengan membuat jadwal posisi berbaris anak untuk setiap harinya, kemudian menyampaikan jadwal tersebut kepada anak sebelum berbaris sehingga anak dapat mengerti dan melaksanakan gilirannya masing-masing setiap hari.
Terima kasih, Wassalamua’laikum Wr.Wb.
Nama : Indrawati sri wulandari
Nim :857166669
Prodi : PG-PAUD
Menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada anak usia dini memang harus penuh kesabaran dan kasih sayang. Dalam video tersebut memberikan penjelasan yang baik dan pujian serta pengarahan yang mudah diterima bagi anak sudah diterapkan oleh guru dengan baik. Menerapkan kebiasaan disiplin sejak dini baik bagi perkembangan emosional anak dan berguna bagi kehidupan sosialnya dimasa yang akan datang.
Nama : Indrawati sri wulandari
Nim :857166669
Prodi : PG-PAUD
Menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada anak usia dini memang harus penuh kesabaran dan kasih sayang. Dalam video tersebut memberikan penjelasan yang baik dan pujian serta pengarahan yang mudah diterima bagi anak sudah diterapkan oleh guru dengan baik. Menerapkan kebiasaan disiplin sejak dini baik bagi perkembangan emosional anak dan berguna bagi kehidupan sosialnya dimasa yang akan datang.
Nama : Dwi Yuni Indah Lestari
NIM : 858867701
Prodi : PG PAUD BI
Menanggapi Video “Anak tidak mau antri saat berbaris”
Penanaman karakter disiplin, dan mau antri saat berbaris perlu ditanamkan sejak dini secara terus menerus dan berkesinambungan… Dalam Video di atas, guru sudah baik mendengarkan alasan kenapa anak tersebut tidak mau antri sehingga guru bisa memberikan pemahaman secara tepat sesuai dengan kondisi anak.
Penanaman disiplin tidak boleh dengan kekerasan tapi tetap memerlukan ketegasan..tegas tidak berarti keras
Nama : Sarifatun Khasanah
NIM : 857607877
PRODI : PGPAUD
Mendidik anak usia dini berbeda dengan mendidik anak usia lanjutan semisal SMP atau SMA. Kita sebagai pendidik harus benar benar mencurahkan segenap kasih sayang, kelembutan, serta sikap sabar dalam menghadapi tingkah anak -anak. Dalam video diatas, terlihat guru yang menerapkan sikap tersebut. Guru memberikan pengertian kepada anak didik dengan kasih sayang berupa sentuhan (menyentuh pundak), berbicara dengan nada lembut, serta menasihati anak dengan sabar. Ketika anak dapat melakukan hal yang benar sesuai arahan, maka kita wajib memberikan pujian atau reward. Dalam video diatas guru sudah memberikan reward berupa tepuk tangan. Mengajari anak berbaris antri merupakan sikap disiplin yang harus diterapkan guna menghadapi kehidupan nantinya. Jika anak-anak sudah terbiasa disiplin mengantri sejak dini maka sampai dewasa pun sikap tersebut akan tetap tertanam kuat . Ketika berada ditempat umum dimana harus antri, maka mereka sudah terbiasa.
Nama : Eka Wahyu Puspitasari
Nim : 857758997
Prodi : PGPAUD
Menurut saya dalam video tersebut sudah sangat bagus dan sangat mendidik. Disiplin sangat penting sekali untuk mengajarkan anak dalam sabar dan mengalah kepada yang lain. Guru juga harus bisa menjelaskan kepada anak dan memberitahu dengan halus agar anak tidak tersinggung dan dapat menerima nasehat dari guru.